Siti Ropiah

Guru MA Al Ishlah Cikarang Utara Kab Bekasi Jawa Barat Alumni Uin Jakarta, nomor hp 087888623714 ...

Selengkapnya
Memaknai Hari Pendidikan Nasional

Memaknai Hari Pendidikan Nasional

Tanggal 2 Mei ditetapkan sebagai hari pendidikan nasional. Tentu bukan tanpa alasan tanggal tersebut ditetapkan. Bila menelisik ke belakang, bahwa tanggal 2 Mei, tepatnya tahun 1889 merupakan hari lahirnya Ki Hajar Dewantara yang merupakan Bapak Pendidikan Nasional. Tentu hal itu terkait perjuangan beliau terkait pendidikan di tanah air, yang mampu menciptakan semboyan "Ing ngarsa sung tulodo, Ing madyo mangun karso, Tut wuri handayani". Artinya "Di depan memberi teladan, di tengah memberi bimbingan, di belakang memberi dorongan." Dengan perjuangan berdasarkan semboyan tersebut, mampu membawa rakyat Indonesia lepas dari belenggu kebodohan.

Tanggal 2 Mei tidak dimasukan dalam kategori hari libur nasional. Hal itu disebabkan agar dapat diperingati oleh para pelaku pendidikan untuk mengisinya dengan hal-hal yang bermanfaat terkait pendidikan. Seperti upacara yang di dalamnya terdapat pesan terkait pendidikan berisi tema pendidikan. Hal itu dimaksudkan agar terbentuk pribadi yang akademisi.

Hari pendidikan nasional harus dapat dimaknai dengan baik dan bijak, yaitu dengan memanfaat dan meraih sukses dalam pendidikan. Memanfaatkan segala fasilitas yang ada dan dengan segala kemudahan yang diberikan, seharusnya mampu bangkitkan semangat belajar dan mengajar yang tinggi.

Pemerintah dengan program-programnya terkait pendidikan memberikan kesempatan dan fasilitas untuk para pelaku pendidikan, agar dapat menjalankan pendidikan dengan baik hingga suskses pun dapat diraih. Fasilitas sekolah, fasilitas tenaga pendidik sampai fasilitas untuk para anak didik pun pemerintah perhatikan. Semua ini memberikan jalan bagi para pelaku pendidikan untuk meraih apa yang menjadi tujuan dari pendidikan.

Berangkat dari sejarah Ki Hajar Dewantara dan perhatian pemerintah terhadap pendidik, memberikan dorongan agar para pelaku pendidikan baik siswa, tenaga pendidikan dan kependidikan maupun yayasan untuk dapat memanfaatkan proses pendidikan. Hal itu mampu membawa pada ketercapaian tujuan pendidikan dan lebih jauh dari itu tujuan yang tertera dalam pembukaan Undang Undang Dasar 1945 dapat terealisasi dengan baik.

Sejatinya Tujuan Tercapai Ketika Mampu Memanfaatkan Sesuatu.

Salam Perindu Literasi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Wah judul kembar, saya tidak berniat menganggantinya. Sepertinya kita sehati bunda Pipi. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah

02 May
Balas

Tak apa Pak, isinya khan berbeda, hehehe. Terima kasih sudah mampir dan barakallahu fiik

02 May

Kita lanjutkan perjuangan Ki Hajar Dewantara. Semangat...semangat...semangat. Jayalah negeriku. Salam sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah, Deqquuu.

03 May
Balas

Benar Kak. Semangat terus dipupuk dakam jiwa. Terima kasih sudah sempatkan mampir. Teruntai doa untuk Kakakku tercinta semoga rahmat Allah terlimpah untuk Kakakku dan barakallahu fiik

06 May

Smoga tetap slalu mnjaga, untuk tetap slalu trcapainya dalam memanfaatkan sesuatu ny dengan baik, #subhanallah

03 May
Balas

Semoga demikian. Terima kasih sudah mampir dan barakallahu fiik

06 May

jaya terus guru di indonesia yg selalu membimbing murid'a menuju ke suksesan #alhamdulillah...

02 May
Balas

Amin. Terima kasih sudah mampir dan barakallahu fiik

06 May

Maju terus indonesia semoga dengan adanya hari pendidikan nasional indonesia bisa selalu membuat berbagai aktivitas akademis maupun non akademis yang membuat indonesia lebih baik

11 May
Balas

Terima kasih supportnya dan barakallahu fiik

21 May

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali