Siti Ropiah

Guru MA Al Ishlah Cikarang Utara Kab Bekasi Jawa Barat Alumni Uin Jakarta, nomor hp 087888623714 ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Komentar Perlu, Fasilitasnya pun Perlu ( Tantangan Hari ke-70)

Komentar Perlu, Fasilitasnya pun Perlu ( Tantangan Hari ke-70)

Komentar Perlu, Fasilitasnya pun Perlu ( Tantangan Hari ke-70)

Oleh: Siti Ropiah

Aku baru tahu bila ada ajakan memberi komentar dari CEO MediaGuru. Hal itu kudapatkan dari membaca beberapa tulisan gurusianer. Pasalnya aku jarang membuka FB. Anjuran untuk memberi komentar ini bukan tanpa sebab disampaikan sang komandan. Pasalnya gurusianer sibuk dengan persiapkan tantangan menulis. Hingga memberi komentar agak terabaikan.

Pada tantangan menulis yang memasuki tahap terakhir ini, sangat tepat bila Ponggawa Gurusiana ini menyarankan para gurusianer melakukan komentar pada artikel yang ada. Menurut hematku, dua bulan merupakan waktu yang cukup dalam pembiasaan diri. Kemudian sudah saatnya jalin silaturahmi dengan memberi komentar.

Hal ini dianjurkan ole Pak Ihsan karena komentar memiliki manfaat yang luar biasa. Berdasarkan pengamatan tipis-tipis yang aku lakukan, manfaat memberi komentar sebagai berikut

Pertama, memunculkan silaturahmi. Dalam komentar terdapat tegur sapa bahkan doa terpanjat di dalamnya. Hal ini memunculkan rasa. Lambat laun terjalin silaturahmi.

Kedua, memunculkan motivasi. Tak dapat dimungkiri, komentar yang hadir dalam sebuah tulisan menghadirkan rasa bahagia. Terlebih bila yang berkomentar penulisa idola. Sesuatu banget. Hal ini yang kemudian menjadi semangat dalam diri untuk terus menulis.

Ketiga, memunculkan minat baca. Membaca artikel harus dilakukan ketika ingin memberi komentar.

Keempat, memunculkan ide menulis. Memberi komentar yang berarti harus membaca artikel seseorang, tak disadari akan menambah pengetahuan. Tentu hal itu memunculkan ide untuk menulis.

Namun terdapat kesulitan yang kurasakan dalam memberi komentar saat ini. Hal itu disebabkan

Pertama, tidak berfungsinya lonceng pada Gurusiana Premium

Kedua, terbatasnya artikel yang memuat hanya 15 tulisan. Sementara tiap jam artikel yang diunggah mencapai ratusan.

Ketiga, Gurusiana seringkali error. Mungkin karena banyaknya pengguna.

Sejatinya Komentar Perlu Dilakukan Namun Perlu Didukung Fasilitas yang Memadai

Salam Perindu Literasi

#Gurfati Jannati. Cikarang, 24 Maret 2020. Pukul 05.42 WIB.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

search

New Post