Siti Ropiah

Guru MA Al Ishlah Cikarang Utara Kab Bekasi Jawa Barat Alumni Uin Jakarta, nomor hp 087888623714 ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Tunanetra Saja Ciptakan Buku

Tunanetra Saja Ciptakan Buku

Baru sekitar satu minggu ini, aku mengenal Ramaditya, biasa dipanggil Mas Rama. Beliau termasuk anggota dari salah satu group yang kumiliki, yaitu group Konsultasi KGPBR (Komunitas Guru Penulis Bekasi Raya). Awal mula perkenalan via WA, beliau mengirim cerita anak. Ceritanya asyik, seru, betapa ia dapat dengan bebas menceritakan tentang peri eror bernama Wahita dalam dunia khayal tentunya. Langsung saja pikiranku melayang, bahwa ia pasti seseorang yang memiliki daya khayal tingkat dewa. Ketertarikanku itu karena di sela cerita khayalnya tersebut, ia masukkan pesan religi, tentu pesan moral ada juga. Hal ini yang membuatku semakin tertarik. Siapa sih Mas Rama ini. Sampai suatu ketika, ia mengirim tulisan dengan judul "Ayah Adalah Cahayaku". Tulisan tersebut, sontak membuatku meneteskan air mata. Tulisan tersebut bercerita tentang kelahiran beliau, yang ternyata tetap diterima dengan penuh sukacita oleh orang tuanya.

Aku tak percaya begitu saja, bila beliau tunanetra. Kutanyakan tentang kondisi Laki-laki hebat itu pada temanku. Ups ternyata benar adanya demikian, Mas Rama tunanetra. Subhanallah, itu yang terucap dari bibirku.

Rasa penasaranku semakin menjadi. Pasalnya Mas Rama, dapat menjawab WA yang disampaikan padanya, padahal di WA group. Ini khan hal yang mustahil. Jangankan di WA group, WA pribadi pun sulit, bagaimana seorang tunanetra dapat mengetahui tulisan yang tertera di layar hp, konon lagi, beliau membalasnya sebagaimana orang normal (baca dapat melihat, dibalas yang ditunjukkan kepada orang yang bertanya).

Hari ini, aku mendapat kiriman video tentang laki-laki berputra satu ini, yaitu video wawancara terkait buku yang ditulisnya. Jleb... Ada hentakkan yang amat dahsyat masuk dalam sanubari. Hatiku tertonjok tepat di jantung ini, namun subhanallah, amazing, luar biasa terucap dari bibirku, sebagai bentuk kekaguman luar biasa. Bagaimana bisa, seorang tunanetra menulis buku. Subhanallah, walhamdulillah wala ilahaillahu wallahu akbar. Hanya itu yang keluar dari mulutku.

Oh... Ternyata Mas Rama pandai IT, pantas saja ia mampu membuat gambar dari cerita peri yang dibuatnya. Ups... Tapi bagaimana bisa laki-laki penyayang ini (beliau dapat lakukan mengurus buah hatinya), hingga menciptakan buku, membalas WA dan lain-lain. Beliau menyadari kelemahannya, hingga akhirnya mampu ciptakan suara yang dapat keluar pada laptop dan hpnya. Jadi di laptop dan hp yang dimilikinya di program pembaca layar, hingga keluar suara yang dapat ditangkap olehnya. Jleb... Gubrak... Makin dalam hatiku tertonjok dan mampu membuat diri ini terkulai. Pasalnya aku yang normal dan sempurna ini tak pandai dalam IT.

Mas Rama sudah memiliki karya berbentuk buku, yang ditulis dengan hurup biasa dan juga dengan hurup braille. Luar biasa. Bagaimana seorang yang tak dapat melihat, namun menghasilkan buku. Bahkan bukunya ini, tidak hanya dalam bentuk tulisan, namun juga dalam bentuk suara. Hal ini diperuntukkan bagi orang yang memang tak dapat melihat dan juga yang malas melihat (membaca). Sudah 5 buku yang dihasilkan, buku ke-6 dalam proses akhir. Wow amazing...

Bagaimana sahabat gurusianer, adakah yang tak tertonjok????

Sejatinya Allah Limpahkan Kelebihan Dibalik Kelemahan

Salam Perindu Literasi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Buatku boleh ditambah tonjokannya ,Bun. Salam...semangat.

03 Jan
Balas

Waduh, jangan banyak-banyak Pak, nanti sakit. Terima kasih selalu menyempatkan mampir dan barakallah

03 Jan

Ini realita! Di balik kekurangan seseorang, Allah memberikan kelebihan kepada dirinya. Bagus, Bu Ropiah!

03 Jan
Balas

Oh iya benar Pak Allah selalu berikan kelebihan kelebihan dibalik kelemahan seseorang hanya kita Bisakah mengambil Ibrah dari semua itu terima kasih Sukses selalu Pak.

03 Jan

Ya Allah, Subhanallah. Saya tidak mampu berkata apapun. Allah maha besar bagi mereka yang tidak berputus asa walaupun dalam keterbatasan, bagaimana dengan kita? Terus menginspirasi. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah.

03 Jan
Balas

Betul sekali Pak Mul. Sejatinya kita manusia berusaha untuk selalu mengambil Ibrah dari setiap kejadian yang Allah tentukan. Sukses selalu untuk Bapak dan terimakasih selalu menyambangi tulisan ini

03 Jan

Selalu ada hikmah di setiap ciptaan Allah Swt

03 Jan
Balas

Benar Pak Guru, semoga kita dapat ambil hikmah tersebut. Terima kasih sudah berkunjung dan barakallah

03 Jan

Subhanallah, cerita yang inspiratif. Membuat orang yang normal harus lebih banyak bersyukur dengan segala yang telah diberikan Sang Pencipta. Barakallah bunda.

03 Jan
Balas

Betul sekali saudariku, nonjok banget yah. Smoga kita dapat mengambil pelajaran dari hal tersebut. Terima kasih selalu menyempatkan mampir dan barakallah

03 Jan

Subhanallah...sungguh sosok yang luar biasa Bunda, dengan keterbatasannya mamlu berkarya besar, bagaimana fengan kita...nonjok banget Bund...Mas Rama sungguh luar biasa, salut dan terharu saya membacanya..sangat inspiratif...makasih Bunda Vivi...sehat n sukses..barakallah

03 Jan
Balas

Benar Bunda, beliau sangat luar biasa, makanya aku tertonjok dan tak tahan dengan tonjokkan itu, kubagikan tonjokkan ini untukmu jua. Terima kasih selalu menyempatkan membaca tulisan ini dan barakallah

03 Jan

Aku tertonjok saudariku...Subhanallah wal hamdulillah.....Allah menciptakan kelebihan luar biasa di tengah kelemahan yang mendera...Allah Maha Adil...Sukses selalu untuk Mas Rama..Barakallah Bunda Pipi.....

03 Jan
Balas

Benar sekali Saudariku, nonjok banget. Semoga kita dapat mengambil ibrah dari hal itu. Terima kasih selalu menyempatkan membaca tulisan ini dan barakallah

03 Jan

Subhanallah... Sukses Mas Rama dan Bu Pipi...

03 Jan
Balas

Terima kasih apresiasinya sahabatku. Terima kasih selalu menyempatkan mampir dan barakallah

03 Jan

Bu Siti, aku tertonjok jungkir balik bu....

03 Jan
Balas

Waduh, hati-hati Bund. Benar-benar tertonjok yah bila sampai jungkir balik, hehehe. Terima kasih sudah berkunjung dan barakallah

03 Jan

Allah memang maha besar, selalu memberikan kelebihan dibalik kelemahan... supaya kita selalu belajar bersyukur, pun sebaliknya bunda...Allah memberikan kelemahan dibalik kelebihan supaya kita selalu belajar menghindari kesombongan... Sukses selalu bunda... barakallah

03 Jan
Balas

Benar sekali Bubd, tak ada yang sempurna. Tapi dibalik ketidaksempurna itu, justru buat hidup jadi sempurna dengan syukur dan sadar diri. Terima kasih sudah berkunjung dan barakallah

03 Jan



search

New Post