Siti Ropiah

Guru MA Al Ishlah Cikarang Utara Kab Bekasi Jawa Barat Alumni Uin Jakarta, nomor hp 087888623714 ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Guru Pembelajar atau Guru Pemelajar? (Tantangan Hari ke-78)

Guru Pembelajar atau Guru Pemelajar? (Tantangan Hari ke-78)

Guru Pembelajar atau Guru Pemelajar? (Tantangan Hari ke-78)

Oleh: Siti Ropiah

Berawal dari artikel Pak Idris yang dikirim ke WA grup Pelatihan Editor Jabar ke-2. Artikel tersebut berjudul "Menjadi Penulis Pemelajar". Kaget aku dibuatnya. Pasalnya, kata yang sering kudengar itu bukan pemelajar, tapi pembelajar. Loh, ini bagaimana?. Di satu sisi, Pak Idris merupakan penulis hebat. Masa sih salah?. Tanyaku dalam hati dengan rasa tak percaya. Di sisi lain, kata yang selalu terdengar itu kata "pembelajar". Lalu mana yang benar dari dua kata tersebut.

Kejadian di atas, membuatku mencari kebenarannya di KBBI V. Secara gitu, aku sudah punya aplikasinya di HP, hehehe. Kutulis kata "pembelajar". Terlihat jelas kata "pembelajar" mempunyai arti orang yang membelanjarkan; pengajar. Sedangkan kata "pemelajar" memiliki arti "orang yang mempelajari; pelajar; siswa".

Bila mendasarkan pada KBBI tersebut, maka kalimat yang pantas, "Guru Pemelajar". Bermakna walau sudah jadi pengajar, masih tetap belajar. Sebab bila menggunakan kalimat "Guru Pembelajar", memiliki arti guru yang mengajarkan. Kalau seorang guru mengajar, itu memang tugasnya.

Berdasarkan hal tersebut di atas, mari sejak sekarang digunakan kalimat "Guru Pemelajar".

Sejatinya Memahami Suatu Kata Itu Suatu Keniscayaan

Salam Perindu Literasi

#Gurfati Jannati, Cikarang 9 Maret 2020#

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

search

New Post