Siti Ropiah

Guru MA Al Ishlah Cikarang Utara Kab Bekasi Jawa Barat Alumni Uin Jakarta, nomor hp 087888623714 ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Antibodi Kuat, Virus Minggat (Tantangan Hari ke-71)

Antibodi Kuat, Virus Minggat (Tantangan Hari ke-71)

Antibodi Kuat, Virus Minggat (Tantangan Hari ke-71)

Oleh Siti Ropiah

Alhamdulillah, tenang rasanya hatiku. Jernih pikiranku. Semangat jiwaku. Kuat tubuhku. "Loh, ada apa yah?", tentu muncul pertanyaan ini. Coba Anda bayangkan. Hampir satu minggu kita dicekam ketakutan karena Corona. Kekhawatiran yang luar biasa merasuki diri. Kecemasan yang luar biasa melanda pikiran. Kegalauan yang sulit ditepis menghinggapi hati. Keresahan yang berkecamuk menghampiri jiwa.

Pagi ini, aku dapat kiriman video dari Kak Rai (Bunda Raihana Rasyid) terkait Corona. Beliau paham sekali keresahan yang melanda diriku. Video tersebut berisi perbincangan terkait kelebihan dan kelemahan virus Covid 19.

Dokter ahli virus (virologi), Dr M. Hendro Cahyono mengungkapkan tentang kelemahan dan kelebihan dari virus. Diungkapkan bahwa virus perlu media untuk bertahan hidup. Semakin basah, dingin, dan gelap virus semakin dapat bertahan hidup. Sebaliknya semakin panas, terang, dan kering virus tersebut tidak dapat bertahan lama. Virus hanya bisa hidup di droplet (semacam lendir dari bersin atau batuk). Karenanya ketika bersin atau batuk, etikanya harus ditutup atau ketika bersin terkena sesuatu seperti seperti meja, cukup dibersihkan dengan sabun atau disinspectant. Kelemahan virus ini cepat hancur dengan pembersih.

Berdasarkan hal tersebut di atas, kelebihan virus itu mudah menyebar. Hidupnya dapat bertahan pada tempat yang lembab, sejuk atau gelap.

Sedangkan kelemahannya, virus mudah dihancurkan dengan pembersih. Tidak bertahan hidup di tempat yang kering, terang dan panas. Inilah pengetahuan dasar yang perlu dimiliki setiap orang terkait virus. Termasuk Virus Covid 19 di dalamnya. Hal ini diperlukan untuk dijadikan pedoman dalam menghadapinya, hingga tidak terjadi kepanikan.

Menuru sang dokter, untuk hadapi Virus Covid 19 jalannya harus perkuat antibodi dengan cara:

Pertama, pola hidup sehat dan bersih. Makanan halal dan thayib. Jaga kebersihan diri

Kedua, istirahat yang cukup.

Ketiga, berpikir positif. Pikiran positif ini muncul ketika miliki pemahaman terkait Corona. Pemahaman dasar tentang virus, termasuk Virus Covid 19 membawa seseorang tidak mudah panik menghadapinya. Dengan demikian antibodi menjadi kuat. Sebaliknya ketika panik dan stres justru membuat tubuh menjadi lemah.

Keempat, perbanyak minum vitamin C dan E, baik ekstraknya maupun alami dari buah atau sayur.

Sejatinya Miliki Antibodi yang Kuat Jalan Hadapi Virus Covid 19

Salam Perindu Literasi

#Gurfati Jannati. Cikarang, 24 Maret 2020. Pukul 09.19 WIB

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

search

New Post