Siti Ropiah

Guru MA Al Ishlah Cikarang Utara Kab Bekasi Jawa Barat Alumni Uin Jakarta, nomor hp 087888623714 ...

Selengkapnya

Ziarah Kubur, Eratkan Silaturahmi

Hari kedua idul fitri, waktunya mengunjungi makam kakek. Memang sudah menjadi tradisi hal ini dilakukan. Bukan tanpa alasan pula hal ini dilakukan.

Hal tersebut terjadi, karena dengan adanya acara ziarah kubur ini meciptakan eratnya hubungan silaturahmi keluarga besar kakek dari pihak ibu (sementara itu ziarah ke makam orang tua sudah dilakukan di hari pertama). Bahkan jadi ajang perkenalan. Soalnya di antara kami sendiri terkadang belum mengenal satu sama lain, karena tidak sempatnya bertemu. Sementara itu dari tahun ke tahun bermunculan anak-anak yang dilahirkan.

Tempat tinggal yang cukup jauh dan kesibukkan yang membelit keseharian membuat kami jarang bertemu, bahkan tidak pernah bertemu. Karenanya acara ziarah kubur ini merupakan moment yang penting untuk dilakukan agar silaturahmi di antara keluar besar terjalin dengan erat.

Hari ini yang mengikuti acara ziarah kubur ini mencapai 85 orang, baik anak-anak maupun dewasa. Sebenarnya jumlah keluarga besar kami lebih banyak dari itu, namun karena terdapat halangan, sebagian tidak dapat hadir.

Kami berkumpul sekitar pukul 08.00 WIB. Kemudian dimulai dengan pembacaan yasin dan dilanjutkan dengan tahlil dan doa yang dipimpin oleh Ustadz Nuraidi, M.Pd. kemudian disampaikan tausiyah yang memaparkan betapa pentingnya ziarah kubur sebagai pengingat kematian dan tak kalah penting menjalin dan menjaga silaturahmi di antara yang hidup agar mendapat keberkahan.

Selanjutnya, tiga orang yang dituakan duduk bersama, untuk menerima sungkem dari yang lebih muda dan dilanjutkan saling bermaaf-maafan. Sebagai perekat dan penyemangat, tak lupa diberikan angpau kepada semua yang hadir atas kebaikan dua orang yang memiliki kelebihan rizki.

Sekitar pukul 09.30 WIB, kami pun berpisah untuk kembali ke rumah. Selanjutnya mengisi hari bahagia ini dengan berbagai acara. Ada yang melanjutkan menemui keluarga yang lain, seperti menyambangi mertua atau kerabat lainnya. Ada pula yang menuju tempat rekreasi, bagi yang sudah mengunjungi semua kerabat.

Sejatinya Mengunjungi yang Hidup dan yang Mati Eratkan Silaturahmi.

Salam Perindu Literasi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Luar biasa acara silaturahmi yang penuh makna bagi pesertanya. Selamat berkumpul dengan segenap keluarga besar bunda Vivi.

07 Jun
Balas

Terima kasih doa dan apresiasinya. Terima kasih pula telah berkunjung dan barakallahu fiik

07 Jun

Pastinya acaranya tersebut sangat fantastis, semua keluarga besar bisa berkumpul 85 orang lebih, ziarah mengingatkan kepada generasi sebelumnya dan makna kematian. Tulisan yang sangat menginspirasi. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah

07 Jun
Balas

Alhamdulillah dapat berkumpul di hari nan fitri. Terima kasih selalu menyempatkan mampir dan barakallahu fiik

07 Jun

Sama-sama bu Vivi

07 Jun

Ditambah lagi ziarah kubur untuk mengingatkan kita bahwa kita akan mati. Hidup hanya sebentar saja.Jazakillah khoir untuk tulisan yang sudah mengingatkan ini.Salam sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah. Deqquuuu.

07 Jun
Balas

Benar sekali Kak, ziarah kubur jadi pengingat diri. Teruntai doa untuk Kakakku tercinta agar tercurah rahmat Allah terlimpah untuk kesehatan Kakak dan barakallahu fiik

07 Jun

Seru sekali silaturahmi nya, semakin erat, akrab dan banyak manfaat. Apalagi ziarah kubur semakin menambah ukhuwah bagi yang hidup maupun yang telah tiada. Selamat berbahagia bersama keluarga, sahabat dan handai taulan di momen syawal ini. Barakallahu fiik, sehat dan bahagia selalu y bun.

07 Jun
Balas

Terima kasih apresiasi dan doanya. Terima kasih pula kunjungannya dan barakallahu fiik

07 Jun

Begitulah Ibu Siti, manusia itu dari hidup sampai mati mendatangkan kebaikan kepada kita. Barakallah sehat selalu

07 Jun
Balas

Benar sekali Abah. Terima kasih sudah menyempatkan mampir. Teruntai doa untuk Abah semoga rahmat Allah terlimpah untuk kesehatan Abah dan barakallahu fiik

07 Jun

Betul sekali bu DR Vivi chantiiik.. Tali silaturrahmi memang harus dijaga kelestariannya.. Hingga bisa saling mengenal dan sayang menyayangi...sehingga akan selalu terjalin erat keakraban satu dengan lainnya, walaupun jarang bersua.. Barakallah fiik

07 Jun
Balas

Benar sekali Bunda Sejukku. Terima kasih selalu menyempatkan mampir dan barakallahu fiik

07 Jun

Ya ziarah kubur untuk mengingatkan kita kepada kematian.#subhanallah

07 Jun
Balas

Bensr sekali. Terima kasih sudah mampir dan barakallahu fiik

07 Jun

Alhamdulillah wasilah ziarah dipertemukan dengan sanak saudara yang lama tidak bertatap muka satu sama lain, semoga berkelanjutan untuk mengeratkan tali silaturahmi dengan keluarga #subhanallah

07 Jun
Balas

Benar sekalu, semoga demikian. Terima kasih doa dan kunjungannya. Barakallahu fiik

07 Jun

Ziarah mengingatkan akan kematian, dan silaturahim mempererat kekeluargaan itu benar adanya. Barakallah

07 Jun
Balas

Benar keduanya memberi arti dalam diri. Terima kasih sudah mampir dan barakallahu fiik

07 Jun

Silatuhrahmi dengan do'a bersama terasa indah dan membawa kepada keberkahan yg luar biasa karena dgn semua ini dapat mengenal satu sama lainnya dan saling berbagi, subhanallah...

08 Jun
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali