Siti Ropiah

Guru MA Al Ishlah Cikarang Utara Kab Bekasi Jawa Barat Alumni Uin Jakarta, nomor hp 087888623714 ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Guru Pembelajar atau Guru Pemelajar? (Tantangan Hari ke-78)

Guru Pembelajar atau Guru Pemelajar? (Tantangan Hari ke-78)

Guru Pembelajar atau Guru Pemelajar? (Tantangan Hari ke-78)

Oleh: Siti Ropiah

Berawal dari artikel Pak Idris yang dikirim ke WA grup Pelatihan Editor Jabar ke-2. Artikel tersebut berjudul "Menjadi Penulis Pemelajar". Kaget aku dibuatnya. Pasalnya, kata yang sering kudengar itu bukan pemelajar, tapi pembelajar. Loh, ini bagaimana?. Di satu sisi, Pak Idris merupakan penulis hebat. Masa sih salah?. Tanyaku dalam hati dengan rasa tak percaya. Di sisi lain, kata yang selalu terdengar itu kata "pembelajar". Lalu mana yang benar dari dua kata tersebut.

Kejadian di atas, membuatku mencari kebenarannya di KBBI V. Secara gitu, aku sudah punya aplikasinya di HP, hehehe. Kutulis kata "pembelajar". Terlihat jelas kata "pembelajar" mempunyai arti orang yang membelanjarkan; pengajar. Sedangkan kata "pemelajar" memiliki arti "orang yang mempelajari; pelajar; siswa".

Bila mendasarkan pada KBBI tersebut, maka kalimat yang pantas, "Guru Pemelajar". Bermakna walau sudah jadi pengajar, masih tetap belajar. Sebab bila menggunakan kalimat "Guru Pembelajar", memiliki arti guru yang mengajarkan. Kalau seorang guru mengajar, itu memang tugasnya.

Berdasarkan hal tersebut di atas, mari sejak sekarang digunakan kalimat "Guru Pemelajar".

Sejatinya Memahami Suatu Kata Itu Suatu Keniscayaan

Salam Perindu Literasi

#Gurfati Jannati, Cikarang 9 Maret 2020#

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Wah baru tahu bu

01 Apr
Balas

Sama Bund. Terima kasih sudah berkunjung dan barakallahu fiik

01 Apr

yeaayyy, ulasan keren

01 Apr
Balas

Terima kasih Bund. Barakallahu fiik

01 Apr

Asal kata "ajar" + ber- > berajar > belajar+ pe- > pen-, pem-, peng-, penge-, peny-Jd gak ada pembelajar, yg benar pemelajar.Mungkin tdk lazim terdengar shg kita sering menyebut pembelajar.Good mom artikelnya.

01 Apr
Balas

Begitu yah Bund. Terima kasih sudah berkunjung dan barakallahu fiik

01 Apr

Baru tau, ternata beda arinya ya

01 Apr
Balas

Benar Bund. Aku pun baru tahu. Terima kasih sudah berkunjung dan barakallahu fiik

01 Apr

Ini dia yg selalu teliti. Dan aku sll tidak teliti dan tidak mau ngecek. Nah hebat kan bu Dr ini. Terimakasih ilmunya..

01 Apr
Balas

Bisa aja Bunda Hajah. Terima kasih sudah berkunjung dan barakallahu fiik

01 Apr

Alhamdulillah, baru mengerti bun...,

01 Apr
Balas

Terima kasih sudah berkunjung dan barakallahu fiik

06 Apr

terima kasih ilmunya Bu. sayapun baru tau. semoga kita senantiasa sehat dan bisa berbagi kebaikan. salam literasi. baarakallah.

01 Apr
Balas

Amin, Terima kasih sudah berkunjung dan barakallahu fiik

01 Apr

Masya Allah...Seorang guru yang mengajari anak muridnya memang sudah kewajiban guru mengajari muridnya.. ketika kita menjadi guru maka yang kita bawakan atau kita ucapakan disaat belajar dimulai... Kita harus mengajari anak murid yang lebih baik dan tegas, supaya biar anak-anak yang kita didik mempunyai kemampuan nya tersendiri..

11 Aug
Balas

Maasyaallah, ternyata dalam bahasa Indonesia perbedaan kata saja dapat merubah makna, terimakasih atas ilmunya Bun.

08 Aug
Balas

Beda 1 huruf juga bisa beda makna, Terima kasih bunda ilmunya. Jadi bisa membedakan antara pemelajar dan pembelajar. Masya Allaah..

02 Aug
Balas

Tambah ilmu lagi trimakasih bunda atas ilmunya. Masyaallah

06 Apr
Balas

Terima kasih bun atas ilmunya. Alhamdulillah dapet menambah ilmu. Masyaallah

01 Apr
Balas

Terima kasih dan barakallahu fiik

01 Apr

Jadi terang nih... Terima kasih bunda

01 Apr
Balas

Alhamdulillah. Terima kasih dan barakallahu fiik

06 Apr

Oww... jadi paham nih bun... tilimikicii...

01 Apr
Balas

Mikicitili juga Bund. Barakallahu fiik

01 Apr

Trima kasil ilmu ny . Jdi tau pemelajar#subhanallah

01 Apr
Balas

Terima kasih dan barakallahu fiik

01 Apr

Ini betul-betul ilmu baru buatku karena selama ini kukira mmg pembelajar itu yg 'belajar'. Terima kasih tlh meluruskan Bu Vivi. Aku bersyukur gurusiana bagaikan ladang ilmu kalau mau menggalinya...

01 Apr
Balas

Alhamdulillah. Terima kasih sudah berkunjung dan barakallahu fiik

06 Apr

Masyaallah bun...ilmu dan pengetahuan baru dalam sebuah kalimat...

01 Apr
Balas

Iya. Terima kasih dan barakallahu fiik

01 Apr

Naaahh ...ini kata ada pada tulisan bunda sebelumnya yaitu cadar tak memudar. Di situ ada kata pemelajar. Saya pikir dan bertanya dalam hati ''apakah tulisan ibu ini salah apa salah tulis?''.. eeh ternyata di tulisan ini penjelasannya y..hehe... makasih bunda..sehat selalu.. maasyaa Allah

01 Apr
Balas

Terima kasih sudah berkunjung dan barakallahu fiik

01 Apr

Terimakasih bunda ilmunya,Barakallah

01 Apr
Balas

Kasih yang sama untuk Bunda. Barakallahu fiik

01 Apr

Barakallah terima kasih bun ilmu,, sekarang jadi paham beda arti pemelajar dan pembelajar,, Semangat terus seluruh guru Indonesia. Barakallah..

06 Apr
Balas

Alhamdulillah mendapatkan ilmu baru setelah membaca artikel bunda , barakallah bun

05 May
Balas

Barakallah bun.. Penting sekali ternyata ya bun dalam memahami suatu kata atau pun kalimat untuk menjabarkan sesuatu. Betul sekali jika Memahami Suatu Kata Itu adalah Suatu KeniscayaanBarakallah bun

06 Apr
Balas

Barakallah bun.. Nambah wawasan saya tentang kata "Guru Pemelajar". Guru Pemelajar = walau sudah jadi pengajar, masih tetap belajar. . "sejatinya murid belajar kepada guru namun gurupun juga belajar, belajar mendalami materi yang diajarkan atau pun belajar memahami sifat & karakter belajar nya si murid / siswa nya" #barakallahuffik

06 Apr
Balas

barakallah. syukron bunda atas ilmu. bahwa kata guru pemelajar lebih baik di sematkan kepada kita yang mengajar sambil belajar. semoga ini menjadi hal yang baik bagi guru guru di indonesia.

12 Aug
Balas

Wah sangat bagus sekali Bun artikelnya, iya sebagai gurupun kita seharunya menjadi guru pembelajar dan pemelajar karena sebelum guru mengajar pasti kita mempelajari pelajaran yg mau di ajarkan, Baarokallah

01 Apr
Balas

Benar sekali Bund. Terima kasih sudah berkunjung dan barakallahu fiik

01 Apr

Subhanallah terimakasih bunda , semakin tahu semakin banyak ilmu ,guru pemelajar hidup akan keasahan ilmu

01 Apr
Balas

Sama sama. Terima kasih dan barakallahu fiik

01 Apr

#subhanallah.. Syukron bunda atas informasinya, salah satu perbedaan kata yang baru saya ketahui. antara arti "Guru pembelajar" dan "Guru Pemelajar". Barrakallahu Fik bunda.

29 Apr
Balas

Subhanallah, terimakasih bunda untuk ilmunya yang menambah wawasan saya lagi. Sejatinya guru memang tugasnya mengajarkan muridnya. Tetapi dengan adanya murid kita jadi tau apa yang kita belum tau. Dari pertanyaan pertanyaan murid kita jadi ingin membuka buku lagi untuk memberi jawaban yang tepat.

15 Apr
Balas

Masyaallah,Penggunaan bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi lisan hanya terdapat sedikit hambatan komunikasi, namun tidak halnya dengan komunikasi tulisan, terutama penggunaan bahasa Indonesia sebagai ilmu pengetahuan.Keragaman makna kosakata bahasa Indonesia menuntut penulis dalam perangkaian kata sehingga mudah dipahami maknanya. Kesalahan dalam merangkai kata menjadi kalimat terjadi akibat kesalahan diksi.

30 May
Balas

subhanalloh bunda, melalui artikel ini bertambah lagi pengetahuan saya ,pembelajar". mempunyai arti orang yang membelanjarkan; pengajar. Sedangkan kata "pemelajar" memiliki arti "orang yang mempelajari; pelajar; siswa".terimakasih bunda

14 Apr
Balas

Terimakasih bubda untuk artikel nya membuat wawasan saya menjadi bertambah bahwasan nya guru pembelajar guru dan anak murid pun sama sama belajar barakallah bunda.

21 Apr
Balas

Alhamdulilah jadi tau perbedaan antara pemelajar dan pembelajar. Keren Bunda...

01 Apr
Balas

Alhamdulillah. Terima kasih sudah berkunjung dan barakallahu fiik

01 Apr

Jadi tambah ilmu. Terima kasih, Bu.

04 Apr
Balas

Terima kasih Bunda , dengan artikel ini saya jadi tahu apa arti dari Guru Pembelajar dan menambah wawasan saya

04 Jun
Balas

Terima kasih Bunda bertambah wawasan saya dengan kata " Guru pembelajar" semoga para guru selalu di beri kemudahan segala urusan mengajar#Barakallah

13 Apr
Balas

Subhanallah, terimakasih bunda atas ilmunya yang menambah wawasan sehingga saya tau perbedaan arti kata pembelajar dengan pemelajar.

02 Aug
Balas

Masyaallah bun saya baru tahu kata pemelajar dengan pembelajar serupa tapi tak sama...masyaallah

15 Apr
Balas



search

New Post