Siti Ropiah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
LIKUIFAKSI DAN KISAH QORUN

LIKUIFAKSI DAN KISAH QORUN

Setelah gempa yang mengguncang kota Palu pada bulan September lalu, terjadi likuifaksi di kelurahan Petobo dan Balaroa kota Palu, kampung tersebut amblas ditelan bumi. Likuifaksi adalah proses keluarnya lumpur dari lapisan tansh akibat gempa dan menyebabkan lapisan tanah bercampur dengan air menjadi lumpur. Kejadian likuifaksi atau pencairan tanah ini sebenarnya bukan hal baru, karena pernah terjadi di jaman Nabi Musa AS, yaitu kisah Qarun. Kisah Qarun tertera dalam qs al qashash yat 81.

Qarun disebut sebanyak tiga kali dalam al qur'an yaitu dua kali dalam surat al qashash (ayat 76 dan 79), dan satu kali dalam surat al ankabut (ayat 39)

Qarun adalah kaum Nabi Musa. Ia awalnya seorang yang miskin, kemudian ia meminta Nabi Musa untuk mendoakannya. Kemudian qarunpun menjadi orang kaya namun sombong. Kesombongan nya terlihat bagaimana ia selalu membawa kunci kunci harta yang dimilikinya kemanapun ia pergi. Kunci kunci tersebut dibawa oleh sepuluh orang kuat yang selalu mengikuti kemanapun ia pergi. Ini dilakukan agar diketahui semua orang bahwa ia memiliki kekayaan yang luar biasa berlimpah. Selain itu iapun berlaku zhalim. Kesombongan dan kezhaliman Qarun yang menyebabkan ia mendapat adzab dengan ditelan bumi. Kisah Qarun tertera dalam surat al qasshash ayat 76-81.

Terkadang kita lupa bahwa apa yang kita miliki adalah milik Allah, kita lupa untuk mensyukurinya, lupa menyebut namaNya, lupa memujiNya. Sejatinya tak ada yang patut disombongkan oleh manusia dengan segala keterbatasannya, karena Allah yang Maha Segalanya.

Berkaca dari hal di atas, perbanyak istigfar, taubat dan jauhi maksiat merupakan solusi tepat.

Salam Perindu Literasi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Kita di tanah air ini, sebagian mengalami musibah yang sudah pernah terjadi di zaman nabi Musa. Semua itu atas kehendak Allah

12 Oct
Balas

Benar bunda, salam literasi dan barakallah

12 Oct

Paparan kisah yang mendalam karena sumbernya pasti benar yaitu Al Quran

12 Oct
Balas

Terimakasih sudah sudi menjenguk pak guru dan barakallah

12 Oct

Ada hikmah yang dititipkan Allah dalam setiap kejadian di alam ini. Semoga rahmaan dan rahiim-Nya selalu bersama kita. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah....deqquuu.

12 Oct
Balas

Benar kak, amin smoga kita slalu dilindungi Allah. Smoga Allah limpahkan rahmatNya utk kk dan barakallah

12 Oct

Semoga kita dijauhkan dari sifat sombong.....

12 Oct
Balas

Amiiiin ya mujibus sailin. Salam literasi dan barakallah

12 Oct

Benar, tidak ada yang patut disombongkan oleh manusia, kita hanyalah mahkluk yang memiliki keterbatasan..

12 Oct
Balas

Betul bu. Terima kasih sdh sudi menemui. Barakallah

12 Oct

Bagus buk..mari terus berbagi

12 Oct
Balas

Betul bu, krn krn kita makhluk lemah. Terima kasih sdh menyempatkan berkunjung. Barakallah

12 Oct

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali