Siti Ropiah

Guru MA Al Ishlah Cikarang Utara Kab Bekasi Jawa Barat Alumni Uin Jakarta, nomor hp 087888623714 ...

Selengkapnya
Mendambakan Pemimpin Idaman

Mendambakan Pemimpin Idaman

Ketika minggu pagi aku melewati jalan menuju tempat olah raga, kutemukan beberapa orang dengan spanduk di tangan dan badan. Mereka mengusung salah satu partai Islam. Dengan gambar partai dan paslon tertentu, mereka berdiri di pinggir jalan utama.

Aku senang, terlebih ketika aku melihat para wanita dengan berpakaian gamis warna hitam dengan jilbab warna kuning kunyit, nampak manis dan anggun. Sementara yang laki-laki berpakaian kombinasi hitam dan putih. Sepertinya pakaian mereka mencerminkan warna partai yang mereka usung.

Aku senang melihat partai Islam, sekalipun aku bukan pengusung salah satu partai. Namun setidaknya ada suara orang Islam yang mampu mewarnai politik di negeri tercinta ini. Ada asa yang terbalut dalam doa di hatiku, semoga Allah memberikan pemimpin bangsa ini sesuai dengan kehendak-Nya, hingga membawa kebaikan bagi bangsa tercinta ini.

Menjadi seorang pemimpin idaman, diperlukan beberapa kriteria. Bila merujuk pada Rasulullah, maka kriteria tersebut adalah, sidik, amanah, fatanah dan tablig.

Pertama, sidik. Seorang pemimpin yang jujur merupakan dambaan setiap orang. Kejujuran ini akan membawa pada kebaikan dan kemashlahatan. Kebaikan merupakan hal yang diidamkan dan dicari oleh rakyat. Karenanya kejujuran merupakan syarat mutlak pemimpin idaman.

Kedua, amanah. Amanah merupakan syarat yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Karena dengan amanah, apa yang menjadi harapan rakyat akan tercapai, tentu akan membawa pada kebaikan. Bukankah pemimpin merupakan pemegang kedaulatan yang diberi mandat oleh rakyat.

Ketiga, fatonah. Fatonah merupakan keniscayaan bagi seorang pemimpin. Karena pemimpin adalah orang yang dipercaya melakukan sesuatu atas nama rakyat, karenanya pemimpin tersebut merupakan orang pilihan, yang memiliki kemampuan untuk itu. Karenanya fatonah merupakan keniscayaan bagi pemimpin.

Keempat, tablig. Tablig merupakan sifat yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Karena dengan tablig ini, maka keterbukaan dan tanggung jawab akan tercipta. Ketika alam keterbukaan dan tanggung jawab tercipta, maka mashlahat akan dirasakan oleh masyarakat.

Sejatinya Sidik, Amanah, Fatonah dan Tablig Merupakan Keniscayaan bagi Seorang Pemimpin.

Salam Perindu Literasi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

YaAllah, semoga kami dapatkan pemimpin yang minimal mendekati 4 kriteria tersebut.

08 Apr
Balas

Amin, semoga demikian. Terima kasih sudah berkunjung dan barakallah fiik

08 Apr

Semoga partai Islam bisa merepresentasikan Islam, Aamiin. Sangat menginspirasi. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah

08 Apr
Balas

Semoga siapa pun nanti pemimpin yang terpilih memiliki sifat yang demikian ya Bund..salam sehat dan sukses.. Barakallah

08 Apr
Balas

Betul sekali Bund, amin. Terima kasih selalu menyempatkan mampir dan barakallah fiik

08 Apr

Andai saja kita dapatkan pemimpin dengan 4 sifat tersebut, sungguh negeri ini akan menjadi baldatun thoyyibatun wa robbun ghofur. Semoga. Jazakillah khoir untuk tulisan indah ini. Salam sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah, Deqquuu.

08 Apr
Balas

Ya Allah...Semoga pilihan rakyat kali ini benar2 sesuai dengan kriteria di.atas. Tulisan keren untuk mengingatkan...Sehat selalu yaa...Barakallah Bunda Pipi...

08 Apr
Balas

Amin ya rabb. Semoga yercapai segala asa. Terima kasih selalu menyempatkan mampir dan barakallah fiik

08 Apr

Semoga pemimpin kedepan dapat mengentaskan kemiskinan rakyatnya. Dilingkungan Abah masih banyak mereka menghuni rumah yang tidak layak huni. Barakallah Ibu Siti sehat selalu.

08 Apr
Balas

Mari cari pemimpin yang bisa mencerahkan hidup rakyat. Selamat mencoplos 17 April nanti. Jangan salah pilih. He...he.

08 Apr
Balas

Siap Pak Kas. Terima kasih sudah berkunjung dan barakallah fiik

08 Apr

Mantul...Bunda. Setuju pake banget. Mantab ulasannya. Andaikan sifat-sifat rasulullah itu diteladani oleh para pemimpin kita sebagai ummatnya, betapa indah negeri ini.salam sukses, bahagia. Terus berkarya menebarkan nilai-nilai Islam. Salut untuk Bunda

08 Apr
Balas

Semoga Demokrasi menjadi instrumen kesejahteraan untuk Indonesai

09 Apr
Balas

Ketika seorng pemimpin memiliki 4 point itu dalam dirinya, insya allah negara damai tentram & sejahtera #subhanallah

08 Apr
Balas

Pemimpin sesuai kriteria masyarakat,, allahuakbar

08 Apr
Balas

siapa pun pemimpin'a kita harus hargai dan juga tentram serta damai dalam pemilihan #alhamdulillah...

08 Apr
Balas

Siapa pun pemimpin nya semoga bisa menjadi pemimpin yang bisa menerapkan ke 4 poin tersebut, walaupun setiap orang pasti punya kelebihan dan kekurangan

08 Apr
Balas

Setiap orang pasti ingin mempunyai pimpinan sesuai ekspetasi mereka. Jadi siapapun yg akan memimpin negri ini untuk 5 tahun kedepan, semoga bisa mengemban amanat rakyat dengan sebaik-baiknya.

08 Apr
Balas

Semoga indonesia dipimpin oleh org yg memenuhi kriteria pemimpin islam. Amin

09 Apr
Balas

Siapapun pemimpin yg nanti kita pilih, mudah-mudahan memiliki sifat2 seperti rasulullah..Amiiin# Subhanallah

08 Apr
Balas

Benar sekali. Terima kasih sudah berkunjung dan barakallah fiik

08 Apr

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali