Siti Ropiah

Guru MA Al Ishlah Cikarang Utara Kab Bekasi Jawa Barat Alumni Uin Jakarta, nomor hp 087888623714 ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Guru Penulis Tak Henti Belajar (175)

Guru Penulis Tak Henti Belajar (175)

Guru Penulis Tak Henti Belajar (175)

Oleh: Siti Ropiah

Menurut KBBI, menulis adalah melahirkan pikiran atau perasaan (seperti mengarang, membuat surat) dengan tulisan. Sejatinya menulis menuangkan ide dan gagasan yang tak terbaca dalam fikiran melalui rangkaian kata dalam bentuk tulisan sehingga pesan yang disampaikan terlihat dan terbaca. Mustahil ilmu pengetahuan diperoleh jika malas untuk bergelut dengan dunia literasi. Demikian bagi seorang pendidik atau guru.

Sebagai seorang guru, literasi merupakan keniscayaan yang harus dilakukan. Karena kehidupan guru tak lepas dari literasi. Guru dengan segudang ide tentu perlu mengikat ide tersebut dengan tulisan, agar ide nya tersebut dapat disampaikan kepada anak didiknya secara berkelanjutan. Karena tulisan, seseorang akan dikenal dunia dan karena tulisan pun ia tidak ditinggalkan sejarah.

Guru penulis itu guru yang dapat menata diri. Setiap hari bahkan setiap waktu, ada banyak hal yang mampir dalam benak. Terkadang pusing lantaran terlalu banyak yang harus ditampung di kepala. Menuliskan hal-hal yang ada di kepala berarti menata pikiran. Apabila pikiran terorganisasi, nyamanlah hidup ini. Apa pun yang disampaikan, baik lewat lisan ataupun tulisan, bila pikiran tertata, niscaya orang yang menerima pesan akan memahami. Sebaliknya ketika pikiran tidak tertata, maka kekacauan akan melanda karena orang tidak memahami pesan yang disampaikan.

Guru penulis itu penuh dengan motivasi diri. Dalam keseharian selalu memotivasi baik untuk diri maupun orang lain. Memotivasi lingkungan untuk selalu berliterasi tiada henti dengan mengirim tulisan tulisan yang menggugah pemikiran seseorang di berbagai group WA yang ada. Hal tersebut memberikan semangat untuk selalu mencari sesuatu yang terbaru untuk dijadikan bahan pembahasan dalam group, baik terkait persoalan sosial, hukum maupun agama. Motivasi dilakukan tiada henti yang pada akhinya menciptakan beberapa orang dalam group tertarik untuk berliterasi. Bahkan tertarik mengikuti pelatihan untuk meningkatkan kemampuan berliterasi hingga kemudian mampu menulis yang dapat bertengger di bebagai media . Selain itu, literasi mampu membuat tulisan karya ilmiah berupa jurnal bahkan menjadi narasumber di beberapa seminar walaupun baru dalam tarap institusi sendiri.

Guru penulis tak lepas dari membaca. Sebab bacaan merupakan sumber tulisan. Oleh karenanya Allah mengungkapkan terkait membaca terlebih dahulu dibanding menulis (mencipta), sebagaimana tertera dalam QS Al Alaq:1. Hal ini menyiratkan bahwa untuk menulis (mencipta karya) diperlukan kegiatan membaca yang merupakan sumber dalam menulis.

Guru penulis itu kreatif dan inovatif. Hal ini disebabkan seorang penulis membuka mata hati dan pikiran dari hasil bacaannya, baik bacaan dari tulisan atau dari apa yang ada di sekitarnya. Pikiran dan hati akan berupaya sebaik mungkin dalam melakukan sesuatu, termasuk dalam mengajar. Karenanya kreatif dan inovatif akan mengiringi langkahnya dalam memberikan ilmu kepada para siswanya. Sehingga metode pengajaran yang digunakan yang terbaik dan bervariasi disesuaikan dengan kondisi dan situasi.

Guru penulis itu produktif. Literasi menjadi jalan terang yang akan membawa seorang guru meraih sukses. Sebab literasi memiliki dampak yang maha dahsyat, salah satunya meningkatnya produktivitas. Hal ini didasarkan pada firma Allah dalam QS Al Alaq:1. Ayat pertama dlm surat al Alaq diakhiri dengan kata khalaq. Khalaq artinya mencipta. Artinya manusia setelah memiliki pengetahuan dari baca, meneliti, mengeksplore atau belajar, mencipta merupakan keniscayaan yang harus dimiliki sesuai dengan tugas manusia di muka bumi sebagai khalifah atau wakil Tuhan sebagaimana tertuang dalam qs al Baqarah ayat 30.

Label guru penulis di atas akan didapat bila selalu mengaktualisasikan diri. Lepaskan diri dari zona nyaman yang membelenggu diri. Karenanya membuka hati dan pikiran untuk itu diperlukan. Tak ada cara lain kecuali dengan belajar sepanjang hayat.

Sejatinya Belajar Sepanjang Hayat

Salam Perindu Literasi

#Gurfati Jannati. Cikarang, 7 Juli 2020. Pukul 04:05 WIB

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih pencerahannya Bu Siti. Barakallah dan sukses selalu. Salam literasi

07 Jul
Balas

Sama sama Bund. Barakallahu fiik

07 Jul

Keren bunda...

07 Jul
Balas

Terima kasih dan barakallahu fiik

07 Jul

Semua guru penulis pastilah pembelajar sepanjang hayat, harus mau membuka hati dan pikiran. Tulisan yang sangat bermanfaat, Bunda Vivi.

07 Jul
Balas

Benar sekali Bund. Terima kasih sudah berkunjung dan barakallahu fiik

07 Jul

pecandu literasi pasti akan keluar dari zona nyaman...mudah mudahan istiqomah ,salam literasi bunda. saya masih belajar menjadi penulis pemula...

07 Jul
Balas

Semoga demikian Bund. Terima kasih dan barakallahu fiik

07 Jul

Setuju Bu cantik, Belajar sepanjang hayat, sehat dan sukses selalu

07 Jul
Balas

Terima kasih sudah berkunjung dan barakallahu fiik

07 Jul

Masya Allah....Ketika kita ingin membuat tulisanMaka kita banyak banyak membaca buku, mediaguru, motivasi, atau seminar dll..Maka kamu banyak mengeluarkan ide-ide dan kreatif yang kmu punya bisa dari membaca...Jadi kita ingin membuat tulisan kita harus membaca terlebih dahulu

07 Aug
Balas

Maasyaallah Bun, Literasi memang akan membawa pikiran kearah yang positif, membuat kita terus berfikir dan mendapatkan ilmu, guru penulis itu kreatif dan inovatif sangat memotivasi saya agar bisa menciptakan karya tulis juga.

14 Aug
Balas

Benar sekali bun karna setiap menulis pasti harus ada inspirasi yang bagus ketika ingin menulis masyaallah

12 Jul
Balas

Benar sekali bun, ketika ingin menulis harus mendapat banyak inspirasi, salah satunya gemar membaca. Dan tidak ada batasan untuk belajar. Batasan belajar adalah ketika sudah tidak bernafas lagi. Masya Allaah..

12 Aug
Balas

Benar sekali ya bun dari membaca kita bisa mendapat ilmu dunia maupun akhirat. Ilmu memmem sangat penting untuk kehidupan kita untuk mendapatkan nya dengn belajar dan tidak cept merasa puas dari apa yang telah di dpat. Masyaallah

12 Jul
Balas

Smangat untuk trus blajar... Trimaksih pencerahannya Bu.

07 Jul
Balas

Semangat Pak. Terima kasih sudah berkunjung dan barakallahu fiik

07 Jul

guru adalah pembelajar sepanjang hayat. Sukses selalu, barakallahu fiik

07 Jul
Balas

Benar Bund. Terima kasih sudah berkunjung dan barakallahu fiik

07 Jul

Bener banget Bunda. Belajar dan terus belajar selamanya. Tulisan yang bagus banget. Sukses ya Bund.

07 Jul
Balas

Terima kasih sudah berkunjung dan barakallahu fiik

07 Jul

Subhanallah. Luar biasa sekali, Bunda. Penulis memang kegiatan yang memiliki segudang manfaat. Apalagi jika dilakukan dalam kondisi menjadi seorang guru. Selain memberi ilmu, namun bisa menjadi tauladan dalam berliterasi untuk murid-muridnya. Dengan menulis, seseorang dapat menata diri, penuh dengan motivasi diri, suka membaca, kreatif dan inovatif, dan produktif. Dengan belajar, lalu bisa mengajar. Terus belajar sepanjang hayat. Barakallah

12 Jul
Balas

Masyaallah,benar bun bahwa menulis itu sangat penting, apalagi untuk para guru. Karna Guru penulis itu penuh dengan motivasi diri. Dalam keseharian selalu memotivasi baik untuk diri maupun orang lain.

15 Jul
Balas

Siap, Bu. Selalu semangat jadi guru penulis. Mantap artikelnya. Terima kasih, Ibu.

07 Jul
Balas

Semangat terus Bunda Ranti. Terima kasih sudah berkunjung dan barakallahu fiik

07 Jul

Semangat terus Bunda Ranti. Terima kasih sudah berkunjung dan barakallahu fiik

07 Jul

barokalloh fiik bunda...guru adalah seorang motivator yang sangat hebat selalu memberikan inovasi terhadap anak didiknya..dengan ber literasi seorang guru mampu memberikan ide ide yang kreatif dan produktif.

12 Jul
Balas

Benar bunda menulis bukan hanya menuangkan ide tetapi kita juga dapat mengungkapkan perasaan yang tidak dapat dikatakan.barakallah fiik bunda...

12 Jul
Balas

Belajar sepanjang hayat. Mantap bunda

07 Jul
Balas

Terima kasih sudah berkunjung dan barakallahu fiik

07 Jul

Keren bu tulisannya. Guru penulis karunia dan rezeki utk terus berliterasi.sukses selalu bu

10 Jul
Balas

Begitulah bunda ,belajar sepanjang hayat.Sukses selalu bunda

07 Jul
Balas

Benar Pak. Terima kasih sudah berkunjung dan barakallahu fiik

07 Jul

Masyaallah bun..benar sekali menulos adalah suatu ide yang dituangkan dalam bentuk tulisan....dan menulis harus selalu membuka diri untuk terus belajar dan belajar untuk menjadi lebih baik lagi...semoga berkah bun...

12 Jul
Balas

Menulis adalah sebuah pemikiran atau ide yang di tuangkan dalam sebuah tulisan yang sudah tentu hasil dari sebuah pembelajaran dan karya ilmiah dan bisa merupakan jurnal berdasarkan pemikiran yang kreatif dan inovatif. Mantaap bunda yerikma kasih ilmunya.

12 Jul
Balas

Barokallahu bunda , memang kegiatan literasi ini sangat luar biasa .. profesi guru tentunya harus selalu mengaktualisasikan diri. Lepaskan diri dari zona nyaman yang membelenggu diri. Karenanya membuka hati dan pikiran untuk itu diperlukan. Tak ada cara lain kecuali dengan belajar sepanjang hayat, dan ada pepatah mengatakan tuntutlah ilmu sampai ke liang lahat .Barokallahu bunda selalu mengingatkan kita semua ..

02 Aug
Balas

Barakallah bunda artikel ini menjadi inspirasi tersendiri bagi siapa pun yg membaca .. dalam kalimat terakhir bunda menulis belajarlah sepanjang hayat mampu membuka pemikiran saya betapa penting nya belajar bukan hanya belajar mengenai mata pelajaran melainkan belajar untuk berliterasi, menulis, menciptakan karya" terbaik .. Juga setelah membaca ini semakin tersadar bahwa menulis itu keren kreatif inovatif dll .. terimakasih bunda tetap semangat

17 Jul
Balas

Tulisan bunda Vivi yang selalu bisa memotivasi kita semua, berbagai ulasan menarik dan ilmu-ilmu yang sangat bermanfaat.. Keren sangat bunda.. Terima kasih selalu berbagi ilmu untuk kita.. Salam santun

08 Jul
Balas

Subhanallah bunda Memang seorang yang sangat hoby membaca maka wawasan pun akan banyak yang di dapati dari literasi tersebut dan bener kata bunda seorang guru ketika mengajar dengan pikiran tertata maka anak anak pun mudah menyerap ilmu dengan apa yang kita sampaikan akan tetapi sebalik nya ketika guru mengajar dengan pikiran tidak tertata maka anak anak pun sangat sulit memahami apa yang kita sampaikan

14 Jul
Balas

Subhanallah bunda Memang seorang yang sangat hoby membaca maka wawasan pun akan banyak yang di dapati dari literasi tersebut dan bener kata bunda seorang guru ketika mengajar dengan pikiran tertata maka anak anak pun mudah menyerap ilmu dengan apa yang kita sampaikan akan tetapi sebalik nya ketika guru mengajar dengan pikiran tidak tertata maka anak anak pun sangat sulit memahami apa yang kita sampaikan

14 Jul
Balas

Setiap manusia mempunyai bakat menulis, hanya niat dan terus belajar yang akan menyemangati untuk menjadi sebuah tulisan bermakna.. aturnuhun Bu Doktor Vivi cantik Sholehah. yang selalu luArbiasa dan hebat dalam berbagi ilmu dan kebaikan.. barakallahu

07 Jul
Balas

Semangat Bund. Terima kasih sudah berkunjung dan barakallahu fiik

07 Jul

Alhamdulilah, kita sepemikiran bun, menulis melahirkan isi pikiran, menatanya dalam sebuah tulisan, memang kadang pikiran kita sangat banyak, baik itu masalah sehari-hari maupun tugas-tugas yang harus dikerjakan dalam waktu tertentu, dengan menulis juga nama kita seakan abadi di dunia, seperti choiril Anwar, beliau menulis di usia muda, namun meninggal juga dalam keadaan masih cukup muda, tulisannya kini bermanfaat untuk kita, dulu selagi saya masih SD choiril Anwar melalui berbagai karyanya sering lewat dalam puisi, berlanjut juga ketika saya di Bangkok SMP, saya selalu mendapati tulisan beliau, masya Allah. Dengan menulis juga dapat berbagi ilmu, dan bagi yang membacanya akan mendapatkan ilmu atau point-poiny yang bisa diambil, baik itu hanya sekedar pengalaman..

01 Aug
Balas

Alhamdulillah, Benar benar sangat luar biasa bunda tiada hari tanpa berletirasi.semangat terus bunda,dan terimakasih pencerahan nya memang membaca membuat kita mempunyai ide dan gagasan untuk sebuah literasi.semangat terus bunda.

12 Jul
Balas

Alhamdulillah. Masya allah, menjadi seorang guru harus inovatif, selalu memberikan ide baru untuk menyampaikan materi pada peserta didik. Seorang guru pasti bergelut dengan dunia literasi. Karena pasti seorang guru tidak jauh dengan menulis dan membaca, menulis ide-ide yang akan dilakukan saat mengajar, menulis apa yang akan di lakukan, ataupun menulis kegiatan sehari-hari.

02 Aug
Balas

Alhamdulillah,, benar bunda seorang guru dengan segudang ide tentu perlu mengikat ide tersebut dengan tulisan, agar ide nya tersebut dapat disampaikan kepada anak didiknya secara berkelanjutan. Dengan tulisan tdk akan terlupakan dan akan selalu jdi kenangan ataupun sejarah karena audah memumculkan karya2 tulisan yg bermanfaat. Guru penulis itu kreatif dan inovatif,

02 Aug
Balas

Alhamdulillah, sangat memotivasi untuk diri saya. Menjadi penulis itu tidk mudah selalu membutuhkan pengorbanan dan perjuangan. Menjadi penulis itu harus kreatif dan inovatif, karena seorang penulis membuka mata hati dan pikiran dari hasil bacaannya, baik bacaan dari tulisan atau dari apa yang ada di sekitarnya. Guru itu penulis tak lepas dari membaca. Sebab bacaan merupakan sumber tulisan. Semangat terus bunda.

12 Jul
Balas

Subhanallah... Benar sekali bunda sebagai seorang guru penulis tak henti-hentinya untuk terus belajar dan belajar.. Guru penulis juga tak lepas dari membaca, sebab bacaan merupakan sumber dari tulisan. Sebagaimana perkataan Allah SWT dalam QS Al Alaq:1. Hal ini menyiratkan bahwa untuk menulis (mencipta karya) diperlukan kegiatan membaca yang merupakan sumber dalam menulis.Semoga seorang guru tidak akan bosan dalam menimba ilmu serta pengetahuan-pengetahuan yang baru dalam mengajarkan anak didik nya dan selalu semangat dalam berliterasi .

14 Jul
Balas

Subhanallah tentunya artikel inipun bisa menjadi motivasi bagi guru-guru ataupun calon guru seperti kita untuk bersemangat berliterasi. Karena banyak sekali manfaat kita menulis salah satunya sebagai pengikat agar kita tidak lupa. Karena dihadits pun dikatakan Ikatlah ilmu dengan dengan tulisan."Bahkan ada pepatah juga mengatakan "Membacalah agar kau mengenal dunia dan Menulislah agar kau dikenal oleh dunia." Oleh karena itu jika kita terus berkarya dalam tulisan kita dan banyak sekali karya-karyanya, niscaya kita akan dikenal oleh orang didunia meskipun kita sudah tiada.

14 Jul
Balas

Tabarakallah Bunda,,, sebagai penuntut ilmu, literasi ini pasti membawa pikiran untuk memotivasi kita bekerja sesuai dengan kemampuan dan sertakan husnuudzon. Suatu yg sangat patut dicontoh Bun, meski sudaa terbilang hebat mrka pun masih perlu belajar belajar dan belajar serta tak henti atau putus asa hanya Krn sebuah kegagalan. Penulisan sangat membutuhkan perjuangan yg terbilang sulit apalagi jika banyaknya kegagalan. Jika kita tidak kuat maka kita akan jatuh. Sangat memotivasi sekali Bun dengan berliterasi seorang guru, penulis, dan sebagainya mampu memberikan ide yg kreatif serta inofatif. Syukron atas ilmunya bunda.. #Barakallah

20 Jul
Balas

Terimakasih bunda telah memberikan pencerahan sekaligus motivasi bagi kami semua yang membacanya. Sejatinya belajar itu sepanjang Hayat. Berliterasi dan menulis itu banyak sekali manfaatnya. Dengan tulisan, seseorang akan dikenal dunia dan dengan tulisan pula ia tidak ditinggalkan oleh sejarah. Barakallah bunda

15 Jul
Balas

barakalah,dengan tulisan kita dapat menuangkan ide-ide,menjadi guru bukan hanya mengajar tapi juga mau belajar,guru penulis mampu memotivasi diri,dan tetap belajar sepanjang hayat

14 Jul
Balas

Barakallah bunda, "guru penulis tak henti belajar" , betul sekali bunda seorang guru penulis tak hentinya belajar dan mengeluarkan ide baru dan menuangkan idenya dalam tulisan, tulisan akan dikenang sampai akhir hayat, tulisan tidak pernah pergi meskipun penulisnya sudah tiada, dan seorang guru penulis selalu memberikan motivasi untuk diri sendiri maupun orang lain, semangat berliterasi bunda...

28 Jul
Balas

Guru adalah di gugu dan di tiru, maka dari itu guru menjadi motivator anak didiknya dan setiap perkataan guru pasti di ikutin karena guru itu pasti mengarahkan yg benar, maka dari itu kalau guru mendapat ilmu lg guru pasti mengajarkan ide" Yg produktif,,, barokallah

02 Aug
Balas

Selalu ada kemudahan dan jalan jika kita bersungguh-sungguh... Dan beristqomah... Karna dalam literatur keistiqomahan yg harus terus dijaga... Dalam menulis dan membaca kita bisa menata hati dan pikiran sehingga menghasilkan karya yang abadi kelak di masa yang akan datang mewariskan generasi literasi lainnya dan selalu memotivasi diri dan orang lain.... Keren sekali bunda pencerahannya... Barakallahu fiik bunda

12 Jul
Balas

Selalu ada kemudahan dan jalan jika kita bersungguh-sungguh... Dan beristqomah... Karna dalam literasi keistiqomahan yg harus terus dijaga... Dalam menulis dan membaca kita bisa menata hati dan pikiran sehingga menghasilkan karya yang abadi kelak di masa yang akan datang mewariskan generasi literasi lainnya dan selalu memotivasi diri dan orang lain.... Keren sekali bunda pencerahannya... Barakallahu fiik bunda

12 Jul
Balas

Barakallah bunda,, memang betul kita meski belajar sepanjang hayat. Seperti yg tertera dalam mahfuzot yakni ' tuntutlah ilmu dari buaian hingga ke liang kahat' Tak naya pelajar ataupun pengajar,, tapi semua manusia. Dan juga seperti judul artikel bunda diatas yaitu "Guru Penulis Tak Henti Belajar" Guru penulis itu guru yang dapat menata diri. Guru penulis itu penuh dengan motivasi diri. Guru penulis tak lepas dari membaca. Guru penulis itu kreatif dan inovatif. Guru penulis itu produktif. Karena Label guru penulis di atas akan didapat bila selalu mengaktualisasikan diri. Barakallah bunda

16 Aug
Balas

Barakallah bunda.. guru itu yang mampu menata diri, memotivasi diri, guru yang pembaca, guru penulis yang kreatif, dan produktif. Label guru penulis di atas akan didapat bila selalu mengaktualisasikan diri. Lepaskan diri dari zona nyaman yang membelenggu diri. Karenanya membuka hati dan pikiran untuk itu diperlukan. Tak ada cara lain kecuali dengan belajar sepanjang hayat.

03 Aug
Balas

Barakallahu fiik bunda.. benar bunda.. belajar tidak mengenal usia. Muda ataupun tua,haruslah tetap belajar. Seorang guru sekalipun mesti belajar. Salah satunya adalah dengan menulis. Sebab menulis adalah cara menuangkan ide, perasaan, dan gagasan manusia melalui tulisan. Seorang guru pun tak akan lepas dari menulis, sebab makanan sehari hari nya adalah menulis. Hal itu dapat memotivasi diri, menata diri, dan menjadi manusia yang kreatif dan inovatif..

12 Jul
Balas

Guru Penulis Tak Henti Belajar,Guru penulis itu kreatif dan inovatif.Penulis memang kegiatan yang memiliki segudang manfaat. Apalagi jika dilakukan dalam kondisi menjadi seorang guru. Selain memberi ilmu, namun bisa menjadi tauladan dalam berliterasi untuk murid-muridnya.....Barakallah bunda

14 Jul
Balas

Barakallah Bunda,, Sejatinya belajar dilakukan sepanjang Hayat apalagi bagi seorang guru belajar merupakan suatu kewajiban dan berliterasi adalah keharusan agar adapat menuangkan ide-ide kreatif.

03 Aug
Balas

alhamdulillah.. dengan cara menulis bisa menghasilkan pikiran atau perasaan dengan tulisan. Sejatinya menulis menuangkan ide dan gagasan yang tak terbaca dalam fikiran melalui rangkaian kata dalam bentuk tulisan sehingga pesan yang disampaikan terlihat dan terbaca. Sebagai seorang guru, literasi merupakan keniscayaan yang harus dilakukan. Guru dengan segudang ide tentu perlu mengikat ide tersebut dengan tulisan, agar ide nya tersebut dapat disampaikan kepada anak didiknya secara berkelanjutan. Karena tulisan, seseorang akan dikenal dunia dan karena tulisan pun ia tidak ditinggalkan sejarah. seperti bunda saat ini guru yang telah memberi banyak motivasi terhadap para pembaca dan saya yakin sebelum bunda memberi motivasi untuk para pembaca pasti bunda sudah memikirkan dan merancang serapih mungkin agar mudah di pahami dan terbaca. barakallah bunda

13 Jul
Balas

Alhamdulillah,,, Bunda selalu membuka hati dan pikiran saya untuk berliterasi, karena rasa malas itu lah yang akhirnya membuat seseorang tidak produktif. Begitu dahsyatnya literasi karena sudah diterangkan juga dalam Al Qur'an sebagaimana yang ibu sebutkan tadi, ada pula hadist Nabi yang menyatakan "Tuntutlah ilmu sejak dari buaian hingga liang lahat". Jadi semasa kita masih bernafas maka tidak ada kata untuk tidak belajar. Barakallah bunda ditunggu artikel selanjutnya...

13 Jul
Balas

SUBAHANALLAH. Guru menulis tak henti belajar. Guru adalah guru yang bisa menata diri. Menulis memang pusing namun apalah daya fikiran slalu brfikir reorganisasi dg nyaman. Guru juga menulis untuk memotibasi diri dan orang lain mmerikan semangat untuk selalu mencari sesuatu yg trbaru. Terimakasih bunda sangat bermanfaat sekali

12 Jul
Balas

Subhanallah, benar sekali bunda. Dengan menulis kita dapat menuangkan ide-ide dan gagasan yang ada dalam pikiran dan perasaan kita yang tak tersampaikan oleh kata-kata. Maka dari itu untuk berliterasi sangat di penting di lakukan, dan berliterasi merupakan keniscayaan yang harus di lakukan, apalagi oleh seorang guru karena seorang guru tidak lepas dari literasi. Yakni selalu membaca dan menulis dalam keseharian nya. Dengan berliterasi juga menjadi guru penulis yang penuh dengan motivasi diri, kreatif dan inovatif. Dan sejatinya belajar itu sepanjang hayat. Terimakasih bunda sangat bermanfaat dan menginspirasi sekali untuk selalu belajar dalam berliterasi.

12 Jul
Balas

MasyaAllah bener sekali. Guru juga sebelum mengajarkan ilmunya ke yang lain pasti belajar terlebih dahulu, mendalami materi yang akan diajarkan dan banyak ber literasi membaca buku agar wawasan luas.

13 Jul
Balas

MasyaAllah... Luar biasa bunda, Menjadi penulis itu tidk mudah selalu membutuhkan pengorbanan dan perjuangan, Oleh karena itu jika kita terus berkarya dalam tulisan kita dan banyak sekali karya-karyanya, niscaya kita akan dikenal oleh orang didunia meskipun kita sudah tiada.

15 Jul
Balas

Masyallah... Penceramahnya tetap semangat bun.

12 Jul
Balas

Masyaallah benar sekali menulis adalah suatu ide yang dituangkan dalam bentuk tulisan dan karya ilmiah dan bisa merupakan jurnal berdasarkan pemikiran yang kreatif dan inovatif. . Luar biasa sangan menginsfirasi sekali. . . Terimakasih bunda

12 Jul
Balas

sunbhanallah...sebagai guru memang harus terus belajar, terima kasih bunda atas pencerahanya#subhanallah

12 Jul
Balas

Subhanallah.... Benar bunda, belajar sepanjang hayat memang harus dilakukan oleh siapapun, apalgi seorang Guru yang setiap harinya berada dalam dunia literasi. Dengan Menulis akan menghasilkan suatu karya apalagi jika tulisan nya dijadikan sebuah karya berupa buku, sang penulis akan slalu di ingat dan di kenang oleh pembacanya. Tulisan adalah ungkapan perasaan , karena dengan kata demi kata dalam sebuah tulisan menggantikan sebuah perasaan si penulis. Sangat menginspirasi sekali bunda. Semangat berliterasi bunda sungguh luar biasa.. Hebat. ....

12 Jul
Balas

Subhanallah...tulisan yang sangat memotivasi semu orang, memang benar untuk menciptakan sebuah tulisan diawali dengan membaca, dan setelah kita membaca kita bisa menuangkan ide kreatif kita pada tulisan itu.. sehingga kita bisa menciptakan sebuah karya.. karena sebuah tulisan seseorang akan di kenal dunia dan akan meninggalkan jejak sejarah sehingga bisa bermanfaat bagi semua orang..

12 Jul
Balas

Subhanallah, menulis adalah suatu ide yang di tuangkan dalam bentuk tulisan yang sudah pasti dari sebuah pembelajaran yg berdasarkan pemikiran yg kreatif dan inovatif. Dan menulis sllu membuka diri untuk terus belajar belajar dan belajar untuk menjdi yg lebih baik lagi. Sejatinya belajar sepanjang hayat

15 Jul
Balas

Subhanallah.. sebagai seorang guru, terketuk hati sy untuk terus berliterasi. Dengan menulis kita dapar menuangkan ide dan gagasan yang tak terbaca dalam fikiran melalui rangkaian kata dalam bentuk tulisan.. #SUBHANALLAH

12 Jul
Balas

MasyaAllah... Betul sekali Bunda. . Dengan membaca kita memang jadi lebih tau. Saya sendiri masih belajar tentang literasi.. Karena itu saya terlebih dahulu membaca bukunya sehingga saya dapat menguasai pesan apa yang terkandung di dalam bukunya saat menceritakan kembali kepada murid saya.

02 Aug
Balas

Masyaallah. Memang tidak mudah menjadi seorang penulis dengan segala ide dan motivasi kemudian yang disampaikan dari hati pasti akan dimengerti oleh hati yang lain. Belajar memang tiada batasan sampai kita tiada, membaca salah satu jembatanya dari membaca kita mampu mencipta.

12 Jul
Balas

Subhanallah. Bunda.Menulis.belajar. . Sebagai guru. Pastinya kit tak jauh dri. Kata menulis.mmbaca. dan belajr. ... Dengan tulisan. Kita bisa mengapresiasikan apa yg kita rasakn di dlm persaan atau fikiran. Yg sulit di ucapkan dengan kata". Dri mulut..Terimakasih bunda

14 Jul
Balas

Masya Allah... Memang benar bun, menulis adalah suatu ide atau gagasan yg dituangkan kedalam tulisan. Dengan membaca terlebih dahulu kita bisa menuliskan isi pikiran kita kedalam tulisan itu

22 Jul
Balas

Keren bunda... usia tak mengenal waktu untuk belajar ya bun... sukses selalu, dan terus berkarya. #Subhanallah

12 Jul
Balas

Subhanallah .. terimakasih pencerahannya bunda. Dengan menulis, seseorang dapat menata diri, penuh dengan motivasi diri, suka membaca, kreatif dan inovatif, dan produktif .. sejatinya jangan lelah untuk terus belajar ..

14 Jul
Balas

Subhanallah, bener sekali Bu literasi tidak lepas pada seorang guru karna guru yang penuh dengan ide-ide tentu saja perlu mengingat idenya tersebut dengan tulisan, dan saya begitu tertarik dengan kata dengan tulisan kita akan dikenal dunia dan karna tulisan pun kita tidak ditinggalkan sejarah kelebihan guru menulis itu diantaranya dapat menata diri, penuh dengan motivasi, tak lepas dari membaca, kreatif dan inovatif, dan inovatif. #subhanallah

13 Jul
Balas

Subhanallah,orang yang menciptakan karya tulis itu sungguh luar biasa karena mampu menuliskan merangkai apa yang di fikirkan apa yang ada di sekitarnya dan hal yang baru terjadi , sejatinya menulis harus butuh berlatih dan banyak membaca ,dengan membaca kita bisa mengetahui ilmu baru ,dan bisa menciptakan sesuatu yang baru

13 Jul
Balas

Subhanallah,orang yang menciptakan karya tulis itu sungguh luar biasa karena mampu menuliskan merangkai apa yang di fikirkan apa yang ada di sekitarnya dan hal yang baru terjadi , sejatinya menulis harus butuh berlatih dan banyak membaca ,dengan membaca kita bisa mengetahui ilmu baru ,dan bisa menciptakan sesuatu yang baru

13 Jul
Balas

Guru adalah seorang motivator dengan berliterasi seorang guru mampu memberikan ide" yang kreatif dan produktif# subhanallah

13 Jul
Balas

Jujur, ini memantik girah menulis saya Bun. Terimakasih sudah menjadi contoh untuk saya. Dan, pembaca yang lain. Sehat selalu bunda.

10 Jul
Balas

Subhanallah, betul Bun bahwa menulis menuangkan ide dan gagasan yang tak terbaca dalam fikiran melalui rangkaian kata dalam bentuk tulisan sehingga pesan yang disampaikan terlihat dan terbaca. Mustahil ilmu pengetahuan diperoleh jika malas untuk bergelut dengan dunia literasi. Demikian bagi seorang pendidik atau guru. #subhanallah

12 Jul
Balas

Masyaallah,kalau istilah di dojo (perguruan) saya yaitu "sebisa-bisa,harus bisa,pasti bisa" dari kalimat ini kita bisa mengambil sebuah pelajaran,bahwasanya berliterasi harus berani memulai (sebisa-bisa)kalau sudah berani memulai untuk berliterasi berarti kita mempunyai keinginan untuk bisa dan itu harus, pada akhirnya pasti bisa berliterasi,jika sudah seperti ini berliterasi menjadi seperti kebutuhan hehe,simple nya jadi kecanduan untuk berliterasi.

03 Aug
Balas

Subhanallah.. menulis adalah melahirkan pikiran atau perasaan seperti mengarang, membuat surat dengan tulisan. seseorang akan dikenal dunia dan karena tulisan pun ia tidak ditinggalkan sejarah.Guru penulis itu guru yang dapat menata diri. Guru penulis itu penuh dengan motivasi diriGuru penulis tak lepas dari membacaGuru penulis itu kreatif dan inovatif.Guru penulis itu produktif dan literasi menjadi jalan terang yang akan membawa seorang guru meraih sukses.

14 Jul
Balas

Subhanallah, bunda terimkasih atas semangat yang di berikan dalam setiap artikel nya bunda selalu memberikan inspirasi.

12 Jul
Balas

Subhanallah, bunda terimkasih atas semangat yang di berikan dalam setiap artikel nya bunda selalu memberikan inspirasi.

12 Jul
Balas

Subhanallah, memang benar bunda sejatinya kita tidak boleh puas dengan ilmu yang skrg kita peroleh teruslah belajar dan belajar krna belajar tidak ada batas nya kcuali akhir hayat.

14 Jul
Balas

SUBAHANALLAH sangat luar biasa para guru penulis tentu nya akan belajar sepanjang hayat nya.menulis itu amatlah penting dan tidak mudah pula untuk menulis karena harus melalu proses nya terlebih dahulu agar menjadi karya tulis yang luar biasa Terimakasih atas artikel nya sangat bermanfaat bagi kami para pembaca

14 Jul
Balas

SUBAHANALLAH sangat luar biasa para guru penulis tentu nya akan belajar sepanjang hayat nya.menulis itu amatlah penting dan tidak mudah pula untuk menulis karena harus melalu proses nya terlebih dahulu agar menjadi karya tulis yang luar biasa Terimakasih atas artikel nya sangat bermanfaat bagi kami para pembaca

14 Jul
Balas

Subhanallah benar bun guru penulis itu sangat kreatif, inovatif dan produktif. Bukan hanya itu guru penulis juga penuh motivasi diri, juga anak didiknya. Bukan hanya menuangkan ide tetapi juga dapat mengungkapkan perasaan yang tak mudah untuk diakatakan.

17 Aug
Balas

Barakallah Bun, Luar biasa Bun sangat menginspirasi sekali. Sebagai seorang guru literasi memang harus di lakukan. Karena kehidupannya tak lepas dari literasi. Dan guru tak pernah berhenti tuk belajar.

16 Aug
Balas

Subhanallah Bun, Menulis adalah sebuah pemikiran atau ide yang di tuangkan dalam sebuah tulisan. Benar kata bunda Sejatinya Belajar Sepanjang Hayat untuk menjadi seorang guru, literasi seperti bunda. Guru penulis itu penuh dengan motivasi diri,Guru penulis tak lepas dari membaca,Guru dengan segudang ide tentu perlu mengikat ide tersebut dengan tulisan, Guru penulis itu kreatif dan inovatif. Terimakasih Bun motivasi nya, sehat selalu Bun aamiin.

12 Jul
Balas

Subahanallah.Memang benar bunda tanpa berliterasi kita tidak akan tahu apa apa.

16 Jul
Balas

Subhanallah,Terimakasih Bu, tulisan yg menginspirasi untuk terus belajar dan berkorelasi, terlebih lagi jika kita merupakan seorang guru, harus terus semangat menimba ilmu dan Senantiasa memotivasi diri. Dalam keseharian selalu memotivasi baik untuk diri maupun orang lain. Memotivasi lingkungan untuk selalu berliterasi maupun memotivasi seseorang agar terus belajar hingga akhir hayat.

12 Jul
Balas

Ralat Berlokasi(X) = berliterasi ()

12 Jul

*berkolerasi

12 Jul

Alhamdulillah.. pada hakekatnya, belajar tidak pernah mengenal batasan usia dan dan belajar sepanjang hayat memang sudah menjadi paradigma universal dengan demikian konsep belajar tanpa henti pun sebetulnya juga harus di berlakukan untuk guru.

11 Jul
Balas

Alhamdulillah,, terimakasih banyak bunda sudah mengingatkan saya untuk slalu bersemangat bernulis. Pencerahan yang sangat bermanfaat Bun. Sukses selalu bundaa

12 Jul
Balas

Barakaallah fhiik bunda,menulis dab belajar bagi seorang guru itu sangat luar biasa belajar sepanjang hayat,karna dari penulis atau menulis di situlah dapat menuangkan ide ide yang tak bisa si ucapkan namun hanya bisa melalui tulisan dan di baca sama orang banyak,dan bunda adalah orang yang luar biasa tiada hari tanpa berliterasi,semangat terus bunda kuu.

19 Jul
Balas

Alhamdulillah. Menjadi penulis adalah profesi yang menjajikan. Banyak sekali media cetak yang menghargai tulisan dengan tinggi. Profesi ini sangat relefan dengan seorang guru ketimbang profesi lain. Sangatlah pantas jika seorang guru bisa menulis dan memilki karya tulis. Tentu ini sangat membanggakan dan patut di syukuri. Ilmu yang dimiliki oleh guru dituangkan dalam sebuah karya tulis itu akan menjadi amal kebaikan yang tidak pernah terputus. Dan pda akhirnya keuntungan yang diperoleh dari seorang guru penulis adalah keuntungan dunia dan akhirat.. Barakallah bun

25 Jul
Balas

Benar sekali Bunda tiada hari tanpa henti untuk belajar dan selalu semangat terus untuk menulis agar kita bisa berbagi ilmu. terima kasih atas inovasi nya Bunda...

12 Jul
Balas

Subhanallah. Bener bun, dengan tulisan kita bisa mengungkapkan isi hati kita, yang dimana hati kita sedang sedih, kacau, bahagia denga tulisan selalu menemukan ide dan motivasi, apalagi dengan seorang guru yang seharusnya belajar yang takan henti hentinya, guru seorang penulis membuka mata hati dan pikiran dari hasil bacaannya, baik bacaan dari tulisan atau dari apa yang ada di sekitarnya....Terus Belajar sepanjang hayat.

12 Jul
Balas

Subhanallah. Bener bun, dengan tulisan kita bisa mengungkapkan isi hati kita, yang dimana hati kita sedang sedih, kacau, bahagia denga tulisan selalu menemukan ide dan motivasi, apalagi dengan seorang guru yang seharusnya belajar yang takan henti hentinya, guru seorang penulis membuka mata hati dan pikiran dari hasil bacaannya, baik bacaan dari tulisan atau dari apa yang ada di sekitarnya....Terus Belajar sepanjang hayat.

12 Jul
Balas

Subhanallah. Bener bun, dengan tulisan kita bisa mengungkapkan isi hati kita, yang dimana hati kita sedang sedih, kacau, bahagia denga tulisan selalu menemukan ide dan motivasi, apalagi dengan seorang guru yang seharusnya belajar yang takan henti hentinya, guru seorang penulis membuka mata hati dan pikiran dari hasil bacaannya, baik bacaan dari tulisan atau dari apa yang ada di sekitarnya....Terus Belajar sepanjang hayat.

12 Jul
Balas

Subhanallah. Memang Belajar Harus Sepanjang Hayat karena kehidupan guru tak lepas dari literasi. Guru dengan segudang ide tentu perlu mengikat ide tersebut dengan tulisan, agar ide nya tersebut dapat disampaikan kepada anak didiknya secara berkelanjutan. Karena menulis sangat lah penting dan tdk dapat di pisahkan #Subhanallah

17 Jul
Balas

Subahanallah ....Tiada hari tanpa menciptakan sebuah karya , tulisan yang sangat bermanfaat dan memotivasi semua para pembacanya termasuk saya , yang selalu melaksanakan kegiatan berliterasi , dan memang guru yang kreativ dan inofatif itu yang benar benar hobi membaca , karenanya menulis semua bisa di tungkan dari hati ke tulisan.

12 Jul
Balas

Keren Bunda..Belajar tiada henti buat guru hebatSukses selalu Bunda

07 Jul
Balas

Benar sekali Bund. Terima kasih sudah berkunjung dan barakallahu fiik

07 Jul

Keren bunda.... belajar terus selagi masih bisa.

08 Jul
Balas

Subhanallah benar bun guru penulis itu sangat kreatif, inovatif dan produktif. Bukan hanya itu guru penulis juga penuh motivasi diri juga anak didiknya. Bukan hanya menuangkan ide tetapi juga dapat mengungkapkan perasaan yang tak mudah untuk diakatakan. Sehat selalu bunda ;)

18 Jul
Balas

Iya Bun tanpa membaca tidak akan bisa menulis sebuah literasi kecuali ia memakai dengan cara melihat dan mendengar.... Karena tanpa membaca akan membuat kurangnya referensi dalam menulis karena tidak berpengalaman dalam sebuah kata atau susunan kata.#Subhanallah

14 Jul
Balas

literasi.. keren bun

08 Jul
Balas

Alhamdulillah, tidak ada hentinya untuk membahasan seorang guru apa lagih seorang guru, literasi benar kata bunda Sejatinya Belajar Sepanjang Hayat untuk menjadi seorang guru, literasi seperti bunda. Guru penulis itu penuh dengan motivasi diri,Guru penulis tak lepas dari membaca,Guru dengan segudang ide tentu perlu mengikat ide tersebut dengan tulisan, Guru penulis itu kreatif dan inovatif.

12 Jul
Balas

Subhaanallaah, perlunya kesadaran yang ditanamkan bagi setiap manusia, tentunya yang berakal, bahwa belajar juga membaca didalamnya tuntutan Wajib sampai akhir hayat dengan demikian insyaa Allaah dunia digenggaman kita juga demikian Upaya menggapai ridho ilahi, terima kasih ibu

12 Jul
Balas

benar bu Siti..semoga dapat sepeti itu..konsenten membelajarkan diri, sensitf dan dapat beradaptasi dengan perkembangan...Baraqallah bun

08 Jul
Balas

Mantapp sekali.. guru tak pernah berhenti belajar. Apalagi ikatan ilmu yang paling cess adalah menulis. Sukses selalu Bu

07 Jul
Balas

Terima kasih sudah berkunjung dan barakallahu fiik

07 Jul

Keren ulasannya bu. Memberi.motivasi untuk melakukan yang terbaik. Terima kasih Siti

07 Jul
Balas

Terima kasih sudah berkunjung dan barakallahu fiik

07 Jul

Alhamduliah..Sangat memotivasi sekali bund, kata2 yg saya suka dan menjadi motivasi saya dalam artikel ini yaitu "Mustahil ilmu pengetahuan diperoleh jika malas untuk bergelut dengan dunia literasi. Demikian bagi seorang pendidik atau guru". Literasi itu sangat penting untuk kita, apalgi notabennya kita adalah guru maka harus banyak mencari pengetahuan2 baru, yaitu dengan berliterasi, Mudah2an saya pun bisa meningkatkan kebiasaan berliterasi..Barokallah bund

12 Jul
Balas

Maasyaallah bund terimakasih pencerahannya memang membaca membuat kita mempunya ide gagasan yang tertuang dalam tulisan yang kita baca dan menulis merupakan meluapkan isi pikiran kita yang terkadang terlalu banyak yang difikirkan dan memang belajar harus sepanjang hayat tidak memandang usia terutama sebagai guru penulis semangat terus bunda.Salam Perindu Literasi

12 Jul
Balas

Alhamdulillah, Sejatinya Belajar Sepanjang Hayat. Sebagai seorang guru, literasi merupakan keniscayaan yang harus dilakukan. dan dengan tulisan, seseorang akan dikenal dunia dan dengan tulisan pun ia tidak ditinggalkan sejarah. Mantap bunda, sangat bermanfaat dan menginspirasi kita semua agar selalu semangat dalam berkarya terutama dalam berliterasi, sukses selalu bunda.. barakallah

12 Jul
Balas

Informasi menarik, sebagai seorang guru memang harus terus belajar

07 Jul
Balas

Benar Bund. Sukses selalu dan barakallahu fiik

07 Jul

Subhanallah, memang benar bun sebagai seorang guru, literasi merupakan keniscayaan yang harus dilakukan. Karena kehidupan guru tak lepas dari literasi. Terimakasih atas motivasinya bunda.

15 Jul
Balas

Subhanallah...terimaksih sudah melebarkan mata hati yang telah terbuka ini agar selalu bersemangat menulis dan mengupgrade kejenjang yang lebih baik lagi,

12 Jul
Balas

Subhanallah tulisan bunda luar biasa menginspirasi saya . Terima kasih

08 Jul
Balas

Maasya Allah, Terima Kasih, pencerahan yang hebat..salam kenal

07 Jul
Balas

Sama sama Bund. Barakallahu fiik

07 Jul

Subhanallah bunda, terimaksih sudah melebarkan mata hati yang telah terbuka ini agar selalu bersemangat menulis dan mengupgrade kejenjang yang lebih baik lagi, salam hangat salam literasi

07 Jul
Balas

Sama sama Bund. Barakallahu fiik

07 Jul

Subhanallah , benar sekali Bun, bahwa menulis itu amat penting, terlebih bagi guru yang memang memiliki banyak ide dan gagasan yg harus d tuangkan salah satunya lewat tulisan.

12 Jul
Balas

Tiada hari tanpa berliterasi, semangat trus bunda

07 Jul
Balas

Benar sekali Bund. Sukses selalu dan barakallahu fiik

07 Jul

Subhanallah,,,,, sebagai seorang penuntut ilmu yang budiaman insyaallah, Literasi ini membawa pikiran terus bekerja sesuai kemampuan dan berfikir positif (hal kebaikan)., bunda Guru penulis itu kreatif dan inovatif sangat memotivasi kita semua agar senantiasa menciptakan karya tulis ilmiah yang sesuai harapan baik. Dalam penulisan selalu membutuhkan pengorbanan dan perjuangan, Dan selalu memberikan inovasi terhadap anak didiknya..dengan ber literasi seorang guru mampu memberikan ide ide yang kreatif dan produktif dan inovatif terimakasih atas ilmunya bunda.

17 Jul
Balas



search

New Post