Siti Ropiah

Guru MA Al Ishlah Cikarang Utara Kab Bekasi Jawa Barat Alumni Uin Jakarta, nomor hp 087888623714 ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Tarawih Hanya 6 Menit, Kok Bisa? (107)

Tarawih Hanya 6 Menit, Kok Bisa? (107)

Tarawih Hanya 6 Menit, Kok Bisa? (107) Oleh: Siti Ropiah

Tarawih hanya 6 menit terjadi di Pesantren Al Qur'aniyah Indramayu Desa Dukuhjati Kecamatan Krangkeng Kabupaten Indramayu Jawa Barat (Lihat suarajabar.id) Tarawih dilakukan sebanyak 20 rakaat dan Witir 3 rakaat. Bila dihitung, maka satu rakaat membutuhkan waktu 15,6 detik. Wow, kilat sekali yah. Bagaimana pandangan hukum Islam tentang hal ini?

Pada dasarnya shalat itu dilaksanakan harus sesuai rukun dan syaratnya. Bila telah sesuai rukun dan syaratnya, maka shalat tersebut tidak ada persoalan. Demikian shalat Tarawih. Ini yang menjadi alasan dari pimpinan Pesantren Al Qur'aniyah dalam melaksanakan Tarawih dalam waktu relatif singkat 6 menit dengan jumlah 20 raka'at ditambah 3 raka'at Witir. Menurutnya Tarawih yang dilakukannya tidak bersoal karena memenuhi rukun shalat.

Terkait hal itu, mari kita amati paparan di bawah ini. Pertama, arti kata Tarawih.Tarawih berasal dari kata راح yang arti istirahat. Maksudnya shalat yang santai, tidak tergesa gesa. Menurut ust Adi Hidayat, tarawih jamak dari tarwiyah yang artinya gerakan yang disertai dengan ketenangan, bacaan meresap ke dalam jiwa.

Kedua, jangan menjadi pencuri. أَسْوَأُ النَّاسِ سَرِقَةً الَّذِي يَسْرِقُ مِنْ صَلاَتِهِ، قَالُوْا: يَا رَسُوْلَ اللهِ وَكَيْفَ يَسْرِقُ مِنْ صَلاَتِهِ؟ قَالَ: لاَ يُتِمُّ رُكُوْعُهَا وَلاَ سُجُوْدُهَا. “Sejahat-jahat pencuri adalah yang mencuri dari shalatnya”. Para sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah, bagaimana mencuri dari shalat?”. Rasulullah SAW bersabda: “Dia tidak sempurnakan ruku dan sujudnya.”(HR.Ahmad. Lihat Maktabah Syamilah, Musnad Ahmad, juz.37, hlm.319, No.22642. Lihat Musna Abu Daud At Thayalisi, juz. 3, hlm.669, No.2333).

Ketiga, perhatikan shalat Rasulullah SAW dan para sahabat: قمنا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- لَيْلَةَ ثَلاَثٍ وَعِشْرِينَ فِى شَهْرِ رَمَضَانَ إِلَى ثُلُثِ اللَّيْلِ الأَوَّلِ ثُمَّ قُمْنَا مَعَهُ لَيْلَةَ خَمْسٍ وَعِشْرِينَ إِلَى نِصْفِ اللَّيْلِ ثُمَّ قَامَ بِنَا لَيْلَةَ سَبْعٍ وَعِشْرِينَ حَتَّى ظَنَنَّا أَنْ لاَ نُدْرِكَ الْفَلاَحَ "Kami shalat tarawih bulan Ramadhan bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pada malam ke-23 hingga sepertiga malam pertama, kemudian kami shalat lagi pada malam ke-25, hingga pertengahan malam, kemudian beliau mengimami kami pada malam ke-27 hingga akhir malam, sampai kami khawatir tidak bisa ngejar sahur." (HR. Ahmad. Lihat Maktabah Syamilah, Musnad Ahmad, juz.30, hlm.351, No.18402)

Berdasarkan tiga hal tersebut di atas, shalat yang dilakukan dengan waktu yang amat singkat hanya 6 menit merupakan shalat yang tidak mengikuti jejak Rasulullah SAW dan sahabat. Selain itu, tidak sesuai dengan arti dari kata tarawih yaitu istirahat atau santai.

Menurut pengamatan tipis-tipis yang aku lakukan, pimpinan Ponpes Al Qur'aniyah lakukan hal itu karena ingin agar masyarakat di sekitar yang miliki kesibukan luar biasa, dapat jalankan Shalat Tarawih. Hal ini terjadi pula di daerahku. Tersebab karena masyarakat di desaku masih sulit untuk mengikuti shalat tarawih dengan waktu yang agak lama. Akhirnya ketika aku sebagai imam, melakukan washal (menyambung bacaan surat) dalam membaca surat-surat dalam Shalat Tarawih tersebut. Selain itu, dipersingkat pula beberapa bacaan shalat, seperti bacaan sujud (1x), ruku'(1x) dan tasyahud (hanya sampai shalawat). Namun demikian, waktu yang diperlukan dalam menyelesaikan Shalat Tarawih tersebut sekitar 40 menit.

Menurutku sulit rasanya melakukan shalat sebanyak 23 rakaat dalam waktu hanya 6 menit. Kesulitan dalam membaca bacaan shalat dan mengatur napas. Terlebih lagi sulit untuk dapatkan khusuk.

Solusi yang dapat ditawarkan untuk Shalat Tarawih yang dilakukan dengan waktu singkat, sebaiknya dengan mengurangi jumlah rakaat saja. Jika inginkan waktu 6 menit, mungkin cukup Shalat Tarawih dilakukan empat rakaat saja. Toh, jumlah bilangan rakaat Tarawih tidak ditetapkan oleh Rasulullah SAW, sebagaimana hadis riwayat Ahmad di atas. Semoga shalat singkat yang dilakukan di salah satu Ponpes di Indramayu tersebut tidak benar adanya. Semoga yang benar itu 6 menit untuk satu kali Shalat Tarawih atau untuk dua rakaat.

Sejatinya Shalat Harus Sesuai Aturan dan Ikuti Jejak Rasulullah SAW atau Sahabat.

Salam Perindu Literasi #Gurfati Jannati. Cikarang, 29 April 2020. Pukul 08.31 WIB

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih pencerahannya Bu Siti Ropiah. Semoga semua ibadah yang kita lakukan semakin mendekatkan diri kita kepada Allah SWT. Aamiin. Barakallah. Salam

30 Apr
Balas

Semoga ibadah kita jalankan sesuai aturan. Terima kasih sudah berkunjung dan barakallahu fiik

30 Apr

Trims info dan sharingnya bunda...artikel yang bermanfaat

01 May
Balas

Allah tidak pernah memberatkan hambaNya, namun tidak juga kita sebagai hamba menyepelekan seruan-Nya. Semoga kita senantiasa bisa tenang dalam beribadah kepada-Nya. Tulisan yang mantap Bu. Baarakallah. salam

30 Apr
Balas

Benar sekali Bund. Terima kasih sudah berkunjung dan barakallahu fiik

30 Apr

Masyaallah kaget mendengar nya solat taraweh 6 meni tapi bener bun setelah di fikir kembali rakaat tidak menjadi patokan bisa 4 rakaat sampe yang paling banyak masyallah

04 May
Balas

Meski niat yang di lakukan pimpinan pondok tersebut baik tetapi cara pelaksanaan nya yang kurang baik, sholat uang harus nya di lakukan dengan khusyuk malah di lakukan dengan tergesa-gesa, maka yang akan kita dapat belum tentu kebaikan, dengan bacaan al-qur'an yang belum tentu benar di lafazkan nya. Masyaallah. 30

16 May
Balas

Meski niat yang di lakukan pimpinan pondok tersebut baik tetapi cara pelaksanaan nya yang kurang baik, sholat uang harus nya di lakukan dengan khusyuk malah di lakukan dengan tergesa-gesa, maka yang akan kita dapat belum tentu kebaikan, dengan bacaan al-qur'an yang belum tentu benar di lafazkan nya. Masyaallah. 30

16 May
Balas

Meski niat yang di lakukan pimpinan pondok tersebut baik tetapi cara pelaksanaan nya yang kurang baik, sholat uang harus nya di lakukan dengan khusyuk malah di lakukan dengan tergesa-gesa, maka yang akan kita dapat belum tentu kebaikan, dengan bacaan al-qur'an yang belum tentu benar di lafazkan nya. Masyaallah. 30

16 May
Balas

Terimakasih atas info dan sharing ny bunda.#masyaallah

03 May
Balas

Sholat tarawih itu hukumnya sunnah dan melakukan sholat tersebut harus mengikuti nabi Muhammad SAW karena kita melakukan sholat tersebut itu berasal dari nabi bukan dari yg lain dan ada hadits yg berbunyi : "sholatlah kamu seperti kamu melihat saya sholat" sesungguhnya hadits ini menjelaskan bahwa kita harus mengikuti gerakan sholat nabi. Masyaallah

03 May
Balas

Sholat tarawih itu hukumnya sunnah dan melakukan sholat tersebut harus mengikuti nabi Muhammad SAW karena kita melakukan sholat tersebut itu berasal dari nabi bukan dari yg lain dan ada hadits yg berbunyi : "sholatlah kamu seperti kamu melihat saya sholat" sesungguhnya hadits ini menjelaskan bahwa kita harus mengikuti gerakan sholat nabi. Masyaallah

03 May
Balas

Sholat tarawih itu hukumnya sunnah dan melakukan sholat tersebut harus mengikuti nabi Muhammad SAW karena kita melakukan sholat tersebut itu berasal dari nabi bukan dari yg lain dan ada hadits yg berbunyi : "sholatlah kamu seperti kamu melihat saya sholat" sesungguhnya hadits ini menjelaskan bahwa kita harus mengikuti gerakan sholat nabi. Masyaallah

03 May
Balas

Sholat tarawih itu hukumnya sunnah dan melakukan sholat tersebut harus mengikuti nabi Muhammad SAW karena kita melakukan sholat tersebut itu berasal dari nabi bukan dari yg lain dan ada hadits yg berbunyi : "sholatlah kamu seperti kamu melihat saya sholat" sesungguhnya hadits ini menjelaskan bahwa kita harus mengikuti gerakan sholat nabi. Masyaallah

03 May
Balas

Sholat tarawih itu hukumnya sunnah dan melakukan sholat tersebut harus mengikuti nabi Muhammad SAW karena kita melakukan sholat tersebut itu berasal dari nabi bukan dari yg lain dan ada hadits yg berbunyi : "sholatlah kamu seperti kamu melihat saya sholat" sesungguhnya hadits ini menjelaskan bahwa kita harus mengikuti gerakan sholat nabi. Masyaallah

03 May
Balas

Sangat setuju, pengurangan jumlah rakaat apabila ingin segra selesai salat tarawihnya, Barakallahu. Sehat dan sukses selalu, Aamin

30 Apr
Balas

Terima kasih sudah berkunjung dan barakallahu fiik

30 Apr

Ya Allah. Saya dapat kiriman video shalat tarawih yg super cepet banget bund. Saya kira itu cm editan. Ternyata beneran bund. Kalau saya makmumnya, bisa sakit pinggang saya bund hehehe. Sukses selalu buat bunda.

30 Apr
Balas

Begitu yah Bund. Biasa aja Bunda nih, hehehe. Terima kasih sudah berkunjung dan barakallahu fiik

30 Apr

Subhanallah, dalam artikel ini sudah jelas sekali bahwa shalat itu harus khusyuk dan tidak mencuri. Apalagi tarawih itu berarti istirahat. Yang dimaksud shalat yang santai, dan tidak tergesa-gesa. Dan harus penuh dengan ketenangan agar meresap ke dalam jiwa. Kedua, jangan mencuri shalat, artinya jangan sampai ruku dan sujud kita tidak disempurnakan. Yang ketiga, marilah kita contoh Nabi SAW dan Para Sahabat, karena merekalah kita mengenal shalat itu, maka kita juga harus mengikuti jejaknya. Terima kasih pemaparannya Bunda, sangat bermanfaat. Sehat dan sukses selalu, barakallah

01 May
Balas

Barokalloh fiik...terus terang sangat kaget bunda dengan informasi ada nya sholat taraweh secepat itu...sampai_sampai selesai di lakasanakan hanya 6 menit, yang jadi pertanyaan rukun sholatnya terpenuhi semua atau tidak yah?Saya peribadi setuju dengan apa yang di paparkan dalam artikel ini,jikalau ingin cepat selesai dan tidak memerlukan waktu yang lama,sebaiknya sholat tarweh ngambil yang 4 rokaat saja,dikarnakan tidak ada batasan rokaat untuk sholat taraweh..

01 May
Balas

Sudah menjadi ciri khas bunda jika menuliskan artikel sangt jelas dengan sumber sumber nya,membuat pembaca yang masih awam menjadi memahami.barakallah fiik bunda

03 May
Balas

Smoga tarawih kita tidak tergesa-gesa! Mau tanya bun tentang hukum rakaat 11 dan 23 trims #subhanallah

01 May
Balas

Betul Bu,terima kasih atas pencerahannya. Sehat selalu Bu..

30 Apr
Balas

Sama sama Bund. Barakallahu fiik

30 Apr

ya allah cuma 6 menit? bagaimana cara membaca ayat-ayatnya bun.

02 May
Balas

terima kasih bun. artikelnya menambah wawasan saya. barakallah

30 Apr
Balas

Terimakasih pencerahannya, sukses Bu

30 Apr
Balas

Sama sama Bund. Barakallahu fiik

30 Apr

Shalat y tidak mengikuti jejak rasul. Sholat harus khuyuk dan tumakniknah, taraweh ibadah y dilakukan tenang ( santai) terimakasih ilmunya bu

03 May
Balas

Masyaallah semoga kabar terswbut tidak benar adanya..aamiin...karna sholat harus dilakukan sesuai syariat dan ketentuan yang sudah ditetapkan apalagi sudah dicontohkan oleh baginda rasulullah jadi tidak boleh melakukan sesuatu tanpa dasar dan dalil yang jelas...

04 May
Balas

Masyaallah pengetahuan baru yakni bila ingin dilakukan sholat tarawih dalam waktu aingkat yaitu dengan memgurangi jumlah rakaatnya...

11 May
Balas

Betul bunda. Apa yang di paparkan dalam tulisan bunda ini. Terimakasih bunda atas ilmunya. Maasyaa Allah

01 May
Balas

Subhanallah..benar bunda sholat terawih harus sesuai ajaran Nabi Muhammad SAW, lebih baik dikurangi raka'atnya dari pada tergesah-gesah.. ##Subhanallah##

16 Aug
Balas

Sholat secepat ini , seharusnya tak patut untuk dicontoh , benar berdasarkan artikel bunda bahwa Solusi yang dapat ditawarkan untuk Shalat Tarawih yang dilakukan dengan waktu singkat, sebaiknya dengan mengurangi jumlah rakaat saja. Toh supaya lebih khusyuk sholat nya. . Barokallahu bunda ..Salam Perindu Literasi !

22 May
Balas

Barakallah Bunda .. benar seperti kata bunda Sejatinya Shalat Harus Sesuai Aturan dan Ikuti Jejak Rasulullah SAW atau Sahabat. Heran sholat 23rakaat hanya dalam waktu 6 menit meskipun ada niatan baik dalam hal pelaksanaan taraweh yg bisa dibilang sangat cepat itu .. namun tetap harus mengikuti anjuran Rasulullah.. terimakasih bunda

27 May
Balas

Subhanallah ya bunda banyak sekali orang yang berbeda pendapat tentang sholat taraweh dan sekarang sholat taraweh hanya 6 menit dalam 20 rakaat sholat taraweh dan 3 rakaat shokat witir berarti jika di perkirakan sangat cepat sekali ketika melakukan sujud, ruku', dan lain sebagai nya dan saya pun setuju dengan pendapat bunda jika memang ada suatu alasan warna karna banyak kerjaan lebih baik di kurangi jumlah rakaat sholat nya dan bisa mengikuti arti dari kata taraweh tersebut yaitu santai perlahan dan mengikuti syarat sholat nya Salam sukses bunda

01 May
Balas

Alhamdulillah, bukan hanya bacaan yang diperhatikan, tapi bisa jadi tidak ada tuma'ninah didalamnya...

01 May
Balas

Alhamdulillah ... Pernah saya mendengar kabar bahwa ada shalat tarawih yang berjumlah 23 rakaat termasuk witir hanya dilakukan dalam waktu yang sangat singkat yaitu 6 menit saja. Apabila kabar tersebut benar adanya, maka apakah shalat tarawih tersebut dilakukan secara khusyuk. Shalat itu sejatinya dilakukan secara tertib dan tidak terburu-buru. Lalu bagaimana hukum yang dijatuhkan kepada shalat tarawih yang dilakukan dengan waktu singkat tersebut. Wallahu 'alam ... Syukron katsir informasinya bu, barakallah fiik ...

04 Jun
Balas

Alhamdulillah bunda saya sudah membaca artikel bunda dgn artikel ini saya jadi mengetahui dan bertambah lagi ilmu saya ternyata Shalat Tarawih yang dilakukan dengan waktu singkat, sebaiknya dengan mengurangi jumlah rakaat saja. Jika inginkan waktu 6 menit, mungkin cukup Shalat Tarawih dilakukan empat rakaat saja. Toh, jumlah bilangan rakaat Tarawih tidak ditetapkan oleh Rasulullah SAW, sebagaimana hadis riwayat Ahmad di atas barakallah bunda

01 May
Balas

Alhamdulillah. Betul bunda, shalat harus sesuai aturan dan mengikuti jejak Rasulullah. Begitupun ada rukun shalat yang harus dilakukan. Makna tarawih pun telah diketahui, yaitu shalat yang tidak tergesa-gesa. Jika dengan jumlah rakaat tarawih 20 rakaat ditambah 3 rakaat witir, menghabiskan waktu hanya 6 menit saja, khawatir bacaannya tidak jelas dan shalat pun tidak khusyuk.

02 May
Balas

Alhamdulillah,, waw sholat terawih 23 rakaat hanya dengan waktu 6 menit? Memang jaman sekarang bnyak yg melakukan sholat tarawih dengan cepat kilat padahal kita harus melakukannya dengan khusyu dan tidak terburu-buru oleh karena itu benar sekali apa ygd jelaskan dlm artikel bunda yg Pertama, kataTarawih yg brarti Istirahat, Dan dri pada mempercepat waktu di dlm sholat lebih baik mengurangi rakaatnya.

01 May
Balas

Alhamdulillah... Dalam shalat memang harus betul-betul memperhatikan bacaan dan aturannya atau kita melaksanakan shalat harus sesuai dengan jejak Rasulullah dan para sahabat. Sungguh dalam shalat kita harus memperhatikan aturan-aturan yg ada, dan melaksanakamnya dengan tenang.

01 May
Balas

Subhanallah... Sholat tarawih dilakukan dalam 6 menit dan rakaat nya ada 23, tapi sebaiknya shalat yang benar dalam shalat tarawih sebaiknya harus mengikuti syarat dan rukunnya,tarawih artisnya istirahat, berarti setiap yang melakukan sholat tarawih harus tenang, tidak terburu-buru agar bacaannya meresap ke dalam hati, sholat tarawih sebaiknya kita bisa mencontoh kan sholat tarawih seperti Rasullullah yang tidak terburu-buru dalam melakukan shalat dan Rasullullah pun tidak menetapkan berapa ruku sholat tarawih yang harus kita lakukan dan kita tidak berpatokan kepada 23 rakaat Rasullullah,kalau pun ada yang melakukan shalat tarawih dalam waktu seperti itu sebaik nya jumlah rakaat nya di kurangi .

04 May
Balas

#Subahanallah ... Baru kali ni sya tahu , jika di luar sana masih ada jemaah yg melaksanakan sholat tarawih dengan rakaat yang banyak tetapi waktunya sebentar , Karena melihat kondisi orang-oyang yang sibuk , semoga kedepannya orang yg biasa melakukannya bisa lebih khusyu dan lebih Tartil ketika menjadi imam/makmum.

01 May
Balas

Ini yg sering terjadi pada zaman sekarang Bun, sholat secepat kilat tanpa memikirkan syarat2nya sholat seperti apa? Kita sholat tarawih itu karena telah menjadi Sunnah nya Rasulullah Saw. Namun jika diluar syarat2 yg ditentukan oleh Rasulullah berarti kita bukan termasuk orang yg mengikuti Rasulullah. Maka dari itu jika ingin mengikuti Sunnah nya Rasulullah, kita harus memahami betul tata cara Rasulullah untuk hal2 ibadah itu seperti apa? Agar kita tidak salah kaprah atau pandangan atas semua ibadah2 Rasulullah pada saat Rasulullah melakukan nya. #Subhanallah

01 May
Balas

berdasarkan point-point yang Bunda paparkan sangat tidak lazim jika sholat tarawih hanya dalam jangka waktu 6 menit saja pasti dalam gerakkan sholatnya sangat terburu-buru padahal salah satu dari rukun sholat adalah tuma'ninah,sementara arti dari solat tarawih itu sendiri adalah solat yang santai dan tidak tergesa-gesa. Barakallah bu

04 May
Balas

Barakallah, taraweh 23 rakaat hanya 6 menit menurut saya juga gimana ya bu heheh. Makna taraweh aja istirahat atau santai. Tapi mudah2an tidak benar adanya bisa jadi 6 menitnya itu 1 atau 2 rokaat ya bu. Dan jika benar 23 rakaat kenapa engga ambik yang 8 ditambah 3 witir jadi sebelas ya bu... karena sholat juga kan harus memenuhi rukun dan syarat yang sudah diberitahu oleh rosul. Artikel yang bermanfaat bu. Memberitahu dan mengingatkan kembali #BARAKALLAH

01 May
Balas

Barakallah, taraweh 23 rakaat hanya 6 menit menurut saya juga gimana ya bu heheh. Makna taraweh aja istirahat atau santai. Tapi mudah2an tidak benar adanya bisa jadi 6 menitnya itu 1 atau 2 rokaat ya bu. Dan jika benar 23 rakaat kenapa engga ambik yang 8 ditambah 3 witir jadi sebelas ya bu... karena sholat juga kan harus memenuhi rukun dan syarat yang sudah diberitahu oleh rosul. Artikel yang bermanfaat bu. Memberitahu dan mengingatkan kembali #BARAKALLAH

01 May
Balas

Dari artikel bunda kali ini yang membahas tentang sholat tarawih yang hanya 6 menit menurut saya bemar tdk lazim. Sebagaimana yang di contoh kan oleh Nabi ketika Ramadhan bahkan eorang sahabat takut tertunggal sahur karena lamanya shalat tarawih yang di lakukan oleh Nabi. Jadi dgn 23 rakaat dlm 6 menit itu benar gk bisa diterima oleh akal. Meski sholat 6 menit pun dilakukan karena Covid19 tapi tetap saja tdk boleh, sama saja tdk mengikuti Sunnah. Pdhl sudah di jelaskan bahwa melaksanakan sholat itu harus tu'maninah (tenang) dan tdk boleh terburu. Buru adalah sifat syaithon. Lebih baik dikurangi jumlah rakaatnya dari pd harus sholat dgn tergesa-gesa. Karena asal kata tarawih itu sendiri berarti istirahat. Kedua, jangan menjadi pencuri. Ketiga, harus memerhatikan shalatnya Rasulullah dan para sahabatnya. #Barakallah

02 May
Balas

Barakallah Benar sekali Sholat harus memenuhi syarat dan rukun nya, dri itu termasuk pula tumakninah yg brarti diam sejenak, terlebih dri arti kata tarawih itu sendiri. Smua tuntunan harus sesuai dengan syari'at yg di ajarkan oleh Rasulullah SAW. Adapun sholat 6 menit yg mencakup 20Rakaat rasanya sulit untuk memenuhi Rukun terutama tumakninah. Semoga kita dapat selalu istiqomah dalam melaksanakan Sholat.

04 May
Balas

Benar sekali bunda. Jika memang ingin sholat tarawih dengan waktu yang singkat lebih baik dikurangi saja jumlah rokaatnya. Karena bagaimana bisa Sholat 23 rokaat tetapi hanya memakan waktu 6 menit saja, pasti sangat terburu-buru sekali. Barakallah

03 May
Balas

Benar sekali bunda. Jika memang ingin sholat tarawih dengan waktu yang singkat lebih baik dikurangi saja jumlah rokaatnya. Karena bagaimana bisa Sholat 23 rokaat tetapi hanya memakan waktu 6 menit saja, pasti sangat terburu-buru sekali. Barakallah

03 May
Balas

Barakallah,, sangat di sayangkan jika sholat hanya sekedar sholat dan tak mengikuti rukun sholat ,, bagaimana bisa sholat tarawih 23 rakaat hanya dalam waktu 6 menit ,, iya walaupun niatnya baik tetap saja harus di sandarkan kepada hadist Nabi Shalallahu 'alaihi wasallam , bukan kemauan nafsu semata , jika memang ingin waktunya lebih cepat ambil saja yang 8 rakaat dan di tambah witir 3 rakaat , jadi 11 rakaat... Barakallah bun

03 May
Balas

Barakallah bunda,kaget dengernya apa bisa solat 23 rakaat dalam 6 menit,sedangkan arti dalam tarawih sendiri itu memliliki makna istirahat/santai sedangkan rasul sendiri mengajarkan agar ketika ibadah harus dalam keadaan tenang

02 May
Balas

Barakallah bunda, bertambah lagi ilmu saya setelah membaca artikel ini. Shalat tarawih dalam waktu 6 menit merupakan shalat yang sangat singkat dan seperti tergesa-gesa sehingga hal ini merupakan shalat yang tidak mengikuti jejak Rasulullah SAW dan sahabat, karena dari arti terawih sendiri berarti istirahat sehingga dalam pelaksanaannya tidak terburu-buru dan meresapi setiap ayat yang dibacakan.

06 May
Balas

Barakallah bunda. Sholat tarawih hanya dalam 6 menit, Tarawih dilakukan sebanyak 20 rakaat dan Witir 3 rakaat yang terjadi di pesantren Al Qur'aniyah Indramayu sangat kilat meskipun niat pimpinan Ponpes lakukan itu karena ingin agar masyarakat di sekitar yang miliki kesibukan luar biasa, dapat jalankan Shalat Tarawih. Tapi itu tidak sesuai dengan ajaran Rasulullah Saw dan para sahabat. Karena sholat tarawih memiliki arti shalat yang santai, tidak tergesa gesa. Jadi lebih baik untuk dikurangi saja jumlah bilangan rakaat dalam sholat tarawih.. barakallah Bunda

06 May
Balas

Mosok sih ada solat dengan 23 rakaat dengan waktu 6 menit saja,itu serasa tidak mungkin, kalau memang ada itu bagai mana dengan syarat" Solatnya? memang kalau sholat itu harus memperhatikan syarat" Solat dan ajaran nabi, semoga aja memang tidak benar kabar itu,,, barokallah

02 May
Balas

Barakallahu fiik bunda dari kata tarawih juga sudah sangat jelas artinya istirahat dalam artian sholatnya santai tidak terburu-buru.dalam hadits nabi juga di jelaskan bahwa seburuk_ buruknya pencuri yaitu pencuri sholat dalam ruku' dan sujudnya tidak sempurna... Bahkan nabi mengerjakan sholat tarawih dengan sangat santai sehingga selesai hampir pertengahan malam.... Sungguh indah sholat yang hanya d lakukan setiap bulan ramadhan.... Namun hal ini dibkagetkan dgn adanya sholat tarawih hanya 6 menit dalam jumlah raka'at 23... Sungguh bertanya_tanya dalam hati... Semoga berita tersebut mengandung hoax... Tidak benar adanya.... Terimakasih bunda sudah berbagi ilmu....

01 May
Balas

Barakallah bunda.. Pada dasarnya shalat itu dilaksanakan harus sesuai rukun dan syaratnya. Bila telah sesuai rukun dan syaratnya, maka shalat tersebut tidak ada persoalan. Demikian shalat Tarawih. Ini yang menjadi alasan dari pimpinan Pesantren Al Qur'aniyah dalam melaksanakan Tarawih dalam waktu relatif singkat 6 menit dengan jumlah 20 raka'at ditambah 3 raka'at Witir. Menurutnya Tarawih yang dilakukannya tidak bersoal karena memenuhi rukun shalat.

20 May
Balas

Yang di lakukan ponpes Al-Quraniyah melakukan sholat terawih hanya 6 menit sebenarnya tujuannya agar masyarakat di sekitar yang memiliki kesibukan luar biasa dalat jalankan sholat tarawih, tapi sejatinya sholat harus sesuai aturan dan ikuti jejak Rosulullah SAW dan sahabat, jadi solusi yang di tawarkan untuk sholat tarawih singkat dengan mengurangi jumlah rakaat saja, barokallah.

04 May
Balas

Barakallahu fiik bunda... Ketenangan dalam sholat itu sangatlah penting untuk mengukur tingkat kesempurnaan sholat. Bila diperhatikan, sholat tarawih yang berasal dari kata rooha yang berarti istirahat itu dilakukan secara cepat dan singkat, hanya membutuhkan waktu 6 menit untuk menyelesaikan 23 rokaat, itu mustahil sampai pada tingkat kesempurnaan sholat. Sebab pada zaman rasulullah, diberitakan pada hadits riwayat ahmad, bahwa sahabat ikut dengan rasul saw sholat tarawih, sampai sampai sahabat takut ketinggalan sahur, sebab begitu tenang, bagus dan lamanya sholat rasul saw. Ada baiknya ketika dilingkungan masyarakat itu banyak orang yang memiliki kesibukan namun masih ingin menyempatkan sholat tarawih, solusi terbaik yg diberikan oleh bunda adalah mengurangi jumlah roka'at. Sebab tarawih tidak disebutkan batasan jumlah roka'at. Semoga Allah terima ibadah kita.

01 May
Balas

Sholat tarawih itu hukumnya sunnah dan melakukan sholat tersebut harus mengikuti nabi Muhammad SAW.Jika inginkan waktu 6 menit, mungkin cukup Shalat Tarawih dilakukan empat rakaat saja.Pertama,jumlah bilangan rakaat Tarawih tidak ditetapkan oleh Rasulullah SAW, sebagaimana hadis riwayat Ahmad.Dan harus penuh dengan ketenangan agar meresap ke dalam jiwa. Kedua, jangan mencuri shalat, artinya jangan sampai ruku dan sujud kita tidak disempurnakan.....Barakallah bundaa

13 May
Balas

Barakallah bun.. Syukron bun atas ilmunya nya Seputar "Sholat Tarawih" saya jadi mengerti sekarang hukum" nya dan tata cara sholat tarawih sesuai tuntunan Rosululloh Sholallahu' alaihi wasallam.. ((Berdasarkan dari hadit yang bunda tulis diatas, shalat yang dilakukan dengan waktu yang amat singkat hanya 6 menit merupakan shalat yang tidak mengikuti jejak Rasulullah Sholallahu' alaihi wasallam dan para sahabat. Selain itu, tidak sesuai dengan arti dari kata tarawih yaitu istirahat atau santai.)) mana mungkin mendapatkan rasa tentram nya qalbu dan manisnya sholat jika tergesa" seperti itu jauhh sekali dari ajaran Rosululloh Sholallahu' alaihi wasallam yang sholat tarawihnya hingga ingin mendekati waktu saur..

06 May
Balas

Sholat tarawih meliputi 3 aspek.1. Tarawih arti tidak tergesa-gesa atau santai jadi lakukanlah dengan tidak cepat2. Jangan jadi pencuri dalam sholat artinya kita harus tuma'niha saat setiap gerakan sholat3. Harus memerhatikan contoh yang di beri oleh nabi Muhammad dan para sahabat.

01 May
Balas

Sholat tarawih meliputi 3 aspek.1. Tarawih arti tidak tergesa-gesa atau santai jadi lakukanlah dengan tidak cepat2. Jangan jadi pencuri dalam sholat artinya kita harus tuma'niha saat setiap gerakan sholat3. Harus memerhatikan contoh yang di beri oleh nabi Muhammad dan para sahabat.

01 May
Balas

Baarokallah, saya sangat kaget dan saya pernah melihat video yg mungkin sholatnya sangat cepat sekali, hal itu pun sholat tarawih atau sholat apapun itu harus dengan khusyuk, dan kita yg menjalankan harus dengan syarat dan rukun

04 May
Balas

Baarokallah, saya sangat kaget dan saya pernah melihat video yg mungkin sholatnya sangat cepat sekali, hal itu pun sholat tarawih atau sholat apapun itu harus dengan khusyuk, dan kita yg menjalankan harus dengan syarat dan rukun

04 May
Balas

Barakallah Bunda, berdasarkan point2 yang Bunda paparkan sangat tidak lazim jika sholat tarawih hanya dalam jangka waktu 6 menit saja pasti dalam gerakkan sholatnya sangat terburu-buru padahal salah satu dari rukun sholat adalah tuma'ninah (tenang). Mudah-mudahan ha ini tidak benar adanya karena sejatinya sholat harus sesuai aturan dan mengikuti jejak Rasulullah Saw.

02 May
Balas

Alhamdulillah, sholat teraweh hukumnya memang sunnah. Tapi bagaimana dengan waktu 6 mnt bisa menyelesaikan 23 rakaat. Sejatinya sholat memang butuh ke khusyu an sebagaimana arti dari kata teraweh tersebut yaitu sholat dengan santai tanpa tergessa gesa.

07 May
Balas

Alhamdulillah... kaget sekali mendengar solat terawih 23 rakaat yang dikerjakan hanya membutuhkan waktu 16menit saja, tidak terbayangkan pasti sangat tergesa-gesa sekali melakukan nya.. seperti apa yang bunda jelaskan bahwa solat terawih itu dilaksanakan dengan santai dan tidak tergesa-gesa, dan kalaupun ingin cepat cepat selesai solat terawih karena memiliki kesibukan maka dikurangi saja rakaat solat nya, seperti hadis yang sudah di jelaskan diartikel bunda. Barakallah bunda

04 May
Balas

Alhamdulilah... Di daerah saya sholat tarawih dilakukan dengan cara yang seperti yang ibu lakukan dan biasanya pada umumnya, dan di tempat saya pun di washol, ternyata ada yang sholat tarawih secepat itu, Padahal menurut saya seperti itu kurang efektif juga, dan benar seperti apa yang ibu bilang tadi takutnya tidak memenuhi syarat dan rukun sholat. Ditunggu artikel selanjutnya bunda

02 May
Balas

SUBAHANALLAH tarawih hanya 6 menit. Pada dasarnya sholat itu dilaksanakan hrs sesuai rukun dan syaratnya. Berdasarkan 3 hal diatas bahwa sholat yg dilakukan amat sangat singkat hanya 6 menit yaitu sholat yg tdk mngikuti atau meniru rasulullah dan para sahabatnya dikarenakan sholat tarawih itu memiliki arti yaitu istirahatlah atau santai. Dan jika ingin sholat tarawih maka lakukanlah dg mngurangi jumlah rakaatnya saja karena sholat yg dilakukan dg khusu dan mngikuti jejak rosul dan sahabat insya allah akan mndapatkan pahala yg berharga diakhirat. Trimakasih bunda pemaparannya sangat brmanfaat sekali

01 May
Balas

Subhanallah,,, benar sekali bunda pada dasarnya dalam pelaksanaan shalat itu baik shalat wajib ataupun shalat sunnah tarawih harus sesuai dengan rukun dan syaratnya. Sehingga tidak menimbulkan adanya persoalan. Shalat tarawih dalam waktu singkat 6 menit ini kurang begitu masuk akal dan menimbulkan persoalan akan ketidak khusu'annya dan tidak tumaninahnya dalam melaksanakan shalatnya. Dan tidak sesuai dengan arti dari tarawih yang sebenarnya nya yaitu tarawih yang memiliki arti "istirahat", yang berarti shalat tarawih adalah shalat dengan santai dan tidak tergesa-gesa dengan gerakan yang di sertai ketenangan dan bacaan yang meresap ke dalam jiwa. Sejatinya melaksanakan shalat harus sesuai dengan aturan dan mengikuti jejak Rasulullah SAW atau sahabat. Terimakasih bunda artikelnya sangat bermanfaat sekali memberikan pengetahuan akan pelaksanaan shalat tarawih yang baik.

01 May
Balas

Subhanallah,bagaimana bisa ketika sholat tarawih 23 rakaat dalam waktu 6menit,namun tak bisa kita bayangkan, seharusnya kita sebagai umat melaksanakan sholat berdasarkan rukun dan syaratnya. Dari hak ini sudah dijelaskan oleh artikel bunda yang diatas, ada 3 hal yang harus kita perhatikan yang pertama istirahat, yang kedua jangan menjadi pencuri dalam shalat, yang ketiga memperhatikan shalat Rasulullah SAW.#Barakallah

04 May
Balas

Subhanallah, terawih 6 menit 20 rakaat 3 witir, memang cepat sekali, bila dikonversikan 15, 6 detik, namun shalat terawit memiliki syarat dan rukunnya, dan kata terawih memiliki arti istirahat atau sholat santai dengan ketenangan, bacaan meresap ke dalam jiwa, sempurna ruku' dan sujud nya, mengamati hadis sholat tarawih Rasulullah Saw, sholat tarawih beliau tenang tidak cepat, sebaiknya mengurangi jumlah rakaat sholat tarawih, sholat min 4 rakaat bila tidak mau berlama-lama. Indah harus berdasarkan tuntutan nya, terimakasih bunda.

01 May
Balas

Barakallah.. Bettul sekali bunda Sampai Ada Pun Masyarakat yang Memilih atau Melihat Imam Sholat Tarawih nya Dahulu siapa klw yg imam nya yg Ceper Sholat klw imam nya Aga lambat ga sholat.. Akhirnya imam Tarawih nya bingung ingin Di Cepetin Kasian yg udah Pada Tua Takut encok di Lambatin pada komplen .. Mudah Mudahan Amal ibadah kita semua Di bulan Romadhon ini Allah Ridhoi Allah Berikan ke Berkahnya Aamiin

03 May
Balas

Alhamdulillah benar sekali bunda bagaimana bisa sholat tarawih 20 rakaat dan 3 witir dapat dilakukan dalam waktu 6 menit saja yg ada malah tidak khusu dan akhirnya membuat badan lelah krna pada dasarnya sholat itu harus mengikuti rukun dan syarat.

28 May
Balas

MasyaAllah.. Setuju bu, ibadah harus mengikuti jejak Rasulullah. Adapun memang harus cepat dalam melaksanakan sholat maka dikurangi aja jumlah rakaat nya, bukan melakukan sholat dengan waktu yang sangat singkat.

01 May
Balas

Masyallah sungguh luar biasa hanya dengan 6 menit saja 23 rakaat dapat selesai. Tapi apa mungkin salat dengan secepat itu sesuai dengan ketentuan rukun salat yang sebai mana rasulullah ajarkan.

01 May
Balas

MasyaAllah... Sholat dengan waktu dan gerakan yang singkat benar2 sia-sia, karena kita sedang menghadap Allah, sholat yang tumaninah pun belum tentu khusu apalagi kebut-kebutan, semoga para pelaku manusia yg sholat nya tergesa-gesah mendapatkan hidayah. Amiiin

20 May
Balas

Masyallah, bagus sekalian bunda info nya dan tidak usah sholat dengan buru2 yang penting khusuk kepada alla.

01 May
Balas

MasyaAllah.. Taraweh 6 menit sangatlah cepat sekali, apalagi jumlah rokaat nya 23. Memang mereka bisa beranggapan solatnya salah jika rukunnya terpenuhi. Tapi betul yang telah dijelaskan diatas bahwa sholat tarawih harus dengan santai tidak tergesa-gesa.

01 May
Balas

Masyaallah terimakasih ilmu'ea Benar bunda, lebih baik mengurangi jumlah rakaatnya kalo ingin mengerjakannya dengan waktu yang singkat, daripada harus terburu-buru mengejar waktu yang hanya 6 menit untuk mengerjakan sholat tarawih yang 20 rakaat ditambah dengan witir 3rakaat karena dalam shalat itu butuh ketenangan dan waktu yang cukup. .

01 May
Balas

subhanallah...shalat tarawih+witir 23 rakaat dalam waktu 6 menitan secepat apa yah bacaan setiap rakaatnya,setuju bun dari pada shalat tarawih plus witir 23 rakaat dalam waktu 6 menitan dan bacaanya juga cepat kaya kilat mendingan di kurangi jumlah rakaatnya#subhanallah

01 May
Balas

Subhanallah. Benar sekali bunda, arti shalat tarawih adalah istirahat (santai & tidak tergesa-gesa). Dan berdasarkan 3 hal tersebut, shalat yg dilakukan dg waktu yg amat sangat singkat hanya 6 menit, merupakan shalat yg tidak mengikuti jejak Rasulullah SAW & sahabat. Dan jija memang ingin melaksanakan shalat tarawih dg waktu yg singkat, jumlah rakaat nya saja yg dikurangi seperti 4 rakaat misalnya, yg terpenting shalatnya memenuhi rukun shalat.Terimakasih bunda, atas ilmu yg sangat bermanfaat ini, Semoga ibadah yg kita lakukan lebih tenang & khusyuk lillahi Ta'ala.

01 May
Balas

subhanallah, sholat terawaih 23 rakaat dalam waktu 6 menit, menurutku tidak masuk akal. karen solat itu sendiri tidak hanya sekedar gerakan, melainkan bacaan juga, dan tentunya harus tumaninah. Dari artikel tersebut di jelaskan bahwa terawih itu berarti istirahat, dalam artian harus santai jangan tergesa-gesa. kemudian dalam hadits Rasulullah di katakan jangan menjadi pencuri dalam solat, ini berarti solat terawih dalam waktu 6 menit seolah-olah menjadi pencuri dalam solatnya. setidaknya jika ingin cepat mungkin yang harus di kurangi jumlah Rakaatnya saja.

02 May
Balas

Subhanallah, sulit di bayangkan 23 rokaat hanya dalam waktu 6 menit. Wow secepat itukah melakukan sholat terawih. Dan terkait persoalan tentang paparan artikel bunda ini ada 3 pertama terawih yang berasal dari kata yang berarti istirahat. Kedua jgn menjadi pencuri dalam sholatnya. Dan ketiga memperhatikan sholatnya rasulullah saw dan para sahabat. Semoga kita melakukan ibadah ini lillahi ta'ala semua karena ingin berdekat kepada allah dan tidak niat ke hal yang lain. Sejatinya shalat harus sesuai aturan dan ikuti jejak rasulullah saw atau sahabat

01 May
Balas

Subhanallah, baru dengar sy sholat taraweh dilakukan dalam waktu 6 menit dengan 20 rakaat dan 3 witir. Dan ini benar2 terjadi? Hal ini dilakukan pimpinan Ponpes Al Qur'aniyah lakukan hal itu karena ingin agar masyarakat di sekitar yang miliki kesibukan, dapat jalankan Shalat Taraweh. Namun, mungkin ada solusi untuk hal itu. Jika ingin mendapatkan waktu yg singkat, yaitu untuk Shalat Tarawih yang dilakukan dengan waktu 6 menit, sebaiknya dengan mengurangi jumlah rakaat saja. Mungkin cukup Shalat Tarawih dilakukan empat rakaat saja. Karna kita tahu jumlah bilangan rakaat Taraweh tidak ditetapkan oleh Rasulullah SAW..#SUBHANALLAH

01 May
Balas

MasyaAllah, janganlah terburu-buru, lebih baik raka'at nya sedikit, namun dijalankan dengan khusyuk. . Mengapa harus terburu-buru? Toh hal ini hanya akan dilakukan selama sebulan. Bulan ini adalah bulan spesial. Janganlah jadi orang yang merugi.. Menyia-nyiakan kesempatan untuk lebih dekat dengan Allah.

07 Jun
Balas

Masyaallah penjelasan ini menjawab persoalan yang memang sering terjadi akhir zaman ini. Shalat tentu harus khusyuk jika dilakukan hanya dengan 6 menit tergesah-gesah pastinya shalat tidak khusyuk. Solusi yang ibu katakan itu benar jika ingin cepat karena kesibukan atau hal lainnya sebaiknya mengurangi jumlah rakaat jangan dengan tergesah-gesah seperti itu, itu justru tidak sesuai dengan arti dari shalat tarawih.

01 May
Balas

Subhanllah artikel yg benr bagus bunda.Jaman sekrg apalgi bulan puasa. Sering kali saya melihat. Lebih banyak ma'mum yg memilih imam. Yag bacaan. Dan rokaatnya cepat.Padahl dlm bcaan trdpat hukum" tajwid yg harus di terapkan. Dan dalam rokaat. Trdpt. Tuma'ninah nya. Tidak sprti jungkat jungkit gak jelas

03 May
Balas

Masya Allah.... Baru mendengar ada yang mengerjakan sholat tarawih dalam waktu 6 menit, benar sekali bun pada dasarnya dalam pelaksanaan sholat itu harus sesuai rukun dan syarat nya. Adapun dalam melaksanakan sholat harus cepat sebaiknya jumlah rakaat nya di kurangi,dan tidak melakukan sholat dengan waktu singkat.

01 May
Balas

Benar bunda, lebih baik mengurangi jumlah rakaatnya kalo ingin mengerjakannya dengan waktu yang singkat, daripada harus terburu-buru mengejar waktu yang hanya 6 menit untuk mengerjakan sholat tarawih yang 20 rakaat ditambah dengan witir 3 rakaat, rasanya itu tidak sesuai yang diajarkan oleh rosulullah SAW. Mungkin mereka beranggapan ingin mengambil yang rukunnya saja, namun hal seperti itu rasanya kurang bagus, karena sholat itu harus didasari dengan ketenangan agar kita mendapatkan kekhusuan di dalam menjalankan shalat itu, bukan dengan tergesa-gesa. #Subhanallah

01 May
Balas

Subhanallah .. sebuah pemaparan tentang sholat tarawih yang sangat jelas dengan adanya hadits-hadits yang di paparkan oleh bunda .. memang semestinya sholat itu khusyuk , namun sebuah cerita yang terjadi di Indramayu tersebut membuat saya kaget dan terheran-heran dengan melakukan sholat tarawih hanya 6 menit dengan 20 rokaat + 3 witir .. seharusnya mengurangi rokaat saja bila ditempat itu banyak orang-orang yang sibuk tidak harus tergesa-gesa ..

02 May
Balas

Subhanallah... Jadi shalat yang dilakukan dengan waktu yang singkat hanya 6 menit yaitu shalat yang tidak mengikuti jejak Rasulullah SAW dan sahabat, karena shalat itu dilaksanakan harus sesuai rukun dan syaratnya. Seperti shalat tarawih yang dilakukan hanya 6 menit saja dengan jumlah 20 rakaat dan 3 witir itu tidak di perbolehkan pada dasarnya arti dari shalat tarawih itu adalah shalat yang santai dan tidak tergesa-gesa, jika ingin shalat tarawih dengan cepat bisa dilakukan dengan cara mengurangi jumlah rakaatnya seperti 4 rakaat saja karna jumlah rakaat pada shalat tarawih ini tidak di permasalahkan. Terimakasih bunda atas penjelasan nya.

01 May
Balas

Subhanallah, sholat tarawih sebanyak 23raka'at dilakukan selama 6menit aku rasa juga itu hal yg tidak masuk akal, bener sekali dari 3 ulasan apa yg dipaparkan dari artikel diatas, diantaranya taraweh itu dikerjakan dengan santai dan jgn mencuri waktu didalam sholatnya dan rosul pada mlm ke 23 sampai 27 dilakukan dengan waktu yg cukup lama, mudah2an informasi tsb mengenai sholat taraweh 6menit yg dilakukan oleh ponpes Al-Qur'aniyah Indramayu tidak benar adanya mungkin ada kesalahan persepsi mengenai informasi nya.. #subhanallah..

01 May
Balas

Subhanallah ,semoga bermanfaat bu ,memang seharusnya sholat itu harus memenuhi rukun dan syaratnya ,rasanya sulit untuk sholat tarawih yg dilakukan 20 rakaat dan witir 3 rakaat dalam waktu yg sangat kilat yaitu 6 menit walaupun tidak memakai sunah sunah dalam sholat. Saya setuju dengan saran bunda lebih baik mengurangi jumlah rakaat tarawih dari pada melaksakan tarawih dengan sangat kilat. Baarakallah bun

01 May
Balas

Subhanallah,solat tarawih yang di kerjakan sangat singkat dalam waktu 6 menit saja, alangkah baiknya jika jumlah rakaatnya di kurangi dan bisa melakukan solat tarawih dengan khusyu tenang dan tidak tergesa gesa sesuai dengan ariti dan makna solat tarawih , terimakasih bunda

02 May
Balas

Subhanallah,solat tarawih yang di kerjakan sangat singkat dalam waktu 6 menit saja, alangkah baiknya jika jumlah rakaatnya di kurangi dan bisa melakukan solat tarawih dengan khusyu tenang dan tidak tergesa gesa sesuai dengan ariti dan makna solat tarawih , terimakasih bunda

02 May
Balas

Melihat kondisi orang" yang sibuk sehingga yang hanya bisa ditempuh waktu yang sebentar hanya dengan 6 menit.tetapi tidak mengikuti jejak rosul dan para sahabat karena sholat tarawih adalah sholat yang santai tidak tergesa-gesa jika ingin cepat bisa dilakukan dengan mengurangi jumlah raka'at seperti 4 raka'at saja# subhanallah

01 May
Balas

Melihat kondisi orang" yang sibuk sehingga yang hanya bisa ditempuh waktu yang sebentar hanya dengan 6 menit.tetapi tidak mengikuti jejak rosul dan para sahabat karena sholat tarawih adalah sholat yang santai tidak tergesa-gesa jika ingin cepat bisa dilakukan dengan mengurangi jumlah raka'at seperti 4 raka'at saja# subhanallah

01 May
Balas

Subhanalloh sungguh waktu sholat terawih yang sangat tidak masuk akal sangat..... tidak bisa di bayangkan bagaimana cara menunaikan sholat terawihnya..... dalam waktu 6 menit sholat terawih sudah selesai ..... sesungguhnyah sholat itu kan harus dalam keadaan khusyuk agar kita bisa lebih tenang lagi menjalankanyah..... tidak harus terburu-buru..... jika ingin terburu-buru lebih baik kurangi saja rakaatnyah jangan banyak rakaatnyah tetapi kita tidak khusyu dalam melaksanakan sholatnyah. #Subhanalloh

03 May
Balas

#subhanallah.. memang sempat viral juga mengenai Sholat tarawih express itu. Dlm waktu 6 menit bisa melaksanakan solat tarawih yang 23 rokaat. Dalam 1 rokaatnya bisa terhitung 15 detik. Dari segi akal sehat aja sudah tidak memungkinkan untuk bisa khusyuk. Apalagi di lihat dari segi hukum Islam hadits Rasulullah mengenai sholat sunah tarawih, yang sudah di paparkan oleh bunda. Mungkin jauh dari keriteria. Semoga Allah memberikan Taufik serta hidayah terhadap pimpinan Imam tarawih di tempatnya itu..

06 May
Balas

Subhanallah,,,,,,,,,,,Ramadhan adalah bulan yang special.ketika tiba ramadhan,pintu-pintu surga dibuka ,pintu-pintu neraka ditutup,setan-setan dibelengu dan pahala digandakan.Dan semua ibadah kalau dilaksanakan mendapatkan pahala sesuai dengan perbuatan nya,termasuk untuk shalat tarawih dilakukan sehabis shalat isya,ternyata di indonesia ada yang melakasanakan shalat tarawih dengan cepat dengan alasan karena masyarakat di desa sekitar masih sulit untuk mengikuti shalat tarawih dengan waktu yang agak lama. Akhirnya ketika imam memutuskan untuk melakukan washal (menyambung bacaan surat) dalam membaca surat-surat dalam Shalat Tarawih tersebut.Padahal dalam keterangan kitab kuning tarawih diartikan Istirahat,brati dalam melaksanakan shalatnya jangan terlalu terburu-buru,bisa menggangu kekhusyuhan jamaah dalam shalat.untuk itu shalat itu tidak sesuai keterangan kitabnya.Semoga semua mendapatkan keberkahan diramdhan.AamiinIndanya bulan suci ramdhanGood job Literasi.

01 May
Balas

jika melakukan shalat sebanyak 23 rakaat dalam waktu hanya 6 menit cukup sulit dalam membaca bacaan shalat dan mengatur napas. jadi jika ingin mempersingkat waktu kurangi saja rakaat sholatnya agar sholat tarawih tetap khusyu dan tidak terburu-buru Sejatinya Shalat Harus Sesuai Aturan dan Ikuti Jejak Rasulullah SAW atau Sahabat. barakallah

04 May
Balas

Subhanallahbertambah ilmu lagi dari penjelasan bunda tentang sholat taraweh ini.Dalam shalat memang harus betul-betul memperhatikan bacaan dan aturannya. kita melaksanakan shalat harus sesuai dengan jejak Rasulullah dan para sahabat. Sungguh dalam shalat kita harus memperhatikan aturan-aturan yg ada, dan melaksanakamnya dengan tenang. Agar sholat kita sah..

02 May
Balas

Subhanallah,Benar sekali bunda. sholat tarawih harus dilakukan dengan tenang,tidak tergesa-gesa sebab arti shalat tarawih itu sendiri adalah istirahat (santai & tidak tergesa-gesa). Dan berdasarkan 3 hal tersebut, shalat yg dilakukan dg waktu yg amat sangat singkat hanya 6 menit, merupakan shalat yg tidak mengikuti jejak Rasulullah SAW & sahabat. #subhanallah

01 May
Balas

Masyaallah,sejatinya melaksanakan ibadah shalat harus mengikuti aturan dan yang dilakukan nabi Muhammad SAW.

30 May
Balas

Masyaallah,sejatinya melaksanakan ibadah shalat harus mengikuti aturan dan yang dilakukan nabi Muhammad SAW.

30 May
Balas

Maasyaallah bund semoga itu tidak benar adanya karena tarawih hanya membutuhkan waktu 6 menit tidak mungkin mudah dilakukan pasti itu dilakukan dengan tergesah_gesah dan kurang khusyuk karena dalam shalat itu butuh ketenangan dan waktu yang cukup semoga itu tidak benar dan jika itu benar semoga cepat menyadari bahwa apa yang dilakukan tidak sesuai dengan arti dari tarawih tersebut yang artinya istirahat dan tidak mengikuti Rasulullah dan para sahabat. Semoga kita semua melakukan ibadah niat karena Allah dan berniat untuk mendekatkan diri kita kepada sang pencipta Allah swt tidak ada niatan lain. Salam Perindu Literasi

01 May
Balas

Subhanallah jangan menjadi pencuri sholat dan harus perhatikan syarat dan ketentuan sholat seperti sholatnya Rasulullah SAW dan para sahabat. Terkejut sekali membaca dan melihatnya saya pun sulit melakukan sholat dengan cepat meski telah di washol dan di singkat bacaannya.. Tak masalah mengerjakan sholat tarawih dengan rakaat yang sedikit asal dengan khusyu sebab rasulullah saw pun tidak menyebutkan jumlah rakaat dalam sholat tarawih. Barakallah bun

01 May
Balas

Subhanallah jangan menjadi pencuri sholat dan harus perhatikan syarat dan ketentuan sholat seperti sholatnya Rasulullah SAW dan para sahabat. Terkejut sekali membaca dan melihatnya saya pun sulit melakukan sholat dengan cepat meski telah di washol dan di singkat bacaannya.. Tak masalah mengerjakan sholat tarawih dengan rakaat yang sedikit asal dengan khusyu sebab rasulullah saw pun tidak menyebutkan jumlah rakaat dalam sholat tarawih. Barakallah bun

01 May
Balas

Bener sekali Bun, Shalat Harus Sesuai Aturan dan Ikuti Jejak Rasulullah SAW atau Sahabat. Kalo sholat 23 rokaat hanya 6 menit , gimana bisa sesuai bacaan makhrojnya... Dan juga ngga khusu

14 May
Balas

Bener sekali Bun, Shalat Harus Sesuai Aturan dan Ikuti Jejak Rasulullah SAW atau Sahabat. Kalo sholat 23 rokaat hanya 6 menit , gimana bisa sesuai bacaan makhrojnya... Dan juga ngga khusu

14 May
Balas

Sulit di bayangkan shalat teraweh hanya 6 menit sajah dimana letak tumanahnya bayak perbedaan pendapat akan tetapi shalat itu bukan soal cepat selesai nya akan tetapi ada peraturannya.subhanallah

02 May
Balas

Subahanallah Terimaksih bun sangat bermanfaat artikel yang ibu buat .Solat teraweh tidak bisa sembarang kita lakukan hanya dengan waktu yang begitu singkat semua nya ada petunjuk-petunjuk nya . Dan betul bun bila hanya 6 menit berarti tidak memperhatikan solat nya rasullag saw.Dan berarti kita harus bersungguh sungguh dalam menjalan kan ibadah tidak asal-asalan .

01 May
Balas

Subhanalloh. Benar bunda, lebih baik di kurangi jumlah rokaatnya. sholat tarawih itu dilakukan dengan tenang dan tidak tergesa-gesa sebab tidak sesuai dengan arti dari sholat tarawih itu sendiri.

01 May
Balas

Barakallah bun, Sholat merupakan komunikasi antara Allah dan hambanya. Dan sholat juga harus dilakukan dengan ketenagan jiwa. Jika sholat tarawih hanya di lakukan 6 menit, berarti orang tersebut tidak melakukan sholat dengan ketenangan. Tapi Wallahu 'alam. Semoga semua tidak benar.

11 May
Balas

Sholat adalah sebagian isti

19 May
Balas

Sholat adalah sebagian istirahat kita.. sholat seperti itu tidak membuat kita khusuk.. setiap ibadah kita memang harus mengikuti jejak Rasululloh.. Barokallah bund

19 May
Balas

Sholat adalah sebagian istirahat kita.. sholat seperti itu tidak membuat kita khusuk.. setiap ibadah kita memang harus mengikuti jejak Rasululloh.. Barokallah bund

19 May
Balas

Subhanallah benar bun, ibadah harus mengikuti jejak Rasulullah. Adapun memang harus cepat dalam melaksanakan sholat maka dikurangi aja jumlah rakaat nya, bukan melakukan sholat dengan waktu yang sangat singkat.

01 May
Balas

Subahanallah.Bener sekali bunda karna sejatinya sholat itu harus sesuai dengan aturan dan diikuti oleh Rasulullah S.A.W atau para sahabatnya Nabi.Dan seharusnya sholat tersebut harus sesuai dengan rukun dan syarat yang sudah ditentukan.Maka sholat tersebut tidak akan ada persoalan,sehat selalu bunda :)

04 May
Balas

Subahanallah.Bener sekali bunda karna sejatinya sholat itu harus sesuai dengan aturan dan diikuti oleh Rasulullah S.A.W atau para sahabatnya Nabi.Dan seharusnya sholat tersebut harus sesuai dengan rukun dan syarat yang sudah ditentukan.Maka sholat tersebut tidak akan ada persoalan,sehat selalu bunda :)

04 May
Balas

Tksh atas pencerahannya bund.Semoga selalu dlm lindunganNya.

30 Apr
Balas

Sama sama Bund. Barakallahu fiik

30 Apr

Alhamdulillah.. shalat tarawih kilat sangatlah membutuhkan stamina yang kuat mungkin buat anak muda zaman sekarang yang mengikuti tarawih 6 menit selesai senang karena waktu nya yanh cepat dan singkat tetapi bagi para orang tua atau lansia shalat tarawih 6 menit selesai bisa di katakan shalat yang sangaaatt cepat karena keadaan fisiknya yang sudah tua.. maka dari itu shalat tarawih 6 menit selesai banyak yang mengikuti itu orang orang yang rata rata umur nya di bawah 35 tahun.

01 May
Balas

Alhamdulillah memang dalam arti dari tarawih saja sudah istirahat atau santai. Namun kadang juga tak masuk akal Bun dengan waktu yang 6 menit untuk 23 raka'at dan juga sudah dipaparkan dgn 3 persoalan itu dari artikel bunda. Terimakasih Bun ilmunya ditunggu artikel selanjutnya

01 May
Balas

Shalat teraweh 23 rakaat hanya dengan waktu 6 menit sekilas kaget kok bisa melakukan shalat secepat ituh dan bagaimana bacaan shalat nya atau di kurangi di setiap bacaan nya lantas apa kah shalat secepat itu sesuai dengan rukun dan bacaan nya dan sudah jelas kita mengikuti jejak rasullah.tetapi kembali lagi dengan keyakinan kita bahwa allah tidak mempersulit ibadah tetapi kita juga jangan melalaikan apa yang sudah di tetapkan allah untuk umat nya.di ponpes atau di masyarakat ada memiliki niat,tujuan nya masing masing melaksanakan shalat teraweh.dan di artikel ini sejatinya shalat harus sesuai aturan dan ikuti jejak rasullah saw atau sahabat begitu juga dengan mengurangi jumlah rakaat sebab teraweh tidak dibataskan dengan jumlah rakaat nyaBarakaallah bunda

01 May
Balas

Alhamdulillah. Sblm nya saya pernah mendengar berita shalat tarawih kilat ini bun, dan ramai diperbincangkan karena ketika difikir2 sulit rasanya melakukan shalat sebanyak 23 rakaat hanya dlm waktu 6 menit saja. Selain kesulitan dalam membaca bacaan shalat dan mengatur nafas, sulit juga untuk dapatkan khusuk. Dan benar sekali bun, sejatinya Shalat itu harus Sesuai Aturan dan Ikuti Jejak Rasulullah SAW atau Sahabat. Dan pada dasarnya shalat itu dilaksanakan harus sesuai rukun dan syaratnya. Bila telah sesuai rukun dan syaratnya, maka shalat tersebut tidak ada persoalan. Demikian pula dgn shalat Tarawih.

04 May
Balas

Betul bunda. Semoga bermanfaat. Barakallah

30 Apr
Balas

Amin ya Rabb. Terima kasih sudah berkunjung dan barakallahu fiik

30 Apr

Benar sekali Bunda, shalat tarawih yang sangat kilat yang di lakukan di salah satu ponpes di Indramayu tidak benar. Karena sholat tarawih harus sesuai dengan Sunah... terima kasih atas ilmunya Bunda.

01 May
Balas

Subahanallah. Pada dasarnya shalat itu dilaksanakan harus sesuai rukun dan syaratnya. Bila telah sesuai rukun dan syaratnya, maka shalat tersebut tidak ada persoalan. Demikian shalat Tarawih yang berarti istirahat yang berarti solat sambil santai, jika di ponpes itu solat tarawih hanya 6 menit tidak sesuai dengan jejak rosululloh SAW dan sahabatnya. Solat terburu buru gimna mau shusyu jika baru berdiri harus ruku dan lalu sujud...

04 May
Balas

Subahanallah. Pada dasarnya shalat itu dilaksanakan harus sesuai rukun dan syaratnya. Bila telah sesuai rukun dan syaratnya, maka shalat tersebut tidak ada persoalan. Demikian shalat Tarawih yang berarti istirahat yang berarti solat sambil santai, jika di ponpes itu solat tarawih hanya 6 menit tidak sesuai dengan jejak rosululloh SAW dan sahabatnya. Solat terburu buru gimna mau shusyu jika baru berdiri harus ruku dan lalu sujud...

04 May
Balas

Alhamdulillah, MasyaaAllah saya terheran heran dan takjub dengan orang yang melakukan sholat tarawih 20 rakaat dan 3 rakaat sholat witir hanya enam menit,. Dan terkait persoalan diatas, dari artikel ini saya dapat menyimpulkan terdapat beberapa pemaparan diantaranya pertama, pendapat Ust Adi Hidayat, tarawih jamak dari tarwiyah yang artinya gerakan yang disertai dengan ketenangan, bacaan meresap ke dalam jiwa. kedua, jangan menjadi pencuri dalam Sholatnya, ketiga, memperhatikan Sholatnya Rosulullah SAW dan para Sahabat.

02 May
Balas

Subhanallah. Hrsnya sholat dilaksanakan harus sesuai rukun dan syaratnya yg di tentukan dalam al qur'an dan al hadis. Sholat pun itu harus khusuk dan jngn terlalu terburu buru. #Subhanallah

04 May
Balas

Subhanallah tak terbayangkan shalat tarawih 20 rakaat dan witir 3 rokaat hanya dilakukan dalam waktu 6 menit dengan tujuan agar masyarakat yang memiliki kesibukan tetap bisa menjalankan shalat tarawih. Dan pada dasarnya shalat itu dilaksanakan harus sesuai rukun dan syaratnya. Benar apa yang dipaparkan oleh bunda jika alasannya seperti itu lebih baik dikurangi saja jumlah rokaatnya. Karena asal kata tarawih itu sendiri berarti istirahat. Kedua, jangan menjadi pencuri. Ketiga, harus memerhatikan shalatnya Rasulullah dan para sahabatnya. Sehat selalu bunda ;)

02 May
Balas

Iyha bun padahalkan rasul memberitahu agar mengerjakannya bersungguh-sungguh dan karena lillah karenaAllah. Andai ia mengejar waktu agar masyarakat tdak kecapean dan agar ikhlas dlm pengerjaannya kn bilangan rakaat tarawih gak cuma 20 ada yng 8 rakaat juga boleh. Knph gak ambil yng 8 rakaat yng pendek + 3 rakaat witir jadi 13 rakaat.. #Subhanallah

01 May
Balas

SubhanallahMemang pada dasarnya solat itu harus mengikuti rukun syarat serta harus tuma'ninah jangan terlalu buru2 , Bila telah sesuai rukun dan syaratnya, maka shalat tersebut tidak ada persoalan. #subhanalloh

01 May
Balas

Subhanallah , Sholat harus dilaksanakan sesuai rukun dan sesuai syarat , menurut saya pribadi niat dari solat tarawih nya baik namun jika solat dilaksanakan dengan tergesa-gesa akan sulit untuk khusyuk , sementara arti dari solat tarawih itu sendiri adalah solat yang santai dan tidak tergesa-gesa.

03 May
Balas

Alhamdulilah, Yang saya pernah liat juga Ada Beberapa masjid atau pun musolah yang melakukan shalat 23 rokaat tapi hanya waktu 6 menit, mungkin secara logika itu mustahil karena akan mengurangi pahala karena otomatis shalat tersebuat akan terburu buru dan tidak akan faseh pembacaannya tersebutmungkin ada yang beberapa yang belum memahami ajaran rasulallah bahwasannya shalat taraweh di lakukan secara santai dan tidak tergesah gesah . Di tunggu artikel selanjutnya bun

01 May
Balas

Subhanallah..betul bun karena, shalat harus di tentukan sesuai syari'at dan ketentuan yg sudah di tentukan terima kasih bun pencerahannya barakallahu fiik.

07 May
Balas

Subhanallah..betul bun karena, shalat harus di tentukan sesuai syari'at dan ketentuan yg sudah di tentukan terima kasih bun pencerahannya barakallahu fiik.

07 May
Balas

Sholat yang cepat dan terburu buru tidak diperbolehkan karena, khusyuk merupakan inti dari sholat, sehingga dikisahkan Rasullulah mengutus seseorang untuk mengulangi sholatnya akibat ketidakkhusukannya, dan ketidakkhusukan itu disebabkan oleh pikiran yang mengganggu dan hal tersebut erat kaitannya dengan mempercepat sholatnya.

12 May
Balas

Sangat setuju , lebih baik dikurangi rakaatnya daripada banyak rakaat namun dilakukan dengan sangat cepat dan tidak khusyuk , karna sholat itu harus khusyuk

04 Jun
Balas

Alhamdulillah..Bagaimana bisa Sholat 23 rokaat tetapi hanya dengan wktu 6menit, gak bisa dibayangkan betapa cepetnya melakukan Sholatnya itu bund..Dan terkait persoalan itu ada 3 yang dipaparkan dalam artikel bunda ini,Pertama, Tarawih berasal dri kata yg brarti Istirahat, kedua, jgn menjadi pencuri dalam Sholatnya, ketiga, memperhatikan Sholatnya Rosulullah SAW dan para Sahabat. Dan dari ketiga itu tentu sholat yg dilksanakan hanya 6menit tdk mengikuti sholatnya Rosulullah saw dan para Sahabat..

01 May
Balas

Subhanalloh. Benar bunda, lebih baik di kurangi jumlah rokaatnya. sholat tarawih itu dilakukan dengan tenang dan tidak tergesa-gesa sebab tidak sesuai dengan arti dari sholat tarawih itu sendiri.

01 May
Balas

Pada dasarnya sholat itu harus mengikuti rukun syarat, serta jgn terburu buru untuk melaksanakan sholat, meski niat yg sangat baik dari pemimpin ponpes dengan melaksanakan nya sholat terawih secara berjamaah walau hanya 6 menit, namun hal tersebut tidak mendasar pada dalil yg di benarkan #Barakallah

03 May
Balas

Setuju Bu, lebih baik seperti itu

30 Apr
Balas

Iya Bund. Terima kasih sudah berkunjung dan barakallahu fiik

30 Apr

Subhaanallaah, memang hal itu yang Cukup ramai di perbincangkan di kalangan masyarakat atau Umat, meski daengan niat yang baik pimpinan ponpes tersebut dari kesibukan masyarakat di lingkungannya, namun hal tersebut tidak mendasar pada asas dalil yang di benarkan, terima kasih ibu

02 May
Balas

Sholat itu mestinya yang khusuk dan tyma'ninah. mudah2an semua menjadi berkah bu.

30 Apr
Balas

Benar Pak. Terima kasih sudah berkunjung dan barakallahu fiik

30 Apr

Alhamdulillah, dari artikel ini sudah jelas sekali bahwa shalat itu harus khusyuk dan tidak tergesa-gesa dan harus penuh dengan ketenangan agar meresap ke dalam jiwa. Syukron Katsir bunda.

08 Jun
Balas

Shalat kilat seperti ini, tak akan berkesan bahkan sebaliknya akan membuat badan letih. Karena dalam gerakkan shlat itu ada bagian-bagian untuk istirahat (tumma'ninahnya)Belum lagi bacaan yang gak jelas.

14 May
Balas

Subhanallah, shalat tarawih memiliki arti istirahat. Yang maksudnya shalat yang santai dan tidak tergesa-gesa. Terimakasih atas ilmunya bunda.

01 Aug
Balas

Didalam suatu pelaksanaan ibadah dibutuhkan kekhusyuhan dalam ibadah, agar apa yg kita jalankan tidaklah sia-sia dihadapan Allah. Dan tidak boleh tergesa-gesa dalam suatu hal ibadah apapun itu alasannya, karena dapat merusak ibadah kita kepada Allah SWT.

02 Nov
Balas



search

New Post