Siti Ropiah

Guru MA Al Ishlah Cikarang Utara Kab Bekasi Jawa Barat Alumni Uin Jakarta, nomor hp 087888623714 ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Jual Minyak Babi Cap Unta (170)

Jual Minyak Babi Cap Unta (170)

Jual Minyak Babi Cap Unta (170)

Oleh: Siti Ropiah

Mengikuti Webinar yang dilaksanakan oleh IAIN Padang Sidimpuan dengan tema “Islamic Epistemology Menuju Revilval of Islamic Civilization, sungguh membuat hati dan pikiran terbuka. Webinar ini dilaksanakan tanggal 27 Juni 2020, pukul 09.00 - 13:00 WIB dengan tiga narasumber, Prof Abdul Fatah Santoso, Dr. Adian Husaini dan Dr. Agus Purwanto. Diikuti oleh 34 Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia, dengan jumlah peserta 187 orang.

Aku tertarik dengan yang disampaikan oleh Dr. Adian dari Universitas Ibnu Khaldun Bogor (UIK). Adian menjelaskan tentang integrasi Pendidikan Islam dengan moto Islamic Saint and Kampus (ISK) yang muncul sudah lama tentang hal itu. Moto tersebut sangat tidak mudah untuk direalisasikan dalam kehidupan kampus. Demikian dalam hal konsep pun sulit untuk ditetapkan.

Terdapat pertanyaan yang cukup menonjok dan bikin telinga panas yang diajukan oleh Ketua Program Doktor UIK ini dengan kalimat “apa ridha nama kampus Islam (terkadang dengan nama Rasulullah) ditempatkan di bawah nama Gajah Mada?”. Bukankah dalam pasal 31 UUD telah disebutkan bahwa sistem pendidikan di Indonesai bertujuan meningkatkan keimanan, ketakwaan dan akhlak mulia.

Hal ini jelas bahwa tidak boleh ada lulusan kampus Islam yang tidak beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia. Demikian pula yang terjadi terhadap dosen, terlebih terhadap rektor. Sehingga sangat bohong bila terdapat perebutan jabatan di kampus Islam, korupsi atau saling jegal dan pertentangan.

Menurut Bapak 7 anak ini mengungkapkan bahwa konsep ilmu dalam Islam meliputi:

Pertama belajar itu wajib dan mulia. Ketika hal ini masuk dalam konsep diri, maka mencari ilmu tidak tergantung apa atau siapa pun. Hal ini tentu memunculkan semangat dalam diri hingga mendapatkan apa yang diupayakan dan mendapat kemuliaan.

Kedua, Pendidikan dalam Islam itu jelas, yaitu integrasi antara akidah, islam dan akhlak. Terkait perguruan tinggi Islam, terdapat kesalahan konsep. Seharusnya bangga dengan kampus sendiri, hingga anak yang pintar tidak harus dikirim ke kampus lain. Bila demikian, maka yang terjadi kampus yang dimiliki (di suatu pesantren) akan mendapatkan sisa, anak anak sisa yang tidak pintar. Kesalahan terhadap konsep tersebut harus diperbaiki dengan cara harus tanamkan keyakinan dalam diri bahwa kampus Islam dengan integritas ilmu di atas yang terbaik.

Ketiga, mendahulukan adab. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Ali bin Ali Thalib dan Umar bin Khattab menyatakan “Beradablah kamu kemudian berilmulah”. Lebih tegas apa yang disampaikan oleh Abdullah Ibnul Mubarak “Porsi adab dalam agama itu 2/3”. Karenanya suatu Lembaga Pendidikan Islam harus memberikan materi tentang adab dan ibadah di awal perkuliahan, agar tidak muncul ilmuan jahat, orang pintar tidak berakhlak mulia.

Menurut Ketua Program Pasca UIK ini, rektor sebagai pemegang kampus memilik tanggung jawab yang besar terhadap mahasiswa lulusannya. Karenanya lulusan suatu perguruan tinggi Islam harus memiliki akidah yang baik, ibadah yang benar dan akhlak mulia. Jangan sampai menjadi kampus yang “Jual Minyak Babi, tapi Cap Unta” , begitu ujarnya.

Sejatinya Integritas Iman, Ibadah dan Akhlak Merupakan Keniscayaan dalam Pendidikan Islam

Salam Perindu Literasi

#Kampus STAI HAS. Cikarang 27 Juni 2020. Pukul 15:36 WIB

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

terima kasih ilmunya Bunda. barakallah

02 Jul
Balas

Sama sama. Barakallahu fiik

02 Jul

Wow keren motonya, jgn sampai jual minyak babi tapi cap unta. Mjd pemimpin jg berat bunda, bukankah setiap pemimpin akan ditanya akan kepemimpinannya? Reportasenya mantap.

02 Jul
Balas

Iya Bund, pimpinan itu berat. Terima kasih sudah berkunjung dan barakallahu fiik

02 Jul

Terima kasih pencerahanya Bu Siti. Sangat bermanfaar. Barakallah. Salam literasi

02 Jul
Balas

Sama sama Bund. Barakallahu fiik

02 Jul

Mantap reportasenya. Sukses bu vivi..

02 Jul
Balas

Mantap reportasenya. Sukses bu vivi..

02 Jul
Balas

Mantap. Menginspirasi

02 Jul
Balas

Terima kasih sudah berkunjung dan barakallahu fiik

02 Jul

Mantap. Menginspirasi

02 Jul
Balas

Masyaallah,makasih ilmunya bunda

02 Jul
Balas

Sama sama Bund. Terima kasih sudah berkunjung dan barakallahu fiik

02 Jul

Masya Allah...Menurut Bapak 7 anak ini mengungkapkan bahwa konsep ilmu dalam Islam meliputi:Pertama belajar itu wajib dan mulia. Kedua, Pendidikan dalam Islam itu jelas, yaitu integrasi antara akidah, islam dan akhlak.Ketiga, mendahulukan adab.

06 Aug
Balas

Maasyaallah betul sekali Bun, lulusan suatu perguruan tinggi Islam harus memiliki akidah yang baik, ibadah yang benar dan akhlak mulia.

13 Aug
Balas

Betul sekali bun, karena orang beradab lebih utama di banding orang yang berilmu. Orang yang berilmu belum tentu mempunyai adab, tetapi orang yang beradab sudah pasti berilmu. Masya Allaah..

02 Aug
Balas

Keren banget tulisan Bunda. Judulnya dalem banget maknanya. Sukses ya Bund.

02 Jul
Balas

Terima kasih dan barakallahu fiik

02 Jul

Subhanallah.. Tidak boleh ada lulusan kampus Islam yang tidak beriman, bertakwa dan berakhlak mulia. Sehingga sangat bohong bila terdapat perebutan jabatan di kampus Islam, korupsi atau saling jegal dan pertentangan. Konsep ilmu dalam Islam meliputi: Pertama, belajar itu wajib dan mulia. Kedua, pendidikan dalam Islam itu jelas, yaitu integrasi antara akidah, Islam dan akhlak. Ketiga, mendahulukan adab. Semua itu harus terintegritas, agar lulusan kampus Islam dapat terjun langsung ke masyarakat untuk mengabdi menuju zaman yang lebih baik lagi. Barakallah

06 Jul
Balas

Tulisan yg slalu penuh inspirasi..sukses bu..Barakallahu fiik

02 Jul
Balas

Terima kasih sudah berkunjung dan barakallahu fiik

02 Jul

Barokalloh fiik bunda...memang ajaran islam harus selalu ngalir dalam dunia pendidikan,terutama di kalangan mahasiswa yaitu kampus.bukan hanya nama kampus saja yang berlebel islami tetapi ajaran islam pun harus di terapkan di dalam kampus,agar akhlak dan hati nurani mahasisa selalu terjaga.

06 Jul
Balas

Sudah menjadi ciri khas perguruan tinggi islam harus memiliki iman.terlebih adab dan akhlak itu penting bagi kita .barakallah fiik bunda...

06 Jul
Balas

Semoga Staihas . Mencetak generasi yg berakhlakul karimah aamiin#subhanallah

02 Jul
Balas

Amin ya Rabb. Terima kasih dan barakallahu fiik

02 Jul

Terima kasih sudah berbagi ilmu dari Webinar ya. Sehat selalu bu

02 Jul
Balas

Sama-sama. Barakallahu fiik

02 Jul

reportasenya sangat baguas bu.

02 Jul
Balas

Terima kasih sudah berkunjung dan barakallahu fiik

02 Jul

Subhanallah sungguh kajian luar biada terimakasih bun

02 Jul
Balas

Terima kasih sudah berkunjung dan barakallahu fiik

02 Jul

Betul adanya bunda ...............luar dalam harus sama .Inspiratif.Sukses selalu bunda.Barokalloh

02 Jul
Balas

Terima kasih sudah berkunjung dan barakallahu fiik

02 Jul

Barokallahu bunda memang sangat benar harus diutamakan adab dan akhlak terlebih dahulu sebelum ilmu , awalnya aku kira ada yang jual minyak babi cap unta ternyata berbeda pada isi artikel ini .. Dan ditengah-tengah sistem dajjal yang saat ini menguasai seluruh hajat hidup kita, sistem ekonomi syariah muncul sebagai suatu sistem ekonomi baru yang bisa dijadikan alternatif solusi di tengah-tengah sistem kapitalis yang semakin terlihat kebobrokannya. Bahkan bagi sebagian kalangan sistem ini dianggap sebagai satu-satunya solusi, bukan cuma alternatif solusi.Gak ngerti lagi deh , barokallahu bunda ..

02 Aug
Balas

Reportasenya mudah dicerna. Makasih berbagi ilmunya Bu.

02 Jul
Balas

Sama sama Bund. Barakallahu fiik

02 Jul

Wah, jadi berubah kesing ,ya bunda Siti. .

02 Jul
Balas

Jangan begitu yah Bund. Terima kasih sudah berkunjung dan barakallahu fiik

02 Jul

Barakallah Bunda sistem pendidikan di Indonesai bertujuan meningkatkan keimanan, ketakwaan dan akhlak mulia. Hal ini memperjelas bahwa tidak boleh ada lulusan kampus Islam yang tidak beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia.Adapun konsep ilmu dalam Islam yaitu, pertama belajar itu wajib dan mulia. Kedua, pendidikan dalam Islam itu jelas. Ketiga, mendahulukan adab. Terimakasih bunda artikel yg sangat bermanfaat

17 Jul
Balas

Terima kasih ilmu nya bunda Vivi yang super.. Sungguh sangat bermanfaat dan menambah wawasan kita, apalagi semangat bunda yang patut menjadi acuan bagi kita semua.. Sukses selalu bunda cantik... Salam santun

02 Jul
Balas

Alhamdulillah bila manfaat. Terima kasih dan barakallahu fiik

02 Jul

Dalam dunia pendidikan, jangan hanya mencetak generasi yang pintar saja, yang pada akhirnya akan sok pintar di hadapan banyak orang..tanpa di barengi akhlak yang baik.. namun akan lebih baik jika menjadikan generasi yang pintar dan mengerti.. istilahnya cerdas,berakhlak mulia.. bahasan yang bermakna luas.nuhun. Bu Doktor Chantik Sholehah

02 Jul
Balas

Benar sekali Bunda Sejukku. Terima kasih apresiasnya bikin sejuk di hati. Barakallahu fiik

02 Jul

Alhamdulillah, Akhlak diatas ilmu derajat akhlaq lebih tinggi dari ilmu, maka dari itu, yang sangat didahulukan dalam Perguruan tinggi islam yaitu akhlaq. Sangat penting aqidah yang baik, ibadah yang benar dan berakhlaq mulia untuk lulusan perguruan islam. Maaf syaa Allah, artikel diatas sunggu menyadarkan kita apa yang harus dimiliki dalam diri kita sebagai mahasiswa islam di perguruan tinggi ini...

09 Jul
Balas

Alhamdulillah, Bunda saya sudah membaca Artikel bunda sangat penting dan bermanfaat bagi saya bahwasanya dalam dunia pendidikan dalam Integritas wajib mempunyai Iman dan akhlak.apalagi terlebih dalam perguruan tinggi yg memang harus yg namanya akhlak mulia karena di didik ilmu agama, dan juga sistem pembelajaran ny menyangkut tentang kaidah keimanan dan tauhid.. Barakkallah Bunda.

06 Jul
Balas

Alhamdulillah,, bertambah lagi ilmu saya, memang lulusan pd perguruan tinggi islam harus ada tapaknya yg paling terprnting itu akhlak dan adabnya, karena yg d pelajarinya adalah yg pasti ilmu2 agama yaitu seperti tauhid, akidah. Org yg berIlmu tanpa d dasari akhlak itu zero atau nol. Sebaliknya klo berakhlak di dasari ilmu itu sangat baguss. Semangat terus bunda

01 Aug
Balas

Alhamdulillah, dalam pasal 31 UUD telah disebutkan bahwa sistem pendidikan di Indonesai bertujuan meningkatkan keimanan, ketakwaan dan akhlak mulia. Hal ini jelas bahwa tidak boleh ada lulusan kampus Islam yang tidak beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia.Adapun konsep ilmu dalam Islam yaitu, pertama belajar itu wajib dan mulia. Kedua, pendidikan dalam Islam itu jelas, yaitu integrasi antara akidah, islam dan akhlak.Ketiga, mendahulukan adab. Sejatinya integritas iman, ibadah dan akhlak merupakan keniscayaan dalam pendidikan islam.Syukron atas pencerahan nya bunda.

08 Jul
Balas

Subhanallah... Terimakasih bunda atas pencerahannya, dalam menjalankan pendidikan agama Islam memang benar bunda seseorang harus memiliki akidah yang baik dan berakhlak mulia,serta menjalankan ibadah yang baik.. adab dan akhlak juga sangat penting baik di perguruan tinggi dalam pendidikan agama Islam ataupun tidak menjalankan perguruan tinggi sebab adab dan akhlak yang baik akan mencerminkan diri dalam seseorang itu baik atau tidak nya bunda.. Alhamdulillah dari artikel ini saya bisa belajar dan memahami tentang akhlak yang baik dan adab yang baik.. terimakasih bunda .

07 Jul
Balas

#Subhanallah saya setuju bunda, apa yang dikatakan oleh DR.Adian memang seharusnya kampus atau sarana pendidikan lain yang mengatas namakan islam maka lulusannya pun harus memiliki ahlak atau tata krama yang baik. Dan ini ada alah tugas bagi kampus tersebut bagaimana caranya. Terkadang didalam kampus tersebut juga belum bisa terealisasikan dengan baik, dan saya setuju sekali pada point ketiga bagaimana kita harus mengutamakan adab dibanding ilmu, karena ilmu tanpa adab itu akan salah kaprah, dan bagi saya yang menyakitkan adalah saat beliau berkata "Jual Minyak Babi, tapi Cap Unta." Singkat namun berasa.

06 Jul
Balas

Tabarakallah Bunda,, benar Bun adab dan akhlak itu memang sangat penting. Apalagi dalam perguruan tinggi Islam yang memang harus mengutamakan akhlak serta adab yg baik. Kependidikan di perguruan tinggi pasti mengajar kan untuk berakhlak karimah. Semoga kita selalu di Istiqomah kan dalam berakhlak dan beradab yg baik yaa Bun. #Barakallah

20 Jul
Balas

Barakallah ,, memang betul bun ,, adab dan akhlak itu sangatlah penting ,, apa lagi kuliah di kampus islam harus ada yang namnya akhlak mulia serta adab karena di didik oleh agama,,, Sejatinya Integritas Iman, Ibadah dan Akhlak Merupakan Keniscayaan dalam Pendidikan Islam

08 Jul
Balas

Barakallah.lulusan kampus islam tidak boleh ada yg tidak beriman,harus beriman,berakhlak mulia.dan konsep ilmu dalam islam meliputi:belajar itu wajib dan mulia,Pendidikan dalam Islam itu jelas,dan mendahulukan adab.

08 Jul
Balas

Barakallah bunda bertambah lagi ilmu saya setelah membaca artikel ini. Memang sudah seharusnya lulusan dari suatu perguruan tinggi Islam harus memiliki akidah yang baik, ibadah yang benar dan akhlak mulia. Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa konsep ilmu dalam Islam yaitu belajar itu wajib dan mulia, pendidikan dalam Islam itu jelas, yaitu integrasi antara akidah, islam dan akhlak, serta mendahulukan adab.

08 Jul
Balas

Barakallah bunda, sangat betul sekali bunda, lulusan perguruan Islam harus mempunyai akhlak dan pribadi yang baik, karena Pendidikan dalam Islam itu mengajarkan untuk beradab dan berakhlak mulia. Barakallah

28 Jul
Balas

Memang adab dan akhlak itu menyangkut sekali dengan pendidikan, sekarang banyak pendidikan yg berhasil islam karena orang" Mulai tau kalau ini benar dan itu salah, makadari itu semoga kita menjadi orang yg selalu dalam jalan Allah,,, barokallah

12 Aug
Balas

Tujuan pendidikan Islam adalah memiliki Aqidah yang baik,ibadah yang benar,dan akhlaq yang mulia... Yang harus di terapkan ... Karna pintar saja tidak cukup jika tidak di barengi akhlak, ibadah yang benar juga tidak cukup jika tidak di barengi akhlak mulia.... Karna akhlak mulia adalah perhiasan dunia.... Terimakasih bunda ilmunya... Barakallahu fiik bunda

06 Jul
Balas

Barakallah bunda.. pada dasar nya memang perguruan tinggi berbasis Islam tak hanya meluluskan mahasiswa yang unggul dalam bidang akademik saja. Tetapi perlu di perhatikan dari segi akhlak dan adab nya.. agar ketika wisuda, selain mendapat gelar, pun memperoleh karakter baik baik itu akhlak, Budi pekerti serta adab seseorang tsb.

03 Aug
Balas

Barakallahu fiik bunda.. benar sekali, didalam dunia pendidikan apalagi lembaga tersebut adalah lembaga yang bernuansa Islam perlu adanya integrasi iman, ibadah, dan akhlak dalam menerapkan konsep ilmu. Bahkan diatas delah disinggung bahwa dalam menerapkan konsep ilmu itu mesti berintegrasi antara iman , ibadah dan akhlak, belajar itu wajib dan mulia, serta mendahulukan adab. Diibaratkan jika ada lembaga Islam tapi tidak menerapkan konsep ilmu Islam tersebut, maka seperti "jual minyak babi cap unta". Barakallah. .

06 Jul
Balas

Jual Minyak Babi Cap Unta.Tujuan pendidikan Islam adalah memiliki Aqidah yang baik,ibadah yang benar,dan akhlaq yang mulia.Konsep ilmu dalam Islam meliputi: Pertama, belajar itu wajib dan mulia. Kedua, pendidikan dalam Islam itu jelas, yaitu integrasi antara akidah, Islam dan akhlak. Ketiga, mendahulukan adab. Semua itu harus terintegritas, agar lulusan kampus Islam dapat terjun langsung ke masyarakat untuk mengabdi menuju zaman yang lebih baik lagi...Barakallah bunda

07 Jul
Balas

adab dan akhlak sangatlah perlu di junjung tinggi. apalagi kita berada dalam perguruan tinggi islam yang memang mengutamakan adab dan akhlak. percuma kita memiliki ilmu tinggi tapi tidak memiliki adab. iblis pun lebih banyak ilmunya. semoga kita tergoloong oranng yang memiliki adab dan akhlak yang baik. barakallah

16 Jul
Balas

Baarokallah, menuntut ilmu itu wajib dari buayan sampai liang lahat, tetapi percuma kita mempunyai ilmu tapi tidak punya adab, semoga kita selalu beriman dan beradab, dan dilindungi oleh Allah SWT

08 Jul
Balas

Barakallah,, Artikel yg sangat luar biasa dari segi judul pun sudah menarik apalagi isinya mengandung benyak pelajaran yg dipetik bahwa lulusan dari kampus Islam tidak boleh ada yg tidak beriman, tidak bertakwa dan tidak berakhlak mulia. Maka dari itu lulusan kampus Islam harus memiliki akidah yg baik, beribadah benar serta berkepribadian akhlak yg mulia sehingga tak seperti pribahasa "Menjual minyak babi cap unta". Tiga pokok inilah yg akan membuat kejayaan islam pada generasi Rabbani selalu mengedepankan akidah, beribadah dan yg utama berakhlak mulia.

08 Jul
Balas

alhamdulillah.. Mengikuti Webinar yang dilaksanakan oleh IAIN Padang Sidimpuan dengan tema Islamic Epistemology Menuju Revilval of Islamic Civilization, Webinar ini dilaksanakan tanggal 27 Juni 2020, dengan tiga narasumber, Prof Abdul Fatah Santoso, Dr. Adian Husaini dan Dr. Agus Purwanto. Diikuti oleh 34 Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia, dengan jumlah peserta 187 orang. Diantara penjelasan nya Dr. AAdian Husaini ialah beliau menjelaskan tentang integritas pendidikan Islam dengan moto ISK atau Islamic Saint and Kampus, dan beliau pu mengungkapkan bahwa konsep ilmu dalam islam itu meliputi beberapa aspek diantaranya pertama meyakini arti belajar itu wajib dan mulia, kedua ialah pendidikan dalam Islam itu jelas yaitu berupa integrasi antara akidah, Islam dan akhlak, dan terakhir ialah mendahulukan adab. barakallah.

02 Aug
Balas

Alhamdulillah,,, Konsep Ilmu dalam Islam: Pertama belajar itu wajib dan mulia, kedua pendidikan dalam Islam itu jelas, dan Ketiga, mendahulukan adab. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Ali bin Ali Thalib dan Umar bin Khattab menyatakan Beradablah kamu kemudian berilmulah. menurut saya memang benar adanya harus mengutamakan Adab dulu baru Ilmu, karena iblis pun berilmu tetapi tidak punya adab, maka dari itu saya tidak mau disebut saudaranya iblis atau serupa dengannya. Ditunggu artikel selanjutnya bunda....

08 Jul
Balas

SUBAHANALLAH. Mnjelaskan ttng integr as i dalan pendidikan islam yaitu ttng menciptakan keimanan ketakwaan akhlak mulia komsep dlm ilmu juga harus mmpunyai sifat yaitu seperti bljr itu wajib, akidah islam akhlak mulia itu harus jelas dan juga mndahulukan adab karena ilmu tinggi jika tdk ada etika adab, ilmu itu tdk akan brguna dan mnjdi sesuatu diluar sna. Terimakasih bunda sangat bermanfaat sekali

06 Jul
Balas

Subhanallah,,, Jual minyak babi,tapi cap unta. Begitu ujar Ketua Program Pasca Universitas Ibnu Khaldun Bogor (UIK). Dr. Adian beliau menjelaskan tentang integritas pendidikan islam dengan moto Islamic integritas, pendidikan islam dengan moto Islamic saint and kampus (ISK) yang muncul sudah lama tentang hal itu. Bahwasannya lulusan suatu Perguruan tinggi islam harus memiliki akidah yang baik, ibadah yang benar, dan akhlak yang mulia. Dan Bapak dari 7 orang anak ini juga mengungkapkan bahwa konsep ilmu dalam islam meliputi beberapa hal, antara lain : Belajar itu wajib dan mulia, Pendidikan dalam islam itu jelas, Dan harus selalu mendahulukan adab. Begitulah tak hanya berilmu tetapi memiliki adab dan berakhlak mulia sangat penting untuk di miliki oleh setiap lulusan perguruan tinggi islam. Dan sejatinya integritas iman, ibadah dan akhlak merupakan keniscayaan dalam pendidikan islam. Terimakasih bunda sangat menginspirasi.

06 Jul
Balas

MasyaAllah.. Benar sekali bu, kampus islam harus melahirkan mahasiswa yang berakhlaq, beriman. Sebenarnya bukan hanya di kampus islam, ini khusus untuk semua mahasiswa yang beragama Islam, karena apapun jurusan nya mereka harus paham bahwa semua itu bertujuan untuk mencapai ridha nya Allah.

08 Jul
Balas

MasyaAllah... Karena kampus Islam memiliki kefokusan untuk mempelajari semua hal yg baik. Dan Memang sudah seharusnya lulusan dari suatu perguruan tinggi Islam harus memiliki akidah yang baik, ibadah yang benar dan akhlak mulia. Jadi jngan sampai ada istilah 'Kejahatan syariah'. Syukron bun

15 Jul
Balas

MasyaAllah.. Sepakat bun, saya sebagai mahasiswa dikampus islam pun ingin ketika saya masuk kampus islam itu berintegritas iman, menjadi lebih baik dalam ibadah, dan menjadikan akhlak saya kedepannya bisa lebih baik dari yang sebelumnya..

04 Aug
Balas

Masyallah.... Adab dan akhlak sangat penting bagi kehidupan.

06 Jul
Balas

Masyaallah betul sekali bu, memang adab dan akhlak itu sangat penting , terlebih untuk perguruan tinggi Islam yg memang harus ada yg namanya akhlak mulia karena di didik ilmu agama.awalnya saya salah mengira, menjual minyak babi cap unta itu maksudnya akhlak dan adab lebih utama jika berilmu belum tentu beradab jika beradab sudah pasti berilmu. .

06 Jul
Balas

subhanallah...terima kasih bunda atas pencerahanya..sehat selalu bunda#subhnallah

06 Jul
Balas

Subhanallah... Pagi yang cerah dapat pencerahan yang luar biasa. Benar bunda, jangan sampai ada istilah "jual minyak babi, tapi cap unta". Karena dalam konsep ilmu dalam islam itu Belajar , wajib dan mulia; pendidikan islam yang jelas secara integritas nya dan yang utama mendahulukan adab. Semoga para lulusan pendidikan Islam, memiliki iman, takwa dan berakhlaq mulia, agar ilmu yang bermanfaat ini dapat bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain. Khusus nya bekal hidup untuk kehidupan yang lebih baik lagi. Terimakasih bunda, atas artikelnya yang selalu menginspirasi.

06 Jul
Balas

Subhanallah.. benar sekali Bun integritas dalam pendidikan itu harus mempunya adab dan akhlak, tidak hanya ilmu saja. Karena akhlak sangat penting. Jangan hanya pintar dalam ilmu umum saja, tapi harus pintar juga dalam ilmu agama yaitu adab. Itulah kenapa dalam lembaga pendidikan materi yang pertama kali harus di sampaikan itu tentang adab dan akhlak, agar tidak muncul ilmuan jahat, yaitu orang pintar tak berakhlak mulia.

06 Jul
Balas

Subhanallah, terimakasih bun atas ilmunya. Memang benar sudah menjadi khas perguruan tinggi islam itu harus memiliki iman, adab dan akhlak sangat penting untuk di terapkan. Ajaran islam memang harus mengalir di dunia pendidikan, terutama di kalangan mahasiswa yaitu dikampus. Bukan hanya sekedar nama kampus ya saja berlebel islam tetapi ajaran islam juga harus di terapkan di dlm kampus. Agar para mahasiswa mempunyai akhlak senentiasa bisa terjaga

09 Jul
Balas

Subhanallah. Bagus sekali motto dari Ketua Program Pasca UIK ia bekata, "Jangan sampai menjadi kampus yang Jual Minyak Babi, tapi Cap Unta". Ia jg mengungkapkan konsep ilmu dalam Islam meliputi bbrp hal : Pertama belajar itu wajib dan mulia. Kedua, Pendidikan dalam Islam itu jelas, yaitu integrasi antara akidah, islam dan akhlak. Dan yg ketiga, mendahulukan adab. Semoga pendikan islam kita memiliki akidah yang baik, ibadah yang benar dan akhlak mulia.. #SUBHANALLAH

06 Jul
Balas

MasyaAllah semoga menjadi motivasi bagi tenaga pendidik, untuk mengacu kepada hal-hal diatas. Terimakasih ilmunya Bunda. . Semoga pendidikan di Indonesia semakin baik. Aamiin.. .

02 Aug
Balas

Masyaallah sebagaimana sejatinya pendidikan itu bertujuan untuk meningkatkan keimanan, ketakwaan dan berakhlak baik hendaklah melahirkan para pelajar yang beriman, bertakwa dan berakhlak baik. Kita bisa belajar dari Konsep pendidikan yang disampaikan oleh Dr. Adian dari Universitas Ibnu Khaldun Bogor (UIK) yaitu: Belajar itu wajib dan mulia, pendidikan dalam islam itu jelas yaitu integrasi antara akidah dan akhlak, mendahulukan adab.

06 Jul
Balas

Subhanallah..Benr bunda .. adab dan akhlak yg mulia sangatlah penting. Bahkan nabi pun di turunkan. Untuk memperbaiki akhlak. Terima kasih bunda

10 Jul
Balas

Masya Allah... Benar sekali bun, perguruan islam itu harus memiliki iman,adab, dan akhlak karena itu sangat penting sekali untuk diterapkan dikalangan mahasiswa. Tak hanya pintar dalam ilmu umum tetapi kita juga harus pintar dalam ilmu agama yaitu adab. Syukron bun atas ilmunya

15 Jul
Balas

Benar sekali bun.. pendidikan agama islam harus berlandaskan iman, ibadah, dan akhlak, agar menjadi insan yang budiman dan berakhlakul karimah.. #Subhanallah

06 Jul
Balas

Subhanallah .. memang betul jika suatu pendidikan islam apalagi perguruan tinggi islam jika para mahasiswanya tidak mempunyai, iman, akhlak, akidah sama seperti jual minyak babi Cap unta .. memang besar tanggung jawab seorang pemimpin dan seorang pemimpin akan di pertanyakan kepemimpinan nya kelak ..

07 Jul
Balas

Subhanallah..keren bun memang, akhlak sangatlah penting agar akhlak mahasiswa semakin baik bun terima kasih atas ilmunya bun tabarakallahu fiik.

07 Jul
Balas

Subhanallah..keren bun memang, akhlak sangatlah penting agar akhlak mahasiswa semakin baik bun terima kasih atas ilmunya bun tabarakallahu fiik.

07 Jul
Balas

Subhanallah, pada 27 Juni 2020 telah berlangsung Webinar yang bertemakan islamic epistemology menuju revilval of islamic Civilization oleh Kampus IAIN Padang sidimpuan, dengan melibatkan 34 perguruan tinggi dengan berjumlah 187 partisipan, dan diisi oleh 3 narasumber yang luar biasa diantaranya Prof Abdul Fatah Santoso, Dr. Adian Husaini, dan Dr. Agus Purwanto. Diantara penjelasan nya Dr. AAdian Husaini ialah beliau menjelaskan tentang integritas pendidikan Islam dengan moto ISK atau Islamic Saint and Kampus, dan beliau pu mengungkapkan bahwa konsep ilmu dalam islam itu meliputi beberapa aspek diantaranya pertama meyakini arti belajar itu wajib dan mulia, kedua ialah pendidikan dalam Islam itu jelas yaitu berupa integrasi antara akidah, Islam dan akhlak, dan terakhir ialah mendahulukan adab. #subhanallah

06 Jul
Balas

Subhanallah, pada 27 Juni 2020 telah berlangsung Webinar yang bertemakan islamic epistemology menuju revilval of islamic Civilization oleh Kampus IAIN Padang sidimpuan, dengan melibatkan 34 perguruan tinggi dengan berjumlah 187 partisipan, dan diisi oleh 3 narasumber yang luar biasa diantaranya Prof Abdul Fatah Santoso, Dr. Adian Husaini, dan Dr. Agus Purwanto. Diantara penjelasan nya Dr. AAdian Husaini ialah beliau menjelaskan tentang integritas pendidikan Islam dengan moto ISK atau Islamic Saint and Kampus, dan beliau pu mengungkapkan bahwa konsep ilmu dalam islam itu meliputi beberapa aspek diantaranya pertama meyakini arti belajar itu wajib dan mulia, kedua ialah pendidikan dalam Islam itu jelas yaitu berupa integrasi antara akidah, Islam dan akhlak, dan terakhir ialah mendahulukan adab. #subhanallah

06 Jul
Balas

Subhanallah, pada 27 Juni 2020 telah berlangsung Webinar yang bertemakan islamic epistemology menuju revilval of islamic Civilization oleh Kampus IAIN Padang sidimpuan, dengan melibatkan 34 perguruan tinggi dengan berjumlah 187 partisipan, dan diisi oleh 3 narasumber yang luar biasa diantaranya Prof Abdul Fatah Santoso, Dr. Adian Husaini, dan Dr. Agus Purwanto. Diantara penjelasan nya Dr. AAdian Husaini ialah beliau menjelaskan tentang integritas pendidikan Islam dengan moto ISK atau Islamic Saint and Kampus, dan beliau pu mengungkapkan bahwa konsep ilmu dalam islam itu meliputi beberapa aspek diantaranya pertama meyakini arti belajar itu wajib dan mulia, kedua ialah pendidikan dalam Islam itu jelas yaitu berupa integrasi antara akidah, Islam dan akhlak, dan terakhir ialah mendahulukan adab. #subhanallah

06 Jul
Balas

Subhanallah, pada 27 Juni 2020 telah berlangsung Webinar yang bertemakan islamic epistemology menuju revilval of islamic Civilization oleh Kampus IAIN Padang sidimpuan, dengan melibatkan 34 perguruan tinggi dengan berjumlah 187 partisipan, dan diisi oleh 3 narasumber yang luar biasa diantaranya Prof Abdul Fatah Santoso, Dr. Adian Husaini, dan Dr. Agus Purwanto. Diantara penjelasan nya Dr. AAdian Husaini ialah beliau menjelaskan tentang integritas pendidikan Islam dengan moto ISK atau Islamic Saint and Kampus, dan beliau pu mengungkapkan bahwa konsep ilmu dalam islam itu meliputi beberapa aspek diantaranya pertama meyakini arti belajar itu wajib dan mulia, kedua ialah pendidikan dalam Islam itu jelas yaitu berupa integrasi antara akidah, Islam dan akhlak, dan terakhir ialah mendahulukan adab. #subhanallah

06 Jul
Balas

Subhanallah ,integrasi dalam pendidikan islam yaitu untuk menciptakan keimanan ketaqwaan dan akhlak mulia ,hingga jangan sampai kita menjadi penjual minyak babi dengan cap unta seperti yg dituliskan diatas. Belajar itu wajib dan mulia ,akan tetapi menurut sayyiduna Ali bin Abi Tholib harus mengutamakan adab dari pada ilmu.Terimakasih pencerahan nya bu ,barakallah

06 Jul
Balas

Subhanallah,untuk adap banyak orang belum bisa pas dalam penempatannya maka dalam pendidikan adap Sangatlah di utamakan terutama di perguruan tinggi. Karena setelah lulus akan mengajarkan ke anak didiknya jadi kita harus tahu adap yang baik dan benar .

06 Jul
Balas

Subhanallah,untuk adap banyak orang belum bisa pas dalam penempatannya maka dalam pendidikan adap Sangatlah di utamakan terutama di perguruan tinggi. Karena setelah lulus akan mengajarkan ke anak didiknya jadi kita harus tahu adap yang baik dan benar .

06 Jul
Balas

Subhanallah,untuk adap banyak orang belum bisa pas dalam penempatannya maka dalam pendidikan adap Sangatlah di utamakan terutama di perguruan tinggi. Karena setelah lulus akan mengajarkan ke anak didiknya jadi kita harus tahu adap yang baik dan benar .

06 Jul
Balas

Memang ajaran Islam harus selalu ngalir dalam dunia pendidikan terutama dikalangan mahasiswa bukan hanya nama yang berlebel islami tetapi ajaran Islam pun harus diterapkan# subhanallah

08 Jul
Balas

Subhanallah benar bunda,lulusan suatu perguruan tinggi Islam harus memiliki akidah yang baik, ibadah yang benar dan akhlak mulia.Sejatinya Integritas Iman, Ibadah dan Akhlak Merupakan Keniscayaan dalam Pendidikan Islam #subhanallah

06 Jul
Balas

Subhanallah.. sistem pendidikan di Indonesai bertujuan meningkatkan keimanan, ketakwaan dan akhlak mulia. konsep ilmu dalam Islam meliputi beberapa hal yaitu, belajar itu wajib dan mulia, lalu Pendidikan dalam Islam itu jelas, yaitu integrasi antara akidah, islam dan akhlak kemudian mendahulukan adab

13 Jul
Balas

Subhanallah, memang benar Bu akhlak itu sangat penting dalam diri manusia begitupun dengan ilmu dan adab harus selaras atau seimbang, semoga kita selalu berada dalam keridhoan Allah SWT amin.

06 Jul
Balas

SUBAHANALLAH akhlak dan abad memang posisinya paling mulia dan paling penting dalam kehidupan. terutama kepada sekolah tinggi agama islam .karena akan menjadi generasi penerus bangsa yang akan memimpin bangsa ini.semoga kita semua senantiasa berada pada keistiqomahaan dalam berakhlak yang baik

08 Jul
Balas

SUBAHANALLAH akhlak dan abad memang posisinya paling mulia dan paling penting dalam kehidupan. terutama kepada sekolah tinggi agama islam .karena akan menjadi generasi penerus bangsa yang akan memimpin bangsa ini.semoga kita semua senantiasa berada pada keistiqomahaan dalam berakhlak yang baik

08 Jul
Balas

SUBAHANALLAH akhlak dan abad memang posisinya paling mulia dan paling penting dalam kehidupan. terutama kepada sekolah tinggi agama islam .karena akan menjadi generasi penerus bangsa yang akan memimpin bangsa ini.semoga kita semua senantiasa berada pada keistiqomahaan dalam berakhlak yang baik

08 Jul
Balas

Barakallah Bun, jazakillah Bun atas penyampaian ilmunya. Adab memang lah harus dikedepankan dibanding dengan ilmu. Karena percuma jika memiliki ilmu banyak tetapi tak memiliki adab. Adab/akhlak sangatlah penting dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi pada zaman saat ini adab sangatlah penting untuk dipelajari.

10 Aug
Balas

Dua kata ..woow keren

02 Jul
Balas

Subhanallah bun, judul yang menarik kirain apaan jual minyak babi cap unta ternyata ini maksudnya memang benar bun akhlak dan adab lebih utama jika berilmu belum tentu beradab jika beradab sudah pasti berilmu sebagaimana rasulullah juga diutus untuk menyempurnakan akhlah umatnya. Sehat selalu Bun aamiin.

06 Jul
Balas

Subahanallah memang adab dan akhlak harus dinomer 1 kan ketimbang ilmu.Karena sejatinya integritas iman,ibadah dan akhlak merupakan keniscayaan dalam pendidikan islam.Terimakasih pencerahannya bunda.

06 Jul
Balas

SubhanallahBetul sekali Bun, ketika nama perguruan Islam yang notabene nya menyandang nama Islami dan nama Rasulullah terkadang ditempatkan di bawah nama perguruan tinggi lainnya seperti gajah Mada, ITB dan lain sebagainya,Oleh karena itu sudah sepatutnya kita sebagai orang yang ada di dalam universitas Islam, untuk memiliki keimanan , adab, dan ilmu yang tinggi agar tidak kalah dari unibunivers lain.

06 Jul
Balas

Alhamdulillah.. terlalu banyak menggeluti ilmu dunia sampai lupa mempelajari adab lihat saja sebagian kita sudah mapan ilmunya, banyak mempelajari tauhid, fiqih dan hadist namun tingkah laku kita terhadap saudara muslim lainnya jauh dari yang di tuntunkan oleh para salaf, untuk menjadi muslim yang baik kita harus tahan dan segala godaan seorang yang baik dia harus menyadari bahwa dirinya merupakan hamba Allah SWT bukan hamba yang lainnya.

06 Jul
Balas

Alhamdulillah, betul tuh Bun memang adab dan akhlak itu sangat penting bagi kehidupan manusia. Apalagi dalam perguruan tinggi akhlak mulia harus ia punya. Dalam artikel bunda pun mengatakan sejatinya integritas iman, ibadah dan akhlak merupakan Keniscayaan dalam Pendidikan Islam. Syukron Bun ilmunya semoga bermanfaat amiin

06 Jul
Balas

Barakallah fhiik bunda,adab dan akhlak sangat lah penting dalam kehidupan kita apa lagi perguruan tinggi islam harus memiliki akhlakul karimah yang baik karna menjadi sorotan utama di masyarakat yah bunda.smoga kita slalu di berikan istiqomah dalam hal kebaikan yah bunda.sehat selalu bunda

02 Aug
Balas

Alhamdulillah, syukron bunda atas pemaparan nya. Dr. Adian mengungkapkan konsep ilmu dalam Islam, yg pertama adalah belajar itu wajib dan mulia, yg kedua, Pendidikan dalam Islam itu jelas, yaitu integrasi antara akidah, islam dan akhlak. Dan yang ketiga, mendahulukan adab. Mengapa hrs mendahulukan adab? Karena tidak akan bermanfaat ilmu setinggi apapun jika tiada adab di dalamnya.Sejatinya Integritas Iman, Ibadah dan Akhlak Merupakan Keniscayaan dalam Pendidikan Islam. Barakallah bunda..

12 Jul
Balas

Subhanallah. Memang bnar pun seharusnya lulusan suatu perguruan tinggi Islam harus memiliki akidah yang baik, ibadah yang benar dan akhlak mulia. JPendidikan dalam Islam itu sangat jelas, dengan integrasi antara akidah, islam dan akhlak. Yang harus menuntut ilmu adab itu sangatlah penting. Tidak ada gunnya ya jika banyak ilmu tetapi tidak memiliki adab.

06 Jul
Balas

Subhanallah. Memang bnar pun seharusnya lulusan suatu perguruan tinggi Islam harus memiliki akidah yang baik, ibadah yang benar dan akhlak mulia. JPendidikan dalam Islam itu sangat jelas, dengan integrasi antara akidah, islam dan akhlak. Yang harus menuntut ilmu adab itu sangatlah penting. Tidak ada gunnya ya jika banyak ilmu tetapi tidak memiliki adab.

06 Jul
Balas

Subhanallah. Memang bnar pun seharusnya lulusan suatu perguruan tinggi Islam harus memiliki akidah yang baik, ibadah yang benar dan akhlak mulia. JPendidikan dalam Islam itu sangat jelas, dengan integrasi antara akidah, islam dan akhlak. Yang harus menuntut ilmu adab itu sangatlah penting. Tidak ada gunnya ya jika banyak ilmu tetapi tidak memiliki adab.

06 Jul
Balas

Alhmdulilah. Memang penerus generasi islam harus mempunyai Integritas Iman, Ibadah dan Akhlak Merupakan Keniscayaan dalam Pendidikan Islam. pendidikan itu bertujuan untuk meningkatkan keimanan, ketakwaan dan berakhlak baik hendaklah melahirkan para pelajar yang beriman, bertakwa dan berakhlak baik. Semoga kita semua termasuk masyarakat atau mahasiswa yang generasi penerus bangsa yang berakhlak dan bertawakal.#Subhanallah

06 Jul
Balas

reportase sangat mantap barakaAllah bu

03 Jul
Balas

Subhanallah. Berbicara tentang integritas pendidikan bahwasannya memang benar bun, lulusan suatu perguruan tinggi islam harus memiliki aqidah yang baik, ibadah yang benar dan berahlak mulia. Namun tetap belajar cerdas dalam berahlak mulia harus didahulukan. Agar tidak ada orang pintar tapi tak berahlak mulia. Sebagaimana yang disampaikan oleh Sahabat Rasulallah yaitu Ali bin abi thalib "beradablah kamu, kemudian berilmulah". Terima kasih bunda ilmunya. Sehat selalu ;)

06 Jul
Balas

Masya Allah berkah ilmu

02 Jul
Balas

Terima kasih sudah berkunjung dan barakallahu fiik

02 Jul

Orang yang menuntut ilmu itu akan mulia sudah jelas ada dalam Al-Quran. Tetapi kemuliaan ilmu itu akan tampak apabila di iringi oleh adab (akhlak yang baik). Maka dari agama Islam jelas memerintahkan untuk menjadikan manusia bertakwa kepada tuhannya, karena semua sudah jelas di dalam Al-Quran dan Al-Hadist.#Subhanallah

07 Jul
Balas

Alhamdulillah, Hal ini jelas bahwa dalam dunia pendidikan apa lagih kampus islam dalam Integritas wajib mempunyai Iman, Ibadah dan Akhlak MerupakanKeniscayaan. dalam Pendidikan IslamBukan tidak boleh ada lulusan kampus Islam yang tidak beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia namun akan lebih baik jika generasi yang pintar dalam mengerti istilah cerdas berakhlak mulia.

06 Jul
Balas

Masya Allah , terima kasih pencerahannya bunda , sangat bermanfaat

04 Aug
Balas

Subhaanallaah, Iman, ibadah, dan akhlaq merupakan pondasi seorang hamba terlebih dalam segala lembaga pendidikan terkhusus perguruan tinggi, karna sangat berperan besar Untuk Agama dan bangsabaik atau buruk, kuat atau bahkan bobroknya agama juga bangsa ada digenggaman para penuntut ilmu sekuat apa iya tanamkan pondasi keimanan dan akhlak mulia, terima kasih ibu

07 Jul
Balas

subhanalloh, generasi penerus ,generasi yang islami yang selalu mengabdikan ilmunya kw sesama. keren bu

02 Jul
Balas

Benar sekali Pak. Terima kasih sudah berkunjung dan barakallahu fiik

02 Jul

saking kagetnya ternyata oooo

02 Jul
Balas

saking kagetnya ternyata oooo

02 Jul
Balas

Terimakasih sangat bermanfaat

02 Jul
Balas

Alhamdulillah bila Manfaat. Terima kasih sudah berkunjung dan barakallahu fiik

02 Jul

Alhamdulillah..Webinar yang dilaksanakan oleh IAIN Padang Sidimpuan dengan tema Islamic Epistemology Menuju Revilval of Islamic Civilization, yang di laksanakan pada tgl 27 juni dan dengan tiga narasumber, yaitu Prof Abdul Fatah Santoso, Dr. Adian Husaini dan Dr. Agus Purwanto.Dr. Adian menyebutkan dan menjelaskan konsep ilmu dalam Islam yaitu : belajar itu wajib dan mulia, pendidikan dalam islam itu jelas dan mendahulukan adab dripada Ilmu tsb. Sangat bermanfaat untuk kita sebagai pelajar Islam.Syukron bund..

09 Jul
Balas

Maasyaallah bunda kirain apaan jual minyak babi cap unta ternyata ini maksudnya memang benar bund akhlak dan adab lebih utama jika berilmu belum tentu beradab jika beradab sudah pasti berilmu sebagaimana rasulullah juga diutus untuk menyempurnakan akhlah umatnya barakalloh bund ilmunya sangat bermanfaat.Salam Perindu Literasi

06 Jul
Balas

Maasyaallah bunda kirain apaan jual minyak babi cap unta ternyata ini maksudnya memang benar bund akhlak dan adab lebih utama jika berilmu belum tentu beradab jika beradab sudah pasti berilmu sebagaimana rasulullah juga diutus untuk menyempurnakan akhlah umatnya barakalloh bund ilmunya sangat bermanfaat.Salam Perindu Literasi

06 Jul
Balas

Alhamdulillah, awalnya saya salah mengira, menjual minyak babi cap unta itu maksudnya akhlak dan adab lebih utama jika berilmu belum tentu beradab jika beradab sudah pasti berilmu. Dan sebagaimana yang telah tertuang dalam pasal 31 UUD, telah disebutkan bahwa sistem pendidikan di Indonesai bertujuan meningkatkan keimanan, ketakwaan dan akhlak mulia. Berbicara tentang integritas pendidikan bahwasannya memang benar bun, lulusan suatu perguruan tinggi islam harus memiliki aqidah yang baik, ibadah yang benar dan berahlak mulia. Namun tetap belajar cerdas dalam berahlak mulia harus didahulukan. Terimakasih ilmunya bunda, barakallahu fikum..

06 Jul
Balas

Subhanallah, pendidikan Islam itu jelas, yaitu integritas antara akidah,Islam, dan akhlak. Terimakasih bunda semoga ilmunya bermanfaat.

10 Jul
Balas

Subhanallah, pendidikan Islam itu jelas, yaitu integritas antara akidah,Islam, dan akhlak. Terimakasih bunda semoga ilmunya bermanfaat.

10 Jul
Balas

Subhnallah.... Hal ini jelas bahwa dalam dunia pendidikan apa lagih kampus islam dalam Integritas wajib mempunyai Iman, Ibadah dan Akhlak MerupakanKeniscayaan.

06 Jul
Balas

Subhanallah , betul sekali bu, memang adab dan akhlak itu sangat penting , terlebih untuk perguruan tinggi Islam yg memang harus ada yg namanya akhlak mulia karena di didik ilmu agama, dan juga sistem pembelajaran ny menyangkut tentang kaidah keimanan, tauhid dll .. mudah"an kita d berikan keistiqomahan untuk selalu beradab dan berakhlak mulia.

06 Jul
Balas



search

New Post