Siti Ropiah

Guru MA Al Ishlah Cikarang Utara Kab Bekasi Jawa Barat Alumni Uin Jakarta, nomor hp 087888623714 ...

Selengkapnya
Ramadan Ciptakan Manusia Paripurna

Ramadan Ciptakan Manusia Paripurna

Ramadan merupakan salah satu bulan dari dua belas bulan dalam tahun hijriyah. Ramadan pun nama yang terukir indah dalam alquran yang disebut dalam QS al Baqarah : 185.

Ramadan ini memiliki keistimewaan dibanding dengan bulan lainnya, di antaranya:

Pertama, bulan ramadan merupakan bulan turunnya alquran sebagaimana firman Allah dalam QS al Baqarah: 185. Alquran merupakan pedoman hidup bagi umat Islam, karena di dalamnya berisi aturan-aturan tentang pokok-pokok ajaran Islam baik iman, islam maupun ihsam (akhlak). Karenanya umat islam harus berpegang teguh pada alquran dalam melaksanakan aktivitas kehidupannya.

Kedua, Ramadan bulan diperintahkan puasa di dalamnya, sebagaimana tertera dalam QS al Baqarah:185. Karenanya berpuasa di bulan ramadan merupakan kewajiban bagi setiap umat islam, yang memiliki tujuan luar biasa dari pelaksanaan puasa tersebut yaitu takwa, sebagaimana terangkum dalam QS al Baqarah:183.

Takwa merupakan sesuatu yang tak dapat begitu saja diraih. Namun dengan melaksanakan puasa sesuai aturan, maka label takwa dapat diraih. Hal ini membuktikan bahwa pelaksanaan puasa bukan hal yang mudah dilaksanakan, seperti melaksanakan ibadah-ibadah lainnya.

Puasa yang berarti menahan hawa napsu mampu menciptakan tingkat tertinggi yaitu takwa. Karena dengan puasa mampu memunculkan hal-hal sebagai berikut :

1) Puasa menciptakan empati pada penderitaan orang lain. Karena selama sekitar 12 jam harus menahan lapar dan dahaga. Hal ini mungkin tidak dirasakan di bulan lain, kecuali bulan puasa.

2) Puasa menciptakan rasa sabar. Dengan keyakinan bahwa puasa harus mampu menahan hawa nafsu, di tambah tubuh tidak terlalu kuat, mampu menciptakan rasa sabar di hati. Sabar menahan rasa lapar dan dahaga, juga sabar dapat bertindak dan bersikap dalam jalani kehidupan.

3) Puasa mampu jaga lisan. Menjaga lisan amat sulit dilakukan, terlebih bila berkaitan dengan menggunjing. Namun pada saat puasa, hal ini dapat diredam, karena diketahui dapat merusak pahala puasa.

5) Puasa membuat tubuh menjadi sehat. Dalam diri manusia .........., sebagaimana sabda Rasulullah SAW

صوموا تصحوا

"Puasalah maka kamu akan sehat".(HR. Abu Naim al ashfahani. Lihat Maktabah Syamilah, At Thib An Nabawy Liabi Nuim, juz. 1, hlm.236, No. 113).

Ketiga, terdapat lailatul qadar. Lailatu qadar adalah malam yang penuh berkah, karena apapun kebaikan yang dilakukan maka akan dilipatgandakan seribu bulan. malam Lailatul Qadar bak jalan akselerasi tercepat untuk mendapatkan pahala. Keberkahan malam itu, karena turunnya para malaikat, termasuk Malaikat Jibril untuk melihat manusia yang sedang beribadah. Keberkahan lailatul qadar pun karena turunnya rahmat Allah sampai terbit fajar.

Keempat, terdapat Tarawih. Tarawih hanya ada di bulan ramadan. Ini pula yang membuat istimewa dan membedakan bulan Ramadan dari bulan lainnya. Tarawih yang dilakukan tentu menambah pahala dan kebaikan lebih bagi yang mengerjakannya. Kebaikan lebih diperoleh karena saat Tarawih banyak doa dan zikir yang dipanjat.

Kelima, pererat silaturahmi. Pada bulan Ramadan ini, silaturahmi semakin erat. Terlihat dari pelaksanaan Tarawih dan Ifthat jama'i. Pada pelaksaan kedua kegiatan tersebut, tentu akan mempertemukan banyak orang yang biasanya sulit dilakukan, bahkan membuat satu sama lain menjadi kenal. Hal ini terjadi pada buka bersama dalam sebuah komunitas. Biasanya komunitas tersebut hanya mengenal lewat medsos, namun dengan adanya ifthar jama'i, terdapat ajang saling mengenal. Atau komunitas suatu lembaga pendidikan yang membawahi beberapa unit pendidikan. Pada saat dilaksanakan ifthar jama'i, mereka bertemu dan mengenal satu sama lain. Demikian tradisi pulang kampung yang seringkali moment Ramadan dimaafkan untuk itu.

Keenam, terdapat zakat fitrah. Ramadan merupakan waktu mengeluarkan zakat fitrah, bahkan zakat mal, walau sebenarnya untuk zakat mal tidak harus di bulan ramadan. Selain itu anjuran bersedekah di bulan ramadan membuat umat Islam memilki semangat yang tinggi untuk berbagi pada fakir miskin. Hal ini menciptakan kesalihan sosial, yaitu berbuat pada sesama. Karena Islam agama yang memperhatikan hubungan vertikal (حبل من الله) dan horizontal (حبل من الناس).

Ketujuh, adanya semangat kebaikan. Perbuatan baik yang dilakukan akan semakin tinggi dilakukan pada saat Ramadan tiba. Seperti membaca al qur'an atau bersedekah yang terkadang dilakukan sedikit bahkan tidak dilakukan pada bulan-bulan lain. Namun memasuki bulan Ramadan, kegiatan tersebut dapat dilakukan bahkan lebih banyak dilakukan. Atau seperti acqra televisi, terkait keagamaan semakin sering ditayangkan pada bulan Ramadan dibanding bulan lainnya.

Kedelapan, terdapat keutaman sedekah. Allah memberikan keistimewaan bulan Ramadan dengan keutamaan sedekah di dalamnya. Karenanya maka bulan Ramadan pun disebut syahrul judd (bulan kemurahan). Sebagaimana sabda Rasulullah SAW dari Ibnu Abbas ra.

كان رسول الله صلى الله عليه وسلم أجود الناس وكان أجود ما يكون في رمضان حين يلقاه جبريل ...

“Bahwasanya Rasulullah SAW adalah orang paling (baik) dermawan. Dan beliau lebih dermawan lagi di bulan Ramadhan saat ditemui Jibril..."(HR. Bukhari. Lihat Maktabah Syamilah, Sahih Al Bukhari, Juz. 1, hlm. 8, No. 6).

Berdasarkan hal tersebut, sangat wajar bila label takwa sebagai label manusia paripurna diberikan kepada orang berpuasa yang mampu menjalankan puasa dibalut dengan perbuatan yang mengirinya yaitu delapan hal di atas.

Sejatinya Manusia Paripurna dapat Digapai melalui Ramadan (Puasa dan Hal yang Mengiringinya)

Salam Perindu Literasi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Ramadhan pada dasarnya bulan untuk meng-upgrade kadar keimanan kita. Limpahan pahala yang Allah janjikan adalah balasan bagi mereka yang mampu meningkatkan kadar keimanan dan ketaqwaannya.

04 Jun
Balas

Benar sekali Pak. Terima kasih sudah mampir dan barakallahu fiik

04 Jun

Terima kasih atas tulisannya bu Vivi. Sangat bergizi dan sarat akan pembelajaran. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah

04 Jun
Balas

Terima kasih pula untuk Pak mulya atas doa dan kunjungannya. Barakallahu fiik

04 Jun

Iya bu Vivi sama-sama

04 Jun

Paparan yang luar biasa. Bunda Vivi mengulasnya dengan jelas. Terima kasih ilmunya Bund. Salam sehat dan sukses? Barakallah

04 Jun
Balas

Terima kasih selalu sempatkan mampir dan barakallahu fiik

04 Jun

Semoga gelar manusia paripurna dapat tercapai berkat ramadan...Amin..Salam sehat dan bahagia Bunda Pipi...Barakallah..

04 Jun
Balas

Amin, semoga demikan Budhe. Terima kasih selalu menyempatkan mampir dan barakallahu fiik

04 Jun

Aamiin, semoga kita termasuk yang paripurna itu. Barakallah Ibu Siti sehat selalu

04 Jun
Balas

Manusia paripurna yang lahir lewat berkah ramdhan luar biasa. Alhamdulillah

08 Jun
Balas

Alhamdulillah mksh bun atas ilmunya. D ujung bulan ramadhan ini, hati saya gundah gulana, karena bulan ramadhan akan meninggalkan saya. Apakah tahun depan bisa brrtemu kembali dengan bulan yang penuh berkah ini? Moga di panjankan umur kita bunda sehingga kita dapat bertemu kembali di bulan ramadhan yang akan datang...aamiin

04 Jun
Balas

Semoga dapat bertemu dengan Ramadan kembali. Terima kasih sudah mampir dan barakallahu fiik

04 Jun

semoga kita mendapatkan kemuliaan ramadhan , dan bisa dipertemukan di ramadhan tahun depan , terimakasih ilmunua bunda sukses selalu @ subhanallah

04 Jun
Balas

Amin, semoga demikian Terima kasih sudah mampir dan barakallahu fiik

04 Jun

Alhamdulillah pagi pagi sudah dapat ilmu baru terimakasih bunda.#subhanallah

04 Jun
Balas

Alhamdulillah bila bermanfaat. Terima kasih sudah mampir dan barakallahu fiik

04 Jun

alhamdulillah syukron bunda sudah berbagi ilmunya # subhanallah

04 Jun
Balas

Sama sama. Terima kasih sudah mampir dan barakallahu fiik

04 Jun

Pagi2 dpt penyegaran ilmu, terimakasih bu sangat bermanfaat. Barakallah

04 Jun
Balas

Alhamdulillah bila bermanfaat. Terima kasih sudah mampir dan barakallahu fiik

04 Jun

Amin.....suatu keberkahan dan keindahan di bulan Ramadhan untuk yg membacanya, Subhanallah...

06 Jun
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali