Siti Ropiah

Guru MA Al Ishlah Cikarang Utara Kab Bekasi Jawa Barat Alumni Uin Jakarta, nomor hp 087888623714 ...

Selengkapnya
Navigasi Web
The Power Of Night Kisah Isra Mi'raj

The Power Of Night Kisah Isra Mi'raj

Isra mi'raj merupakan kisah perjalanan Rasulullah SAW ketika mendapat perintah salat. Terjadi pada tanggal 27 Rajab 10 H. Kisah ini diabadikan Allah salam QS al Isra ayat 1. Kisah isra mi'raj merupakan kisah fantastik dan Monumental. Dikatakan fantastik karena kisah tersebut terjadi dalam kurun waktu hanya satu malam. Secara normal, isra yang merupakan perjalanan antara masjidil haram dengan masjidil aqsa harus ditempuh dalam waktu beberapa hari.

Monumental, karena kisah isra' mi'raj walau terjadi dalam waktu singkat, namun mampu menyalin pengalaman spiritual dan menghasilkan perintah salat yang abadi menjadi ibadah sepanjang hayat bagi umat Islam.

Mengapa dilakukan pada malam hari. Dalam bahasa Arab kata lail memiliki beberapa makna. Ada makna literal, lail berarti malam, lawan dari siang. Ada pula makna alegoris atau majaz, lail berarti gelap, sunyi, syahdu. Ada pula makna Anagogis, yaitu berarti, khusyuk, pasrah dan dekat.

Arti lail pada ayat 1 al Isra menunjukkan makna anagogis yang lebih menekankan aspek kekuatan spiritual malam. Kekuatan spiritual malam yang dialami Rasulullah SAW dipicu oleh kesedihan luar biasa, karena ditinggal oleh isteri tercinta dan paman yang merupakan pelindung beliau dalam perjuangannya. Untuk itu beliau manfaatkan waktu malam untuk bermunajat pada Allah dengan segenap kepasrahannya.

Kesedihan dan kepasrahan yang dirasakan Rasulullah SAW ini mampu menembus batas batas spriritual tertentu, hingga sampai ke sidaratul Muntaha.

Kata lail yang semakna dengan ayat 1 al Isra ini, terdapat dalam QS al Isra:19 dan QS adz Dzariyat 17, yang bercerita tentang tahajud dan dzikir di malam hari. Kata lail pada tiga ayat di atas menjadi isyarat bahwa malam merupakan waktu rahasia untuk mencapai ketinggian dan martabat utama di sisi Allah.

Selain itu, malam pun memiliki keistimewaan tersendiri, yaitu mampu membuat manusia sadar akan kesalahannya. Malam hari merupakan waktu yang tepat untuk bertaubat memohon ampunan atas semua salah dan dosa. Karena pada malam, tidak banyak orang yang terjaga. Karenanya salat tahajud merupakan sarana komunikasi paling jitu untuk lebih dekat pada Sang Khalik.

Sejatinya Malam Memberikan Arti Tersendiri dalam Beribadah.

Salam Perindu Literasi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keajaiban malam, terutama sepertiga malam terakhir, dimana sang malaikat turun ke bumi untuk umat manusia yang bermunajat. Mengabulkan segala pintanya seizin sang pencipta. Tulisan yang sangat luar biasa. Terus menginspirasi. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah bunda Pipi

04 Apr
Balas

Di waktu malam terasa sekali kedekatan dengan Sang Pencipta alam semesta ini.. Ulasan yang menyentuh hati Bunda Pipi..Barakallah...

04 Apr
Balas

Betul Budhe, jaringan kosong, hehehe. Terima kasih selalu menyempatkan mampir dan barakallah fiik

04 Apr

Banyak ilmu yang Abah dapat dari tulisan Ibu DR. Barakallah Ibu Siti sehat selalu

04 Apr
Balas

Insya Allah Abah sudah lebih tahu tentang hal itu, namun masih sempatkan menyambangi. Terima kasih selalu menyempatkan mampir. Teruntai doa untuk Abah semoga Allah limpahkan rahmatNya agar Abah diberi kesehatan dan barakallah fiik

04 Apr

Aamiin... Terimaksih ilmunya bu..

05 Apr
Balas

Subhanallah... ..atas ijin Allah smg kita diberikan kekuatan untuk mendirikan shalat di setiap malam. Sehat selalu bu Pipik..

04 Apr
Balas

Amin, semoga seperti Bund. Terima kasih sudah berkunjung dan barakallah fiik

04 Apr

alhamdulillaahilladzii asraa bi’abdihii lailan minal masjidilharaam ilal masjidil aqshaalladzii baaraknaa haulahuu linuriyahuu min aayaatinaa innahuu huwassamii’ul bashiir,#Subhanallah

04 Apr
Balas

Subhanalladzi asra. Terima kasih sudah berkunjung dan barakallah fiik

04 Apr

Jdi penyejuk pikiran bgt, allahuakbar

04 Apr
Balas

masya allah di isra wal mi'raj ini adalah kejadian dan mukjizat rosul yang di alami dengan perintah sholat kepada kaum'a,,di situlah rasul langsung menghadap sang maha cipta yaitu allah dengan perintah sholat berjumlah 5 waktu dalam sehari,,ini merupakan paling sedikit dari kaum^ yg nabi yg berlalu ,,sungguh agung'a nabi meminta kepada allah dengan perintah sholat tidaj terlalu bnyak #alhamdulillah...

04 Apr
Balas

Benar sekali. Terima kasih sudah berkunjung dan barakallah fiik

04 Apr

Malam hari yang aku rasakan memang membawa kepada keindahan yang sangat jelas akan suatu kebenaran yg sesungguhnya# subhanallah...

04 Apr
Balas

Sungguh banyak sekali pelajaran yang dapat di ambil dari perjalanan Isra Miraj #Subhannallah

06 Apr
Balas

Dalam shalat malam selalu mendapatkan ketenangan hati

08 Apr
Balas

Allahuakbar....begitu banyak pelajaran yang bisa dipetik dari kisah isro mirojnya nabi Muhammad SAW. Pencerahan seperti ini yang slalu saya tunggu karena dari situlah banyak ilmu yang didapat. Beribadah dimalam hari membuat diri serasa dekat dan khusu beribadah apalagi berdo'a rasanya lebih greget bahkan sampai meneteskan airmata.Terima kasih bu atas pencerahannya..

04 Apr
Balas

Alhamdulillah, bila bermanfaat. Terima kasih sudah berkunjung dan barakallah fiik

04 Apr

Benar sekali bu. Malam adalah waktu yang kerap kali digunakan untuk merenungkan diri dan sangat pas apabila kita mendekatkan diri kepada sang pencipta

17 Apr
Balas

Benar sekali bu. Malam adalah waktu yang kerap kali digunakan untuk merenungkan diri dan sangat pas apabila kita mendekatkan diri kepada sang pencipta

17 Apr
Balas

Peristiwa isra miraj sangat luar biasa #subhanallah

05 Apr
Balas

tulisannya seperti embun di tengah sahara. sejuk dan segar

04 Apr
Balas

Semoga malam-malam yang kita lalui menjadi lebih bermakna, menjadikan diri lebih dekat denganNya... Aamiin...

04 Apr
Balas

Amin, semoga demikian Bunda. Terima kasih sudah berkunjung dan barakallah fiik

04 Apr

Salat malam memiliki arti tersendiri dalam beribadah,karena di saat sseorang sedang nyenyak" tertidur ada sebagian yg menjalankan salat malam, demi mendekatkan diri dengan sangpencipta..semoga kita menjadi lebih dekat dengannya.. Amiin# Subhanallah

04 Apr
Balas

Amin, semoga termasuk hamba yang dapat jalankan salat malam. Terima kasih sudah berkunjung dan barakallah fiik

04 Apr

Salat adalah mi'rajnya orang mukmin

04 Apr
Balas



search

New Post