Siti Ropiah

Guru MA Al Ishlah Cikarang Utara Kab Bekasi Jawa Barat Alumni Uin Jakarta, nomor hp 087888623714 ...

Selengkapnya
Nikmatnya Ifthar

Nikmatnya Ifthar

Tak seperti biasanya, ifthar kali ini sangat berbeda. Yap, berbeda sekali. Karena ifthar kali ini, ditemani berbagai kudapan. Ada kue, ubi cilembu (ubi madu) dan keripik tempe. Ditambah makanan beratnya soto kikil, telur dadar dan lalab kangkung dengan sambal "maknyus" yang nikmat rasanya. Tak ketinggalan buah semangka dan rambutan.

Mungkin bagi sahabat gurusianer, hal itu biasa, namun tidak bagiku. Aku yang terbiasa sehari-hari tidak masak dan cukup membeli makan di luar. Terkadang ifthar hanya dengan nasi uduk saja atau bubur, dan terkadang gorengan, bahkan sesekali hanya dengan kerupuk saja. Sehingga ketika berbuka mendapati begitu banyak makanan, menjadi sesuatu yang luar biasa.

Makanan sebanyak itu, aku dapatkan dari berbagai tempat. Kue-kue, aku dapatkan dari sekolah di SMK. Sudah menjadi kebiasaan pada setiap kali melaksanakan ujian, baik PTS, PAS maupun USBN dan UNBK, camilan berupa kue dan nasi kotak sudah menjadi tradisi yang mewarnai para guru. Aku pun mendapatkan satu kotak nasi dan satu kotak kue. Untuk kotak nasi, aku berikan tetangga, seorang kakek berusia 70 tahun, yang memang biasa aku memberikan padanya. Sementara kue, aku simpan untuk ifthar.

Buah rambutan dan semangka aku dapatkan dari SMP, tempat aku mengajar di siang hari. Kebetulan juga sedang melangsungkan ujian berupa PTS genap. Sementara ubi cilembu, aku dapatkan dari teman, tempat mengajar di sore hari.

Kangkung aku dapatkan dari membeli pada nenek tua yang menjajakan dagangannya sambil keliling di jalan. Saat keluar pintu gerbang SMK, aku bertemu nenek penjual kangkung yang membawa kangkung di baskom. Aku tak tega melihatnya, segera membelinya. Itu pun aku tak membawa uang (aku memang sering tak membawa uang, hehehe). Seketika itu, aku meminjam uang pada penjual gorengan. Kemudian aku membayar kangkung. Namun si nenek meminta aku membeli semua kangkungnya, yang kebetulan tertinggal dua ikat besar. Yah sudah aku beli, tentu dengan meminjam uang tambahan lagi pada si mpok penjual gorengan. Dua ikat kangkung tersebut kuberikan pada si penjual gorengan.

Keripik tempe, kudapatkan dari membeli dari teman di SMK yang merupakan olahan sendiri. Kuberikan pada para panitia dan teman guru, termasuk untuk kepala sekolah. "Pak ini tempe dicicipi yah, bila tertarik bisa dipesan ke Pak Tony, beliau membuat sendiri keripik tempe itu loh pak". Itu kelakarku pada kepala sekolah. Bapak kepala sekolah tersenyum, entah apa arti senyumannya. Hal itu kulakukan sebagai promosi usaha keripik tempe dari pak guru piket SMK.

Ketika sore hari, menjelang ifthar, aku dapatkan sebungkus soto yang dibeli oleh jagoanku. Ternyata kangkung sudah direbus dan dibuatkan sambalnya serta sudah tersedia telur dadar kesukaanku, tentu nasi pun sudah dimasak. Alhamdulillah, ifthar kali kali ini, benar-benar berkah.

Sejatinya Keberkahan Menyertai Ifthar

Salam Perindu Literasi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Hidangan sebanyak itu, bukan puasa tapi puasi....hihihi. Alhamdulillah, itu rezeqy orang yang shaum. Selalu mendatangkan keberkahan. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, Deqquuu.

15 Mar
Balas

Kakak bisa aja. Itu jarang sekali Kak. Terima kasih selalu menyempatkan mampir. Teruntai doa untuk kakakku tercinta smoga Allah limpahkan rahmatNya agar kakak diberikan kesehatan dan barakallah fiik

15 Mar

Alhamdulillah..Kapan ifthar bareng nih..hi..hi....tulisan pagi yang renyah Bunda Pipi..Salam sehat dan sukses selalu..Barakallah..

15 Mar
Balas

Ayo ifthar bareng pake durian medan di Medan Denai, hehehe. Terima kasih selalu menyempatkan mampir dan barakallah fiik

15 Mar

Abah kok udah kenyang duluan, membaca menunya yang bermacam - macam. Barakallah Ibu Siti sehat selalu

15 Mar
Balas

Abah bisa aja. Kue nya cuma satu satu, hehehe. Terima kasih sudah berkunjung. Teruntai doa untuk Abah semoga Allah limpahkan rahmatNya agar Abah diberi kesehatan dan barakallah fiik

15 Mar

Waaaah alhamdulilaah bundaah rejeki nomplok euy... Makan besar itu bun. Hihihiii

15 Mar
Balas

Alhamdulillah, jadi berkah berbuka. Terima kasih sudah berkunjung dan barakallah fiik

15 Mar

Kata orang itu rizqi istri saliha. Hi hi..

15 Mar
Balas

Amin. Terima kasih sudah berkunjung dan barakallah fiik

15 Mar

Alhamdulillah warbiasya happy iftar yaa Bunda. Barakallah.

15 Mar
Balas

Terima kasih apresiasinya dan sudah berkunjung dan barakallah fiik

15 Mar

Alhamdulillah bu iftar membawa berkah yang tak terduga..

18 Mar
Balas

Alhamdulillah segala puji bagi Allah, selalu disyukuri apa yang telah Allah berikan #barakallah

15 Mar
Balas

Iftar....iya baru tahu saya bu kata iftar... Sesuatu si bu....penjual kangkung udah di beli kok malah pengen d beli semua....

16 Mar
Balas

Smoga dengan iftar, kberkahan slalu melimpah, ko jadi baper ikutan pen nyobain jga ya smuah menu yg ada di artikel x ini #subhanallah ibu smoga slalu sehatt aamiin

17 Mar
Balas

Alhamdulillah kenikmatan tidak terhingga.. Allhuakbar

15 Mar
Balas

Terima kasih apresiasinya dan barakallah fiik

15 Mar

di mulai iftar bisa menambah tali silaturahmi dan memperkuat persahabatan serta panjang umur #alhamdulillah..

15 Mar
Balas

Amin. Terima kasih sudah berkunjung dan barakallah fiik

15 Mar

memang nikmat saat ifthar #subhanallah

17 Mar
Balas

memang nikmat saat ifthar #subhanallah

17 Mar
Balas

memang nikmat saat ifthar #subhanallah

17 Mar
Balas

memang nikmat saat ifthar #subhanallah

17 Mar
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali