Kontroversi Qunut dalam Shalat (112)
Kontroversi Qunut dalam Shalat (112)
Oleh: Siti Ropiah
Terkait qunut dimulai sejak kejadian 70 orang huffadz (penghafal Al-Qur'an) yang dibantai di daerah Bir Ma'unah. Saat itulah Rasulullah SAW amat sedih, hingga beliau melakukan doa agar orang-orang yang telah berbuat zalim itu dilaknat. Beliau berdoa di dalam shalat subuh (ada yang mengatakan Shalat Magrib). Beliau lakukan hal itu selama satu bulan. Kemudian Allah turunkan ayat yang menjelaskan bahwa hal itu (orang yang berbuat zalim tersebut) bukan kewenangan Rasul untuk meminta agar mereka dilaknat. Namun hal itu merupakan kewenangan Allah.
Setelah ayat tersebut turun, Rasulullah SAW tidak berdoa yang jelek seperti itu lagi. Karena Allah tidak inginkan Rasulullah SAW berdoa yang jelek. Karenanya doa tersebut diganti dengan yang baik. Doa yang baik dikenal dengan istilah qunut.
Terhadap sikap Rasulullah SAW ini terdapat beberapa penafsiran:
Pertama, Rasulullah SAW menghentikan doa tersebut. Pendapat ini dijadikan pegangan oleh Imam Hanafi yang berpendapat bahwa tidak ada qunut dalam shalat.
Kedua, Rasulullah SAW menghentikan doa yang jelek, namun diganti dengan yang baik. Pendapat ini dijadikan pegangan oleh Imam Maliki dan Imam Syafi'i. Karenanya menurut kedua Imam ini qunut dilakukan di dalam shalat. Bacaan qunut sebagaimana diajarkan pada Hasan. Hadis ini menjelaskan bahwa Hasan bin Ali (cucu Rasulullah SAW) diajarkan kalimat yang dibaca saat witir (qunut saat witir) yaitu
اَللهم اهْدِنِي فِيمَنْ هَدَيْتَ، وَعَافِنِي فِيمَنْ..
(Lihat Maktabah Syamilah, Sunan Abu Daud, juz.2,hlm.63,No. 1425. Hadis ini pun diriwayatkan oleh Ad Darimi, Turmudzi, Nasa'i, Ibnu Khuzaimah, Ibnu Hibban dan Thabrani).
Selain itu para sahabat melakukan qunut baik dalam shalat Subuh, Witir atau 10 malak terakhir Ramadhan. Melihat hal ini, Rasululluh SAW mendiamkannya. Diamnya Rasululluh SAW, membuktikan hal tersebut bukan hal yang terlarang.
Ketiga, Rasulullah SAW melakukan doa terkait peristiwa besar yang menimpa para hafiz yang terbunuh. Doa tersebut dikenal dengan istilah Qunut Nazilah. Karenanya menurut Imam Ahmad, qunut dilakukan ketika terjadi musibah besar menimpa kaum muslim.
وَعَنِ ابْنِ عُمَرَ أَنَّهُ سَمِعَ رَسُوْلَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا رَفَعَ رَأْسَهُ مِنَ الرُّكُوْعِ فِي الرَّكْعَةِ اْلأَخِرَةِ مِنَ الْفَجْرِ يَقُوْلُ: اَللَّهُمَّ الْعَنْ فُلاَنًا وَفُلاَنًا وَفُلاَنًا
Dari Ibnu Umar, “Sesungguhnya ia pernah mendengar Rasulullah SAW ketika beliau mengangkat kepalanya dari ruku’ di rakaat yang terakhir ketika shalat Shubuh
Sejatinya Perbedaan dalam Qunut Bukan Menjadi Persoalan dalam Ibadah
Salam Perindu Literasi
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar
Alhamdulillah jadi tambah ilmuku tentang qunut
Terima kasih sudah berkunjung dan barakallahu fiik
barakallah....
Terima kasih dan barakallahu fiik
Betul bu..setuju perbedaan bkn menjadi persoalan dalam ibadah. Tulisan sll bermakna
Terima kasih selalu mengapresiasi. Barakallahu fiik
Terimakasih Bu Doktor..jadi tambah wawasan tentang Doa qunut ..
Sama sama Bund. Barakallahu fiik
Terima kasih informasinya Bu. Baarakallah.Salam literasi
Sama sama Bund. Barakallahu fiik
Masya Allah....Dikehidupan ku sehari-harinya ketika sholat subuh atau bulan ramadhan yang malam 21 memakai doa qunut diakhir sholat..Ketika kita lupa dengan doa qunut maka sujut sahwi...Sujud sahwi merupakan dua sujud yang dilakukan oleh orang yang salat untuk menggantikan kesalahan yang terjadi di dalam salatnya karena lupa.
Maasyaallah Bun, perbedaan merupakan Rahmat, Qunut Bukan Menjadi Persoalan dalam Ibadah, terimakasih atas pemaparan mengenai kontroversi qunut dalam shalat Bun.
Karna perbrdaan itu sendiri bukan harus jadi masalah tapi tergantung pada keyakinan masing masing masyaallah
Perbedaan itu tidak masalah, mau di baca dalam shalat atau tidak itu tergantung Madzhab mana yang kita ikuti. Terima kasih bunda, sangat bermanfaat tulisannya. Masya Allaah..
Terima kasih bunda atas penjelasan nya tidak ada yang salah anatara memakai qunut dan tidak memakai qunut semua sama saja hanya untun beribadah kepada allah dan berbeda di pelaksanaan nya saja. Masyaallah. 5
Masya Allah Alhamdulillah nambah pengetahuan baru, selama ini mengamalkan tetapi baru tau sejarah nya. Terima kasih banyak bun
Bener banget bunda dan sebenarnya perbedaan itulah yang membuat indahnya kehidupan ya bund. Sukses selalu untuk bunda.
Iya Bund, kalau semua sama, tak berwarna.warna warni itu jadi indah. Terima kasih sudah berkunjung dan barakallahu fiik
Subhanallah, doa yang baik dikenal dengan istilah qunut. Qunut dimulai sejak kejadian 70 huffadz (penghafal Al-Quran) yang dibantai di daerah Bir Maunah. Kemudian Allah turunkan ayat yang menjelaskan bahwa hal itu (orang yang berbuat zalim tersebut) bukan kewenangan Rasul untuk meminta agar mereka dilaknat. Namun hal itu merupakan kewenangan Allah. Setelah ayat tersebut turun, Rasulullah SAW tidak berdoa yang jelek seperti itu lagi. Terhadap sikap Rasulullah SAW ini terdapar beberapa penafsiran: Pertama, Rasul SAW menghentikan doa tersebut. Kedua, Rasul SAW menghentikan doa yang jelek, namun diganti dengan yang baik. Ketiga, Rasulullah SAW melakukan doa terkait peristiwa besar yang menimpa para hafiz yang terbunuh. Terima kasih Bunda pemaparannya, sehat dan sukses selalu. Barakallah
Barokalloh fiik bunda...sejatinya perbedaan dalam membaca qunut itu bukan sebuah permasalahan,karna masing berpegang teguh kepada dalil.Dan ada beberapa penafsiran yang di paparkan oleh bunda,yang pertama yakni rosululloh menghentikan doa qunuk,ke dua rosululloh menghentikan doa yang jelek,dan yang Ketiga Rasulullah SAW melakukan doa terkait peristiwa besar yang menimpa para hafiz yang terbunuh, Doa tersebut dikenal dengan istilah Qunut Nazilah.
Alhamdulillah bertambah lagi pengetahuan.Benar bun Perbedaan dalam Qunut Bukan Menjadi Persoalan dalam Ibadah,itu tergantung keyakinan kita.barakallah fiik bunda..
Perbedaan jgn jdikan permusuhan, yg pnting kita beribadah kpda Allah sesuai mahzab masing2.. #subhanallah
Benar sekali. Terima kasih sudah berkunjung dan barakallahu fiik
Ilmu yang bermanfaat ibu. terima kasih.
Alhamdulillah. Terima kasih sudah berkunjung dan barakallahu fiik
Ilmu yang bermanfaat ibu. terima kasih.
Terimakasih bu atas ilmunya
Masyaallah perbedaan dalam ibadah asal tidak menyimpang dan tahu ilmu nya baik yang terdapat dari hadist maupun al-qur'an itu hal yang umum...dan insyaallah berkah...
Perbedaan adalah rahmat. Setuju bunda. Setiap ibadah tentu harus dengan ilmu yg berupa dalil. Ketika para sahabat melakukan ibadah tidak dilakukan oleh Rasulullah tetapi para sahabat melakukannya namun Rasulullah tdk melarangnya atau sikap beliau diam saja, maka itu di perbolehkan selama Rasullah tdk melarangnya. Masyaa Allah.
Subhanallah terimakasih bertambah lagi ilmu saya bunda.. Benar perbedaan pendapat wajar asal jangan sampai menimbulkan salah paham
Barokallahu bunda .. Bertambah lagi ilmu saya ..Kesimpulan dari artikel ini ialah Sejatinya Perbedaan dalam Qunut Bukan Menjadi Persoalan dalam Ibadah , yang menjadi persoalan adalah ketika kita tidak melaksanakan ibadah tersebut ..Barokallahu bunda .. Salam Perindu Literasi !
Barokallahu bunda .. Bertambah lagi ilmu saya ..Kesimpulan dari artikel ini ialah Sejatinya Perbedaan dalam Qunut Bukan Menjadi Persoalan dalam Ibadah , yang menjadi persoalan adalah ketika kita tidak melaksanakan ibadah tersebut ..Barokallahu bunda .. Salam Perindu Literasi !
Barakallah bunda terimakasih untuk ilmu nya .. memang benar bukan suatu masalah dalam perbedaan pendapat mengenai doa qunut saat sholat .. dan dengan artikel ini saya jadi paham mengenai perbedaan antara yg menggunakan qunut dan juga tidak .. terimakasih Bunda
Alhamdulillah, waktu dulu sebelum mengetahui perbedaan seperti ini sempat merasa aneh, tapi ini bukan suatu fenomena yg aneh, mungkin karena terbiasa dengan qunut jadi agak aneh dg yg tidak, semua yang terpenting bersandar pada sumber hukum yg disepakati
Alhamdulillah ... Memang sering kali terdengar perdebatan tentang penggunaan do'a qunut dalam shalat. Bagi saya, ini bukanlah suatu permasalahan tentang penggunaan do'a qunut dalam shalat. Karena do'a qunut merupakan sunnah dalam shalat. Perbedaan dan kontroversi do'a qunut ini tidak terlalu bermasalah buat saya, yang harusnya dipermasalahkan adalah orang-orang yang tidak mengerjakan shalat, tapi mengomentari penggunaan do'a qunut dalam shalat. Syukron katsir bu atas ilmunya, barakallah fiik ...
Alhamdulillah bunda saya sudah membaca artikel bunda dengan artikel ini saya jadi mengetahui dan bertambah lagi ilmu nya bunda saya jadi tau bahwaPerbedaan dalam Qunut Bukan Menjadi Persoalan dalam Ibadah barakallah bunda
Alhamdulillah. Betul bunda, perbedaan pendapat tentang pemakaian qunut dalam shalat bukanlah sebuah halangan untuk beribadah. Yang saya tahu dalam kitab fiqih bahwa qunut ialah termasuk sunah, sunah ab'ad yang mana jika gerakan tersebut (qunut) tertinggal maka harus melakukan sujud sahwi (qunut disini pada saat shalat subuh).
Alhamdulillah, Benar bun Sejatinya Perbedaan dalam Qunut Bukan Menjadi Persoalan dalam Ibadah. Perbedaan bukan menjadi hal yg d perdebatkan selagi berpegang kpd dalil dan hadis yg kuat. Saya baru tahu Doa yang baik dikenal dengan istilah qunut, terkait kontroversi penggunaan doa ini pada dasarnya memang qunut memiliki dalil seperti yang dijelaskan pada artikel bunda. Terimakasih bun barakallah..
Alhamdulillah, sebenarnya perbedaan dalam qunut bukan sebuah permasalahan dalam ibadah, terkadang malah manusia sendiri yang mempermasalahkan. Masing2at memiliki pegangan atau dalil sesuai penafsiran masing2 jadi tidak di permasalahkan. Yang terpenting kita menjalankan sholatnya dan selagi tidak mengubah rukun dan syaratnya sholat InsyaAllah boleh pakai qunut maupun tidak
Alhamdukillah... Terimakasih ilmunya bun, ternyata dalam qunut pun ada perbedaannya. Sebelumnya saya tidak mengetahui adanya perbedaan itu, saya pwrnah shalat subuh di suatu tempat dan di situ imam tidak membaca do'a qunut, saya fikir imamnya yang lupa, tapi ini adalah sebuah perbedaan membaca do'a qunut dan tidak membaca do'a qunut. Islam itu indah, banyaknya perbedaan namun tidak menjadi persoalan dalam ibadah.
Subhanallah, dapat ilmu yang bermanfaat, sebelumnya saya hanya tau Qunut saat shalat subuh dan Qunut saat witir,dan saya baru Tau ketika ada Qunut Nazilah.Sejatinya saat ini Qunut adalah doa yang baik, semoga dengan adanya perbedaan pendapat tentang Qunut tidak membuat permusuhan tetapi saling memberi pengetahuan tentang maksud-maksud dari Qunut tersebut.Terimakasih bunda
Subhanallah, dapat ilmu yang bermanfaat, sebelumnya saya hanya tau Qunut saat shalat subuh dan Qunut saat witir,dan saya baru Tau ketika ada Qunut Nazilah.Sejatinya saat ini Qunut adalah doa yang baik, semoga dengan adanya perbedaan pendapat tentang Qunut tidak membuat permusuhan tetapi saling memberi pengetahuan tentang maksud-maksud dari Qunut tersebut.Terimakasih bunda
Subhanallah, dapat ilmu yang bermanfaat, sebelumnya saya hanya tau Qunut saat shalat subuh dan Qunut saat witir,dan saya baru Tau ketika ada Qunut Nazilah.Sejatinya saat ini Qunut adalah doa yang baik, semoga dengan adanya perbedaan pendapat tentang Qunut tidak membuat permusuhan tetapi saling memberi pengetahuan tentang maksud-maksud dari Qunut tersebut.Terimakasih bunda
Subhanallah, dapat ilmu yang bermanfaat, sebelumnya saya hanya tau Qunut saat shalat subuh dan Qunut saat witir,dan saya baru Tau ketika ada Qunut Nazilah.Sejatinya saat ini Qunut adalah doa yang baik, semoga dengan adanya perbedaan pendapat tentang Qunut tidak membuat permusuhan tetapi saling memberi pengetahuan tentang maksud-maksud dari Qunut tersebut.Terimakasih bunda
Subhanallah, dapat ilmu yang bermanfaat, sebelumnya saya hanya tau Qunut saat shalat subuh dan Qunut saat witir,dan saya baru Tau ketika ada Qunut Nazilah.Sejatinya saat ini Qunut adalah doa yang baik, semoga dengan adanya perbedaan pendapat tentang Qunut tidak membuat permusuhan tetapi saling memberi pengetahuan tentang maksud-maksud dari Qunut tersebut.Terimakasih bunda
Subhanallah, dapat ilmu yang bermanfaat, sebelumnya saya hanya tau Qunut saat shalat subuh dan Qunut saat witir,dan saya baru Tau ketika ada Qunut Nazilah.Sejatinya saat ini Qunut adalah doa yang baik, semoga dengan adanya perbedaan pendapat tentang Qunut tidak membuat permusuhan tetapi saling memberi pengetahuan tentang maksud-maksud dari Qunut tersebut.Terimakasih bunda
Subhanallah, dapat ilmu yang bermanfaat, sebelumnya saya hanya tau Qunut saat shalat subuh dan Qunut saat witir,dan saya baru Tau ketika ada Qunut Nazilah.Sejatinya saat ini Qunut adalah doa yang baik, semoga dengan adanya perbedaan pendapat tentang Qunut tidak membuat permusuhan tetapi saling memberi pengetahuan tentang maksud-maksud dari Qunut tersebut.Terimakasih bunda
Subhanallah, dapat ilmu yang bermanfaat, sebelumnya saya hanya tau Qunut saat shalat subuh dan Qunut saat witir,dan saya baru Tau ketika ada Qunut Nazilah.Sejatinya saat ini Qunut adalah doa yang baik, semoga dengan adanya perbedaan pendapat tentang Qunut tidak membuat permusuhan tetapi saling memberi pengetahuan tentang maksud-maksud dari Qunut tersebut.Terimakasih bunda
Perbedaan dalam Islam memang sangat indah. Perbedaan itulah yg membuat kita semakin percaya bahwa Islam itu tidak pernah merepotkan umatnya dalam mengerjakan semua ibadah, akan tetapi tergantung kepada keyakinan kita masing2. Mau melakukan ibadah seperti apa? Diperbolehkan, selagi itu masih diajarkan oleh Islam. Akan tetapi kita juga harus mengetahui asal usul penjelasan tersebut dari mana? Itu wajib kita lakukan agar kita tidak merasakan keraguan dalam melaksanakan ibadah kepada Allah SWT. #Subhanallah
Terkait baca qunut dalam sholat balik lagi kepada masing2 ajaran nya, karena dalam rukun sholat tidak ada qunut. Semoga kita bijak dalam menanggapi perbedaan tersebut. Barakallah bu
Barakallah , Karena perbedaan dalam qunut bukan sebuah permasalahan dalam ibadah. Masing2 pendapat memiliki pegangan atau dalil sesuai penafsiran masing2 jadi tidak di permasalahkan. Yang terpenting kita menjalankan sholatnya dan selagi tidak mengubah rukun dan syaratnya sholat InsyaAllah boleh pakai qunut maupun tidak. #BARAKALLAH
Barakallah , Karena perbedaan dalam qunut bukan sebuah permasalahan dalam ibadah. Masing2 pendapat memiliki pegangan atau dalil sesuai penafsiran masing2 jadi tidak di permasalahkan. Yang terpenting kita menjalankan sholatnya dan selagi tidak mengubah rukun dan syaratnya sholat InsyaAllah boleh pakai qunut maupun tidak. #BARAKALLAH
Barakallah bunda.. Memang ada beberapa ulama yang menggunakan qunut ada pula yang tidak. Namun, jika di lihat dari rukun sholatnya, qunut tidak termasuk didalamnya. Jadi kalaupun kita tidak menggunakan qunut InsyaaAlloh sholat kita tetap bernilai ibadah asalkan sesuai dengan rukun dan syarat yang telah di tentukan.. sejatinya persoalan seperti tidak harus dijadikan kontoversi dikarenakan ada berbagai macam Mazhab yang menggunakan qunut ada pula yang tidak. Wallahu'alam #Barakallah
Barakallah, terima kasih atas ilmu nya bun, sya pribadi jadi paham akan kontroversi prihal qunut ini bun,, selama ini sya hanya tau perbedaan dri yg pakai qunut dan tidak,, tpi sya tidak paham sejarah dan dalil yg mendasari dri perbedaan sholat menggunakan qunut atau tidak.. Barakallah bun
Pentingnya memperkuat ilmu bersumber antara qunut dan tidak qunut menjadi landasan bagi kalangan pengikut mahzab. Bahwa mengikuti hal ibadah qunut mengikuti mahzab imam Syafi'i.Terimakasih atas penjelasan ibadah qunut.Barakallah
Benar bun. Sejatinya Perbedaan dalam Qunut Bukan Menjadi Persoalan dalam Ibadah, karena sebuah perbedaan itu wajar adanya, yang terpenting masih dalam batas wajar. Sebuah pendapat itu dapat diterima dengan adanya dalil atau hadits yang jelas. Barakallah
Memang benar kontroversi dalam perilah qunut bnyak sekali,, asal mula adanya qunut itu terjadi karena terbunuhnya 70 huffadz penghafal Al-qur'an ,, perbedaan dalam ibadah itu biasa terjadi ,, dan kita harus bisa menyikapinya , dan soal qunut tergantung dari madzhab masing masing ,, yang terpenting itu ada dalilnya...Barakallah bun
Barakallah.Terkait qunut dimulai sejak kejadian 70 orang huffadz (penghafal Al-Qur'an) yang dibantai di daerah Bir Ma'unah.yang membuat rasulullah SAW sangat amat sedih lalu berdoa meminta agar allah melaknat orang" zalim tersebut Kemudian Allah turunkan ayat yang menjelaskan bahwa hal itu (orang yang berbuat zalim tersebut) bukan kewenangan Rasul untuk meminta agar mereka dilaknat. Namun hal itu merupakan kewenangan Allah.sehinggal Rasulullah tidak berdoa lagi dan doa nya di gantu dengan yang baik yang di kenal dengan Qunut,hal tersebut menimbulkan beberapa pendapat 1.Rasulullah SAW menghentikan doa tersebut. Pendapat ini dijadikan pegangan oleh Imam Hanafi yang berpendapat bahwa tidak ada qunut dalam shalat.2.Rasulullah SAW menghentikan doa yang jelek, namun diganti dengan yang baik. Pendapat ini dijadikan pegangan oleh Imam Maliki dan Imam Syafi'i.3.Rasulullah SAW melakukan doa terkait peristiwa besar yang menimpa para hafiz yang terbunuh. Doa tersebut dikenal dengan istilah Qunut Nazilah. Karenanya menurut Imam Ahmad, qunut dilakukan ketika terjadi musibah besar menimpa kaum muslim.
Barakallah bunda, bertambah lagi ilmu saya setelah membaca artikel ini. Memang masih banyak diluar sana yang masih mempermasalahkan tentang qunut ini, namun seperti yang dijelaskan di atas bahwa pada saat para sahabat melakukan qunut Rasulullah tidak melarangnya. Oleh karena itu, tidak salah mau melakukan qunut atau tidak itu tergantung keyakinan masing- masing individu asalkan tidak keluar dari aturan yang ada di alqAl-Qur dan hadits, karena Islam bukanlah agama yang mengekang umatnya. Sejatinya Perbedaan dalam Qunut Bukan Menjadi Persoalan dalam Ibadah.
Barakallah bunda, terimakasih atas ilmunya. Qunut artinya doa yang baik, ayat tentang qunut turun karena Allah tidak ingin Rasulullah SAW berdoa yang jelek, maka digantikan dengan doa qunut. Ada beberapa pendapat yang memakai qunut dalam shalat dan ada juga yang tidak pakai namun perbedaan ini bukan suatu penghalang untuk kita beribadah karena memakai qunut dalam sholat atau tidak pun boleh saja tergantung kepercayaan kita.. barakallah
Barakallah bunda, terimakasih atas ilmunya. Qunut artinya doa yang baik, ayat tentang qunut turun karena Allah tidak ingin Rasulullah SAW berdoa yang jelek, maka digantikan dengan doa qunut. Ada beberapa pendapat yang memakai qunut dalam shalat dan ada juga yang tidak pakai namun perbedaan ini bukan suatu penghalang untuk kita beribadah karena memakai qunut dalam sholat atau tidak pun boleh saja tergantung kepercayaan kita.. barakallah
Barakallah bunda, terimakasih atas ilmunya. Qunut artinya doa yang baik, ayat tentang qunut turun karena Allah tidak ingin Rasulullah SAW berdoa yang jelek, maka digantikan dengan doa qunut. Ada beberapa pendapat yang memakai qunut dalam shalat dan ada juga yang tidak pakai namun perbedaan ini bukan suatu penghalang untuk kita beribadah karena memakai qunut dalam sholat atau tidak pun boleh saja tergantung kepercayaan kita.. barakallah
Barakallah bunda, terimakasih atas ilmunya. Qunut artinya doa yang baik, ayat tentang qunut turun karena Allah tidak ingin Rasulullah SAW berdoa yang jelek, maka digantikan dengan doa qunut. Ada beberapa pendapat yang memakai qunut dalam shalat dan ada juga yang tidak pakai namun perbedaan ini bukan suatu penghalang untuk kita beribadah karena memakai qunut dalam sholat atau tidak pun boleh saja tergantung kepercayaan kita.. barakallah
Sholat memakai doa qunut itu tergantung mathab siapa yg kita ikutin dan itu tidak menjadi persoalan di dalam solat yg penting tidak keluar dari pedoman alquran dan hadis, kalau sholat masih ada sarat sah nya solat insyaallah solatnya tetap sah, ,, barokallah
Perbedaan pendapat pada qunut memang sering menjadi perbincangan hangat di masyarakat.... Namun alangkah baiknya kita menyikapinya tidak dengan merasa paling benar.... Karna hukum terjadi ada sebab dan akibatnya... Dan jngan saling menyalahkan... Karna semua ada alasan dan dalil tersendiri... Karna para sahabat nabi melaksanakan qunut dan nabi diam dalam artian tidak menyalahi.... Karna ibadah yg baik di dasari dengan ilmu. Dan persoalan qunut bukan masalh dalam ibadah... Terimakasih bunda ilmunya dan Barakallahu fiik bunda
Perbedaan pendapat pada qunut memang sering menjadi perbincangan hangat di masyarakat.... Namun alangkah baiknya kita menyikapinya tidak dengan merasa paling benar.... Karna hukum terjadi ada sebab dan akibatnya... Dan jngan saling menyalahkan... Karna semua ada alasan dan dalil tersendiri... Karna para sahabat nabi melaksanakan qunut dan nabi diam dalam artian tidak menyalahi.... Karna ibadah yg baik di dasari dengan ilmu. Dan persoalan qunut bukan masalh dalam ibadah... Terimakasih bunda ilmunya dan Barakallahu fiik bunda
Barakallah bunda.. pada dasarnya qunut memang bukan salah satu rukun dalam sholat. Jadi insyaallah jika dalam sholat tidak ada qunut, tetap sah dalam sholat. Dan kembali lagi pada keyakinan kita terhadap ulama besar. Ada yang memakai qunut dan ada yang tidak, namun tidak mengurangi dalam nilai ibadah kita.
Barakallah, ternyata alasan memakai kunut adalah rosul karna qunut dibacakan didalam sholat, dan terdapat kisah pembataian 10 hafiz dan alasan tidak memakai kunut karna rosul menghentikan doa tersebut
Terkait Qunut dimulai dengan kejadian 70 orang hufadz yang di bantai di daerah birmaunah saat itulah Rosulullah SAW sangat sedih, hingga beliau melakukan doa agar orang orang yang telah berbuat dzolim dilaknat beliau berdoa di dalam sholat subuh ada yang mengatakan disholat maghrib,turunlah ayat hal demikian bukan kewenangan Rasulullah SAW melainkan kewenangan Allah SWT, Allah menginginkan Rosul doa yang baik, doa yang baik itu adalah Qunut, sejatinya perbedaan dalam Qunut bukan menjadi persoalan dalam ibadah
Barakallah fiik bunda.. sejarah pertama kalinya qunut ternyata karena terjadi pembantaian 70 huffaz di bir ma'unah. terkait kontroversi qunut, ternyata berbeda cara pandang para ulama dalam menyikapi sikap rasulullah ketika berdo'a untuk orang yang menzalimi para huffaz. Ada yg memakai qunut karena memandang sikap rasulullah yg mngubah do'a yg buruk dengan yg baik. Ada pula yg tidak memakai qunut dalam sholat, mereka berpandangan bahwa rasulullah menghentikan doa beliau. Barakallahu fiik
Setiap ibadah tentu harus dengan ilmu yg berupa dalil,Qunut dimulai sejak kejadian 70 huffadz (penghafal Al-Quran) yang dibantai di daerah Bir Maunah.Karena perbedaan dalam qunut bukan sebuah permasalahan dalam ibadah.Oleh karena itu, tidak salah mau melakukan qunut atau tidak itu tergantung keyakinan masing- masing individu asalkan tidak keluar dari aturan yang ada di alqAl-Qur dan hadits, karena Islam bukanlah agama yang mengekang umatnya....Barakallah bunda
"Perbedaan dalam Qunut Bukan Sebuah Permasalahan dalam Ibadah". Jika di lihat dari rukun sholatnya, qunut tidak termasuk didalamnya. Jadi kalaupun kita tidak menggunakan qunut In Syaa Alloh sholat kita tetap bernilai ibadah asalkan sesuai dengan rukun dan syarat yang telah di tentukan..#BarakallahuFiik
Qunut menurut pembahasan di atas sudah di jelas bahwasanya Rasulullah tidak melarang dalam pelaksanaannya. Karena ada dalil yang memperkuat setiap perbedaan dalam masalah pemakaian qunut dalam sholat. Semoga perbedaan tidak membuat kita saling mencela. Barakallah
Kontroversi qunut dalam sholat bukanlah menjadi persoalan dalam ibadah, tetapi kita juga harus mengikuti ajaran Rasulullah Saw, dan tergantung madzhab mana yg kita ikuti#Baarokallah
Barakallah Bunda, sejatinya Perbedaan pendapat tentang do'a qunut tidak menjadikan persoalan dalam ibadah. Do'a qunut diawali sejak terbantainya para Hufaz yg menyebabkan Rasulallah bersedih dan lantas berdo'a agar Allah melaknat para pelakunya. Namun Allah tidak menyukai do'a Rasulullah sehingga beliau menggantinya dengan do'a qunut nazilah. Dan qunut nazilah pun boleh digunakan saat kaum muslim tertimpa musibah besar (Imam Ahmad).
Alhamdulillah, terdapat banyak pendapat tentang qunut. Banyak juga yang tidak menggunakan nya dan itu menurut keyakinan nya masing2 saja. Sudah tertera juga di dalam dalil tentang qunut menurut imam maliki dan imam syafii. Terimakasih bunda, bertambah lagi pengetahuan saya.
Alhamdulillah... Dengan sangat jelas saya bisa tahu tentang asal usul qunut tersebut, memang ada beberapa pendapat yang berbeda dengan ini, bahkan sering di perdebatkan juga tentang qunut ini, padahal sejatinya perbedaan bukan lah suatu hal yang menjadi perdebatan seharusnya menjadi keindahan, karena seperti yang ibu bilang perbe
Alhamdulillah... Dengan sangat jelas saya bisa tahu tentang asal usul qunut tersebut, memang ada beberapa pendapat yang berbeda dengan ini, bahkan sering di perdebatkan juga tentang qunut ini, padahal sejatinya perbedaan bukan lah suatu hal yang menjadi perdebatan seharusnya menjadi keindahan, karena seperti yang ibu bilang perbedaan itu suatu hal yang indah, maka dari itu ikutilah apa yang kamu percaya dan yakini. Ditunggu artikel selanjutnya bunda
SUBAHANALLAH Kontroversi qunut dalam sholat. Banyak perbedaan dalam sholat termasuk dalam hal doa qunut. Namun menurut Imam maliki dan Imam syafii ternyata qunut dapat dilakukan didalam sholat dan bacaan qunut diajarkan pada hasan bin ali cucu Rasulullah SAW. para sahabat pun mlakukan qunut baik pada saat mlakukan sholat subuh dan sholat witir. Dalam hal ini bukan trmasuk hal yg trlarang dan tidak ada persoalan dengan ibadah. Trimakasih bunda sangat brmanfaat sekali
Subhanallah,,, alhamdulillah bertambah wawasan pengetahuan saya mengenai kontroversi qunut dalam shalat, bahwa istilah qunut adalah doa yang baik. Dan beberapa ulama berbeda pendapat akan penggunaan qunut dalam shalat, sebagaimana imam hanafi berpendapat bahwa tidak ada qunut dalam shalat, sedangkan imam maliki dan imam syafi'i berpendapat qunut di lakukan dalam shalat. Dan para sabahat nabi juga melakukan qunut baik dalam shalat subuh, witir atau 10 malam terakhir Ramadhan. Dan sejatinya perbedaan dalam qunut bukan menjadikan persoalan ibadah. Terimakasih bunda artikelnya sangat bermanfaat, dan sehat selalu bunda.
Subhanallah,dalam perbedaan pendapat pada dasarnya tidak menjadi persoalan,memakai Qunut atau tidak jadi masalah apabila masih disandarkan oleh sumber Al-Qur'an dan Al-Hadits.Terimakasih bun.#Barakallah
Subhanallah, kejadian 70 orang huffadz atau penghafal Al-Qur'an yang dibantai di daerah Bir Ma'unah membuat Rasulullah Saw sedih hingga beliau berdoa melaknat yang berbuat dzalim dalam sholat subuh ada yang mengatakan magrib namun setelah turun ayat, do'a tersebut merupakan kehendak Allah SWT, dan Rumah berhenti berdo'a yang jelek dan mengganti dengan do'a baik atau disebut do'a qunut, atas sikap Rasulullah Saw ditafsirkan tidak ada qunut dalam sholat yang di pegang imam Hanafi, qunut dilakukan dalam shalat yang di pegang Imam Maliki dan Imam Syafi'i, lalu para sahabat melakukan qunut dalam shalat Subuh, dalam Witir 10 malam terakhir Ramadhan. Dan Rasulullah Saw diam mengartikan tidak melarang, serta do'a Rasulullah Saw bagi yang tertimpa musibah besar pembunuhan para hafidz di sebut do'a qunut nazilah, yang terpenting tidak saling menyalahkan dan merasa paling benar karena do'a qunut dalam shalat bukan persoalan dalam ibadah. Terimakasih bunda.
Barakallah Romatan lilAlamiin Berbeda Bedanya Pendapat Para ulama Rohmat yang Allah Berikan Kepada ummat Islam Termasuk Berbeda beda pendapat Tentang Do'a Qunut ini Mau Make Mangga ga juga Mangga..Terimakasih bunda ilmunya
MasyaAllah.. Pada dasarnya memang qunut memiliki dalil seperti yang dijelaskan pada artikel ini dan kemudian berbeda-beda pemahaman dalam menafsirkan hadits tersebut sehingga menghasilkan perbedaan pendapat. Dan perbedaan bukan menjadikan kita bermusuhan.
Masyallah begitu indahnya ilmu allah, sehingga terciptanya perbedaan pendapat para ulama namun sejatinya perbedaan pendapat bukan lah sebuah persoalan itu tergantung pada diri masing"" mau memilih yang mana, terimakasih bun setelah membaca articel bunda saya menjadi tau hukumya membaca doa qunut
MasyaAllah.. Jika suatu amalan ibadah sudah ada dasar nya maka tidak ada alasan lagi bagi kita untuk terpecah hanya karena masalah kecil. Syukron bun
Masyallah, qunut sudah ada dalil dan jelas. Rasullah memakai qunut hanya subuh dan jika rasullah memakai qunut di waktu magrib hanya musibah. Semoga sukses bunda.
MasyaaAllah..Syukron bunda atas ilmunya, jadi menambah wawasan saya tentang qunut dalam salat, benar sekali bunda perbedaan bukan menjadi persoalan dalam ibadah jika kita masih berpegang teguh kepada dalil.
Masyaallah.. perbedaan dalam membaca qunut itu bukan sebuah permasalahan,karna masing berpegang teguh kepada dalil. Menyikapi perbedaan qunut tergantung dari madzhab nya masing masing selagi itu baik untuk dilakukan.
subhanallah...terima kasih bunda atas pemaparan ilmunnya...jadi bertambah wawasan ilmu mengenai doa qunut#subhanallah
Subhanallah. Indahnya perbedaan dalam islam, tidak menjadikan sebuah permasalahan yang memicu pertengkaran antara umat islam, Walaupun ada 2 pendapat yg saling bertentangan dalam Qunut, Namun perbedaan itu tidak menjadi persoalan dalam ibadah. Terimakasih bunda, atas penjelasan nya tentang qunut , sangat bermanfaat karena menambah pengetahuan .
SubhanAllah.. Asal muasal qunut terjadi ketika terjadi pembunuhan 70 penghafal al-quran di bir maunah. Ketika peristiwa itu terjadi Rasulullah melaksanakn qunuT. Meskipun banyak kontoversi dalam pembacaan qunut tapi itu tidak menjadi Persoalan selama Rasulullah pernah melakukannya. Mau melaksanakan qunut silahkan mau tidak pun silahkan, Selama kita berittiba' ke Rasulullah..
Subhanallah, kontraversi qunut bukanlah persoalan dalam ibadah. Itu semua sudah di paparkan dlm artikel ini jangan di jadikan perdebatan, selama kita masih mengikuti aturan alquran dan hadis. Sejatinya perbedaan qunut bukan menjadi persoalan dlm ibadah
Subhanallah, kontraversi qunut bukanlah persoalan dalam ibadah. Itu semua sudah di paparkan dlm artikel ini jangan di jadikan perdebatan, selama kita masih mengikuti aturan alquran dan hadis. Sejatinya perbedaan qunut bukan menjadi persoalan dlm ibadah
Subhananallah, perbedaan mengenai Qunut tidak menjadi persoalan dalam beribadah. Terdapat beberapa penafsiran terhadap sikap Rasulullah mengenai Qunut : Pertama, Rasulullah SAW menghentikan doa tersebut. Kedua, Rasulullah SAW menghentikan doa yang jelek, namun diganti dengan yang baik. Ketiga, Rasulullah SAW melakukan doa terkait peristiwa besar yang menimpa para hafizh yang terbunuh. Doa tersebut dikenal dengan istilah Qunut Nazilah... #SUBHANALLAH
MasyaAllah.... Ooooohhhh seperti itu ya Bu? Saya juga sebenarnya bingung.. . Tentang hal ini. Tapi berkat tulisan Bunda, sekarang saya paham... Terimakasih Bunda. Bertambah lagi pengetahuan saya.
Subhanallah... Perbedaan dalam agama islam pastilah ada .Meskipun doa qunut. Yg berbeda. Ttapi jangn jadikan perbedaan itu sbagai alat permusuhan Terma kasih bunda ilmunya. Smga bermanfaat amin
Masya Allah... Pada do'a qunut memiliki dalil selesep yang dijelaskan diatas, ada beberapa ulama berbeda pendapat soal doa qunut. Tetapi perbedaan itu bukanlah suatu permasalahan dalam beribadah, karena masing-masing pendapat dilandasi dengan dalil. Terimakasih bun atas ilmunya
Benar sekali bunda, perbedaan dalam Qunut bukanlah menjadi persoalan dalam Ibadah. Yang terpenting doa Qunut ini dilakukan untuk kebaikan dan bukan suatu doa kejelekan. Seperti doa Qunut Nazilah yang dilakukan ketika terjadi musibah besar menimpa kaum muslim yang menyebabkan para hafiz terbunuh. #Subhanallah
Subhanallah .. memang benar bun, perbedaan pendapat dalam islam itu sangat indah dan menjadi pengetahuan, sama halnya seperti Qunut ini. Banyak para ulama berbeda pendapat mengenai Do'a Qunut, akan tetapi selagi tidak merubah rukun dan syarat SAH nya sholat itu tidak mengapa ya bun .. terimakasih atas ilmunya ..
Subhanallah .. memang benar bun, perbedaan pendapat dalam islam itu sangat indah dan menjadi pengetahuan, sama halnya seperti Qunut ini. Banyak para ulama berbeda pendapat mengenai Do'a Qunut, akan tetapi selagi tidak merubah rukun dan syarat SAH nya sholat itu tidak mengapa ya bun .. terimakasih atas ilmunya ..
Subhanallah... Disini sudah di jelaskan bahwa perbedaan yang terjadi dalam qunut ini bukanlah persoalan yang di lakukan dalam ibadah jadi kita boleh melakukannya atau tidak itu semua menurut kepercayaan kita Masing-masing dalam menafsirkan dalil dalil yang sudah di jelaskan.. Terimakasih bunda atas ilmu dan penjelasannya...
Subhanallah... Disini sudah di jelaskan bahwa perbedaan yang terjadi dalam qunut ini bukanlah persoalan yang di lakukan dalam ibadah jadi kita boleh melakukannya atau tidak itu semua menurut kepercayaan kita Masing-masing dalam menafsirkan dalil dalil yang sudah di jelaskan.. Terimakasih bunda atas ilmu dan penjelasannya...
Subhanallah... Disini sudah di jelaskan bahwa perbedaan yang terjadi dalam qunut ini bukanlah persoalan yang di lakukan dalam ibadah jadi kita boleh melakukannya atau tidak itu semua menurut kepercayaan kita Masing-masing dalam menafsirkan dalil dalil yang sudah di jelaskan.. Terimakasih bunda atas ilmu dan penjelasannya...
Subhanallah... Disini sudah di jelaskan bahwa perbedaan yang terjadi dalam qunut ini bukanlah persoalan yang di lakukan dalam ibadah jadi kita boleh melakukannya atau tidak itu semua menurut kepercayaan kita Masing-masing dalam menafsirkan dalil dalil yang sudah di jelaskan.. Terimakasih bunda atas ilmu dan penjelasannya...
Subhanallah... Disini sudah di jelaskan bahwa perbedaan yang terjadi dalam qunut ini bukanlah persoalan yang di lakukan dalam ibadah jadi kita boleh melakukannya atau tidak itu semua menurut kepercayaan kita Masing-masing dalam menafsirkan dalil dalil yang sudah di jelaskan.. Terimakasih bunda atas ilmu dan penjelasannya...
Subhanallah... Disini sudah di jelaskan bahwa perbedaan yang terjadi dalam qunut ini bukanlah persoalan yang di lakukan dalam ibadah jadi kita boleh melakukannya atau tidak itu semua menurut kepercayaan kita Masing-masing dalam menafsirkan dalil dalil yang sudah di jelaskan.. Terimakasih bunda atas ilmu dan penjelasannya...
Subhanallah... Disini sudah di jelaskan bahwa perbedaan yang terjadi dalam qunut ini bukanlah persoalan yang di lakukan dalam ibadah jadi kita boleh melakukannya atau tidak itu semua menurut kepercayaan kita Masing-masing dalam menafsirkan dalil dalil yang sudah di jelaskan.. Terimakasih bunda atas ilmu dan penjelasannya...
Subhanallah... Disini sudah di jelaskan bahwa perbedaan yang terjadi dalam qunut ini bukanlah persoalan yang di lakukan dalam ibadah jadi kita boleh melakukannya atau tidak itu semua menurut kepercayaan kita Masing-masing dalam menafsirkan dalil dalil yang sudah di jelaskan.. Terimakasih bunda atas ilmu dan penjelasannya...
Subhanallah, 3penafsiran mengenai bacaan Qunut, diantaranya pertama yg menjadi pegangan Imam Hanafi yaitu Rosulallah menghentikan bacaan qunut mangkanya menurut imam Mazhab Hanafi tidak ada Qunut dalam sholat, kedua yang dipegang Imam Syafi'i dan Maliki yaitu Rosul menghentikan bacaan do'a yg jelek dan digantikan dengan yang baik, dan menurut mereka adanya bacaan qunut dalam shalat bacaannya sebagai mana yg diajarkan rosul kepada Hasan, ketiga yaitu Rosul pernah melakukan Do'a selepas terbunuhnya 70hafidz di Bir Ma'unah dan disebut dengan Qunut Nazilah atau menurut Imam Ahmad bacaan do'a yg dipanjatkan selepas terkena musibah. #subhanallah
Subhanallah ,qunut yg dimulai sejak dibantai nya 70 huffaz di Bir Maunah ,kemudian rasulullah berdo'a kepada Allah swt terhadap orang orang yg dzolim itu hingga turun ayat bahwa itu adalah kuasa allah untuk melaknat orang orang yg dzolim bukan kuasa rosul ,dan rasulullah menghentikan qunut itu dan mengganti nya dengan do'a yg baik/qunut yg baik ,hingga terjadinya ikhtilaf/perbedaan pendapat antara ulama. Seperti imam Hanafi yg tidak memakai qunut ketika sholat ,imam Maliki dan Imam Syafi'i memakai qunut ketika sholat dan imam Hambal yg memakai qunut akan tetapi ketika ada musibah saja. Sejatinya ikhtilaf merupakan rahmat :)
Subhanallah, perbedaan dalam pelaksanaan qunut atau tidak,bukan menjadi masalah,karena di dalam bacaan qunut adalah doa yang baik,sejatinya perbedaan itu sudah biasa dan kita tinggal memilih ingin melaksanakan atau tidak karena qunut bukan merupakan rukun dalam solat .
Subhanallah, perbedaan dalam pelaksanaan qunut atau tidak,bukan menjadi masalah,karena di dalam bacaan qunut adalah doa yang baik,sejatinya perbedaan itu sudah biasa dan kita tinggal memilih ingin melaksanakan atau tidak karena qunut bukan merupakan rukun dalam solat .
Subhanallah, perbedaan dalam pelaksanaan qunut atau tidak,bukan menjadi masalah,karena di dalam bacaan qunut adalah doa yang baik,sejatinya perbedaan itu sudah biasa dan kita tinggal memilih ingin melaksanakan atau tidak karena qunut bukan merupakan rukun dalam solat .
Subhanallah, perbedaan dalam pelaksanaan qunut atau tidak,bukan menjadi masalah,karena di dalam bacaan qunut adalah doa yang baik,sejatinya perbedaan itu sudah biasa dan kita tinggal memilih ingin melaksanakan atau tidak karena qunut bukan merupakan rukun dalam solat .
Istilah qunut di mulai sejak kejadian 70 huffadz( penghafal Alquran) yang dibantai di daerah bir maunah dan ada beberapa penafsiran yang sudah di paparkan yang pertama yaitu rosulullah menghentikan doa qunut kedua menghentikan doa yang jelek ketiga melakukan doa terkait peristiwa besar yang menimpa para hafidz yang terbunuh# subhanallah
Subhanalloh memang benar perbedaan tentang qunut itu tidak menjadi persoalan dalam ibadah.... karna sesungguhnyah ibadah" yang kita lakukan itu di ambil dari berbagai dalil" yang kuat..... dan itu bagaimana dari kitanyah saja mau mengikuti yang tidak ada qunut atau yang di anut oleh ( imam hanafi ) atau mau mengikuti yang ada qunut yang di anut oleh ( imam maliki dan imam syafi'i). Dan Semua nyah tidak sembarang mengambil keputusan, semuanya telah memiliki dalil" tertentu. #Subhanalloh
SUBAHANALLAH,,,,,,,,, Mengetahui adanya perbedaan dalam Islam memang sangat indah., tergantung keyakinan masing- masing individu asalkan tidak keluar dari jalur aturan yang ada di Al-Qur dan Hadits, Karena Agama islam agama yang membawa kedamaian walaupun itu ada perbedaan antar sesama umat muslim itu tidak menghalangi untuk terus beribadah kepada Allah SWT.Untuk mengenai persoalan Qunut itu sesuai pendapat pada masing-masing,dari Imam Syafi'i dan Imam Maliki melaksanakan Bacaan Qunut sesuai yang diajarkan (cucu Rasulullah SAW),hal semacam itu Rasululluh SAW mendiamkannya. Diamnya Rasululluh SAW, bukan melarang akan tetapi membuktikan hal tersebut,bahwa diperbolehkan.Dan ada juga Ulama yang berpendapat bahwa Qunut subuh tidak disyariatkan karena sudah mansukh atau terhapus hukumnya,pendapat ini dari Abu Hanifah, Sufyan Ats-Tsaury dan lain-lainnya dari ulama Kufah.Dan masih banyak lagi pendapat ini,semua itu tidak mengurangi ibadah kepada Allah SWT.Semoga Allah SWT senantiasa merahmati semuanya.Aamiin.Indanya perbedaan dalam Islam.Good jo literasi.
Subhanallah,Perbedaan dalam Qunut Bukan Menjadi Persoalan dalam Ibadah. Karena selama dalil nya ada di dalam Al-Quran dan hadits tidak usah di perdebatkan. Syukron bunda atas artikelnya yg sangat bermanfaat#subhanallah
Subhanallah,Perbedaan dalam Qunut Bukan Menjadi Persoalan dalam Ibadah. Karena selama dalil nya ada di dalam Al-Quran dan hadits tidak usah di perdebatkan. Syukron bunda atas artikelnya yg sangat bermanfaat#subhanallah
Subhanallah,Perbedaan dalam Qunut Bukan Menjadi Persoalan dalam Ibadah. Karena selama dalil nya ada di dalam Al-Quran dan hadits tidak usah di perdebatkan. Syukron bunda atas artikelnya yg sangat bermanfaat#subhanallah
Subhanallah,Perbedaan dalam Qunut Bukan Menjadi Persoalan dalam Ibadah. Karena selama dalil nya ada di dalam Al-Quran dan hadits tidak usah di perdebatkan. Syukron bunda atas artikelnya yg sangat bermanfaat#subhanallah
Masyaallah,aku setuju bun Sejatinya Perbedaan dalam Qunut Bukan Menjadi Persoalan dalam Ibadah.
Maasyaallah qunut bukanlah alasan untuk kita beribadah atau tidak dalam shalat menggunakan qunut atau tidak menurut keyakinan masing_masing saja karena itu tidak dipermasalahkan dari perbedaan pendapat tersebutlah timbul keindahan didalamnya. Terimakasih atas penjelasan diatas bunda. Salam Perindu Literasi
qunut dimulai sejak kejadian 70 orang huffadz (penghafal Al-Qur'an) yang dibantai di daerah Bir Ma'unah. Saat itulah Rasulullah SAW amat sedih, hingga beliau melakukan doa agar orang-orang yang telah berbuat zalim itu dilaknat.Kemudian Allah turunkan ayat yang menjelaskan bahwa hal itu (orang yang berbuat zalim tersebut) bukan kewenangan Rasul untuk meminta agar mereka dilaknat. Namun hal itu merupakan kewenangan Allah. Setelah ayat itu turun, Terhadap sikap Rasulullah SAW ini terdapat beberapa penafsiran:Pertama, Rasulullah SAW menghentikan doa tersebutKedua, Rasulullah SAW menghentikan doa yang jelek, namun diganti dengan yang baik.Ketiga, Rasulullah SAW melakukan doa terkait peristiwa besar yang menimpa para hafiz yang terbunuh.
qunut dimulai sejak kejadian 70 orang huffadz (penghafal Al-Qur'an) yang dibantai di daerah Bir Ma'unah. Saat itulah Rasulullah SAW amat sedih, hingga beliau melakukan doa agar orang-orang yang telah berbuat zalim itu dilaknat.Kemudian Allah turunkan ayat yang menjelaskan bahwa hal itu (orang yang berbuat zalim tersebut) bukan kewenangan Rasul untuk meminta agar mereka dilaknat. Namun hal itu merupakan kewenangan Allah. Setelah ayat itu turun, Terhadap sikap Rasulullah SAW ini terdapat beberapa penafsiran:Pertama, Rasulullah SAW menghentikan doa tersebutKedua, Rasulullah SAW menghentikan doa yang jelek, namun diganti dengan yang baik.Ketiga, Rasulullah SAW melakukan doa terkait peristiwa besar yang menimpa para hafiz yang terbunuh.
Subhanallah.. qunut dimulai sejak kejadian 70 orang huffadz (penghafal Al-Qur'an) yang dibantai di daerah Bir Ma'unah. Saat itulah Rasulullah SAW amat sedih, hingga beliau melakukan doa agar orang-orang yang telah berbuat zalim itu dilaknat.Kemudian Allah turunkan ayat yang menjelaskan bahwa hal itu (orang yang berbuat zalim tersebut) bukan kewenangan Rasul untuk meminta agar mereka dilaknat. Namun hal itu merupakan kewenangan Allah. Setelah ayat itu turun,Terhadap sikap Rasulullah SAW ini terdapat beberapa penafsiran:Pertama, Rasulullah SAW menghentikan doa tersebutKedua, Rasulullah SAW menghentikan doa yang jelek, namun diganti dengan yang baik.Ketiga, Rasulullah SAW melakukan doa terkait peristiwa besar yang menimpa para hafiz yang terbunuh.
Subhanallah.. qunut dimulai sejak kejadian 70 orang huffadz (penghafal Al-Qur'an) yang dibantai di daerah Bir Ma'unah. Saat itulah Rasulullah SAW amat sedih, hingga beliau melakukan doa agar orang-orang yang telah berbuat zalim itu dilaknat.Kemudian Allah turunkan ayat yang menjelaskan bahwa hal itu (orang yang berbuat zalim tersebut) bukan kewenangan Rasul untuk meminta agar mereka dilaknat. Namun hal itu merupakan kewenangan Allah. Setelah ayat itu turun,Terhadap sikap Rasulullah SAW ini terdapat beberapa penafsiran:Pertama, Rasulullah SAW menghentikan doa tersebutKedua, Rasulullah SAW menghentikan doa yang jelek, namun diganti dengan yang baik.Ketiga, Rasulullah SAW melakukan doa terkait peristiwa besar yang menimpa para hafiz yang terbunuh.
Masyaallah benar sekali Bun, sejatinya memakai qunut atau tidak bukan masalah tapi yang bermasalah adalah yang tidak menjalan kan sholat.
Masyaallah benar sekali Bun, sejatinya memakai qunut atau tidak bukan masalah tapi yang bermasalah adalah yang tidak menjalan kan sholat.
Masyaallah benar sekali Bun, sejatinya memakai qunut atau tidak bukan masalah tapi yang bermasalah adalah yang tidak menjalan kan sholat.
Masyaallah benar sekali Bun, sejatinya memakai qunut atau tidak bukan masalah tapi yang bermasalah adalah yang tidak menjalan kan sholat.
Masyaallah benar sekali Bun, sejatinya memakai qunut atau tidak bukan masalah tapi yang bermasalah adalah yang tidak menjalan kan sholat.
Masyaallah benar sekali Bun, sejatinya memakai qunut atau tidak bukan masalah tapi yang bermasalah adalah yang tidak menjalan kan sholat.
Masyaallah benar sekali Bun, sejatinya memakai qunut atau tidak bukan masalah tapi yang bermasalah adalah yang tidak menjalan kan sholat.
Masyaallah benar sekali Bun, sejatinya memakai qunut atau tidak bukan masalah tapi yang bermasalah adalah yang tidak menjalan kan sholat.
Betul sekali bunda bayak perbedaan antra doa kunut akan tetapi yang di lakukan Rasullullah adalah panutan yang baik disinilah letak perbedaan pendapat Islam tapi satu tujuan semata menacapai ridho Allah SWT dan berdoa yang baik. #Subhanallah
subahanallah setuju bun memang perbedaan ilmu harus di dasari oleh dalil .memang segala hukum itu pasti akan muncul ketika ada sebab dan akibat sebetulnya pebedan pendapat memang sudah biasa dalam kalangan para ulama.dan sebenar nya yang perbedaan pendapat pada qunut ini bukan masalah namun yang menjadi masalah adalah yang tidak melaksanakan solat .terimakasih bun atas artikel nya sungguh bermanfaat bagi saya dan para pembaca
Subhanalloh. Masih banyak kontroversi qunut dalam sholat di luar sana. Sejatinya hal ini tidak harus menjadi kontroversi bagi orang orang yg paham. Inilah indahnya perbedaan.
Barakallah bun, benar sekali bun apa yng bunda tulis itu bahwa perbedaan dalam qunut bukanlah suatu permasalahan dalam beribadah. Karena islam itu luas dan pasti nya memiliki berbagai pengetahuan yang berbeda-beda dan semua itu bukan lah suatu permasalahan. Jika memang itu terdapat dalil dan hadist yang benar.
Betul sekali bunda Qunut memang bukan bahan persoalan kita untuk beribadah, yg mnjadi persoalan itu yg tidak beribadah.. Barokallah bund
Subhanallah bun, benar dengan sangat jelas saya bisa tahu tentang asal usul qunut tersebut, memang ada beberapa pendapat yang berbeda dengan ini, bahkan sering di perdebatkan juga tentang qunut ini, padahal sejatinya perbedaan bukan lah suatu hal yang menjadi perdebatan seharusnya menjadi keindahan, karena seperti yang bunda bilang perbedaan itu suatu hal yang indah, maka dari itu ikutilah apa yang kamu percaya dan yakini. Sejatinya perbedaan dalam Qunut bukan menjadi persoalan dalam ibadah.
Subahanallah.Perbedaan tidak membuat kita terpecah belah karna perbedaan itu suatu hal yg indah.memakai Qunut atau tidak tidak jadi masalah.Yg menjadi masalah adalah orang yg tidak melaksanakan sholat(Perintah-Nya).Sehat selalu bunda
Subahanallah.Perbedaan tidak membuat kita terpecah belah karna perbedaan itu suatu hal yg indah.memakai Qunut atau tidak tidak jadi masalah.Yg menjadi masalah adalah orang yg tidak melaksanakan sholat(Perintah-Nya).Sehat selalu bunda
Kontroversi itu, sah - sah saja. Tergantung kt menyikapinya saja.
Benar sekali. Terima kasih sudah berkunjung dan barakallahu fiik
Barakallah bunda..kontrovensi qunut dalam sholat,makasi artikel literasinya sangat bermanfaat dan menambah wawasan saya,qunut dimulai sejak kejadian 70 hufaz yg dibantai di daerah bir ma'unah.Rasulullah saw sangat sedih,beliau berdoa agar orang" yg telah berbuat zalim itu dilaknat,dilakukan dalam sholat subuh/ada yg mengatakan sholat magrib,dilakukan dalam 1bulan kemudian Allah turunkan ayat yg menjelaskan kewenangan Allah,bukan kewenangan Rasul untuk meminta agar mereka dilaknat.Rasulullah saw
Barakallah bunda ...kontrovensi qunut dalam sholat,makasi bunda artikel literasinya sangat bermanfaat dan menambah wawasan saya,qunut dimulai sejak kwjadian 70 hufaz yg dibantai di daerah bir ma'unah.Rasulullah saw sangat sedih beliau berdoa agar orang"yg telah berbuat zalim itu dilaknat,dilakukan dalam sholat subuh/ada yg mengatakan sholat magrib,dilakukan dalam 1 bulan kemudian Allah turunkan ayat yg menjelaskan kewenangan Allah ,bukan kewenangan Rasul untuk meminta agar mereka dilaknat.Rasulullah saw tidak berdoa yg jelek itu lagi karena Allah swt tidak ingin dan doa diganti dengan yg baik(qunut)Terhadap sikap Rasulullah saw ini terdapat beberapa penafsiran:1.Rasulullah saw menghentikan doa tsb(pendapat imam hanafi)2.Rasulullah saw menghentikan doa yg jelek diganti dengan yg baik(pendapat imam maliki dan imam syafi'i)dilakukan dalam sholat (hasan bin Ali)cucu Rasulullah saw(qunut saat witir).oleh(Ad darimi,Turmudzi,Nasa'i,Ibnu khuzaimah,Ibnu hibban ,dan Thabrani)sholat subuh ,witir/10 malam terakhir ramadhan.3.Rasulullah saw melakukan qunut nazilah karena peristiwa besar terbunuhnya para hafiz(Imam Ahmad)Dari Ibnu Umar sesungguhnya ia pernah mendengar Rasulullah saw ketika beliau mengangkat kepalanya dari ruku'di rakaat yg terakhir ketika dalam sholat subuh.Bener banget bunda,sejatinya perbedaan dalam qunut bukan menjadi persoalan dalam ibadah, tetapi yg menjadi persoalan adalah yg tidak mau ibadah,dan dalam perbedaan ini diajarkan kepada kita semua agar saling menghargai satu sama lain.Smangat trus bunda,salam perindu literasi.
Alhamdulillah.. keragaman muslim indonesia meniscayakan ragam pelaksanaan ibadah di masyarakat tak terkecuali dalam shalat dahulu atau barang kali kali hingga saat iniyang masih menuadi "pembeda" antar golongan muslim adalah perkara dooa qunut dalam shalat subuh.
Alhamdulillah sudah dijelaskan dalam artikel bunda bahwa Qunut dimulai sejak kejadian 70 huffadz (penghafal Al-Quran) yang dibantai di daerah Bir Maunah. Dan adanya perbedaan bukanlah sebab buat kita tidak melakukannya karna itu tergantung dari madzhab nya masing masing. Syukron Bun
Alhamdulillah. Begitu indahnya kontroversi dalam ibadah (do'a qunut) apabila kita sikapi dgn bijak. Dalam perbedaan pendapat pada dasarnya tidak menjadi persoalan apabila disandarkan oleh sumber yg akurat dari salah satu sumber hukum Islam (Quran dan Hadits). Seperti yg sudah bunda paparkan pd artikel ini. Sejatinya Perbedaan dalam Qunut Bukan Menjadi Persoalan dalam Ibadah. Syukron bunda ilmu nya..
Benar sekali Bunda, perbedaan dalam sholat subuh ( ada yang Qunut dan tidak ). Jangan di jadikan perdebatan, sepanjang kita sama sama mengikuti aturan ( Al Qur'an dan Hadits ). Terimakasih atas ilmunya Bunda...
Subahanallah. Perbedaan bukan jadi permasalahan dalam ibadah. Begitu banyak perbedaan dalam qunut. Tergantung kepada kita percaya mahzabnya.
Alhamdulillah, setelah membaca artikel ini, bertambah pula wawasan saya, saya juga baru tau ternyata permulaan adanya doa qunut dimulai sejak kejadian 70 orang huffadz (penghafal Al-Qur'an) yang dibantai di daerah Bir Ma'unah, MasyaaAllah, terima kasih banyak atas pemaparannya. Dan terkait kontroversi penggunaan doa ini pada dasarnya memang qunut memiliki dalil seperti yang dijelaskan pada artikel ini dan kemudian berbeda-beda pemahaman dalam menafsirkan hadits tersebut sehingga menghasilkan perbedaan pendapat.
Subhanallah.Perbedaan dalam Qunut Bukan Menjadi Persoalan dalam Ibadah. Dalil yg di jlskn pun begitu jelas sekali perbedaan bukan menjadi pencerahan agama. #Subhanallah
#Subahanallah , perbedaan bukanla awal sebuah masalah , Islam agama rahmatan lilalamin .Dan ibadahnya tidak untuk di persulit , Setiap perbedaan pasti ada dalil yang menerangkannya dengan datail , dan ada ayat yang menerangkan bahwa kita tidak dibolehkan untuk berdoa yang jelek, saat kita memohon pasti memohon dg kebaikan dan istilah itu disebut qunut ,Kita memohon sesuatu disaat keadaan kita sedang sholat ,Barakllah bunda , semoga artikel ini selalu bermanfaat bagi para pembacanya.,
Subhanallah, jazakallah bun atas pemaparannya. Karena memang masih banyak masyarakat diluar sana yang masih mempermasalahkan tentang pemakaian qunut dalam sholat, namun seperti yang telah dijelaskan oleh bunda diatas bahwa pada saat para sahabat melakukan qunut Rasulullah tidak melarangnya. Toh sejatinya perbedaan dalam qunut bukan menjadi persoalan ibadah selagi ada dalil atau hadist yang memperkuat setiap perbedaan dalam masalah pemakaian qunut dalam sholat. Sehat selalu bun ;)
Iyha bun bnyak bnget kontroversi dalam qunut dan juga kontek penjelasan serta sejarah yang berbeda, tetapi persamaan dlam kontennya bahwa qunuh itu pernah di lakukan rosulullah dan tidak ada larangan pada qunut. Mungkin ini lah indahnya perbedaan agar manusia berpikir. #Subhanallah
Subhanallih.Memang benar Bu. perbedaan dalam membaca qunut itu bukan untuk jadi suatu masalah ,karna setiap orang juga berprinsip pada sebuah dalilnya.
Alahmdulilah, kita sudah tidak asing lagih yang namnya berbedaan dalam hadits maupun yang lainya, karena sejatinya perbedaan indahnya kehidupan bagaimana kita bisa menghargai berbedaan tanpa harus berdebat, di artikel ini membahas tentang berbedaan Qunut namun benar kata bunda Sejatinya Perbedaan dalam Qunut Bukan Menjadi Persoalan dalam Ibadah di tunggu artikel selanjutnya bun.
Kalau kita kembali kepada ilmu para ulama ada banyak sebab perbedaan pendapat para ulama yang akan menjadikan orang yang sadar akan semakin kagum dengan kinerja para ulama terdahulu. Bahkan mereka senantiasa saling menghormati tanpa harus mencela yang berbeda dengannya. Bagi kita adalah mengikuti mereka, bukan mencela. Yang mencela orang yang tidak berqunut itu sama artinya mencela Imam Abu Hanifah, begitu sebaliknya yang mencela orang yang berqunut itu sama artinya mencela Imam Syafii...maasyaallah
Alhamdulillah.. Saya baru mengetahui bund bahwa Doa yang baik dikenal dengan istilah qunut.Alhamdulillah dpet pngetahuan baru lagi.. Dan di artikel ini dijelaskan bahwa trhadap sikap Rasulullah SAW ini terdapat beberapa penafsiran :Pertama, Rasulullah SAW menghentikan doa tersebut. Pendapat ini dijadikan pegangan oleh Imam Hanafi .Kedua, Rasulullah SAW menghentikan doa yang jelek, dan diganti dengan yang baik. Pendapat ini dijadikan pegangan oleh Imam Maliki dan Imam Syafi'i. Ketiga, Rasulullah SAW melakukan doa terkait peristiwa besar yang menimpa para hafiz yg terbunuh dan Doa tersebut dikenal dengan istilah qunut Nazilah.
Perbedaan adalah suatu Rahmat yang Allah berikan, Menyikapi perbedaan qunut tergantung dari madzhab nya masing masing Masya Allah
Masyaallah. Memang segala hukum hadir karena sebab akibat. Qunut ini bukanlah persoalan dalam ibadah selagi itu baik untuk dilakukan.
Masyaallah. Memang segala hukum hadir karena sebab akibat. Qunut ini bukanlah persoalan dalam ibadah selagi itu baik untuk dilakukan.
Subhanalloh. Masih banyak kontroversi qunut dalam sholat di luar sana. Sejatinya hal ini tidak harus menjadi kontroversi bagi orang orang yg paham. Inilah indahnya perbedaan.terima kasih bunda
Subhaanallaah, memakai qunut ada keterangan redaksinya yang tidak memakai pun demikian, dan qunut pun bukan bagian dari rukun sholat, yg memakai atau pun tidak Insyaa Allaah selagi di perhatikan syarat rukunnya shola, sholat tetap sah, semoga perbedaan yang di sikapi dengan adab dan ilmu di kalangan Umat rasulullaah menjadi rahmat, terima kasih ibu
Alhamdulillah, Dalam perbedaan pendapat pada dasarnya tidak menjadi persoalan apabila disandarkan oleh sumber yang akurat dari salah satu sumber hukum Islam (Quran dan Hadits). Dan menyikapi perbedaan qunut itu tergantung mahzab nya masing". Syukron Katsir bunda
Bertambah lagi pengetahuan saya bunda, walau pun masih banyak kontroversi tentang doa qunut, ada Majhab yg memakai doa qunut saat sholat, dan juga yg tidak makai doa qunut saat sholat. #Barakallah
Subhanallah, karena sebenarnya perbedaan itu membuat indahnya kehidupan. Terimakasih bun atas pemaparan mengenai kontroversi qunut dalam sholat.