Siti Ropiah

Guru MA Al Ishlah Cikarang Utara Kab Bekasi Jawa Barat Alumni Uin Jakarta, nomor hp 087888623714 ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Nasib Jemaah Calon Haji 2020 (Tantangan Hari ke-76)

Nasib Jemaah Calon Haji 2020 (Tantangan Hari ke-76)

Nasib Jemaah Calon Haji 2020 (Tantangan Hari ke-76)

Oleh: Siti Ropiah

Jumat 27 Maret 2020 terdapat informasi tentang haji tahun 2020. Menurut Menteri Agama sebagaimana dilansir detik.news, terkait pelaksanaan ibadah haji 2020 Kemenag menggunakan dua skenario yaitu pelaksanaan haji tetap dilakukan atau dibatalkan. Hal ini dilakukan mengingat wabah Corona yang semakin menyebar di Indonesia. Bahkan membuat beberapa wilayah masuk dalam zona merah.

Untuk itu, Kemenag terus melakukan pemantauan terkait persiapan haji baik di tanah air maupun di Saudi Arabia. Terkait di tanah air, Kemenag memantau para jemaah calon haji melakukan pelunasan. Pelunasan yang dilakukan ini bersifat relatif, yaitu bisa saja dikembalikan bila ternyata pelaksanaan haji tidak dapat dilakukan. Sementara terkait dengan Arab Saudi, Kemenag terus melakukan hubungan yan baik dalam pengadaan layanan akomodasi, transportasi, dan konsumsi. Namun belum dapat melakukan pembayaran. Hal ini terjadi, karena melihat situasi dan kondisi terkait wabah Corona yang masih merebak. Hingga pemerintah (Kemenag) belum dapat mengambil langkah dari dua skenario yang ada, yaitu tetap melaksanakan haji atau membatalkannya.

Hal ini tentu membuat para jemaah calon haji dilanda rasa yang beragam. Rasa was-was dan sedih yang bekecamuk dalam diri. Sebab penantian untuk melaksanakan haji sudah ditunggu selama 8 tahun. Terlebih bagi calon jemaah haji lanjut usia. Tentu hal ini menambah panjang asa yang bersemayam di hati. Sementara itu, kondisi yang terjadi hari ini, tak dapat dimungkiri membuat resah di hati. Jangankan untuk lakukan perjalanan ke luar negeri, perjalanan di daerah sendiri pun tak luput muncul khawatir yang tinggi. Seperti saat harus lakukan pelunasan biaya haji dan menyerahkan berbagai berkas yang diperlukan ke kantor Kemenag.

Namun demikian, semoga apa pun keputusan yang diambil oleh pemegang kebijakan (Kemenag), insyaallah yang terbaik. Semua demi kemashlahatan jemaah calon haji.

Sejatinya Mengikuti Aturan dan Berdoa Merupakan Jalan dalam Penantian Pelaksanaan Haji

Salam Perindu Literasi #Gurfati Jannati. Cikarang, 27 Maret 2020. Pukul 09.12 WIB

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

search

New Post