Siti Ropiah

Guru MA Al Ishlah Cikarang Utara Kab Bekasi Jawa Barat Alumni Uin Jakarta, nomor hp 087888623714 ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Program Peningkatan Mutu Standar Kelulusan SMK Kab. Bekasi

Program Peningkatan Mutu Standar Kelulusan SMK Kab. Bekasi

Hari Rabu, 30 Oktober 2019 aku diperintahkan kepala sekolah untuk mengikuti acara terkait standar kelulusan. Acara ini dilaksanakan bertempat di SMK Bina Prestasi Jalan Lambangsari Tambun Selatan Kab. Bekasi.

Tempat yang cukup jauh dari rumahku, hingga aku mempersiapkan diri untuk berangkat ba'da zuhur. Setelah shalat zuhur, aku segera berkemas dan memesan Grab bike. Sebelumnya aku buka google map untuk melihat berapa jarak yang harus ditempuh. Ups, cukup jauh sekitar 24 KM dengan waktu yang dibutuhkan sekitar 38 menit. Hal itu yang membuat aku persiapkan berangkat ba'da zuhur.

Pukul 12.12 WIB, aku memesan grab. Sekitar sepuluh menit aku menunggunya. Pukul 12.23 WIB, aku berangkat menuju tempat acara dilangsungkan. Alhamdulillah, perjalanan yang kulalui tanpa hambatan, hingga tepat pukul 13.00 WIB sampai di tempat tujuan. Setelah membayar ongkos grab,segera menuju ruang pertemuan.

Aku segera lakukan registrasi, kemudian masuk ke ruang yang telah disiapkan. Ups, alhamdulillah, kulihat baru ada 7 orang, 4 ibu-ibu dan 3 bapak-bapak. Berarti aku tidak telat. Segera kusalami ibu-ibu yang sedang asyik berbincang. Kemudian aku mengambil tempat duduk di barisan ketiga.

Pukul 13.30 WIB acara dimulai, walau kursi masing terdapat beberapa yang kosong, sekitar 40 orang yang hadir dari 65 orang, terbukti dari data list yang terdapat di WA Group bidang Kurikulum Kab. Bekasi.

Acara dibuka dengan pembacaan surat Al Fatihah oleh MC yaitu Ibu Leni WK Kurikulum SMK Bina Prestasi.

Paparan pertama disampaikan oleh Pak Mulyana menjelaskan tentang keinginan adanya paguyuban WK Kurikulum demi memahami kurikulum untuk tingkat SMK yang cukup rumit dibanding tingkat SMA.

Kali ini difokuskan tentang Program Peningkatan Standar Kelulusan didasarkan instruksi Gurubernur di tahun 2018, posisi Jawa Barat di urutan ke 12, hingga terjadi kegamangan. Masih kalah dari Kalimantan, Riau dan lain-lain. Kabupaten Bekasi menempati posisi 26 dari 27 kabupaten dan kota terbawah kedua seprovinsi Jabar. Padahal dari pendapatan di Bekasi lebih tinggi dibanding wilayah lain di Jawa Barat.

Berdasarkan temuan ini, maka hasil analisisis menyatakan hasil UN belum sesuai standar.
Penyebabnya karena tidak menindaklanjuti atau menganalisis hasil ujian nasional. Analisis ini akan dijadikan acuan untuk menghadapi ujian nasional. Penyebab lain dimungkinkan karena di antara satuan pendidikan berjalan sendiri sendiri. Karenanya membentuk paguyuban merupakan keniscayaan

UN tidak jadi penentu kelulusan, sebabkan semangat hadapi UN menurut. Hal ini terbukti dari standar kelulusan 5,5 turun drastis menjadi di bawah 5,5 bahkan ada yang nol koma.

Penyebab nilai UN kurang bagus disebabkan belum konsentrasi pada uraian hasil UN, namun sibuk dengan infrastruktur atau sarana UN. Disibukkan dengan simulasi tanpa mencoba mengupas proses sudah tepat dan benar atau belum.
Seharusnya punya target untuk para siswa, hingga dipersiapkan siswa untuk raih target dengan upaya upaya ke arah tersebut.

Menurut laki-laki tegas ini, menyatakan bahwa satu problem inti dari siswa adalah kurangnya literasi (membaca). Karenanya nilai UN belum dapat diraih dengan maksimal.

Ada penurunan semangat pada para siswa dengan ungkapan " yang penting lulus". Hal ini sebabkan para siswa tidak maksimal dalam belajar.

Karenanya mengubah dengan motivasi dan informasi bahwa di luar sana sulit utk bersaing dengan orang lain. Motivasi ini dapat dilakukan :
1. Pemberian motivasi internal, cari narasumber agar tergugah pemikiran mereka. mengetahui tujuan nilai ujian minimum. Ungkapkan bahwa perusahaan inginkan nilai ujian yang baik, agar mampu dapatkan pekerjaan setelah lulus.
2. Buat Bank soal untuk latihan kemampuan siswa hadapi UN. Lakukan freetest. Lakukan pendalaman materi. Lalu bedah SKL dengan tujuan adakan pendalaman materi UN berdasarkan kisi kisi UN.
3. Lakukan try out setelah pendalaman materi.

Pukul 14.25 WIB dilanjutkan paparan yang disampaikan oleh Pak Indra dari SMK Bina Prestasi yang merupakan SMK dengan nilai tertinggi kedua di Kab. Bekasi.

Menurutnya nilai hasil UN dapat dicapai dengan lakukan:

Pertama, jujur dalam semua kegiatan. Pada pelaksanaan UN SMK Mitra Industri tidak lakukan kecurangan.
Kedua, dunia SMK miliki dua hal, pendidikan ijasah dan departemen industri berarti harus perhatikan kompetensi.

Ketiga, motivasi diri yang tinggi. Karenanya usaha ke arah itu diupayakan dengan pihak sekolah memberikan narasumber dalam hal tersebut.

Banyak hal pula yang membuat nilai UN rendah, di antaranya: Pertama, Siswa. Pengetahuan siswa rendah, karenanya Dilakukan sortir sejak test masuk.
Kedua, Motivasi yang rendah
Ketiga, Informasi tentang UN. UN bukan syarat lulus.

Acara berakhir pukul 16.11 WIB. Aku pun segera bergegas menuju musalla yang terletak di depan ruang acara. Setelah selesai salat Asar, aku pun memesan Grab.

Sejatinya Upaya Peningkatan Hasil Nilai Siswa terus Diupayakan.

Salam Perindu Literasi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Reportase yang sangat lengkap. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah bunda

08 Nov
Balas

Terima kasih apresiasinya dan barakallahu fiiik

09 Dec

sejatinya budaya berkata "yang penting lulus" harus di hilangkan, seharunya motivasi internal di perkuat lagi agar si anak lebih percaya diri lagi mengahadapi seperti UN

08 Nov
Balas

#Alhamdulillah...

08 Nov

semoga tahun ini dan tahun kedepan seterus nya semakin meningkat ke pribadian siswa dalam belajar, dan semakin banyak peminat untuk membaca, banyak lebih memahami sesuatu, semangat guru" untuk membimbing murid" nya semakin banyak peningkatan dalam prestasi,Alhamdulillah

08 Nov
Balas

Mudah-mudahan tahun ini dan tahun-tahun berikutnya para siswa bisa mengikuti UN dengan baik disertai belajar yang baik juga. Dan memang kebanyakan minat membaca siswa sangat minim. Semoga para guru sabar melatihnya dan semoga apa yang diupayakan terlaksanakan. Alhamdulillah.

08 Nov
Balas

Semoga upaya yang di lakukan semua pihak dapat berjalan dengan baik agar mendapatkan hasil yang baik pula,,, in sya Allah usaha yang di lakukan oleh semua pihak sekolah tak akan ada yang sia sia semoga UN tahun ini lebih baik lagi dari tahun tahun sebelumnya. Alhamdulillah

08 Nov
Balas

Semoga para siswa pun melakukan upaya peningkatan nilai untuk dirinya sendiri, salah satunya dengan meningkatkan minat baca dan kesadaran diri untuk belajar. Alhamdulillah

08 Nov
Balas

Semoga upaya yang akan dilakukan menjadikan Bekasi lebih unggul dibanding wilayah lain. Semangat pejuang UN. Alhamdulillah

08 Nov
Balas

Semoga semua bisa berjalan dengan lancar, dengan upaya kepala sekolah yg ingin memajukan siswa. Alhamdulillah

08 Nov
Balas

Semoga terus bersemangat dan tidak menyia"kan UN tersebut dan lebih fokus lagi dalam hal pembelajaran ... budaya literasai (membaca) harus lebih di dominan agar pencapaian nilai UN pun ikut baik .Alhamdulillah

08 Nov
Balas

Karna UN para siswa menjadi tertekan apalagi UN menjadi acuan kelulusan untuk sekolah yg begitu lama cuma beberapa pelajan yg menjadi acuan . Sejatinya penguat literasi dari dalam .

08 Nov
Balas

Karna UN para siswa menjadi tertekan apalagi UN menjadi acuan kelulusan untuk sekolah yg begitu lama cuma beberapa pelajan yg menjadi acuan . Sejatinya penguat literasi dari dalam .Alhamdulillah

08 Nov
Balas

Karna UN para siswa menjadi tertekan apalagi UN menjadi acuan kelulusan untuk sekolah yg begitu lama cuma beberapa pelajan yg menjadi acuan . Sejatinya penguat literasi dari dalam .Alhamdulillah

08 Nov
Balas

Bener bun ank2 sekarang hanya berpikir yg penting lulus,sehingga tidak memiliki keinginan prestasi nilai yg tinggi atau bagus.dan bener bun kurangnya motivasi gerakan untuk mencari taunya kurang membacanya pun kadang malas. Semoga apa yg di upayakan oleh rekan guru2 Bekasi lebih semangat lagi untuk mencapai yan yg di inginkan untuk para siswa/ini, dan semoga siswa/i bisa satu arah dengan apa yg guru ingin kan. # Alhamdulillah

08 Nov
Balas

Dengan ada nya motivasi diri yang tinggi, semoga dapat meningkatkan hasil nilai siswa bisa tercapai. Semoga semua berjalan dengan lancar, aamiin. Sukses terus bunda, alhamdulillah.

08 Nov
Balas

Semoga upaya yang di lakukan dapat berjalan dengan lancar dan tercapai, semangat dan sukses selalu... Alhamdulillah

08 Nov
Balas

Semoga apa yang diinginkan kepala sekolah kabupaten bekasi segera tercapai. Dan bisa menciptakan anak bangsa yang pintar, dan meraih hasil yang diinginkan. Alhamdulillah

08 Nov
Balas

Bener banget bun, karena doktrinan sekolah UN tidak menentukan kelulusan menjadikan siswa semangat nya turun. Semoga saja terlaksana semua apa yang direncanakan dan bekasi bisa meningkatkan lagi mutu serta mengejar ketertingalan. #Alhamdulillah

08 Nov
Balas

Pola fikir " yang penting lulus" harus dihilangkan agar siswa lebih serius dan lebih giat belajar untuk menghadapi UN supaya hasilnya bisa maksimal, semua manusia pasti memerlukan motivasi baik dari diri sendiri maupun orang lain, semoga upaya yang akan dilakukan oleh semua kepala sekolah kab. Bekasi bisa tercapai dan mengantarkan kab. Bekasi mengungguli wilayah lain. Alhamdulillah

08 Nov
Balas

Maa Syaa Allah sangat luar biasa semoga kedepannya semakin lebih meningkat dan semoga apa yg di upayakan oleh kepala sekolah kab. Bekas bisai tercapai. Aamiin. #Alhamdulillah

08 Nov
Balas

Maa Syaa Allah sangat luar biasa semoga kedepannya semakin lebih meningkat dan semoga apa yg di upayakan oleh kepala sekolah kab. Bekasi bisa tercapai. Aamiin. #Alhamdulillah

08 Nov
Balas

Semoga semua bisa berjalan dengan lancar, apa yang telah di upayakan, semangat terus dan sukses selalu. Aamiin. Alhamdulillah

08 Nov
Balas

Hampir sebagian besar para siswa selalu berpikiran ( yang penting lulus ), ini yang mesti di buang jauh oleh siswa. Karena persaingan di luar sana yang di utamakan adalah kwalitas. Dan mudah mudahan apa yang di lakukan oleh para kepala sekolah dan guru di Bekasi Bisa mendapatkan hasil yang maksimal... Masya Allah.

08 Nov
Balas

menjadikan bekal guru untuk berliterasi. Masyaallah

12 Nov
Balas

Alhamdulillah semoga apa yang di rencana mendapatkan hasil ,dan tahun demi tahun ke depannya menjadikan tercapai...

08 Nov
Balas

Masya Allah, semoga apa yang di upayakan oleh semua kepala sekolah kab. Bekasi, tercapai... Demi meningkatkan hasil yang di inginkan. Barakallah~

08 Nov
Balas

Semoga dengan di bekali ilmu-ilmu nya dalam pengajaran yang telah di berikan oleh para guru selalu bermanfaat ilmunya ketika saat mereka masuk perguruan tinggi jenjang pendidikan di masa depan para siswa nya nanti bukan hanya sekedar mengejar lulus dan dapat nilai tertinggi. Tapi bisa menaklukan dunia pendidikan. Yang berkualitas. Entah dari segi kurikulum dan lain-lain nya Aamin. Barrakallah

08 Nov
Balas

Benar sekali bunda,, kebanyakan dari siswa berpikirnya "yg penting lulus atau yg penting punya nilai(walaupun tdk maksimal nilainya)" . Jadi ketika menghadapi UN itu semacam hal biasa saja tdk memiliki rasa tegang atau kurang fokus dlm mengerjakannya. Dan para siswa/i kurang dlm membacanya jga.. Semoga dengan program peningkatan mutu kelulusan, InsyaAllah bisa meningkatkan kualitas pendidikan yg lebih baik lagi di sekitar Kab.Bekasi ini.. ~Barakallah

08 Nov
Balas

terkait nilai yg di bawah 5,5 .. itu benar2 kasian buat siswa yang hendak mencari kerja setelah lulus bunda . soalnya perusahaan kebanyakan mematok nilai minimall 7, terutama matematikaa . # semoga pendidikan kedepan nya lebih baik terutama bekasi. # subhanallah

08 Nov
Balas

Ternyata kabupaten Bekasi berada di posisi paling bawah nilai kelulusan nya,, mungkin hal ini karena sebagian siswa menganggap enteng soal UN yang intinya yang penting lulus...semoga kedepannya kabupaten Bekasi bisa lebih baik lagi...aamiin#subhanallah

08 Nov
Balas

Luar Biasa bun, Peningkatan Mutu Standar Kelulusan SMK Kab. Bekasi ini sangat bangus untuk para siswa agar mereka tidak hanya berpikir "yang penting lulus", tapi agar mereka bisa perpikir bagaimana mereka bisa mendapatkan nilai UN yang tingga untuk bisa mendapatkan pekerjaan yg mudah, dan kita sebagai guru harus terus memberikan motivasi kepada mereka. sehat dan sukses selalu bun, barakallah fiik, #subhanallah

08 Nov
Balas

Sing penting lulus... Kadang anak anak yang sedang ujian tak menghiraukan dengan nilai. Mereka berharap yang penting lulus sekolah. Tak berharap nilai besar. Karena kalau sudah lulus mereka bisa bekerja. Sangat minim sekali pemikiran anak muda zaman sekarang. Tanpa pengetahuan dan wawasan mereka sulit tuk mencari pekerjaan. Apalagi bekasi sebagai pelopor industri terbesar. Nilai pun sangat mempengaruhi... #SubhannAllah...

10 Nov
Balas

Benar Bu, yang menjadi hal mendasar penyebab rendahnya hasil UN krna siswa malas membaca, jadi tidak bisa mngrjakan soal dengan baik. Tingkat SD pun minat membaca kurang sekali. Semoga kita bisa mempunyai cara agar lebih meningkatkan literasi. #subhanallah

08 Nov
Balas

Masyaallah teruslah berjuang para guru kami...semoga lelahmu menjadi lillah dan berkah untuk semua terutama siswa/i mu...

08 Nov
Balas

Masyaallah teruslah berjuang para guru kami...semoga lelahmu menjadi lillah dan berkah untuk semua terutama siswa/i mu...

08 Nov
Balas

Masyaallah semoga kedepannya lebih baik, semoga pengupayaan sekolah tercapai dan lancar segala sesuatunya. Barakallah

08 Nov
Balas

Barakallah, smoga yg diupayakan tercapai, dan smoga UN menjadi pemicu semangat kembali para siswa untuk belajar..

08 Nov
Balas

Mantap,,, reportase nya mampu memberikan semangat. Sungguh miris memang,, siswa sekarang sangat berbanding terbalik dengan siswa zaman dulu. Peningkatan literasi nya pun sangat dibawah standar. # Subhanallah

08 Nov
Balas

Wduhh peringkat 26 dari 27 kabupaten/kota . Miris juga yaa . Smoga lebih baik lagi bekasi . Subhanallah

08 Nov
Balas

Subhanallah,,,semoga apa yang direncanakan segera tercapai,dan berlaku untuk sekolah" yang ada diindonesia,agar para siswa/i tidak menganggap ijazah itu hanya loyalitas semata,#Subhanallah

08 Nov
Balas

Masya allah semoga apa yang diupayakan mendapatkan hasil yang memuaskan aminn..alhamdulillah

09 Nov
Balas

Sebagai seorang pembimbing atau pendidik mereka harus mampu membantu pola pikir mereka agar mereka termotivasi dan terus semangat dalan kewajiban mereka sebagai seorang pelajar,semoga apa yg telah di rencanakan dan di upayakan terlaksana dan tercapai aamiin. #masyaallah

08 Nov
Balas

Sangat luar biasa semoga kedepannya semakin lebih meningkat sampai seterus nya.. Semoga apa yang di upayakan oleh kepala sekolah kab. Bekasi tercapai *subhanallah

08 Nov
Balas

Terus tingkatkan mekanisme pendidikan,,matappp #masya allah

08 Nov
Balas

Masyaallah semoga apa yang di upayakan dengan Semua kepala sekolah kab , Bekasi selalu Berjalan dengan baik apa pun acara nya #Alhamdulillah

08 Nov
Balas

Masya allah.. semoga apa yg di upayakan bisa tercapai semua nya.. Alhamdulillah

08 Nov
Balas

Mantul bu... Tetap semangat

08 Nov
Balas

Hasil nilai siswa sangat mempengaruhi untuk ke jenjang selanjutnya seperti ke universitas, ke smpn, ke sman dan bisa berpengaruh untuk melamar pekerjaan #masyallah

10 Nov
Balas

Tentu penindak lanjutan ini sangat perlu ya bun. Sebagai bentuk kepedulian terhadap para siswa. Semoga apa yang diharapkan oleh tiap pihak sekolah berjalan dan terrealisasi dengan baik. Alhamdulillah

08 Nov
Balas

Semoga pendidikan di bekasi jauh lebih baik lagi.dan semoga para siswa lebih giat lagi dalam belajar agar nanti menghadapi un sudah tidak merasa kesulitan lagi.agar bisa mendaparkan nilai yg memuaskan. #barakallah

08 Nov
Balas

Benar sekali bunda,, sangat perlu dalam mengupayakan meningkatkan hasil nilai siswa, karena perusahaan-perusahaan lebih mengutamakan kualitas dari pada kuantitas, dengan meningkatkan hasil nilai siswa SMK juga khususnya, agar para siswa dapet bersaing di perusahaan dengan orang lain yg dari luar Cikarang ini. #alhamdulillah

08 Nov
Balas

luar biasa bunda..perjuangan demi tugas dan ilmu..semoga mendapatkan..ilmu dan pengalaman yg manfaat dan berkah..semangat bunda...

08 Nov
Balas

Memang ada siswa itu butuh yg namanya pendalaman Materi oleh gurunya,,,ini akan membuat siswa itu bisa d cerna dengan sempurna walaupun Nilai Un itu masih kurang.semoga apa yg d upayakan oleh kepsek atau kepala sekolah kita ini bisa teratasi dengan baik y bun....

08 Nov
Balas

Wah seru juga ya,alhamdulillah kita dapet info juga dari sini,semoga pendidikan smk di kabupaten bekasi lebih baik lagi dri kota dan kabupaten

08 Nov
Balas

Masya Allah, semoga apa yang di upayakan oleh semua kepala sekolah kab. Bekasi, tercapai... Demi meningkatkan hasil yang di inginkan. #Alhamdulillah

08 Nov
Balas

Masya Allah, semoga kedepannya lebih meningkat dengan adanya upaya perbaikan dari segi mekanisme untuk menghadapi ujian. Nilai memang bukan segalanya, tapi bisa di jadikan barometer tentang prestasi seorang siswa. Barokallah...

08 Nov
Balas

Semoga semua pihak dapat bekerjasama baik pihak sekolah orang tua ataupun siswa itu sendiri agar semuanya mendapatkan nilai sesuai dengan yang diinginkan. Semoga tujuan dari artikel ini dapat tercapai dengan baik. Barakallah

08 Nov
Balas

Benar bngt bun , kebanyakan siswa berpikirannya yg penting lulus jadi ketika menghadapi UN itu biasa aja tdk maksimal. Dan kurang nya literasi jga. Smga dengan program peningkatan mutu kelulusan bisa meningkatkan kualitas pendidikan yg lebih baik lgi di kab bekasi. #barakallah

08 Nov
Balas

Baru tau deh stelah baca artikel ini mengenai kedudukan posisi mutu pendidikn kurikulum iya emng betul bgt kalau dilihat bekasi jabar memiliki pendapatan yg tinggi tapi Hasil UN malah rendah , betu banget pernah ngalamin turunya nilai UN yg drastis karena siswa kurang akan literasi yaitu membaca ,maka dari itu nilai UN belum dapat diraih dengan maksimal. smoga stelah adanya rapat Peningkatan Mutu Standar Kelulusan SMK kabupaten bekasi bisa menjadikan bekal seorang guru untuk meningkatkan literasi siswa agar fokus akan soal Ujian dan mendapatkan hasil UN yg maksimal aamiin #Subhanallah

08 Nov
Balas

Semoga apa yg di upayakan oleh para pihak sekolah bisa tercapai dengan baik, agar siswa/siswi dapat melaksanakan nya dengan penuh semangat bukan dengan bermalas"an... # barakallah

10 Nov
Balas

Luar biasa semoga apa yang di upayakan oleh semua kepala sekolah kab. Bekasi biasa tercapai dengan baik. #Alhamdulillah

08 Nov
Balas

Bener banget bunn, kebanyakan siswa jaman sekarang pikirannya beda dari siswa2 dulu. yang penting lulus doang. Semoga upaya2 yg telah disusun menjadikan anak2 lebih bersemangat. #subhaanallah

14 Nov
Balas

Doanya semoga semua program sukses

21 Dec
Balas
search