Siti Ropiah

Guru MA Al Ishlah Cikarang Utara Kab Bekasi Jawa Barat Alumni Uin Jakarta, nomor hp 087888623714 ...

Selengkapnya
Shalat Ied : Berharap Menjadi Suci Kembali

Shalat Ied : Berharap Menjadi Suci Kembali

Alhamdulillah, setengah enam pagi sudah siap berangkat menuju tempat dilaksanakan shalat idul fitri. Tepatnya di aula majlis ta'lim At Takwa milik pribadi dari ketua majlis ta'lim yang memang dikhususkan salah satunya untuk shalat idul fitri. Bukan tanpa sebab hal itu dilakukan. Karena gedung majlis ta'lim yang berkapasitas menampung jama'ah 300 orang tidak cukup untuk menampung jama'ah shalat idul fitri. Selain itu, aula ini bersifat terbuka, hingga jama'ah tidak akan kepanasan saat dilaksanakan shalat ied.

Sekitar pukul 05.40 WIB aku sampai di tempat tujuan, ternyata sudah ada jama' ah yang datang lebih awal. Takbir pun bergema mewarnai aula tersebut. Aula ini diperuntukan bagi jama'ah wanita. Sedang jama'ah laki-laki berkumpul di masjid yang jaraknya sekitar 100 M. Kapasitas masjid mampu menampung jama'ah sebanyak 750 orang, namun bila digabung dengan jama'ah wanita, masjid tersebut tidak sanggup menampungnya. Hingga akhirnya para wanita melaksanakan shalat ied di tempat yang berbeda.

Seiring waktu berjalan, jama'ah pun berdatangan secara berkelompok, dan memenuhi aula, namun nampak belum rapi. Terdapat tempat kosong di bagian tengah, sementara di bagian belakang dan pinggir hampir dipenuhi jama'ah. Melihat kondisi seperti itu, aku tak dapat tinggal diam. Akhirnya aku mengajak jama'ah untuk memenuhi shaf yang masih kosong, dengan sabar kuajak mereka maju satu persatu, sambil senyum terkembang dan kukatakan "shaf depan pahalanya lebih besar". Alhamdulillah, sekitar 15 menit nampak rapi shaf para jama'ah.

Takbir terus digemakan tiada henti. Sesekali aku pun melantunkan takbir melalui pelantang.(walau suaraku pas pasan, serak serak gimana gitu,hehehe). Diikuti para jama'ah yang ada. Sekitar 1 jam menunggu, akhirnya ruang aula terpenuhi oleh para jama'ah.

Sekitar pukul 07.00 WIB, sebelum dilaksanakan shalat ied, diberikan arahan terlebih dahulu oleh guru majlis ta'lim, Ibu Robiah alawiyah, yang ungkapkan bahwa tasbih yang dibaca pada saat shalat idul fitri sebanyak 7X pada raka'at pertama dan 5X pada raka'at kedua. Hal ini disampaikan untuk mengingatkan saja, terkadang banyak yang keliru dengan jumlah tasbih pada shalat idul adha.

Selanjutnya sambutan ketua majlis yang mengungkapkan bahwa apa yang dilakukan pada saat ramdan hendaknya terus dilakukan di bulan selanjutnya. Ramadan menurutnya merupakan ajang pelatihan, yang hasilnya akan terlihat di bulan berikutnya.

Sekitar pukul 07.15 WIB, dilaksanakan shalat idul fitri dengan aku sebagai imamnya. Raka'at pertama dibacakan surat Al A'la , sedangkan rakaat kedua dibacakan surat Al Ghasyiah. Hal ini didasarkan pada hadis

كان رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم يَقْرَأُ فِى الْعِيدَيْنِ وَفِى الْجُمُعَةِ بِسَبِّحِ اسْمَ رَبِّكَ الأَعْلَى وَ هَلْ أَتَاكَ حَدِيثُ الْغَاشِيَةِ

Rasullullah SAW biasa membaca dalam shalat ied maupun shalat Jum’at “Sabbihisma rabbikal a’la” dan “Hal ataka haditsul ghasyiyah” (HR. Muslim. Luhat Maktabah Syamilah, Sahih Muslim, Ju,. 2, hlm. 598, No. 878).

Sekitar pukul 07.30 WIB, selesailah shalat ied. Dilanjutkan dzikir dan doa yang dibacakan oleh ibu guru Robiah Adawiyah. Akhirnya sepuluh menit kemudian, selesai sudah seluruh rangkaian shalat ied, kemudian dilanjutkan dengan saling bermaaf-maafan. Ups, saat salaman, ternyata disematkan amplop pada tanganku dari ketua majlis ta'lim. Owala...ternyata ada amplopnya, hehehe...

Sejatinya Kesucian Saat Shalat Ied Merupakan Dambaan

Salam Perindu Literasi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bu Siti seorang penggerak yang telah lebih dulu menggerakkan hati dan pikiran untuk memperbaiki diri hingga mudah untuk menggerakkan jama'ah agar tertib bahkan rejeki nomplok pun bergerak menghampiri... Hehehe... Selamat Iedul Fitri 1440 H Taqobalallahu minna wa minkum.

06 Jun
Balas

Bisa aja Bunda Desi nih, terima kasih sudah berkunjung dan barakallahu fiik

09 Jun

Semoga kemenangan sejatk yang kita raih.

06 Jun
Balas

Amin ya rabb. Terima kasih sudah mampir dan barakallahu fiik

09 Jun

Alhamdulillah..imam dan penceramah yang luar biasa, diikuti makmum yang patuh. Semoga kita kembali suci dan hati-hati dalam melangkah ya Bunda Vivi.. Salam sehat dan sukses.. Barakallah

06 Jun
Balas

Semoga demikian Bunda Lupi, suci kembali. Terima kasih selalu menyempatkan mampir dan barakallahu fiik

06 Jun

Alhamdulillah kemenangan dicapai ...dan amplop di tangan pun melambai..hi..hi...Semoga hati yang suci akan terus mewarnai dalam diri..Salam sehat dan sukses selalu Bunda Pipi..Barakallah...

06 Jun
Balas

Alhamdulillah, bisa aja Budhe, terima kasih selalu sempatkan mampir dan barakallahu fiik

09 Jun

Terima kasih pencerahannya. Barakallah Ibu Siti sehat selalu

06 Jun
Balas

Terima kasih sudah sempatkan mampir. Teruntai doa untuk Abah semoga rahmat Allah terlimpah untuk kesehatan Abah dan barakallahu fiik

09 Jun

Semoga dengan iedul fitri kita kembali suci bersih dari dosa dosa kita, sesuai dengan arti dan makna dari iedulfitri tsb. Mohon maaf lahir bathin y bunda.

06 Jun
Balas

Amin, semoga demikian. Terima kasih sudah mampir dan barakallahu fiik

09 Jun

Suatu kebanggaan umat Islam bisa merayakan hari besar yaitu hari raya idul Fitri.#subhanallah

06 Jun
Balas

Benar sekali, karena hanya setahun sekali. Terima kasih sudah mampir dan barakallahu fiik

06 Jun

Semoga dipertemukan kembali ramadhan dan idul fitri tahun berikutnya dan selalu istiqomah dalam melakukan kebaikan..#subhanallah

06 Jun
Balas

Amin, semoga demikian. Terima kasih sudah mampir dan barakallahu fiik

09 Jun

Semoga dihari nanti fitri ini kita kembali suci, minal aidzin walfaidzin mohon maaf lahir bathin ya bun. Barakallah

06 Jun
Balas

Sama sama minal aidzin wak waidzin. Terima kasih sudah mampir dan barakallahu fiik

09 Jun

Alhamdulillah....keikhlasan yg penuh keridhoan mendatangkan suatu rezeki...subhanallah

06 Jun
Balas

Amin. Terima kasih sudah mampir dan barakallahu fiik

09 Jun

Bu Vivi luar biasa,seseorang klu ikhlas dan selalu bergerak positif pasti,akan membuahkan hsil..semangat terus, aduh br sempat nengok ke gurusiana.

09 Jun
Balas

Biasa di luar Bu, hehehe. Terima kasih sudah mampir dan barakallahu fiik

09 Jun

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali