Siti Ropiah

Guru MA Al Ishlah Cikarang Utara Kab Bekasi Jawa Barat Alumni Uin Jakarta, nomor hp 087888623714 ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Aksi dan Kreasi di Tengah Wabah Covid-19 (Tantangan Hari ke-83)

Aksi dan Kreasi di Tengah Wabah Covid-19 (Tantangan Hari ke-83)

Aksi dan Kreasi di Tengah Wabah Covid-19 (Tantangan Hari ke-83)

Oleh: Siti Ropiah

 

Senin 6 April 2020 pukul 04.00 WIB aku menonton TV saat menunggu waktu Subuh. Chanel Indosiar jadi pilihan dengan  acara Fokus Covid-19. Acara ini  menayangkan berbagai kasus Corona yang terjadi di berbagai negara. 

Terdapat aksi dan kreasi dilakukan di tengah maraknya Covid-19, di antaranya:

Pertama, seorang perempuan berasal dari Gresik, memiliki kreasi yang cukup hebat dengan membuat tempat cuci tangan dari jerigen. Jerigen tersebut dibuat sedemikian rupa dengan cara mengecat dengan cat warna   dan tak lupa diberikan informasi tentang cara mencuci tangan yang baik yang ditempel di setiap jiregen tersebut. 

Kreasi ini, mendapat sambutan yang cukup baik dari masyarakat. Hal ini terbukti dari respon masyarakat dengan membelinya. Harga yang terjangkau dengan manfaat yang besar menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk membelinya. Pendapatan yang dihasilkan dari penjualan tempat cuci tangan dari jerigen ini mampu menambah penghasilan. Sungguh kreasi yang patut ditiru di tengah kondisi sulit mendapatkan penghasilan akibat Covid-19 yang mewabah. 

Kedua, restoran yang memberi pelayanan langsung diantar ke mobil pemesan. Di Jerman terdapat sebuah restoran yang mencari cara dalam melayani pelanggan yang memesan makanan. Dengan kondisi harus tetap menjalankan Sosial Distancing, pemilik restoran tersebut memberikan solusi dengan cara membiarkan pembeli berada di dalam mobil. Setelah pesanan tersaji, kemudian pelayanan restoran tersebut memberikan pesanan tersebut dengan menghampirinya ke mobil pembeli. 

Ketiga, aksi relawan memberikan kebutuhan pokok untuk para manula. Di Inggris terdapat beberapa relawan melakukan aksi kemanusiaan dengan cara memberikan beberapa kebutuhan pokok kepada para manula. Bantuan tersebut diberikan langsung ke rumah para manula dengan dikemas dalam kantong plastik dan disimpan di depan pintu rumah. 

Sejatinya Aksi dan Kreasi dapat Dilakukan di tengah Maraknya Wabah Covid-19. 

Salam Perindu Literasi

#Gurfati Jannati. Cikarang, 6 April 2020. Pukul 04.36 WIB

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

search

New Post