Siti Ropiah

Guru MA Al Ishlah Cikarang Utara Kab Bekasi Jawa Barat Alumni Uin Jakarta, nomor hp 087888623714 ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Andai Kebutuhan Dasar Terpenuhi, Karantina  Dambaan Masyarakat (Tantangan Hari ke-79)

Andai Kebutuhan Dasar Terpenuhi, Karantina Dambaan Masyarakat (Tantangan Hari ke-79)

Andai Kebutuhan Dasar Terpenuhi, Karantina Merupakan Dambaan Masyarakat (Tantangan Hari ke-79) Oleh: Siti Ropiah

Dilansir dari sosok.id presiden menetapkan Status Pembatasan Sosial Berskala Besar (SPSB).  Langkah ini diambil dalam rangka atasi pandemi Virus Corona di Indonesia. Agar kebijakan di atas dapat berjalan, presiden memberikan kewenangan kepada Polri untuk mengambil langkah hukum bagi yang melanggar.

Langkah kebijakan presiden dengan tetapkan SPSB atau disebut dengan Darurat Sipil, menurut Trubus Rahadiansyah (Analis Kebijakan Publik Trisakti) merupakan kebijakan yang kurang tepat. (Dilansir dari suara.com)

Pendapat di atas diperkuat oleh Chudry. Menurutnya terkait kondisi yang terjadi di Indonesia akibat Covid-19, seharusnya diberlakukan  karantina wilayah. Hal ini memang sudah selayaknya dilakukan. Ungkapan tersebut sebagaimana diungkapkan dalam CN Indonesia.com, 29 Maret 2020. Hal tersebut dilakukan mengingat korban positif Covid-19 sudah lebih dari 1.000 orang. Kondisi seperti itu sudah dapat dikategorikan keadaan darurat. Karenanya karantina wilayah dapat diterapkan sebagai dasar jalankan amanat undang undang kesehatan, yaitu  UU No 6 tahun 2018.

Namun memang tidak serta merta hal itu ditetapkan. Diperlukan PP sebagai langkah lebih lanjut untuk itu. Sebagaimana yang disampaikan Mahfud MD. Menurutnya penutupan dilakukan harus sesuai aturan sebagaimana amanat dalam undang undang tersebut.

Terkait karantina wilayah terdapat dalam pasal 49 (1) UU No. 6 tahun 2018 yang menyatakan bahwa karantina wilayah merupakan salah satu dari empat opsi yang bisa diambil pemerintah bila ingin menerapkan kebijakan karantina dalam menyikapi suatu masalah kesehatan di tengah masyarakat, selain karantina rumah, karantina rumah sakit, atau pembatasan sosial berskala besar.

Dalam penerapan karantina didasarkan pada dua pasal dalam undang undang tersebut, yaitu pasal 2 dan 7. Dalam pasal 2 terdapat sembilan asas yaitu kemanusiaan, manfaat, perlindungan, keadilan, non diskriminatif, kepentingan umum, keterpaduan, kesadaran hukum dan kedaulatan negara.

Pasal 7 menjelaskan tentang setiap orang miliki hak untuk diperlakukan sama, dapat pelayanan kesehatan dan dapat terpenuhi kebutuhan sehari hari selama di karantina.

Terkait karantina yang dilakukan oleh pemerintah yaitu karantina wilayah dapat dilihat pada pasal 55 UU No.6 tahun 2018. Pasal 55 tersebut menyatakan bahwa pemerintah pusat bertanggung jawab terhadap kebutuhan dasar orang dan hewan selama masa karantina. Tentu tugas pemerintah pusat dibantu oleh pemerintah daerah dalam pelaksanannya.

Sebenarnya terkait karantina dengan penuhi kebutuhan dasar merupakan dambaan masyarakat. Sebenarnya masyakarat bukan tidak mau ditetapkan karantina, namun karena harus penuhi kebutuhan sehari-hari, yang membuat sebagian masyarakat tidak dapat penuhi imbauan berdiam di rumah.

Sejatinya Karantina dengan Penuhi Kebutuhan Dasar Masyarakat Merupakan Amanat Undang Undang.

Salam Perindu Literasi #Gurfati Jannati. Cikarang, 1 Maret 2020. Pukul 09.42.WIB

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Pada situasi ini sudah seharusnya negara hadir hingga ke pintu rumah rakyat

02 Apr
Balas

Setuju Bu. Semoga didengar oleh pemegang kekuasaan. Terima kasih telah berkunjung dan barakallahu fiil

02 Apr

Wow..paparan yg kerreenn.. Barakallah bu Dr..sehat sell ya..

02 Apr
Balas

Terima kasih yang tiada henti mengapresiasi. Barakallahu fiiik

02 Apr

Masya Allah....presiden telah menetapkan aturan SPSB. Sebenarnya terkait diadakannya karantina dengan memenuhi kebutuhan dasar merupakan dambaan masyarakat, sebenarnya masyarakat tidak mau dikarantina..Kemungkinan masyarakat mengikuti perintah yang sudah ditetapkan dan oleh undang-undang yang berlaku.Ketika kita harus penuhi kebutuhan sehari-hari, yang membuat sebagian masyarakat tidak dapat penuhi himbauan untuk berdiam di rumah.

11 Aug
Balas

Maasyaallah, ya Bener sekali Bun, masyarakat bukan nya tidak mau ditetapkan karantina, namun mereka juga harus memenuhi kebutuhan nya sehari-hari, yang membuat mereka tidak bisa berdiam diri di rumah. Ada perut yang harus diisi, semoga masa pandemi ini segera berakhir dan perekonomian bisa membaik.

08 Aug
Balas

Betul sekali bun. Kalau boleh nanya bun satu lagi pasal berapa ya soal penerapan karantina itu bunda bilang ada tiga. Masyaallah

02 Apr
Balas

Terima kasih sudah berkunjung dan barakallahu fiik

02 Apr

Subhanallah.. memang sudah saatnya pemerintah harus mengambil keputusan lockdown/karantina wilayah, agar dapat memutus rantai dari virus Covid-19 ini. Dan dapat memenuhi kebutuhan dasar masyarakat. Semoga artikel ini bisa dilihat oleh para pemegang kekuasaan. Sukses terus Bunda dan barakallahu

03 Apr
Balas

Barokalloh fiik bunda..setuju banget tuh bun,ya meskipun warga indonesia tidak di perbolehkan kemana-mana,tetapi kebutuhan dasar terpenuhi..sehingga masyarakat tidak harus mencari kebutuhan dasar dengan cara keluar rumah..jika kebutuhan masyarakat sudah di penuhi oleh pemerintah,maka peran hukum dari pemerintah wajar saja berlaku..

03 Apr
Balas

Jika kebutahan masyarakat terpenuhi terutana masyarakat yang ekonomi rendah mereka akan menaati peraturan untuk tidak pergi kemana mana, untuk berdiam dirumah pun rasa nya seperti sekarat membiarkan anak istrinya kelaparan.barakallah fiik bunda

03 Apr
Balas

Jika kebutahan masyarakat terpenuhi terutana masyarakat yang ekonomi rendah mereka akan menaati peraturan untuk tidak pergi kemana mana, untuk berdiam dirumah pun rasa nya seperti sekarat membiarkan anak istrinya kelaparan.barakallah fiik bunda

03 Apr
Balas

Betul.. Masyarakat saat ini mengeluh macet kegiatan ekonomi, smoga ada jalan keluar# subhanallah

02 Apr
Balas

amin, semoga begitu. Terima kasih dan barakallahu fiik

02 Apr

Karantina memang suatu keberkahan namun jika diimbangi dengan pemberian sembako gratis dari rumah kerumah...masyaallah luarbiasa sekali nikmat dan keberkahannya dibalik virus corona.

06 Apr
Balas

Betul bunda...karantina di rumah sejahtera tanpa bekerja dan kebutuhan dasar terpenuhi itu hal yg di dambakan setiap warga apalgi kondisi pandemik corona skrg. Maasyaa Allah.

02 Apr
Balas

Terima kasih sudah berkunjung dan barakallahu fiiik

02 Apr

Barokallahu bunda .. Aku setuju banget nih sama bunda , Dalam tiga bulan terakhir, pandemi Covid-19 telah berdampak luas terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat, termasuk ketahanan pangan,Meluasnya wabah virus korona di Tanah Air berdampak pada meningkatnya kebutuhan bahan pokok masyarakat..Semoga kita semua selalu diberikan perlindungan dan dijauhkan dari bahayanya virus oleh Allah SWT .. aamiin .. Salam Perindu Literasi!

17 Apr
Balas

Barakallah bunda sangat setuju dengan Lockdown semua aktifitas terhambat sebagai warga memang sangat mengharapkan pemerintah untuk memenuhi kebutuhan selama stay at home .. semoga kedepannya ada kebijakan pemerintah untuk memperbaiki kebutuhan selama lockdown .. terimakasih bunda tetap semangat

03 Apr
Balas

Barakallah bunda sangat setuju dengan Lockdown semua aktifitas terhambat sebagai warga memang sangat mengharapkan pemerintah untuk memenuhi kebutuhan selama stay at home .. semoga kedepannya ada kebijakan pemerintah untuk memperbaiki kebutuhan selama lockdown .. terimakasih bunda tetap semangat

03 Apr
Balas

Barakallah bunda sangat setuju dengan Lockdown semua aktifitas terhambat sebagai warga memang sangat mengharapkan pemerintah untuk memenuhi kebutuhan selama stay at home .. semoga kedepannya ada kebijakan pemerintah untuk memperbaiki kebutuhan selama lockdown .. terimakasih bunda tetap semangat

03 Apr
Balas

Iya Bu..itu yang oenting. Semoga selalu ada solusi.

02 Apr
Balas

Amin ya Rabb. Terima kasih sudah berkunjung dan barakallahu fiiik

02 Apr

Subhanallah bunda Memang benar Bun Ketika pemerintah mengimbau agar masyarakat tetap stay at home (tetap di rumah ) pemerintan harus memenuhi kebutuhan hidup masyarakat yang hanya dapat menghasilkan kan uang dari dagang atau mendapatkan kan uang nya dari perhari nya ketika pemerintah memerintahkan masyarakat nya agar berdiam di rumah maka pemerintah pun harus memenuhi kebutuhan selama di karantina kan Salam sukses bunda

03 Apr
Balas

Mantap bunda, semoga masalah ini cepat berlalu,semoga sukses selalu.

02 Apr
Balas

Amin, semoga cepat berlalu. Terima kasih dan barakallahu fiiik

02 Apr

Alhamdulillah, kami disini bukan tidak taat, jika kami mengikuti aturan pemerintah untuk karantina dan tidak pergi kemanapun kami tidak akan bisa makan untuk kelangsungan hidup karena kami tidak bisa memenuhi kebutuhan pokok, tidak hanya itu, ada beberapa orang yg tidak memakai masker bukan karena tidak mau memakainya karena melihat harga masker yg lumayan mahal bagi kami rakyat biasa, bukan tidak mampu memnelinya tapi ada yg lebih penting selain dari membeli masker, uang yg pas untuk kehidupan sehari-hari, lamo berdiam diri di rumah dan tidak keluar sedang pemerintah tidak memberi bantua, maka kami bisa mati bukan karena korona tapi karena kelaparan oleh sebab karantina... Terima kasih barakallah

03 Apr
Balas

Alhamdulillah ... Pemaparan yang sangat luar biasa bu, semoga saja negara dapat berada didepan pintu ketika keadaan seperti ini. Semoga saja cepat berlalu dan membaik Indonesia, Aamiinn. Syukron bil katsir bu, barakallah fiik....

03 Apr
Balas

Alhamdulillah, mungkin jika kebutuhan masyarakat terpenuhi terutama masyarakat yg ekonomi rendah.mereka akan menaati peraturan untuk tidak pergi ke mana mana , otomatis yg mempunyai tanggung jawab terhadap keluarga nya akan kelaparan.dan juga bukan kami tidak taat dan tidak mengitu peraturan pemerintah untuk karantina dan pergi kemanapun kami tidak akan bisa makan untuk kelangsungan hidup, karena kami tidak bisa memenuhi kebutuhan ekonomi..... Syukron Barakkallah.

03 Apr
Balas

Alhamdulilah saya sudah membaya atrtike Masyallah bunda benar bun karantina di rumah sejahtera tanpa berkerja jika semua kebutuhan masyarakan di penuhi di bantu ,karena itu semua yg di nanti kan masyarakaat saat ini ,semiga pemerinta bisa bijak dalam mengabil keputusan .. Barakallah bunda

03 Apr
Balas

Alhamdulillah bunda saya sudah membaca artikel bunda ,semoga apa yg di telah di adakan oleh pihak negara bisa membantu masyarakat Sebenarnya terkait karantina dengan penuhi kebutuhan dasar merupakan dambaan masyarakat. Sebenarnya masyakarat bukan tidak mau ditetapkan karantina, namun karena harus penuhi kebutuhan sehari-hari, yang membuat sebagian masyarakat tidak dapat penuhi imbauan berdiam di rumah.semoga dgn ada nya ini bisa membantu masyarakat dan soga musibah ini cepat membaik barakallah bunda

19 Apr
Balas

Alhamdulillah bunda saya sudah membaca artikel bunda ,semoga apa yg di telah di adakan oleh pihak negara bisa membantu masyarakat Sebenarnya terkait karantina dengan penuhi kebutuhan dasar merupakan dambaan masyarakat. Sebenarnya masyakarat bukan tidak mau ditetapkan karantina, namun karena harus penuhi kebutuhan sehari-hari, yang membuat sebagian masyarakat tidak dapat penuhi imbauan berdiam di rumah.semoga dgn ada nya ini bisa membantu masyarakat dan soga musibah ini cepat membaik barakallah bunda

19 Apr
Balas

Alhamdulillah bunda saya sudah membaca artikel bunda ,semoga apa yg di telah di adakan oleh pihak negara bisa membantu masyarakat Sebenarnya terkait karantina dengan penuhi kebutuhan dasar merupakan dambaan masyarakat. Sebenarnya masyakarat bukan tidak mau ditetapkan karantina, namun karena harus penuhi kebutuhan sehari-hari, yang membuat sebagian masyarakat tidak dapat penuhi imbauan berdiam di rumah.semoga dgn ada nya ini bisa membantu masyarakat dan soga musibah ini cepat membaik barakallah bunda

19 Apr
Balas

Alhamdulillah, seandainya saja pemerintah dapat memberikan imbalan atas peraturan yang dibuat seperti menetapkan lock down dan memberikan imbalan berupa kebutuhan pokok para masyarakat yang memang harus bekerja setiap hari untuk kebutuhan pangan nya, jika tidak bekerja ia tidak mendapatkan uang atau materi untuk menyambung hidup. Jika pemerintah dapat memenuhi kebutuhan masyarakat selama lock down saya rasa masyarakat akan mematuhi peraturan selama lockdown.

03 Apr
Balas

Alhamdulillah, benar bun pemerintah menghimbau untuk tetap d rumah, masyarakat bukan tidak mau menetap d karantina sedangkan kebutuhan pokok sehari hari harus di penuhi masyarakat. Semoga pemerintah jgn hanya perintah tpi harus ada solusi dan bukti.

03 Apr
Balas

Alhamdulillah,memang benar apabila kebutuhan dasar masyarakat terpenuhi menjadi dambaan bagi masyarakat, dan masyarakat juga pasti akan menjalani jika pemerintah dapat menjamin kebutuhan dasar masyarakat sehari hari,dan pada saat ini tak jarang orang banyak yang melakukan aktivitas atau berkerja semestinya karena untuk menghidupi keluarga nya di rmh.

03 Apr
Balas

Alhamdulillah... Betul bun, saat ini Indonesia sedang dilanda virus covid-19 yang membuat warga resah dan ketakutan. Dengan itu pemerintah menetapkan peraturan kepada warga untuk diam di rumah, tetapi pemerintah tidak memenuhi kebutuhan sehari -harinya. Banyak masyarakat yeng kebingungan untuk memenuhi kebutuhannya, terrutama untuk orang yang kerjanya hanya berdagang, dia kesulitan mendapatkan pelanggang, semua harga bahan-bahannya naik, swdangka dia hanya mengandalkan hasil ia berdagang saja. Semoga Indonesia cepat membaik dan aman dari virus covid -19.

04 Apr
Balas

Subhanallah... dijelaskan secara merinci, betul bunda memang harusnya ada karantina wilayah untuk meminimalisir dampak terjadi nya Covid-19 karena hitungan bulan Maret kemarin orang yang sudah terinfeksi virus Corona sudah mencapai 1000+ orang oleh karena itu banyak sekali aktivitas yang diliburkan mulai dari sekolah hingga perusahaan untuk melakukan aktivitas nya dirumah.. dan untuk meminimalkan dampak yang terjadi karena Corona Alhamdulillah pemerintah bisa memenuhi kebutuhan mendasar dari masyarakat yang harga nya kalau diluaran sana bisa 2X lipat .

03 Apr
Balas

Alhamdulillah ..Memang dengan adanya Covid 19 ini pemerintah harus bisa mengambil kebijakan dengan tegas, tetapi bukan hanya pemerintah namun kita juga sebgai Masyarakat harusnya bisa mentaati atau menjalankan kebijakan yg sudah pemerintah buat, dan pemerintah pun bisa menjamin segala kebutuhan kita dengan kebijakan yg sudah dibuatnya, Sejatinya karantina dgn memenuhi kebutuhan dasar masyarakat adalah amanat undang-undang, smoga covid19 pun cepat berlalu dan kita semua bisa beraktivitas sperti biasanya.. Sehat terus bunda, Barokallah..

03 Apr
Balas

#Subahanallah ,Artikel yg benar mengulas tuntas sebagian isi dari hati pemerintah ,Apalagi dengan adanya wabah yg sedang melanda dunia , terkhusus di negeri kita sendiri ,Semoga masyarakatpun bisa menghimbau apa sja peraturan yg d berikan pemerintah dan berharap pemerintah bisa memenuhi kebutuhan bagi masyarakat terpencil ,

03 Apr
Balas

Masyakarat mempunyai kebutuhan nya masing2. Karena masih mempunyai keluarga yg membutuhkan bahan pangan dan ekonomi keseharian nya. Dengan semakin meningkat nya para korban Covid-19 Maka karantina wilayah harus dilakukan. Namun, dengan syarat pemerintah harus bisa menjamin ketersedian bahan pokok bagi masyarakat di wilayah tersebut. Pemerintah harus meyakinkan terlebih dahulu ketersediaan pasokan dan distribusi bahan pangan. Pemerintah juga harus memastikan semua penduduk yang dikarantina bisa mendapatkan semua kebutuhan pokok mereka. #Subhanallah

03 Apr
Balas

Semoga keputusan yang di ambil adalah keputusan yang tepat. Kita juga perlu tau bahwa tak semudah itu jika mengkarantina/lockdown nasional di terapkan. Semoga wabah ini cepat berlalu dan kita dapat beraktivitas spt sediakala. Barakallah bun

06 Apr
Balas

Barakallah, semoga para petinggi negara mendapatkan solusi yang terbaik dalam situasi seperti ini, karena bila salah ambil langkah atau keputusan maka akan berdampak besar untuk negara , baik kesehatan, ekonomi, bahkan situasi seperti ini bisa merenggut nyawa. Terimakasih bu penjelasan yang sangat rincinya. #BARAKALLAH.

03 Apr
Balas

Barakallah, semoga para petinggi negara mendapatkan solusi yang terbaik dalam situasi seperti ini, karena bila salah ambil langkah atau keputusan maka akan berdampak besar untuk negara , baik kesehatan, ekonomi, bahkan situasi seperti ini bisa merenggut nyawa. Terimakasih bu penjelasan yang sangat rincinya. #BARAKALLAH.

03 Apr
Balas

Setuju bun, meskipun tidak di perbolehkan kemana-mana, tetapi kebutuhan dasar tetap dan wajib terpenuhi.. Masyarakat pun ingin menaati setiap peraturan pemerintah, namun disisi lain sebagai masyarakat bawah mereka memiliki kewajiban untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan bekerja. Jika kebutuhan masyarakat sudah di penuhi oleh pemerintah, maka peran hukum dari pemerintah wajar saja jika di berlakukan berlaku. #Barakallah

03 Apr
Balas

sudah saat nya pemerintah harus mengambil cepat ke putusan, biar wabah Virus Covid 19 segera musnah#Barakallah

06 Apr
Balas

Betul bun, spertinya karantina wilayah memang jalan terbaik untuk memutus rantai penyebaran Covid19 ini, tpi ya mungkin pemerintah belum siap jika harus menanggung seluruh kebutuhan masyarakat. Tpi apapun itu langkah yang diambil pemerintah semoga dapat berjalan dengan baik memutus rantai penyebarannya.. Barakallah bun..

06 Apr
Balas

Mungkin bisa di berlakukan dengan cara karantina untuk kalangan atas, jika di terapkan untuk kalangan bawah yang mendapat kan penghasilan hanya cukup makan sehari hari tidak bisa dengan cara karantina. Terlebih lagi pemerintah blm bisa memberikan kebutuhan pokok sepenuhnya untuk penduduk Indonesia . Semoga ada solusi yang lebih baik dan kita berdoa semoga virus covid 19 hilang di muka bumi ini aamiin . Barakallah

05 May
Balas

Benar sekali bunda, ditengah kondisi seperti ini pemerintah harus memenuhi kebutuhan pokok masyarakat. Karena, jika kebutuhan masyarakat terpenuhi terutama masyarakat yang ekonominya rendah, mereka akan menaati peraturan yang berlaku, yaitu lock down atau sosial distancing. Semoga semua masalah ini cepat berlalu Aamiin. Barakallah

05 Apr
Balas

Benar sekali bun banyak sekali seseorang yg keluar hanya untuk mencari nafkah untuk kebutuhan sehari-hari dan juga untuk keluarga nya , semestinya pemerintah membantu perekonomian masyarakat , semoga kedepan nya pemerintah bisa memenuhi kebutuhan masyarakat agar masyarakat pun tetap di dalam rumah dan patuh terhadap kebijakan pemerintah... Barakallah... Bun

03 Apr
Balas

Betul sekali bun. Memang lebih baik mengkarantina wilayah krna lebih ampuh dalam hal pencegahan penyebaran covid-19. Mengenai kebutuhan masyarakat selama masa karantina, juga sangat penting agar masyarakat tidak perlu terpaksa bekerja di luar rumah selama masa karantina. Karna sampai saat ini pun bantuan dari pemerintah tidak merata atau bisa di bilang tidak semua masyarakat mendapatkan bantuan dari pemerintah. #Barakallah

22 Apr
Balas

betul sekali bun,semua masyarakat pasti ingin mematuhi kebijakan pemerintah yaitu karantina apa lagi dalam kondisi seperti ini,akan tetapi masyarakat juga perlu memenuhi kebutuhan untuk sehari" jika pemerintah mampu memenuhi kebutuhan masyarakat pasti masyarakat mampu untuk stay at home.Barakallah

03 Apr
Balas

Sebenarnya masyarakat sangat ingin mematuhi peraturan pemerintah, terkait karantina atau lockdown, akan tetapi masyarakat tetap harus memenuhi kebutuhan pokok nya sehari-hari, jika berdiam diri dirumah tapi kebutuhan dasar tidak terpenuhi, maka karantina dan lokcdown tidak bisa diterapkan, betul sekali bunda bahwasan nya jika pemerintah memenuhi kebutuhan dasar masyarakat apalagi masyarakat ekonomi rendah, maka peraturan tersebut tidak akan menjadi masalah..#Barakallah..

11 Apr
Balas

Barakallah bunda, memang pandemik ini mempengaruhi segala aspek termasuk ekonomi, apalagi ditambah dengan diterapkannya sistem SPSB ini, sungguh bagi sebagian orang ini merupakan keputusan yang memberatkan mereka karenanya mereka tidak dapat mencari nafkah. Sudah seharusnya pemerintah apabila menetapkan keputusan ini harus diikuti dengan memberikan bantuan untuk kebutuhan sehari-hari mereka. Barakallah bunda

06 Apr
Balas

Barakallah bunda.. dengan situasi seperti ini kebijakan stay at home memang sangat bagus untuk mencegah pencemaran virus covid 19 tetapi sangat menyulitkan apalagi bagi masyarakat sederhana yang berdagang dengan keadaan seperti ini mereka kebingungan dengan penghasilan yang menurun dan kebutuhan hidup yang semakin naik dan harus mencukupi.. seharusnya ketika mengeluarkan kebijakan seperti ini pemerintah memikirkan nasib rakyat nya bagaimana dan harus mencukupi kebutuhan masyarakat selama lockdown atau stay at home..

06 Apr
Balas

Memang kebijakan pemerintah memenuhi kebutuhan rakyatnya memang harus dilakukan biar mereka jg menaati apa yg di perintahkan pemerintah untuk tetap di rumah saja, dan saat ini masih banyak orang yg keluar rumah karena mereka mengandalkan pekerjaan mereka seperti yg berdagang, kalau mereka tidak berdagang Sama aja mereka tidak makan,, barokallah

03 Apr
Balas

Betul sekali bunda... Klw saja kebutuhan dasar di tanggung oleh pemerintah... Mungkin karantina berjalan lancar... Namun bagi kami yang harus memenuhi kebutuhan dasar sungguh berat kalau harus karantina.... barakallahu fiik bunda

03 Apr
Balas

Barakallah bun.. Kita sebagai masyarakat pejuang memutus rantai covid 19 tentu mendambakan karantina dengan dipenuhi kebutuhannya. Memang masyakarat bukan tidak mau ditetapkan karantina, kebutuhan sehari-hari pun menjadi hal penting , yang jika #dirumahsaja membuat sebagian masyarakat tidak dapat terpenuhi kebutuhannya. Semoga hal ini segera berakhir dan kita dapat kembali seperti sedia kala aamiin...

06 Apr
Balas

Penjabaran yang begitu terperinci, jelas sekali Bun. Kita sebagai masyarakat cuma bisa berharap kebijakan terbaik dari pemerintah demi meminimalisir orang yang terjangkit covid-19. AamiinBarakallah bunda

03 Apr
Balas

Dalam karantina wilayah pemerintah harus menanggung pangan masyarakat diwilayah tersebut agar tetap memenuhi kesehatan masyarakat barakallah

16 Apr
Balas

Andai kebutuhan dasar terpenuhi karantina merupakan dambaan masyarakat, karena terkait wabah corona yang sedang melanda, pemerintah menerapkan sistem karantina, sejatinya karantina dengan penuhi kebutuhan dasar masyarakat merupakan amanat undang - undang, barokallah.

03 Apr
Balas

Barakallah bunda.. setiap bunda menuliskan artikel, selalu dikaitkan dengan sumber. Bukan sekedar fiktif belaka, akan tetapi fakta yang ada. Dalam hal ini bunda mewakilkan untuk menyuarakan apa yang dirasakan sebagian besar orang yang belum taat dengan peraturan pemerintah terkait karantina wilayah dengan sebab utama jika taat dengan peraturan pemerintah tersebut, maka kebutuhan hidup keluarga tidak terpenuhi. Semoga hal ini bisa dipertimbangkan oleh pemerintah.

03 Apr
Balas

pemerintah dapat memberikan imbalan atas peraturan yang dibuat seperti menetapkan lockdown dan memberikan imbalan berupa kebutuhan pokok....semoga kedepannya ada kebijakan pemerintah untuk memperbaiki kebutuhan selama lockdown....Barakallah bunda

07 Apr
Balas

barakallah. benar sekali bunda. jika saja pemerintah memberikan kebutuhan bagi masyarakat setiap bulan. pasti masyarakat lebih nyaman di rumah tanpa harus memikir kekurangan bahan pangan karena kerjaan berkurang. semoga kita selalu dalam lindungan allah.

12 Aug
Balas

Baarokallah Bun, kebanyakan masyarakat mematuhi peraturan pemerintah, pengennya kita sebagai para pekerja pabrik atau para pekerja negara, dll, kebanyakan masyarakat ingin tetap stay at home tetapi kenyataannya kita masih tetap kerja karna masih mempunyai tanggung jawab terhadap negara atau untuk kebutuhan perekonomian keluarga untuk biaya sehari hari kita untuk makan dan sebagainya, maka dari itu jika pemerintah ingin melockdown masyarakat maka ikuti peraturan undang-undang yang ada agar masyarakat selamat, tentram dan damai.

06 Apr
Balas

Baarokallah Bun, kebanyakan masyarakat mematuhi peraturan pemerintah, pengennya kita sebagai para pekerja pabrik atau para pekerja negara, dll, kebanyakan masyarakat ingin tetap stay at home tetapi kenyataannya kita masih tetap kerja karna masih mempunyai tanggung jawab terhadap negara atau untuk kebutuhan perekonomian keluarga untuk biaya sehari hari kita untuk makan dan sebagainya, maka dari itu jika pemerintah ingin melockdown masyarakat maka ikuti peraturan undang-undang yang ada agar masyarakat selamat, tentram dan damai.

06 Apr
Balas

Setuju bun.. Jika pemerintah memberi keputusan masyarakat untuk lockdwon, maka kebutuhan masyarakat harusnya di penuhi. Mengingat larangan untuk tidak keluar rumah bagaimana cara memenuhi kebutuhan rumah tangga. Dengan tidak adanya penghasilan tetap, khususnya para jasa freelent. Terimakash bunda atas artikelnya. Tetap semangat #barakallah

07 Apr
Balas

Barakallah bunda, memang sepatutnya pemerintah tidak hanya memberikan himbauan untuk lockdown tetapi juga progres kedepannya untuk masyarakat, sehingga kebutuhan selama #Di Rumah aja terpenuhi.

05 Apr
Balas

Alhamdulillah, benar bun dikondisi seperti ini pemerintah harus memenuhi kebutuhan pokok masyarakat. Jika kebutuhan tercukupi mungkin karantina wilayah ttp dipatuhi oleh masyarakat. Terimakasih bun , ditunggu artikel selanjutnya

06 Apr
Balas

Alhamdulillah.. terkait masalah virus covid 19 ini yg sedang melanda di Indonesia ini telah membuat masyarakat resah ditambah virus covid19 ini sangat mudah sekali menyebar atau menular dari manusia ke manusia lainnya, maka pemerintah buat keputusan untuk stay at home atau physical distancing atau karantina dimana untuk memutuskan mata rantai virus covid19 ini, namun kebanyakan masyarakat masih ada yg kurang mematuhi stay at home tapi beberapa masyarakat juga ada yg mematuhi nya. Sampai pemerintah membuat pasal Terkait karantina yang dilakukan oleh pemerintah yaitu karantina wilayah dapat dilihat pada pasal 55 UU No.6 tahun 2018. Pasal 55 tersebut menyatakan bahwa pemerintah pusat bertanggung jawab terhadap kebutuhan dasar orang dan hewan selama masa karantina, yang telah bunda jelaskan dalam artikel bunda. Sebenarnya masyakarat bukan tidak mau ditetapkan karantina, namun karena harus penuhi kebutuhan sehari-hari, yang membuat sebagian masyarakat tidak dapat penuhi imbauan tersebut.

03 Apr
Balas

Alhamdulillah... Betul sekali mungkin karantina bagi masyarakat yang

07 Apr
Balas

Alhamdulillah... Karantina mungkin memang efektif untuk mengatasi pandemi covid-19 ini, tetapi bagi masyarakat kecil atau pedagang kecil ini sangat merugikan apalagi saat ini di daerah saya belum ada bantuan dari pemerintah pusat maupun daerah yang sampai kepada masyarakatnya, bagi rakyat kecil, pedagang kecil, tukang ojek dan sebagainya harus tetap keluar rumah untuk mencari makan dan nafkah untuk keluarganya, karena mungkin mereka tidak punya tabungan yang besar untuk beberapa hari kedepan, maka dari itu di harapkan untuk segera memberikan subsidi bagi yang kurang mampu, dan semoga pemerintah yang di amanah kan jujur, agar kita sama bisa karantina di rumah, dan semoga kedepannya Indonesia bahkan dunia lebih baik lagi, dan wabah/virus ini dapat hilang dengan segera, tetap selalu jaga kesehatan. Ditunggu artikel selanjutnya bunda

07 Apr
Balas

SUBAHANALLAH andai kebutuhan dasar terpenuhi karantina merupakan dambaan masyarakat Sebenarnya masyarakat bukan mau dikarantina namun kebutuhan harus dipenuhi agar dapat tdk keteteran selama berdiam dirumah. Dan adannya mnyikapi karantina ini pemerintah seharusnya banyak menerapkan kebijakan. Trimakasih bunda artikelnya brmanfaat sekali

03 Apr
Balas

allhamdulillah bunda,,,sya sangat tidak setuju dengan lockdown(karantina dengan berdian diri di rumah),,ya mungkin untuk mereka yg kaya dan bnyak harta lockdown bkan lah suatu permasalahan besar,namun untuk kami rakyat miskin lockdown adalah permasalahan yg sangat besar,,tak ada pilihan untuk kami si miskin,"keluar rumah kami mati,di rumah kami akan mati pula"namun berbeda cara di luar qta mungkin akan mati karena terpapar virus corona,dan di rmah sudah pasti qta akan mati karena kelaparan,,,andai perintah bsa lbih bijak lgi dalam mengambil keputusan maka si miskin tidak akan menjerit kelparan,,,

06 Apr
Balas

Subhanallah,,,benar bunda sejati nya karantina adalah dambaan masyarakat apabila segala kebutuhan dasarnya di penuhi oleh pemerintah dan menjamin segala kebutuhan pangannya. Hanya saja terkadang tidak sesuai dengan yang tertera pada peraturan UU dan tidak sampe kepada masyarakat bantuan nya. Sehingga banyak masyarakat yang masih kekurangan kebutuhan sehari-hari dalam segi pangannya. Dan memaksakan diri untuk tetap bekerja demi memenuhi kebutuhan hidupnya. Dalam memenuhi peraturan pemerintah agar masyarakat patuh dan mengikuti aturan tersebut semoga pemerintah dapat melihat dan mengetahui keadaan kebutuhan masyarakat nya dan memberikan kesejahteraan guna dalam kebutuhan sehari-hari. Dan semoga covid-19 segera berlalu dan menghilang agar kita bisa melakukan aktifitas sepertinya biasanya.

03 Apr
Balas

Alhamdulillah.. mungkin benar jika kebutuhan dasar masyarakat terpenuhi, masyarakat pun akan taat pada peraturan pemerintah. Mereka yang tetap keluar rumah pun bukan untuk main" tetapi melainkan mereka keluar untuk mencari nafkah.

11 Apr
Balas

Subhanallah, bun ketika aktifitas terhambat dan perekonomian mmenurun, warga membutuhkan akan akan bantuan dari pemerintah untuk membantu perekonomian mereka.semoga pemerintah bisa memenuhi kebutuhan bagi masyarakat.#Barakallah

05 Apr
Balas

Subhanallah semoga undang undang nya di tetapkan , semoga tanggung jawab pemerintah atas kebijakan yang di keluarkan dapat di laksanakan dengan semaksimal mungkin , orang tua yang bekerja di luar kota pikir balik untuk pulang ke rumah karena di tetapkan orang dalam pantauan saat di perjalanan nya oleh petugas karena masuk zona merah di karantina 14 hari , kalau bekerja lagi ke luar kota odp lagi karantina lagi, semoga pemerintah bisa menetapkan untuk memenuhi kebutuhan dasar yang di karantina , supaya penyebaran virus bisa di minimalisir .

03 Apr
Balas

Alhamdulillah .. Betul bunda dengan diadakannya stay home ini pemerintah harus memenuhi kebutuhan pokok masyarakat karena selama dikarantina kepala keluarga tidak bisa memenuhi kebutuhan keluarganya

06 Apr
Balas

MasyaAllah.. Seharusnya memang sudah berlakunya Karantina wilayah, mengingat korban yang terkena sehari bisa mencapai 100 orang bahkan lebih. Dan itu terus meningkat, entah kenapa pemerintah pusat belum juga mengeluarkan kebijakan karantina wilayah. Apa karena dana nya sangat besar sehingga tidak mampu menutupi kebutuhan rakyatnya? Entah sampai kapan harus seperti ini, semoga Allah angkat virus Corona ini sebelum datangnya bulan suci ramadhan.

03 Apr
Balas

Masyallah memang benar sekali bun dalam kondisi seperti ini masyarakat sangat membutuhkan adanya bantuan pangan untuk sehari hari agar dapat menuruti peraturan dari pemerintah. supaya terwujudya pemutusan penyebaran covid 19. Namun sejati nya sampai saat ini bantuan yang di bicarakan pemerintah belum sampai juga kepada masyarakat yang membutuhkan.semoga 18 hari kedepan menuju ramadhan wabah covid 19 ini cepat berakhir AMIIN

06 Apr
Balas

MasyaAllah.. Sudah seharus nya pemerintah mengambil keputusan untuk karantina walaupun telat! Akan tetapi pemerintah harus tetap menjunjung keadilan dan memastikan masyarakat mendapatkan keringanan berupa sembako khusus nya masyarakat menengah kebawah.

06 May
Balas

MasyaAllah, memang betul bu jika pemerintah mengintruksikan kepada masyarakat bahwa harus megkarantina diri masing-masing, pemerintah harus siap juga menyediakan kebutuhan pokok masyarakat yang sedang karantina, jika tidak menyediakan bagaimana masyarakat bisa menjalankan kehidupannya?. Barakallah bu

07 Apr
Balas

Subbanallah, indonesia melawan corona. Allah itu lagi menuji umatnya, apakah kita ingat kepada allah? Dengan cara allah datangkan virus corona mengingatkan kepada allah, semoga virus corona berlalu dan kita dilindungan kepada allah swt.

06 Apr
Balas

MasyaaAllah.. pemaparan yang sangat luar biasa, terkait adanya karantina ini bukannya masyarakat ingin melanggar aturan pemerintah, sedangkan masyarakat juga harus memenuhi kebutuhannya sehari-hari. Semoga masalah ini cepat berlalu dan segera membaik.

05 Apr
Balas

Masyaallah..kebanyakan masyarakat selalu mematuhi peraturan pemerintaan dan ada banyak jgx yng melanggar aturan .. v bukan berarti masyakarat tidak mau ditetapkan karantina, namun karena harus penuhi kebutuhan sehari-hari, yang membuat sebagian masyarakat tidak dapat penuhi imbauan berdiam di rumah. . Semoga masa masa sepertiini cepet berlalu... Di tunggu artikel selanjut'ea. . Sukses teruz bunda

03 Apr
Balas

subhanallah....betul bunda memang kondisi saat ini indonesia mengalami banyak yg kemacetan di bidang kegiatan ekonomi...mudah-mudahan secepatnya kondisi macetnya perekonomian indonesia karena wabah covid-19 cepat selesai...aamiin#subhanallah

03 Apr
Balas

Subhanallah,, benar sekali bunda, masyarakat akan mengikuti himbauan jika selama masa karantina pemerintah memenuhi kebutuhan masyarakat sesuai dengan Undang-Undang. Benar juga bunda, pada saat ini banyak masyarakat yang tidak menghiraukan himbauan pemerintah agar dirumah saja, karena faktor kebutuhan itulah masyarakat masih keluar rumah untuk mencari kebutuhan untuk keluarga..Semoga kali ini pemerintah Benar-benar adil dalam memberikan bantuan secara merata untuk masyarakat sesuai dengan Undang-undang tersebut. Agar dalam karantina kebutuhan tetap tercukupi.Barakallah fikum bunda .

03 Apr
Balas

subhanallah....... benar sekali,,,, ketika pemerintah mengeluarkan kebijakan bahwa masyarakat harus berdiam di rumah (stay at home) demi kesehatan bersama, demi memutus rantai pandemi penyebaran virus corona. bagaimana dengan masyarakat kecil yang untuk kehidupan sehari-hari mengandalkan hasil dagang, dan mereka di tuntut untuk tetap stay at home? ya gak memungkinkan sekali, masyarakat di tuntut untuk mematuhi aturan pemerintah, tapi pemerintah juga seharusnya memberikan kebutuhan bagi masyarakatnya juga selama karantina wilayah di berlakukan. semoga saja pemerintah bisa memenuhi kebutuhan rakyatnya...

03 Apr
Balas

Subhanallah, memang bnr karantina di rumah tanpa bekerja dan beraktivitas di luar berdasarkan himbauan pemerintah yg harus di patuhi sangat di inginkan oleh masyarakat jika kebutuhan semua ny terpenuhi tanpa harus bekerja semoga pemerintah bisa bijak dlm mngmbil keputusan

03 Apr
Balas

Subhanallah, memang bnr karantina di rumah tanpa bekerja dan beraktivitas di luar berdasarkan himbauan pemerintah yg harus di patuhi sangat di inginkan oleh masyarakat jika kebutuhan semua ny terpenuhi tanpa harus bekerja semoga pemerintah bisa bijak dlm mngmbil keputusan

03 Apr
Balas

Subahnallah.. masyakarat bukan tidak mau ditetapkan karantina, namun karena harus penuhi kebutuhan sehari hari, yang membuat sebagian masyarakat tidak bisa stay dirumah karna harus memenuhi kebutuhannya dasar diluar. dan betul kata bunda, karantina dengan penuhi dasar masyarakat merupakan amanat undang undang. dan setiap orang miliki hak untuk diperlakukan sama, dapat pelayanan kesehatan dan juga terpenuhinya kebutuhan sehari hari selama di karantina itu.. #SUBHANALLAH

03 Apr
Balas

Masyaallah, betul bu aku setuju, artikel yang ibu tulis ini sea

03 Apr
Balas

Masyaallah, betul bu aku setuju, artikel yang ibu tulis ini salah satu bentuk suara dari masyarakat yang memang sebenarnya tidak ingin melanggar aturan pemerintah namun mereka juga harus memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari, sudah selayaknya pemerintah juga memberikan bantuan ke rumah masyarakat.

03 Apr
Balas

Benar bunda. Karantina untuk saat ini memang d perluka n masyarakat indonesia. Mengenai covid 19. Yang sulit di bendung. Maka dr itu kita perlu karantina.Demi mmbasmi covid. Namun pemerintah spertinya sungkan. Untuk mengatasi hal ini.Semoga cepat berlalu. Wabah ini. Aminn

03 Apr
Balas

Masya Allah... Benar sekali bun dengan adanya lockdown mungkin bisa mengurangi yang terkena virus covid-19, tapi lockdown juga menghambat kegiatan

03 Apr
Balas

Masya Allah... Benar sekali bun memang harus ada lockdown supaya masyarakat tetap stay at home, karena virus covid-19 ini cepat menyebar nya dengan adanya lockdown bisa mengurangi orang yg terkena virus ini. Tapi seharusnya pemerintah memberikan kebutuhan yang cukup agar sehari hari tercukupi dan tidak ada yang keluar rumah.Semoga virus covid-19 secepatnya hilang dan tidak banyak lagi yang terkena virus covid-19

03 Apr

Subhanallah.. benar sekali bun, jika dasar kebutuhan pokok masyarakat tercukupi mungkin mereka akan menurut tidak akan keluar rumah sesuai yang perintahkan oleh bapak presiden dan pemerintah. Tapi jika kebutuhan pokok saja mereka kekurangan bagimana mereka mau berdiam diri seperti itu. Dan memenuhi kebutuhan pokok masyarakat juga termasuk Amanat dalam Undang Undang yang tertera kan yang sudah bunda jelaskan di atas.#Subhanallah

04 Apr
Balas

Subhanallah.. benar sekali bun, jika dasar kebutuhan pokok masyarakat tercukupi mungkin mereka akan menurut tidak akan keluar rumah sesuai yang diperintahkan oleh bapak presiden atau pemerintah. Tapi jika kebutuhan pokok saja mereka kekurangan bagimana mereka mau berdiam diri seperti itu. Dan memenuhi kebutuhan pokok masyarakat juga termasuk Amanat dalam Undang Undang yang tertera kan yang sudah bunda jelaskan di atas.#Subhanallah

04 Apr
Balas

Iya benar bu , jika pemerintah memerintahkan diam di rumah maka seharusnya pemerintah memberikan kebutuhan yg cukup agar kebutuhan sehari-hari tercukupi dan tidak keluar rumah .. semoga pemerintah menemukan jalan yang terbaik terkait masalah ini #subhanallah

03 Apr
Balas

Subhanallah....Memang betul sekali bunda karantina adalah dambaan masyarakat jika semua kebutuhan dasar rakyat terpenuhi namun yang terjadi saat ini yaitu jika masyarakat mengikuti himbauan yg di tetapkan oleh pemerintah banyak yang tidak bisa terpenuhi kebutuhan sehari-hari nya jika tidak bekerja atau keluar rumah semoga saja pemerintah bisa bijak dalam mengatasi masalah ini...

03 Apr
Balas

Subhanallah, bner sekali Bu harusnya pemerintah menerapkan kebijakan yg terdapat di UU pasal 55 No. 6 tahun 2018 karna sejatinya masyarakat mendambakan bantuan logistik jika memang arahan pemerintah itu diterapkan. #subhanallah

03 Apr
Balas

Subhanallah ,melihat keadaan masyarakat indonesia yg sekarang ini akibat covid 19 membuat hati miris ,memang betul ketika pemerintah menetapkan ketentuan tersebut harus melihat kondisi masyarakat yg mungkin ekonomi nya terganggu akibat covid 19 ,karna ketika karantina sudah ditetapkan masyarakat juga membutuhkan kebutuhan logistik yg cukup. Baarakallah bun.

13 Apr
Balas

Subhanallah .. unuk peraturan yang di lakukan pemerintah itu memang benar dan sangat penting apa lagi di tengah wabah virus Corona atau covid 19 . Daruratnya di tengah wabah ini pemerintah menghimbau agar masyarakat (stay at home) diam di rumah namun tidak dengan memberikan bantuan untuk di pakai kebutuhan sehari hari.semoga lekas membaik

05 Apr
Balas

Subhanallah .. unuk peraturan yang di lakukan pemerintah itu memang benar dan sangat penting apa lagi di tengah wabah virus Corona atau covid 19 . Daruratnya di tengah wabah ini pemerintah menghimbau agar masyarakat (stay at home) diam di rumah namun tidak dengan memberikan bantuan untuk di pakai kebutuhan sehari hari.semoga lekas membaik

05 Apr
Balas

Setuju banget Bu meskipun warga Indonesia tidak di perbolehkan kemana mana tetapi kebutuhan dasar terpenuhi sehingga masyarakat tidak harus keluar rumah terutama masyarakat yang ekonomi nya rendah# subhanallah

03 Apr
Balas

Subhanallah bun,, betul sekali bunda sehingga masyarakat tidak harus mencari kebutuhan dengan cara keluar rumah,apa lagi bagi buruh harian yang pendapatannya berkerja dengan upah harian, jika berdiam di rumh apa bisa memenuhi kebutuhan hidup, pemerintah juga harus memperhatikan dan memenuhi kebutuhan hidup masyarakat yang hanya pendapatannya harian. Semoga engga hanya wacana saja tapi kerjanya nyata jga.

03 Apr
Balas

Subhanalloh benar sekali bu bahwa karantina ituh dambaan masyarakat,

03 Apr
Balas

Subhanalloh benar sekali apah yang bunda tuliskan di artikel bahwa karantina ituh dambaan masyarakat, dan semoga kesulitan" yang ada pada masyarakat bisa segera di bantu oleh pemerintah..... agar masyarakat tidak lagih kesusahan....

03 Apr
Balas

Subhanallah. Pemerintah Sangat Berhati2 untuk Menetapkan Status Karantina Wilayah. Pilihan itu bisa jadi Dananya Terbatas atau berfikir panjang untuk efek ke depannya.Semoga Negeri Ini Segera Terbebas dari Virus Corona. Aamiin.

03 Apr
Balas

Subhanallah. Pemerintah Sangat Berhati2 untuk Menetapkan Status Karantina Wilayah. Pilihan itu bisa jadi Dananya Terbatas atau berfikir panjang untuk efek ke depannya.Semoga Negeri Ini Segera Terbebas dari Virus Corona. Aamiin.

03 Apr
Balas

#subhanallah.. betul sekali bunda. Untuk para UKM/ orang" yang miskin. Yang pendapatannya di bawah rata-rata. Karena mata pencahariannya berdagang, ojek motor ataupun para guru honorer itu perlu benar benar di perhatikan pun di berikan dengan rata dan seadil adil nya. Ketika Pemerintah mengimbau kepada masyarakat untuk berdiam diri/tidak keluar rumah (di rumah aja). Para Aparatur pemerintah pun harus memenuhi kebutuhan hidupnya. Karena mereka mata pencahariannya merasa terhambat. Kalau sudah terhambat bagaimana nasib keluarganya untuk bisa bertahan hidup.

29 Apr
Balas

Subhanallah,, sesuai keterangan UUD 45 bahwasanya Penerapan Karantina sudah dijelaskan bahwa tentang setiap orang memiliki hak untuk diperluka pelayanan kesejahteraan kesehatan dan terpenuhi kebutuhan pokok masyarakat sehari hari selama di karantina,Alhamdulillah ini semua dinyatakan pemerintah untuk dipertanggungjawabkan terhadap kebutuhan dasar masyarakat dan hewan selama karantina.Indahnya karantina di pertanggung jawabankan pemerintah pusat. Good Job Literasi

04 Apr
Balas

bukan tidak mau mematuhi aturan atau tidak takut dengan penyebaran virus yang sedang di alami sekarang pasalnya pemerintah terkadang hanya memperhatikan daerah" tertentu saja yang di jamin kebutuhan sehari" oleh pemerintah .ayah saya masih harus tetap bekerja karena harus mencukupi kebutuhan keluarganya sehari" .barakallah

06 Apr
Balas

Subhanallah.. Ketika pemerintah mengimbau agar masyarakat tetap stay at home pemerintan harus memenuhi kebutuhan hidup masyarakat, tidak semua masyarakat berkecukupan, ada masyarakat yang kesulitan, jangankan untuk menyentok persediaan makanan. Untuk makan sehari hari aja kadang tidak cukup. Semoga pemerintah dapat memenuhi kebutuhan masyarakat yang kurang mampu selama di karantina .

15 Apr
Balas

Subhanallah benar sekali Bun, Mustinya karantina wilayah harus segera dilakukan dengan sebaik-baik mungkin dan dilakukan secara prosedural seperti yang di jelaskan dalam pasal-pasal tersebut tentang karantina wilayah. Disini pemerintah harusnya bertindak paling sigap dan mengayomi kami para rakyat, membantu, bergotong royong memberikan bahan makanan pokok dan tunjangan kesehatan bagi warga yang wilayahnya terkena dampak korona.Sebenarnya terkait karantina dengan penuhi kebutuhan dasar merupakan dambaan masyarakat. Sebenarnya masyakarat bukan tidak mau ditetapkan karantina, namun karena harus penuhi kebutuhan sehari-hari, yang membuat sebagian masyarakat tidak dapat penuhi imbauan berdiam di rumah.

06 Apr
Balas

Masyaallah, kebijakan pemerintah untuk "stay at home'' bahwasannya untuk kebaikan masyarakat indonesia juga,akan tetapi banyak dari kalangan masyarakat kecil yang mau makan saja susah,akhirnya sekarang bantuan sudah mengalir,meskipun belum merata.

30 May
Balas

Maasyaallah bunda karantina wilayah memanglah harus ada karena itu memudahkan masyarakat untuk berdiam dirumah .. pemerintah menyuruh semua masyarakat untuk berdiam dirumah sedangkan kebutuhan pokok tidak dipenuhi lalu bagaimana jika kebutuhan pokok habis mau tidak mau masyarakat akan keluar rumah untuk mencari kebutuhan ... jika pemerintah menyediakan karantina wilayah pastilah masyarakat tidak akan keluar rumah . jangan hanya menyuruh tapi cobalah memberi solusi dan jalan keluarnya . semoga pemerintah mendengarkan apa yang dikeluhkan masyarakat .Salam perindu literasi

03 Apr
Balas

Masyaallah, masyakarat bukan tidak mau ditetapkan karantina, namun karena harus penuhi kebutuhan sehari-hari, yang membuat sebagian masyarakat tidak dapat penuhi imbauan berdiam di rumah.

12 Apr
Balas

Masyaallah, masyakarat bukan tidak mau ditetapkan karantina, namun karena harus penuhi kebutuhan sehari-hari, yang membuat sebagian masyarakat tidak dapat penuhi imbauan berdiam di rumah.

12 Apr
Balas

Subahanallah. Betul sekali bunda jikalau segala sesuatu kebutuhan dapat terpenuhi maka karantina adalah dambaan bagi setiap orang .Betapa nikmatnya bisa bersantai dan berkumpul bersama keluarga tanpa memikirkan bisa kah esok aku dan keluarga bertemu makanan jikalau adanya karantina seperti ini .Semoga pemerintah segera memberikan solusi supaya meskipun karantina namum dabur tetap ngebul hehhehe .Terimaksih bun atas artikel nya .

15 Apr
Balas

Subahanallah. Betul sekali bunda jikalau segala sesuatu kebutuhan dapat terpenuhi maka karantina adalah dambaan bagi setiap orang .Betapa nikmatnya bisa bersantai dan berkumpul bersama keluarga tanpa memikirkan bisa kah esok aku dan keluarga bertemu makanan jikalau adanya karantina seperti ini .Semoga pemerintah segera memberikan solusi supaya meskipun karantina namum dabur tetap ngebul hehhehe .Terimaksih bun atas artikel nya .

15 Apr
Balas

Subhanalloh. Benar sekali bun permasalahan saat ini cuma satu yg membuat masyarakat tidak menuruti aturan pemerintah yaitu ekonomi (kebutuhan pangan). Saat ini harusnya masyarakat dan pemerintah bekerja sama dlm mengatasi pandemi virus covid 19 dan buat pemerintah harus lebih efektif dalam menentukan kebijakan.

03 Apr
Balas

Alhamdulillah,benar sekali Bun permasalahan saat ini cuma satu yg membuat para warga tidak nurut dengan aturan pemerintah yaitu perekonomian, seharusnya agar warga mengikuti peraturan pemerintah dalam menangani pandemi ini pemerintahan harus bisa memenuhi kebutuhan masyarakat tingkat bawah,sesuai dengan peraturan perundang-undangan,terimakasih artikelnya di tunggu artikal selanjutnya

04 May
Balas

Barakallah bun, benar sekali bun, banyak mereka yang masih melakukan aktifitas di luar hanya untuk mencari nafkah untuk kebutuhan sehari-hari nya. Seharus nya pemerintah memenuhi kebutuhan masyarakat jika pemerintah menyuruh masyarat untuk tidak keluar rumah. Karena kendala dari mereka yaitu kebutuhan pokoknya.

03 Apr
Balas

Subhanallah, sepakat dengan apa yang di jelaskan oleh bunda. Karantina wilayah pada masa pandemi melanda ini akan tepat apabila kebutuhan dasar masyarakat dapat terpenuhi. Artinya, dalam UU sudah dijelaskan ketika ditetapkannya karantina wilayah maka pemerintah pusat siap untuk mengcover segala kebutuhan dasar manusia dan hewan, tentu dengan bantuan perangkat daerah untuk meneruskan kepada masyarakat. Namun ketika hal ini tidak terjadi, maka masyarakat yang dengan kebutuhan hariannya akan terpenuhi jika ia bekerja pada haru itu, akan sangat berat untuk berdiam diri dirumah, akan makan apa anak istrinya jika ia tidak bekerja. Maka dari itu sepakat dengan pendapat bunda ketika karantina wilayah mestilh dibersamai dengan asupan kebutuhan dasar yang tepat. Syukron bun

04 Apr
Balas

Subhanallah Bun, benar sekali dengan tercukupi kebutuhan dasar sangat di dambakan oleh masyarakat,semoga pemerintah bisa segera mendengarkan apa yang dikeluhkan masyarakat. Dan benar sekali kata bunda karantina dengan kebutuhan dasar Masyarakat merupakan Amanat Undang-undang.

03 Apr
Balas

Subahanallah jelas dan terperinci sekali artikel yang bunda tulis.Dan masalah ditengah covid 19 ini.Pemerintah memnag harus membantu perekonomian masyarakat,karena masyarakat kebingungan harus memenuhi kebutuhan sehari harinya dai mana jikalau tidak keluar rumah untuk mencari nafkah .Dan harusnya jika pemerintah merakan lockdown pemerintah harus menyalurkan bantuan kepda masyarakat yang sedang melakukan lockdown.Sehat selalu bundaa :)

05 Apr
Balas

Barakallah bunda..bener banget bunda penuhi kebutuhan dasar merupakan dambaan masyarakat,pasal 55 uu no 6 tahun 2018 menyatakan bahwa pemerintah pusat bertanggung jawab terhadap kebutuhan dasar orang &hewan selama karantina,tentang kekarantinaan kesehatan dalam langkah pencegahan penyebaran virus corona covid 19 di indonesia,bahwa pemerintah pusat &daerah akan memberikan kebutuhan dasar masyarakat secara gratis,sebenarnya masyarakat bukan tidak mau ditetapkan karantina,karna harus penuhi kehidupan sehari hari yg membuat sebagian masyarakat tidak dapat dipenuhi imbauan masyarakat,karna masyarakat membutuhkan ekonomi ,bahan sandang pangan sehari harinya untuk kebutuhan hidup.Semangat trus bunda,salam perindu literasi

04 Apr
Balas

Alhamdulillah..betul sekali bunda sehingga masyarakat tidak harus mencari kebutuhan dengan cara keluar rumah,pemerintah juga harus memperhatikan dan memenuhi kebutuhan hidup masyarakat yang hanya dapat menghasilkan uang dari dagangannya.

03 Apr
Balas

Alhamdulillah,betul sekali bu sbnrnya masyarakat ingin mematuhi peraturan pemerintah namun karena harus memenuhi kebutuhan sehari-hari,apa lagi bagi pedagang yang pendapatannya dengan upah harian, jika berdiam di rmh trs apa bisa memenuhi kebutuhan hidup dan pemerintah juga harus memperhatikan dan memenuhi kebutuhan hidup masyarakat yang hanya pendapatannya harian. Semoga kesulitan" yang ada pada masyarakat bisa segera di bantu oleh pemerintah. Syukron Katsir bunda.

03 Apr
Balas

Semoga pemerintah lebih respon lagi kepada masyarakat yang membutuhkan

19 Apr
Balas

Semoga pemerintah lebih respon lagi kepada masyarakat yang membutuhkan

19 Apr
Balas

Semoga pemerintah lebih respon lagi kepada masyarakat yang membutuhkan

19 Apr
Balas

Semoga pemerintah lebih respon lagi kepada masyarakat yang membutuhkan

19 Apr
Balas

Semoga pemerintah lebih respon lagi kepada masyarakat yang membutuhkan

19 Apr
Balas

Semoga pemerintah lebih respon lagi kepada masyarakat yang membutuhkan

19 Apr
Balas

Semoga pemerintah lebih respon lagi kepada masyarakat yang membutuhkan

19 Apr
Balas

Semoga pemerintah lebih respon lagi kepada masyarakat yang membutuhkan

19 Apr
Balas

Semoga pemerintah lebih respon lagi kepada masyarakat yang membutuhkan

19 Apr
Balas

Semoga pemerintah lebih respon lagi kepada masyarakat yang membutuhkan

19 Apr
Balas

Semoga pemerintah lebih respon lagi kepada masyarakat yang membutuhkan

19 Apr
Balas

Alhamdulillah betul sekali Bun dikondisi seperti ini sehingga masyarakat susah keluar rumah namun ingin memenuhi peraturan pemerintah dan juga kebutuhan pun tidak terpenuhi hanya mengandalkan uang dari dagangannya. Ditunggu artikel selanjutnya Bun

03 Apr
Balas

Ada nya covid-19 tak luput membuat kita slalu bersyukur banyak sisi positif dan negatif nya,negatif nya adalah tak ada pemasukan atau berkurang nya pemasukan karna di karatinakan.smoga pemerintah bisa memberi kebijakan kepada kita semua (RI) barakaallah bunda

06 Apr
Balas

Ada nya covid-19 tak luput membuat kita slalu bersyukur banyak sisi positif dan negatif nya,negatif nya adalah tak ada pemasukan atau berkurang nya pemasukan karna di karatinakan.smoga pemerintah bisa memberi kebijakan kepada kita semua (RI) barakaallah bunda

06 Apr
Balas

Alhamdulillah. Selain diadakan nya stay at home, dan tuntunan untuk terus melakukan karantina wilayah karena semakin hari semakin bertambah korban jiwa yg berjatuhan. Karantina wilayah ini merupakan pembatasan penduduk yg dilakukan tidak lain dan tidak bukan adalah untuk mencegah penyebaran Virus. Harusnya Apabila suatu negara menerapkan lockdown maka Negara itu pun wajib untuk bisa menjamin kebutuhan para penduduknya, terutama untuk kebutuhan sehari hari. Karena tidak semua warga negara memiliki sandang pangan yg cukup, apalagi yang hanya mengharapkan upah harian dr kerjanya sehari hari. Mudah mudahan para petinggi negara bisa cepat tanggap dalam menyikapi hal ini. Aamiin.. Syukron bun atas informasinya..

03 Apr
Balas

Benar sekali Bunda, karantina dengan tercukupinya kebutuhan Dasar memang sangat di dambakan oleh masyarakat. Moga pemerintah bijak di dalam mengambil keputusan...

02 Apr
Balas

Amin ya Rabb. Terima kasih dan barakalllahu fiiik

02 Apr

Subahanallah. Semua masyarakat juga ingin sekali memenuhi perintah pemerintah, tapi kebutuhan menjadikan dia harus pergi keluar rumah, meski pun di larang kemana mana dan harus berdiam diri di rumah, asal semua kebutuhan di tanggung sma pemerintah, apa lagi yang hanya pendapatannya harian atau seorang pedangang, sekarang jualan uang ya pun bisa di pake buat keluarga ya untuk makan esuk, jika tidak jualan dari mana dia untuk memenuhi kebutuhan sehari hari, yang tiap hari ya anak anak selalu minta jajan... Jika pemerintah pusat akan menanggung semuanya ingsa allah semua orang berdiam diri di rumah...

03 Apr
Balas

Alhamdulillah, paparan yang sangat luar biasa bunda.. Sangat benar yang bunda katakan bahwa sebenarnya masyakarat bukan tidak mau ditetapkan karantina, namun karena harus penuhi kebutuhan sehari-hari, yang membuat sebagian masyarakat tidak dapat penuhi imbauan berdiam di rumah dan merupakan Amanat Undang-undang bahwa karantina dengan kebutuhan dasar Masyarakat. Semoga Allah angkat covid-19 ini sebelum datangnya bulan suci ramadhan dan semoga keadaan negri Indonesia ku ini cepat membaik dan menjadi negara baldatun thoyyibatun wa robbun ghofur. Aamiin..

03 Apr
Balas

Subhanallah, benar bun. Karantina wilayah mungkin dapat diterapkan dengan baik jikalau kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi. Dan masyarakat pun tak akan kebingungan untuk mencari kebutuhan sehari-hari selama karantina. Semoga pemerintah bisa memberi kebijakan dengan baik. Sehat selalu bunda ;)

03 Apr
Balas

Iyha bun, untuk mengikuti peraturan ini agak berat bagi masyarakat karena ekonomi kebanyakan dari masyarakan itu di saat saat seperti ini menurun. jadi apabila mereka menetap di rumah (lockdown) sedangkan kebutuhan mereka sehari hari harus terpenuhi, dan apabila tidak ada karantina yng membantu keseharian masyarakan itu berat bagi masyarakat kebanyakan, untuk mengikuti peraturan pemerintah dalam rangka lockdown untuk memutus rantai Covid-19. Semoga Allah selalu memudahkan setiap nafas yang melangkah, Aamiin..#Subhanallah

03 Apr
Balas

Subhanallah,,Setuju banget Bun,, pemerintah harus memenuhi kebutuhan pokok masyarakat ditengah kondisi seperti ini sehingga diberlakukan karantina wilayah untuk menekan penyebaran.masyarakat juga pastinya ingin menaati peraturan pemerintah saat ini namun disisi lain sebagian masyarakat bawah juga harus memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan bekerja. Jika tidak bekerja mungkun tidak akan bisa makan. Menurut saya dengan karantina wilayah yang diberlakukan oleh pemerintah, pemerintah juga harus memenuhi kebutuhan pokok masyarakat ,khususnya masyarakat bawah ,sesuai dengan perundangan undangan yang berlaku

03 Apr
Balas

Jika dilihat dari jumlah kasus yang sudah terpapar dan penyebarannya sama dimana karena kita kurang menjaga jarak satu sama lain sudah pasti kebijakan PSBB (pembatasan sosial berskala besar ) harus di berlakukan , namun dilihat dari kesiapan ekonomi dan kesiapan dana dari pemerintahan untuk masyarakat dengan ekonomi kelas bawah jelas belum memadai.

08 Apr
Balas

Alhamdulillah, kebanyakan masyarakat selalu mematuhi peraturan pemerintaan tapi kadang pemerintah tidak bisa menghargai masyarakatnya contohnya sekarang ini terjadi virus Corona atau covid _19 yaitu virus yang sangat cepat menyebar , pemerintah menghimbau untuk semua masyarakat harus stay at home (tetap di rumah) tapi pemerinta tidak bisa memenuhi kebutuhan hidup sedangkan kita hanya bisa mengandalkan dagang yang sangat sederhana,dan untuk keluar rumah saja kita tidak boleh.. di tunggu artikel selanjutnya bun

03 Apr
Balas

Masya Allah , benar sekali bun , ketika kebutuhan masyarakat terpenuhi saat karantina , maka masyarakat pun akan mengikuti himbauan pemerintah

04 Jun
Balas

Masya Allah , benar sekali bun , ketika kebutuhan masyarakat terpenuhi saat karantina , maka masyarakat pun akan mengikuti himbauan pemerintah

04 Jun
Balas

Masya Allah , benar sekali bun , ketika kebutuhan masyarakat terpenuhi saat karantina , maka masyarakat pun akan mengikuti himbauan pemerintah

04 Jun
Balas

Masya Allah , benar sekali bun , ketika kebutuhan masyarakat terpenuhi saat karantina , maka masyarakat pun akan mengikuti himbauan pemerintah

04 Jun
Balas

Masya Allah , benar sekali bun , ketika kebutuhan masyarakat terpenuhi saat karantina , maka masyarakat pun akan mengikuti himbauan pemerintah

04 Jun
Balas

Masya Allah , benar sekali bun , ketika kebutuhan masyarakat terpenuhi saat karantina , maka masyarakat pun akan mengikuti himbauan pemerintah

04 Jun
Balas

Masya Allah , benar sekali bun , ketika kebutuhan masyarakat terpenuhi saat karantina , maka masyarakat pun akan mengikuti himbauan pemerintah

04 Jun
Balas

Subhanalloh. Benar sekali bun permasalahan saat ini cuma satu yg membuat masyarakat tidak menuruti aturan pemerintah yaitu ekonomi . Seharusnya masyarakat dan pemerintah bekerja sama dlm mengatasi pandemi virus covid 19 dan buat pemerintah harus lebih efektif dalam menentukan kebijakan.terima kasih Bun artikelnya

13 Apr
Balas

benar bunda.. jika kebutuhan masyarakat terpenuhi pun, mungkin mereka akan mengikuti himbauan yang diberikan pemerintah untuk tetap di rumah.#Subhanaalah

20 Apr
Balas

Subhanallah, presiden telah menetapkan aturan SPSB. Sebenarnya terkait diadakannya karantina dengan memenuhi kebutuhan dasar merupakan dambaan masyarakat. Sebenarnya masyakarat bukan tidak mau ditetapkan karantina, namun karena harus penuhi kebutuhan sehari-hari, yang membuat sebagian masyarakat tidak dapat penuhi himbauan untuk berdiam di rumah.

02 Aug
Balas

Benar bun, kalau ada yang kiriman bahan sembako ke rumah tidak perlu repot bekerja atau belanja ke pasar....masyaallah

15 Apr
Balas



search

New Post