Siti Ropiah

Guru MA Al Ishlah Cikarang Utara Kab Bekasi Jawa Barat Alumni Uin Jakarta, nomor hp 087888623714 ...

Selengkapnya
Tarawih yang Dilematis

Tarawih yang Dilematis

Membaca artikel salah seorang gurusianer terkait salat tarawih, mengingatkan pada hal yang terjadi denganku. Di daerahku Cikarang Bekasi, terbiasa salat tarawih dengan kecepatan luar biasa. Bayangkan saja, kami hanya habiskan waktu 30-40 menit untuk salat tarawih 20 rakaat plus salat witir 3 rakaat. Itu pun sudah dengan doa pada tiap 2 kali salam (4 rakaat). Plus kalimat ajakan salat berbahasa Arab tiap dua raka'at, seperti kalimat yang diucapkan seorang bilal صلوا سنة التراويح اجركم الله dijawab oleh jama'ah لا

لااله الا الله محمد رسول الله صلى الله عليه وسلم اللهم صلي وسلم وبارك عليه

Hal itu diperuntukan terkait bilangan atau jumlah rakaat yang telah terlalui.

Terdapat fenomena unik dari jama'ah salat tarawih di desaku, yaitu imam yang bacaan salat dengan cepat itu yang digemari. Bahkan terkadang sengaja memilih imam, hanya untuk menentukan ikut tarawih atau tidak. Artinya ketika giliran imam yang cepat bacaannya, maka datanglah ia ke masjid dan sebaliknya.

Demikian untuk jama'ah kaum wanita. Kebetulan pelaksaanan tarawih antara laki-laki dan perempuan terpisah. Laki-laki di masjid, sedang wanita di musalla. Namun untuk kaum wanita masih lebih beruntung, karena jadwal imam tidak dibuat secara terbuka, sebagaimana di masjid. Dengan begitu, para jama'ah tidak dapat mengetahui secara pasti seseorang yang menjadi imamnya. Tetapi bila imamnya lambat, ramailah para jama'ah. Bahkan imam tersebut bisa dijuluki " doyok", artinya yang lelet atau lambat.

Ketikamenjadi imam, aku pun melakukan hal itu. Namun aku lakukan trik dengan cara bacaan diwashal secara benar, agar lebih cepat saja.

Namun sekarang, aku coba ubah kebiasaan itu dengan membaca bacaan salat, termasuk bacaan surat dengan tidak terburu-buru dan juga tidak diwashal. Hal ini membutuhkan waktu lebih dari satu jam. Tapi biarlah, karena gerakan dan bacaan salat memang harus benar, agar khusuk dapat diperoleh. Aku sampaikan sebelum salat tarawih atau pada saat memberi materi di majlis ta'lim bahwa bacaan dan gerakan salat harus benar, tidak terburu-buru. Karena Allah perintahkan salat dengan khusyuk dan untuk mencapainya dengan tidak terburu-buru. Kuamati sedikit demi sedikit para jama'ah mulai menyadari dan menerimanya.

Sebenarnya dulu sudah aku tawarkan untuk tarawih tidak harus 20 rakaat bila ingin selesai sebelum pukul 20.00WIB. Sebab yang kuketahui, masyarakat menginginkan tarawih tidak lebih dari pukul 20.00 WIB. Saat itu aku tawarkan tarawih dengan rakaat yang tercapai hingga sebelum pukul 20.00 WIB, bisa 8 rakaat atau 10 rakaat. Namun mereka tak mau. Mereka inginkan jumlah rakaat banyak dengan waktu yang sedikit. Owala...susah dong.

Sejatinya Berevolusi dalam Ibadah merupakan Jalan Terbaik yang harus Dilalui.

Salam Perindu Literasi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Pada umumnya imam tarawih yang bacaannya lebih cepat mang banyak diminati dan disukai jamaah. Cepat disini bukan berarti terburu-buru, tapi mang pembawaan dan cara bacanya imam tsb sangat menguasai mahroj dan tajwidnya. Paparan yang mantul sekaligus info pembiasaan yang sudah terbiasa bagi sebagian penduduk Indonesia

09 May
Balas

Terima kasih kembaranku selalu sempatkan mampir dan barakallahu fiik

09 May

Selain geli membaca tulisan ini, perasaan prihatin juga ikut hadir... Ternyata itu yang dimaksud dilematis... Banyak dan cepat. Ini memang pertanda akhir zaman.

09 May
Balas

Loh kok sampai geli gitu, kenapa Bund. Iya pinginnya cepat. Terima kasih sudah mampir dan barakallahu fiik

09 May

Dilematis. Jumlah rakaat yang banyak dengan waktu yang singkat. Padahal sesungguhnya dalam beribadah, dibutuhkan "hikmad". Di tempat kami, 8 rakaat tarawih plus 3 witir dengan waktu 60 menit. Rata-rata dari shalat Isya yang masuk pada pukul 19.40 , kemudian taushiyah hingga shalat tarawih dan witir, selesai pada pukul 21.30 WIB. Semoga kita bisa meraih keberkahan tarawih yang hanya ada di bulan Ramadhan. Salam sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah, Deqquuu.

09 May
Balas

Mamtaps Medan, tapi Kakak di kota, aku di kampung. Terima kasih selalu menyempatkan mampir. Teruntai doa untuk Kakakku tercinta agar

09 May

Shalat tarawih memang shalat yg hanya khusus ada di bulan ramadhan. Dulu saya juga senang kalo imamnya bacaanya cepat bu. Biar cepet selesai

09 May
Balas

Harusnya santai , tidak buru buru. Terima kasih selalu menyempatkan mampir dan barakallahu fiik

09 May

Shalat tarawih memang shalat yg hanya khusus ada di bulan ramadhan. Dulu saya juga senang kalo imamnya bacaanya cepat bu. Biar cepet selesai

09 May
Balas

Fenomena seperti ini selalu ada saat bulan ramadhan di daerah saya juga, dan saya juga kadang seperti itu. Terima kasih share baiknya bunda, semoga menjadikan perbaikan dan manfaat buat saya. Barakallah bunda Pipi, sukses selalu.

09 May
Balas

Benar Bund. Terima kasih apresiasi dan kunjungannya. Barakallahu fiik

09 May

Subhanallah...begitulah manusia Bunda. Maunya yang enak. Kalau sudah enak, masih mencari yang lebih enak. Tak luput pula dalam beribadah. Padahal Islam telah memberikan pilihan utk jumlah rekaatnya. Barakallah fiik. Sehat, bahagia dan sukses selalu Bunda. Selamat berpuasa

09 May
Balas

Iya yah Bund. Terima kasih selalu menyempatkan mampir dan barakallahu fiik

09 May

Tulisan yang luar biasa..mengupas tentang solat tarawih. Betul hal seperti memang terjadi di tempat sy juga. Julukan si Doyok bagi imam yang bacaan dan gerakan solatnya lama..

09 May
Balas

Bisa sama yah Bund, berarti kita sehati, hehehe. Terima kasih sudah sempatkan mampir dan barakallahu fiik

09 May

Sepertinya kondisi semacam itu kok ada di mana mana bunda Pipik, maunya ya cepet selesai. Barakallah dan panjang umur bunda

09 May
Balas

Oh gitu yah Bund, hehehe. Terima kasih sudah mampir dan barakallahu fiik

09 May

Masya allah, emang hampir smuah umumnya seperti itu, imam yang bacaan ny panjang pasti banyak makmum yang komen, dan seblaikny padahal ibadah harus mmbutuhkan kekhusyuu salah satuny, #subhanallah smoga bisa slalu belajar

11 May
Balas

Terima kasih sudah mampir dan barakallahu fiik

21 May

arti dari taraweh itu perlahan,,yg berarti sholat secara santai,,mungkin di setiap kampung memiliki pendapat lain atau ia lakukan oleh sesepuh kampung pada masa'a,,mau cepet/lama yg penting umat muslim bersemarak dengan datang'a bulan suci ramadhan ini #Alhamdulilah...

09 May
Balas

Ya benar Pak, terima kasih sudah mampir dan barakallahu fiik

09 May

Imam yang bacanya cepet dan jelas pelafalannya sangat diminati masyarakat. Sampai2 sebelum salat dimulai udah pada rame 'siapa imam sekarang' kata2 itu pasti keluar ketika pergi kemasjid/mushalah. Tapi alhamdulillahnya masjid dan mushalah tetap ramai oleh jamaah. Tidak melunturkan semangat dalah ibadah dibulan ramadhan walau pun banyak yang menggerutu tapi tetap melaksanakan salat dan esoknya datang lagi kemasjid. Subhanallah dasyatnya bulan ramadhan. Semoga kita semua dapat merasakan keberkahan dibulan ramadhan. Aminn

10 May
Balas

Begitulah yang terjafi. Terima kasih dan barakallahu fiik

21 May

Solat tarawih adalah solat sunah tapi pahalanya luar biasa bila dilaksanakan dengan tuma'nina ....jarya nya bu Doktir ok bwngt & unik ini sy baca sampai berulang ulang

09 May
Balas

Benar Bubd, tarawih itu ibadah khusus yang ada hanya di bulan ramadan. Terima kasih sudah mampir dan barakallahu fiik

09 May

Hampir semua jama'ah lebih minat dengan imam yang bacaannya lebih cepat dibanding imam yg agak lambat bacaannya, shalat tarawih itu mau cepat/lambat harus semangat menjalaninya karena hanya khusus di laksanakan di bulan ramadhan/ 1 tahun sekali# Subhanallah

09 May
Balas

Benar sekali. Terima kasih sudah mampir dan barakallahu fiik

09 May

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali