Siti Ropiah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
TIPS MENGHADAPI TAKDIR BURUK

TIPS MENGHADAPI TAKDIR BURUK

Bencana dan musibah yang terjadi akhir akhir ini di Indonesia, membuat hati menangis. Kukatakan demikian, karena belum usai duka akibat gempa dan tsunami serta likuifaksi di Palu, Sigi dan Donggala, disusul oleh jatuhnya pesawat Lion Air di Tanjung Pakis Karawang. Namun bencana tersebut merupakan takdir yang telah ditetapkan Allah. Oleh karenanya menyikapi dengan bijak merupakan aplikasi dari rukun iman keenam yaitu meyakini takdir yang baik atau yang buruk.

Namun manusia dengan segala kelemahan dan rasa, terkadang lupa dan lalai bahwa semua itu kehendak Allah. Mungkin terkait takdir baik, dengan segala rasa dapat menerimanya, namun tidak demikian dengan takdir buruk, yang cenderung menolaknya.

Berdasarkan hal di atas, maka terdapat enam tips dalam menghadapi takdir buruk sebagaimana diungkapkan oleh Ibnu Qoyyim dalam bukunya Fawaidul Fawaid, yaitu :

Pertama, kata mata tauhid atau keimanan. Seluruh umat islam meyakini bahwa rukun iman yang keenam adalah iman kepada takdir yang baik maupun takdir buruk. Berdasar keyakinan ini, maka apapyn yang terjadi di muka bumi ini, termasuk musibah merupakan ketentuan Allah yang harus diterima. Sesuai dengan pesan Allah dalam qs al hadid ayat 22.

ما اصاب من مصيبة في الارض ولا في انفسكم ال في كتاب

"Tiada suatu bencanapun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis di lauhil Mahfuzh"

Kedua, kacamata keadilan. Kita memiliki keyakinan bahwa maha adil, termasuk dalam hal terkait dengan musibah atau bencana yang terjadi. Selaras dengan firman Allah dalsm qs fushilat ayat 46

وما ربك بظلام للعبيد.

"dan sekali kali tidaklah Rabb-mu menganiaya hamba hambanya".

Ketiga, kacamata kasih sayang. Rahmat Allah menyelimuti alam dan isinya. Oleh karenanya meyakini bahwa rahmatNya dalam peristiwa pahit mengalahkan kemurkaan dan siksaNya. Karena tak mungkin Allah memberikan sesuatu pada orang beriman tanpa kasih sayang-Nya.

Keempat, kacamata hikmah. Allah memberikan sesuatu untuk makhluknya bukan tanpa alasan dan tujuan. Demikian musibah dan bencana yang terjadi tentu tidak lepas ada hikmah dibalik hal itu

Kelima, kacamata pujian. Allah itu maha terpuji dan pujian hanya layak untuk Allah. Berdasar hal itu, maka bencana dan musibah yang terjadi berdasar ilmu dan tuntutan hikmah-Nya

Keenam, kacamata penghambaan. Ketika keyakinan bahwa segala sesuatu itu milik Allah, Allah yang berhak mengatur segalanya, termasuk musibah atau bencana, maka menerima hal tersebut merupakan penghambaan pada-Nya.

Sudahkah Anda memiliki kacamata tersebut di atas, kalau aku sih sudah berkacamata untuk membantu penglihatan.

SEJATINYA "KACAMATA" MERUPAKAN ALAT BANTU DALAM MENYIKAPI SUATU PERSOALAN

Salam Perindu Literasi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Butuh kacamata yang sesuai agar kita menjadi lebih bijaksana dalam memandang suatu persoalan sehingga mendapatkan solusi yang tepat pula. Kalau kaka kacamatanya minus 3 lho deq, tanpa plus. Pertanda masih 17 tahun ke samping....hihihi. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, deq.

08 Nov
Balas

Kakak yah godain aku terus. Serius tuh kak masih min, berarti kk memang masih, 17 lebih dikiiiiiiiiit. Terima kasih sdh menengok dan untaian doa selalu untuk kakak tercinta smoga Allah limpahkan rahmatNya utk kk dan barakallah

08 Nov

Semoga menjadi pelajaran berharga buat saya yang belum berkacamata, barokallah bunda.

08 Nov
Balas

Waduh, sy yg sdh berkaca-kaca, ehhh berkacamata. Terima kasih sdh sempatkan mampir dan barakallah

08 Nov

Saya pake kacamata plus Bunda Pipi...soalnya udah usia 40++..hi..hi

08 Nov
Balas

Benar saudariku, aku sudah pake kacamata min plus Alias progresif. Terima kasih sdh sempatkan mampir dan barakallah

08 Nov

Terima kasih Bu Vivi atas tips nya Sukses dan Barokallahu Fiik

08 Nov
Balas

Sama sama, jangan lupa beli kacamata yah

08 Nov

Kalo kacamata yg terakhir sy jg udah bu,, min 3 silinder 0.5 jg yg kiri,, hehehe...

08 Nov
Balas

Hahaha sdh banyak yah kacamatanya. Terima kasih sdh sempatkan mampir dan barakallah

08 Nov

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali