Siti Ropiah

Guru MA Al Ishlah Cikarang Utara Kab Bekasi Jawa Barat Alumni Uin Jakarta, nomor hp 087888623714 ...

Selengkapnya
Kitab Suci itu Fiksi, Benarkah?  (Mengulik antara Fiksi dan Fiktif)

Kitab Suci itu Fiksi, Benarkah? (Mengulik antara Fiksi dan Fiktif)

Beberapa waktu yang lalu, masyarakat dikejutkan dengan pernyataan seorang pakar hukum yang mengungkapkan bahwa kitab suci adalah fiksi , sebagaimana ditayangkan dalam acara ILC. Ia membedakan antara fiksi dengan fiktif. Menurutnya fiksi itu baik atau positif dengan lawannya adalah realita. Sedangkan fiktif adalah jelek karena bohong, dengan lawannya adalah fakta.

Dalam kamus bahasa Indonesia atau KBBI antara fiksi dan fiktif tidak dibedakan atau sama, hanya saja fiksi kata benda sedangkan fiktif kata sifat. Dalam KBBI fiksi memiliki tiga arti yaitu, cerita rekaan, rekaan, hayalan, tidak berdasarkan kenyataan dan pernyataan yang tidak berdasarkan kenyataan atau pikiran. Jelas antara fiksi dan fiktif adalah sama. Hal tersebut sesuai dengan pernyataan dari pakar bahasa Indonesia yaitu Ivan Lanin dan pernyataan yang sama juga diungkapkan oleh Kepala Pengembangan Bahasa Kementerian Pendidikan Nasional yaitu Ahmad Sahl.

Berdasarkan pengertian di atas, jelas bahwa kitab suci termasuk al quran bukanlah fiksi, karena apa yang terdapat dalam alquran adalah kenyataan dan yang akan jadi kenyataan. Memang benar terdapat pengertian fiksi dalam wikipedia yang diartikan sebuah prosa naratif imajiner, yang masuk akal dan mengandung kebenaran. Mungkin sekali pakar hukum tersebut mengambil pengertian dari sini. Namun kebenaran dalam fiksi adalah kebenaran berdasarkan pandangan pengarang yang tidak harus sejalan dengan kebenaran yang berlaku di dunia nyata.

Sinonim fiksi adalah fantasi, hayalan dan lamunan, sedang antonim dari fiksi adalah non fiksi atau kenyataan.

Bagaimana bisa ia menyatakan bahwa fiksi lawannya realita sedangkan fiktif lawannya fakta. Bagaimana bisa memberikan pemikiran tentang sesuatu yang pengertiannya berlawanan dengan pengertian secara bahasa. Padahal penalaran atau pemikiran seseorang yang dieksplore tentunya didasarkan kepada pengertian secara bahasa atau paling tidak, tidak bertentangan dengan arti secara bahasa tersebut.

Dalam menyikapi hal di atas ada baiknya mendengar apa yang diungkapkan Ust. Adi Hidayat yaitu:

Pertama, bila pernyataan itu termasuk kategori nasehat maka gunakan kaedah

انظر ما قال ولا تنظر من قال

Lihatlah "apa" yang dikatakan bukan "siapa" yang mengatakan.

Kedua, bila pernyataan itu termasuk pendapat atau pemikiran, maka gunakan kaedah

انظر من قال ولا تنظر ما قال

Lihatlah "siapa" yang mengatakan, bukan "apa" yang dikatakan.

Berdasarkan kaedah di atas, maka terkait pernyataan tersebut, kita gunakan kaedah kedua. Bila digunakan kaedah kedua, maka diketahui bahwa pakar hukum di atas, tak paham kitab suci alquran. Yang jelas bagi umat Islam, kitab suci alquran adalah bukan fiksi, karena berasal dari wahyu Allah yang benar hakikatnya dan berisi kebenaran serta kenyataan dan yang akan nyata.

Sejatinya Isi Alqur'an Bukan Fiktif atau Fiksi

Salam Perindu Literasi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Ketika ilmu tak membawa manfaat bagi pemiliknya, begitulah jadinya. Kitab suci pun diragukannya. Naudzubillahi min dzalik. Mantafff Deqquuu. Jazakillah khoir untuk tulisan sarat makna ini. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

07 Feb
Balas

Mungkin pemahaman yang memang salah dalam memahami ajaran agamanya. Terima kasih selalu menyempatkan mampir. Teruntai doa untuk kakakku tercinta smoga Allah limpahkan rahmatNya agar kakak diberikan kesehatan dan barakallah

08 Feb

Allahu akbar....

07 Feb
Balas

Alhamdulillah. Terima kasih selalu menyempatkan mampir dan barakallah

07 Feb

Agama Islam, agama yang aku anut sampai kiamat kelak, meyakini kitab suci al-Qurannulkarimbukan fiksi, aku tidak tahu agama yang lain.

07 Feb
Balas

Benar Pak, al qur'an tak ada keraguan di dalamnya, pasti bukan fiktif. Terima kasih sudah berkunjung dan barakallah

08 Feb

Judulnya provokatif. Bunda. Keren. Keren. Bikin penasaran pembaca. Lanjutkan.

07 Feb
Balas

Ketularan Pak ae ae, hehehe. Terima kasih sudah berkunjung dan barakallah

07 Feb

Dengan artikel yg muncul yang d ukir sma ibu saya jadi mengerti apa itu fiksi dan fiktif. Luarrr biasa.. Mantap.. Ilmu yg sangat bermanfaat. Allahuakbar

07 Feb
Balas

Waallahu'alam bishowab , artikel yang luarr biasa Bun, Allahu Akbar

07 Feb
Balas

Bagi kita yang beragama Islam tentulah Al-Qur'an merupakan kitab suci yang isinya rangkuman firman-firman Allah. Namun bagi mereka yang punya keyakinan berbeda tentu memandang Al Qur'an pun menjadi berbeda. Mereka hanya belum paham atau memang tidak mau paham. Kita doakan semoga mereka segera mendapatkan hidayah dari Allah atas kebenaran Al Qur'an...aamiin

07 Feb
Balas

Amin. Terima kasih sudah berkunjung dan barakallah

07 Feb

Wallahu'alam bisowab. Alhamdulillah

21 Feb
Balas

Sangat mengesankan bunda Awal membaca judul saya langsung sangat penasaran ternyata setelah dibaca sangat luar biasa isinya Alhamdulillah...

07 Feb
Balas

Sempet kaget liat judul nya, pas dibaca sangat memberi pengetahuan yg kita pernah dengar tapi belum tahu, Alhamdulillah

07 Feb
Balas

Bugus Bun banyak yang bisa di petik . Alhamdulillah

08 Feb
Balas

Bugus Bun banyak yang bisa di petik . Alhamdulillah

09 Feb
Balas

syukron bun berkat artikel bunda saya jadi mengerti apa itu fiksi dan fiktif. sukses selalu buat bunda. alhamdulilah

07 Feb
Balas

Ya betul sekali bu alqur'an itu pedoman bagi umat islam

07 Feb
Balas

Ya betul sekali bun alqur'an itu pedoman bagi umat islam. Hanya orang-orang yang belum faham lah yang mengatakan yang tidak-tidak pada alqur'an. Barakallah bun semoga artikel mu selalu bermanfaat. Alhamdulillah

07 Feb
Balas

MasyaAllah bunda kajian yg jarang saya temui, membuat hati ini terhenyut. Alhamdulillah

07 Feb
Balas

Tuh kan BNR bunda mah pasti selalu ajah buat penasaran dari judulnya ajah udh greget ,semngat terus bunda. Alhamdulillah

07 Feb
Balas

Terima kasih informasinya bu, insya Allah ini sangat bermanfaat. Alhamdulillah

07 Feb
Balas

Keren sekali membantu memberikan solusi yang heboh hari ini. Alhamdulillah

07 Feb
Balas

MasyaAllah emang ya bunda ini selalu menginspirasi banyak orang. Tulisan-tulisan bunda sangat bermanfaat. Alhamdulillah

07 Feb
Balas

Masya Allah tulisan Bunda bukan hanya sekedar baper-baperan saja, tapi banyak juga isinya yang sangat informatif dan menginspirasi. Termasuk artikel yang satu ini, dapat ilmu baru dari Bunda. Alhamdulillah

07 Feb
Balas

Al-Quran adalah petunjuk bagi orang orang yang bertaqwa sudah tercantum dalam Al-Quran nya pun sendiri. (Alhamdulillah )

07 Feb
Balas

Semoga kita semua termasuk orang- orang yang selalu senantiasa menjaga kitab suci Alquran dan termasuk golong orang yg beriman alhamdulillahhh....

07 Feb
Balas

Al-qur'an memang pedoman bagi seluruh umat islam... Alhamdulillah

07 Feb
Balas

Hanya orang-orang yang tidak beragama yang mengatakan bahwa kita suci alqur'an itu fiksi kenyatanya itu adlah kalam ilahi Alhamdulillah

07 Feb
Balas

Al-Qur'an pedoman bagi umat muslim mengenai kehidupan...alhamdulillah

07 Feb
Balas

Al-Qur'an pedoman bagi umat muslim mengenai kehidupan...alhamdulillah

08 Feb
Balas

MasyaAllah informasinya sangat bermanfaat bun... Alhamdulillah

07 Feb
Balas

Subhanallah, sangatlah betul Al-Qur'an sebagai pedoman hidup kita. Alhamdulillah

07 Feb
Balas

masyaallah bunda , makasih atas info nya mungkin kalo ga baca artikel ini bisa membuat saya keliru #alhamdulillah

08 Feb
Balas

Betul bgt,, Al-qur'an itu pedoman hiduo manusia,, Semua ada didalam kitab suci Al-qur'an . Alhamdulillah

08 Feb
Balas

masyaAllah artikel nya bagus banget bunda. #Alhamdulillah

07 Feb
Balas

terima kasih penjelasannya bun, alhamdulillah

07 Feb
Balas

Jadi tau bedanya fiksi dan fiktif, Ilmu yang bermanfaat, benar bahwa alquran adalah pedoman hidup umat islam dan tidak ada keraguan di dalamnya Alhamdulillah

14 Feb
Balas

Jadi tau bedanya fiksi dan fiktif, Ilmu yang bermanfaat, benar bahwa alquran adalah pedoman hidup umat islam dan tidak ada keraguan di dalamnya Alhamdulillah

14 Feb
Balas

Benar sekali bun, Al-quran pedoman hidup kita, dan sudah tercantum semua tentang kehidupan di dalamnya.Alhamdulilla

07 Feb
Balas

Terimakasih bun ilmunya sangat bermanfaat sekali terutama untuk diri saya sendiri. Alhamdulillah

27 Feb
Balas

Agama Islam adalah agama yg diridhai oleh Allah, Makasih bunda atas ilmunya. Alhamdulillah

04 Mar
Balas

Al-quran pedoman hidup kita, dan sudah tercantum tentang kehidupan kita di dalam al-quran. Alhamdulillah

07 Feb
Balas

Setiap berbicara harus mengetahui dulu apa kata apa yang akan kita keluarkan. Dengan adanya artikel bunda saya bisa membedakan apa arti fiksi dan fiktif. Alhamdulillah

07 Feb
Balas

Jadi,,,alquran itu adalah petunjuk bagi umat islam,,,dan alquran itu dapat d pahami arti dan makna ,karena mereka belum memahami apa itu quran dan belum mengetahui maknanya....jadi kebanyakan orang belum bisa memahami isi dan kandungan al quran tersebut....

07 Feb
Balas

Benar sekali bun.... kitab suci Al-quran itu wahyu Allah yg benar hakikatnya dan nyata. artikelnya berisi... #Alhamdulillah

10 Feb
Balas

Semoga kita semua termasuk orang- orang yang selalu senantiasa menjaga kitab suci Alquran dalam arti menjaga yaitu belajar dan memahami isi kandungan Al-Quran kemudian mengamalkannya amiin.. # Alhamdulillah..

07 Feb
Balas

Kita Sebagai umat islam harusnya tidak ada sedikitpun keraguan dalam kita b suci al-Qur'an. #MasyaAllah

08 Feb
Balas

Al-qur'an adalah pedoman hidup manusia, Al-qur'an bukan fiksi atau fiktif, Al-qur'an itu firman Allah yang turun melalui nabi Muhammad. Al-qur'an akan memberi syafaat kepada kita di akhirat nanti. Masyaallah

08 Feb
Balas

Ilmu bertambah dari sebuat artikel/berita trimakasih mu udh menjelaskan... Masyaallah

07 Feb
Balas

Mungkin ahli hukum itu kurang memahami tentang al-Quran sebagai pedoman umat islam Yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai mukjizat. Masya Allah

07 Feb
Balas

Mungkin ahli hukum itu kurang memahami tentang al-Quran sebagai pedoman umat islam Yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai mukjizat. Masya Allah

08 Feb
Balas

Mungkin ahli hukum itu kurang memahami tentang al-Quran sebagai pedoman umat islam Yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai mukjizat. Masya Allah

08 Feb
Balas

Subahanallah, semoga kita semua selalu mengamalkan isi Al-qur'an, walaupun itu hanya 1 ayat.

07 Feb
Balas

Subahanallah, semoga kita semua selalu mengamalkan isi kandungan ayat al-qur'an, walaupun 1 hari 1 ayat, aamiin. #MasyaAllah

07 Feb
Balas

Al qur'an adalah pedoman hidup Masya allah

07 Feb
Balas

Al-Qur'an adalah kitab suci yang sampai akhir jaman akan terjaga keasliannya. tentu orang yang berpikir bahwa Al-Qur'an adalah fiksi merupakan orang-orang yang tidak beriman kepada Allah dan Al-Qur'an. wallahualam..Allahuakbar..

08 Feb
Balas

Klo di bahas dengan Akal pemikiran manusia ada yang Mengerti dan Tidak. Tergantung letak Ilmu ka Agama an nya.. Untuk membuktikan Fiktif atau tidak nya al Qur'an kita sama sama untuk mempelajarinya.. Allahuakbar

07 Feb
Balas

Belum dapat hidayah kayanya yg ngomong Bun hehe . Allahuakbar

07 Feb
Balas

Bismillahirohmanirohim dengan adanya hasil ungkapan-ungkapan menurut para ahli mengenai kitab allah ya itu al-quranulkarim itu benar adanya,kenyataanya,pernyataanya,keterangannya,dan isi kandungan-kandungannya yang terkandung di dalamnya (al-quran)apapun alasanya tidak bisa di ragukan.contonya.Berbagai kalangan para ulama menerangkan bahwa siapa orang yang tidak percaya terhadap al-quran secara tidak langsung tidak percaya kepada rukun iman.Yang bunyinya kita harus percaya kitab -kitab allah itu adalah salah satu rukun iman.Kesimpulannya mengenai permasalahan fiksi dan fiktif para ahli yang jelas pada dasarnya bahwa kitab al-quran adalah realita,kenyataan yang mutlak yang tidak bisa di pungkiri oleh akal sehat.Catatan Al-quran adalah kitab pedoman bagi semua yang mempercayainnya.....

08 Feb
Balas

Syukron bundaaa. Dengan artikel ini tambah lagi pengetahuannya.. #Allahuakbar

14 Feb
Balas

Selalu ada pelajaran yang dapat diambil. Luarbiasa bu artikelnya. Allahuakbar

14 Feb
Balas

Sangat betul bunda, alquran pedoman hidup manusia sebagai petunjuk hidup.. Allahuakbar

07 Feb
Balas

Al-Qur'an adalah pedoman hidup umat islam, isi dan penjelasannya tidak di ragukan lagi, luar biasa bunda artikel nya # Allahuakbar

07 Feb
Balas

Barakallah, terimakasih bun atas pemahaman nya.selalu ada ilmu yang saya petik di setiap artikel nya. Sehat selalu bun Allahuakbar.

11 Feb
Balas

Kitab suci alqur'an itu benar benar nyata ada, bahwa alqur'an adalah pedoman hidup bagi seluruh umat islam dan didalamnya isi alqur'an itu sudah jelas.. Allahuakbar

07 Feb
Balas

Al-Qur'an adalah pedoman umat islam.. Begitu banyak kandungan2 yg tercantum dlm Al-Qur'an. *Allahu Akbar

07 Feb
Balas

Iya al quran adalah pedoman hidup bagi umat islam di dunia #allahuakbar

07 Feb
Balas

Sebenarnya simple saja sih,, kalo seandainya Quran itu fiksi,, mengapa sampai sekarang Quran masih ada dan terjaga kemurnian / keasliannya. Itu lah yg sebenarnya harus d pahami deh...! Takbir...? #Allaahu Akbar.

07 Feb
Balas

Apapun pendapat orang lain tentang Al qur'an, bagi kita al-Qur'an adalah pedoman hidup bagi kita semua, Masya Allah,,,

08 Feb
Balas

Allohu akbar, penciptaan langit dan bumi beserta isinya itu realita bukan fiksi, alqur'an menjelaskan semua kejadian dan penciptaannya. Jadi pertanyaannya apakh alqur'an itu fiksi?, tentu tidak alqur'an adalah realita kejadian dulu sekarang dan akan datang. Mungkin kitab selain alqur'an itu adalah fiksi karena yang aslinya perlu di pertanyakan adanya

08 Feb
Balas

Setuju bunda. Al-Qur'an adalah firman Allah, bukan fiksi atau pun fiktif, kebenarannya pun sudah banyak terbukti. Maa Syaa Allah :)

07 Feb
Balas

betul sebetul betulnya bun, mereka membicarakan tentang mereka.. bukan tentang kita. maka yg harus diperlukan adalah kejernihan berpikir untk merespon dan menanggapi.. dan semoga dibalik peristiwa ada hikmah yg bisa dapat kita ambil serta renungkan.. MaasyaAllah

08 Feb
Balas

Al quran adalah kitab suci umat islam dan sebagai pedoman kita untuk tidak melakukan kejahatan,pengihat ,dan penuntun ke arah yang benar. Masyaallah

07 Feb
Balas

bagi mereka yang berkata seperti itu, kemungkinan mereka tidak memahami isi kandungan Al-Quran.. Maa syaa Allaah

07 Feb
Balas

Inilah kalau ilmuwan berfikirnya secara liberal, mendalami ilmu agama bukan di tempat yang seharusnya. Apapun yang tidak sesuai dengannya,dianggap tidak pantas walaupun itu sumbernya dari Al-Quran dan Hadits... #masya allah

07 Feb
Balas

Al quran adalah kitab suci yg nyata,di dalam nya trrdapat sejarah yg bisa kita ketahui dan itu semua berasal dri Allah SWT. Ma Sya Allah

07 Feb
Balas

Al-Qur'an merupakan bentuk literasi Tuhan yang terkadang mungkin sulit diterima oleh logika, namun di balik semua itu ada skenario Tuhan yang mana manusia juga sulit menjangkau nya. Allahuakbar

07 Feb
Balas

Pendapt yang menyatakan kitab suci hanya sebuah piksi,diiringi motip untuk membingungkan orang2 yang memliki pemahan yang dangkal.sehingga umat terpecah secara kayaikan antara benar adanya atau tiadak adanya Tuhan sebagai sumber kitab suci trsb.

07 Feb
Balas

Pendapt yang menyatakan kitab suci hanya sebuah piksi,diiringi motip untuk mmembingungkan orang2 yang memliki pemahan yang dangkal.sehingga umat terpecah secara kayaikan antara benar adanya atau tiadak adanya Tuhan sebagai sumber kitab suci trsb.masaAllah

07 Feb
Balas

Pendapt yang menyatakan kitab suci hanya sebuah piksi,diiringi motip untuk ammembingungkan orang2 yang memliki pemahan yang dangkal.sehingga umat terpecah secara kayaikan antara benar adanya atau tiadak adanya Tuhan sebagai sumber kitab suci trsb.masaAllah

07 Feb
Balas

Pendapt yang menyatakan kitab suci hanya sebuah piksi,diiringi motip untuk ammembingungkan orang2 yang memliki pemahan yang dangkal.sehingga umat terpecah secara kayaikan antara benar adanya atau tiadak adanya Tuhan sebagai sumber kitab suci trsb.masaAllah

07 Feb
Balas

Pendapt yang menyatakan kitab suci hanya sebuah piksi,diiringi motip untuk ammembingungkan orang2 yang memliki pemahan yang dangkal.sehingga umat terpecah secara kayaikan antara benar adanya atau tiadak adanya Tuhan sebagai sumber kitab suci trsb.masaAllah

07 Feb
Balas

Pas liat judul ny bikin kaget. Tapi al-quran adalah pedoman umat islam yg berasal dari wahyu2 allah. Massyaallah

07 Feb
Balas

Terimakasih Bu telah menambah pengetahuan dan wawasan kami. Masyaallah

07 Feb
Balas

Luar biasa Bunda, Al-Qur'an yg selalu membimbing kita ke jalan yang benar...( Massya Allah)

07 Feb
Balas

Al-quran adalah kitab suci umat muslim,disitu tertulis sejarah",pedoman dan petunjuk bagi umat muslim.Masya allah

07 Feb
Balas

Wah sangat penting sekali untuk dibaca, biar makin jelas & pasti. Sukses terus bunda, Alhamdulillah

07 Feb
Balas

Betul sekali bunda,karena Al-Qur'an petunjuk bagi umat Islam untuk menjadi Rahmat seluruh alam..

07 Feb
Balas

sesungguhnya isi Alqur'an itu nyata bukan fiksi...karena Alqur'an merupakan pedoman umat islam....MaasyaAllah

08 Feb
Balas

Kebanyakan orang" mengenal al-qur'an hanya karna al-qur'an itu kitab allah kitab suci umat muslim, dia tidak tau makna yang terkandung dalam al-qur'an itu apa. Sejatinya kitab suci adalah pirman" Tuhan. luar biasa artikel nya bunda ilmu yang sangat berharga, Masyaallah

07 Feb
Balas

Manusia ya dikasih akal buat berfikir justru tidak pada tempatnya... naudzunillah... barokallah

09 Feb
Balas

MasyaAllah Bun, makasih ilmunya lewat artikel bunda ini, semoga kita makin rajin mengamalkan Al-Qur'an agar mendapat ketenangan jiwa dan manfaatnya yg lain.. sukses slalu semangattt bunda.. Barakallah.....

07 Feb
Balas

Hanya orang yang kurang iman yang berkata begitu. Krna bila umat Islam pasti tau Al Qur'an tidaklah fiksi. Barakallah

07 Feb
Balas

Benar sekali bun, saya setuju .. Karna Al-Qur'an itu firman Allah yg jelas ada dan banyak juga yg terjadi di dunia nyata #Barakallah

08 Feb
Balas

Benar sekali bun, saya setuju .. Karna Al-Qur'an itu firman Allah yg jelas ada dan apa yg diceritakan di dalam Al-Qur'an banyak juga yg terjadi di dunia nyata #Barakallah

08 Feb
Balas

Sejatinya keimanan benar2 datang langsung dari Tuhan mu, maka bersyukurlah dan semakin tunduk terhadap rabbul 'alamin, karena ketika Allah putuskan keimanan itu untuk di balik 180derajat, kalian tidak akan bisa apa2. Barokallahhhhhh

07 Feb
Balas

Jika yang berkata bukan ahlinya, maka tunggulah kehancuran nya. Barakallah

10 Feb
Balas

Alquran adalah pedoman bagi umat manusia,dan sebagai kitab suci umat islam.Barakallah

08 Feb
Balas

Yang jelas alquran bukan fiksi dan rocky gerung tidak faham al quran sebab ia bukan seorang muslim.. Bahasa yang jelas dan simpel serta mudah di fahami bu.. #barokallah

09 Feb
Balas

Betul sekali bu..mungkin mereka tidak paham atau tidak mau memahami # barakallah

07 Feb
Balas

Subhanallah... al qur'an adalah sebagai iman kita sebagai petunjuk bagi umatnya. Jadi tidak perlu diragukan lagi. #Barakallah

07 Feb
Balas

Sangat diluar dugaan, makasih bun selalu memberikan informasi dan inspirasi di setiap harinya lewat tulisan ini. Barakallah~

07 Feb
Balas

Al qur'an adalah pedoman hidup manusia dan merupakan bukti nyata.#Barakallah

07 Feb
Balas

Karena al-quran adalah pedoman bagi semua umat islam. Salam#Barakallah..

07 Feb
Balas

Makasih bun udh dikasih info penting Semangat terus bun barakallah

07 Feb
Balas

Trimakasih bunda atas artikel nya dengan membaca artikel bunda saya bisa tau antara fiksi dan fiktif #Barakallah bunda

08 Feb
Balas

Makin kesini manusia emang makin makin, Allah memberinya akal untuk berfikir agar senantiasa mampu membedakan kebenaran dan kesalahan, tapi sekarang akal dan pikiran yaallah berikan justru malah dijadikan kekacauan, terimakasih bunda... Barakallah

07 Feb
Balas

Subhaallah.Tidak di ragukan lagi isi kandungan Al-Qur.an berserta makna nya yang sudah tercantum mencakup semua prilaku makhluk dengan isi kehidupan tersebut dengan nyata. bahwa bukti ada. bukan fiksi atau realita. Belaka.#Barrakaallah#

07 Feb
Balas

Sedikit mendobrak Terimakasih bundaa. Barakallah

07 Feb
Balas

Terlalu memakai logika sehingga tdk berlandaskan Al-Qur'an, padahal jelas al-Qur'an Adalah Firman Allah , #BARAKALLAH BUND

07 Feb
Balas

Gereget bngt baca judulnya tpi pas baca isinya ke buka banget nih otak,padahal yg kya gni sering denger tpi blom paham bngt dan tulisan ini tepat bngt sumpah trimakasih bunda_BARAKALLAH

07 Feb
Balas

sejatinya Al quran itu adalah petunjuk bagi umat muslim didunia, bahkan semua kejadian yang belum terjadi sudah ada penjelasannya didalam Al quran.............barakallah

08 Feb
Balas

sejatinya Al quran itu adalah petunjuk bagi umat muslim didunia, bahkan semua kejadian yang belum terjadi sudah ada penjelasannya didalam Al quran.............barakallah

08 Feb
Balas

AlQur'an adalah kitab suci umat islam yang berisi pedoman dan petunjuk hidup untuk umat islam itu sendiri, berbicaralah apa yang kita ketahui, jangan apa yang kita dengar. Allah Maha Mengetahui apa-apa yang belum kita ketahui.. Barakallah

07 Feb
Balas

Al Qur'an adalah bukti kebenaran bagi mereka yang memahami dan mengamalkannya Barakallah

07 Feb
Balas

Kita hanya bisa berdoa ,semoga yg mengatakan alquran fiksi bisa mendapatkan hidayah dan belajar islam yg sebenarnya sehingga beliau dapet membenarkan alquran dengan hati , lisan dan perbuatannya BAROKALLOH

07 Feb
Balas

Al-Qur'an itu nyata,apa-apa yang terdapat didalamnya juga nyata dan akan menjadi kenyataan. Semoga kita tidak termasuk orang-orang yang meragukan Al-Qur'an. Barakallah

07 Feb
Balas

Benar banget bun,semua isi yang ada didalam al-qur'an itu nyata bukan fiksi. Barakallah

07 Feb
Balas

Menurut saya mereka tdk paham karena tdk mencari lebh jelas atau lebih dlm lagi isi kandungan ayat" dlm Al-Quran.. Dan jgn terlalu percaya dgn apa yg didengar, karena blm tentu itu benar.. #Barakallah

07 Feb
Balas

Alhamdulillah Terima Kasih buun atas pencerahannya semog kami semakin paham dan tambah mengerti . Barakallah

07 Feb
Balas

Al - Qur'an adalah pedoman hidup atau sebagai petunjuk bagi ummat manusia, trimakasih bun, #Subhanallah

07 Feb
Balas

Terima kasih bu slalu memberi inspirasi #subhanalah

09 Feb
Balas

Terimakasih ibu , atas penjalasannya, al qur'an memang pedoman bagi umat islam #subhanallah

15 Feb
Balas

Pembahasan yg sangat mensrik untuk d bacaa . @subhanallah

07 Feb
Balas

Al-Qur'an memang pedoman hidup manusia karena Al-Qur'an menceritakan masa lalu dan masa depan tentang kehidupan manusia semua sudah tercantum di Al-Qur'an.#subhanallah

07 Feb
Balas

Subhanallah , bagaimana mungkin beranggapan bahwa kitab suci Al-Quran adalah fiksi, sudah jelas kebenaran Al-Quran itu nyata dan menjadi pedoman bagi semua umat muslim. Subhanallah

07 Feb
Balas

Al qur'an adalah pedoman hidup bagi umat muslim di seluruh dunia....karena banyak sekali petunjuk dan kebenaran yang terdapat pada ayat ayat al qur'an #subhanallah

07 Feb
Balas

setiap orang yang menganut kepercYaan atau agama masing2 memiliki kitab yang di anggapnya suci .nasrani dg kitabnya injil islam dg kitabnya al-qur'an dsb. kitab itu bisa di bilang suci jikalau isi kandungannya sesuai dg fitrah manusia dan terpelihara .tidak bisa di rubah2 isi kandungannya. #subhanallah

09 Feb
Balas

Al-Qur'an adalah salah satu bentuk kekuasaan yang Allah berikan bagi umatnya. _subhanallah_

07 Feb
Balas

.Al-Qur'an adalah pedoman umat islam yang mengatakan Al-Qur'an fiksi hanya orang-orang yang tidak mempercayai adanya Allah. #Subhanallah

08 Feb
Balas

Al Qur'an adalah pedoman hidup semua manusia dan semua kehidupan sudah tercantum di dalamnya #Subhanallah

08 Feb
Balas

mantul , bikin penasaran #subhanallah

07 Feb
Balas

Mantaapp bu,,sampe penasaran saya bacanya,,, subhanallah

07 Feb
Balas

Yang jelas al-quran adalah ayat suci, bukan alat provokasi. Subhanallah.

07 Feb
Balas

Alquran adalah pedoman hidup manusia petunjuk hidup.dan kitab suci yang pertama bagi umat islamyang mempunyai makna dan isi kandungan yang luar biasa .. Trimakasih bunda artikel2 nya .luar biasa syekaliii#Barakkalloh

07 Feb
Balas

Kadang seseorang mencari cari sisi negatif...yang benar di salahkan...yang salah di benarkan... Sungguh Al-Qur'an itu nyata... Maka celakalah mereka yg tidak mengimani... #SubhannAllah

07 Feb
Balas

Bagi umat muslim (umat Islam) Al-Quran itu kumpulan firman-firman Allah yg membuktikan kebenaran hanya org yg tidak mengaji lah yg mengatakan bahwa Al-Quran itu fiksi #subhanallah

07 Feb
Balas

Jika Al-Qur'an turun di Indonesia, apakah akan ditulis menggunakan bahasa sansekerta? #Alhamdulillah

07 Feb
Balas

Pas liat judulnya sempat penasaran... Pas di baca jadilah mengrti antara fiksi dan fiktif... #Barakallah

08 Feb
Balas

MasyaAllah , setuju sekali dengan tulisan bunda. Al-qur'an sangat terbukti kebenarannya,hanya orang-orang yang tidak faham Al-qur'an lah yang meragukan kebenarannya. Suka sekali dengan kalimat Lihatlah "apa" yang dikatakan bukan "siapa" yang mengatakan. Lihatlah "siapa" yang mengatakan, bukan "apa" yang dikatakan. Subhanallah

07 Feb
Balas

Betul bun.. Al Qur'an berasal dari Allah, Dzat yang Maha Mengetahui dan Maha Benar. Al Qur'an isinya dijamin benar, tidak ada keraguan sedikitpun didalamnya.#Subhanallah

07 Feb
Balas

Betul Bu bahwa Al-Qur'an bukan fiksi atau fiktif. Tpi Al-Qur'an adalah firman yang datangnya dari Maha Besar yaitu Allah SWT untuk pedoman hidup manusia.. #subhanallah

07 Feb
Balas

Al qur'an adalah pedoman hidup bagi umat manusia... salah satu keajaiban adalah kamu tidak bisa mengubah isinya namun isinya mmpu engubah hidup kita #subhanallah

08 Feb
Balas

Karna pada hakikatny Al-Qur'an memang pedoman dan tuntunan hidup pada stiap umat muslim & mislimah #subhanallah

08 Feb
Balas

Al qur'an ialah petunjuk. Lebih baik memahami dan mengamalkanya dr pada mencari2 kesalahanya. Wallahu'alam #subhanallah

07 Feb
Balas

Inilah akhir zaman , tuntunan menjadi tontonan dan tontonan menjadi tuntunan, yang baik menjadi batil dan batil menjadi baik dan apapun namanya yang pasti mereka telah mengkaferi dengn sangat rapih ,yakin dah keteguhan kepada Allah dan Rosul yang dapat menyelamatkan kita # Barakallah

07 Feb
Balas

ya allah kitab suci dipertanyakan??apakah dia tidak pernah sekolah agama??..... Masyaallah.....

07 Feb
Balas

Al-Qur'an adalah pedoman hidup manusia, kebenaran nyata sampai saat ini @subhanallah

08 Feb
Balas

Luar biasa..... Terbuka cakrawala pemikiran kita. #Barokallah

07 Feb
Balas

Jadi tau bedanya fiksi dan fiktif, Ilmu yang bermanfaat, benar bahwa alquran adalah pedoman hidup umat islam dan tidak ada keraguan di dalamnya #barakallah

07 Feb
Balas

Jadi tau bedanya fiksi dan fiktif, Ilmu yang bermanfaat, benar bahwa alquran adalah pedoman hidup umat islam dan tidak ada keraguan di dalamnya #barakallah

07 Feb
Balas

itu lah al quran ia adalah petunjuk dan juga pedoman bagi seluruh umat islam dan setiap bait ayatnya tidak dapat diragukan meskipun d teliti oleh beragam penelitian #Subhanallah

07 Feb
Balas

Al-Qur'an sejati nya di turunkan sebagai pedoman hidup untuk manusia .... #Barakallah

07 Feb
Balas

Betul sekali bu, karena al-Qur’an itu firmannya allah, dan firmannya allah tidak ada yang salah semua nya benar, hanyanya orang-orang yang mengatakan al-Qur’an itu salah adalah orang-orang yang mau membelah dua umat islam. #Barakallah

07 Feb
Balas

Al quran itu kan petunjuk bagi unat islam, jadi setiap isinya mengandung arti tersendiri.. Allahuakbar

07 Feb
Balas

Terimakasih atas pencerahannya Bu.. Alqur'an memang firman Allah.. yg menjadi pedoman hidup umat manusia , terlebih untuk manusia akhir jaman seperti saya.. Barakallah

07 Feb
Balas

Sungguh sangat banyak ilmu yang harus slalu kita ulik #barrakallah

07 Feb
Balas

Dengan membaca artikel bunda..sy jd lebih paham mengenai arti fiktif dan fiksi.. terimakasih atas ilmu yg d sampaikan. #subhanallah

07 Feb
Balas

Al Qur'an memang pedoman hidup bagi manusia,semua yang di Al Qur'an isi manusia dan alam semesta ,maka sebaik² nya membaca Alqur'an adalah yang tau artinya#barakallah

08 Feb
Balas

Tidak ada keraguan di dalamnya , Mgkin bgi dia bnar fiksi krna agama dia beda dgn kita .. #subhanallah

07 Feb
Balas

Benar sekali bunda ,,Al-qur'an adalah firman Allah yang mengandung semua makna kehidupan di dunia maupun di akhirat #Subhanallah

07 Feb
Balas

bener sekali bun Al-Quran adalah kitab suci yg nyata, Al-Quran pedoman hidup kita. tetapi mungkin untuk yang memiliki keyakin atau keimanan yang berbeda memandang Al-Quran dengan cara yang berbeda. #Allahuabar

07 Feb
Balas

Semua yg ada di dalam alquran itu ahlak rosul dan semua ucapan yg terkandung di dalam alquran adalah ucapan allah baik dari sebuah kisah,teguran,adzab serta surga dan neraka,,jgn sekali^ kitq tersesat dalam mendefinisikan ayat alquran maka ikutilah pedoman yg terkandung didalam alquran agar kita selamat dunia akhirat amin #alhamdulillah...

07 Feb
Balas

Terimakasih bunda,semoga bermanfaat buat saya,dan yg lainnya..#alhamdylulah

06 Mar
Balas

MasyaAllah barakallah bun atas info nya. Jarang sekali seseorang itu dengan teliti memahami al Qur'an jika saja mereka mendalami betapa luar biasanya Allah ciptakan Wahyu nya pada Al Qur'an#Subhanallah

07 Feb
Balas

Orang yang mengatakan fiksi mungkin blm mengetaui isi dari al-quran. Al-Qur'an adalah firman yang datangnya dari Allah SWT untuk pedoman hidup manusia. Jadi kita umat islam wajib berpegang teguh terhadap itu #subhanallah

07 Feb
Balas

Sungguh judul yang yang menarik pembaca #subhanallah

07 Feb
Balas

Al-Qur'an adalah pedoman hidup umat islam, yang isi kandungan nya tidak diragukan lagi. #subhanallah

07 Feb
Balas

Al qur'an adalah pedoman bagi umat islam.isi dan kandungannya adalah firman allah yg tak dapat diragukan lagi. Sungguh sebuat artikel yg bagus yg penuh dengan makna dan mengejutkan setiap org yg membacanya. #subhanallah...

07 Feb
Balas

Al-Quran pedoman hidup manusia semua ketentuan ada di dalam Al-Quran isi nya sudah jelas dan tidak di ragukan lagi.

07 Feb
Balas

Al-qur'an adalah Kalamullah. Pedoman bagi umat Islam. #subhanallah

07 Feb
Balas

Al-Qur'an adalah pedoman bagi umat Islam, kitab suci Al-Qur'an ialah kitab suci yg nyata, karena berasal dari wahyu Allah yang benar-benar nyata.Al-Qur'an juga sebagai pentunjuk hidup bagi manusia.

07 Feb
Balas

judulnya masih menggetar ketika diangkat lagi dalam tulisan semacam ini....entah apakah sebenarnya yang hendak dimaksudkan oleh pakar yang berpendapat ini...apakah sekedar sensasi, atau bla-bla...Al-quran merupakan kalam Allah, itu saja tentang maksud dan niat pakar yang berpendapat....???.....#Subhanallah.Salam

07 Feb
Balas

Lakum di nukum waliyadin.. #Allahu Akbar

11 Feb
Balas

Al Qur'an itu bukan fiksi atau fiktif, Al Qur'an itu nyata dan benar isinya... Masyaallah

11 Feb
Balas

Subhanallah...artikel ibu judulnya selalu menarik orang menjadi penasaran dalam membaca. Aku sampe dibuat terpesona dengan semua tulisan yang ibu tulis. Alquran adalah kitab suci umat islam yang nyata . Barakallah

07 Feb
Balas

trimakasih penjelasan dan informasinya bu

12 Feb
Balas

Mungkin mereka tidak paham atau tidak mau memahami tentang Alquran ......subhanallah

07 Feb
Balas

Benar sekali bunda Al-qur'an kitap suci yang mengandung pedoman bagi umat Islam yang Allah janjikan degan pasti. Alhamdulillah

07 Feb
Balas

Ibu telah menyebarkan ilmu lagi...masya allah apalagi yg d bahas mengenai pedoman hidup,terimakasih bu# subhanallah

10 Feb
Balas

Dalam lagu anak anak aja tercantum " Al Qur'an adalah imamku " . Ya sudah jelas Al Qur'an pedoman bagi seluruh umat manusia

07 Feb
Balas

Betul sekali, terima kasih atas kunjungan dan barakallah

08 Feb

Alquran adalah nafas setiap orang mukmin tidak ada keraguan di dalam #subhanallah

07 Feb
Balas

Mengapa kitab suci harus dipertanyakan? Apakah mereka tidak pernah belajar tentang isi al qur'an? Sehingga masih meragukan isi al dari kitab suci al qur'an. Masyaallah

07 Feb
Balas

Alhamdulilah bisa mendapatkan ilmu lagi, makasih bun penjelasannya.. memang benar al-quran adalah bukan fiksi, al-quran pedoman hidup bagi umat islam, dan firman Allah SWT. #subhanallah

07 Feb
Balas

Tidak ada yg fiksi/fiktif Ya,memang benar Allah menyampaikan banyak perumpamaan tapi itu ga menjadikan kitab alquran fiksi dan perumpamaan itu fiktif. Terima kasih banyak bun.. Informasinya sangat bermanfaat

08 Feb
Balas

Benar, terima kasih sudah berkunjung dan barakallah

08 Feb

Tidak ada yg fiksi/fiktif. Ya, Memang Allah menyampaikan bnyk perumpamaan. Tapi,itu tidak menjadikan kitab Al qur'an fiksi dan penyampaianya fiktif. Terima kasih banyak bun,informasinya yg sangat bermanfaat

08 Feb
Balas

Ya sebener ny saya kurang paham dgn artikel ini,dan saya juga gak tau ini pertanyaan atau bukan, Sebenar ny ketika kita harus mengkaji dan mencari sesuatu yg blm kita ketahui kita harus bisa memahami semua kajian kajian yg harus kita satukan. Karna pada dasar ny kita pemahaman orang yg awam itu pasti akan lebih salah untuk menilai dan memihak atau bisa saja menghakimi suatu kitab suci dll #masyaallah

16 Feb
Balas

Alhamdulillah bunda selalu memberi inspirasi hidup lagi

08 Feb
Balas

Alhamdulillah bunda selalu memberi inspirasi hidup lagi

08 Feb
Balas

Alhamdulillah bunda selalu memberi inspirasi hidup lagi, Alquran pedoman hidup dan contohi lah cerminannya yang ada dalam isinya #Subahanallah

08 Feb
Balas

Benar sekali bu... Al-Qur'an adalah sebuah kitab suci utama dalam agama Islam #subhanallah

07 Feb
Balas

Al-Qur'an adalah pedoman hidup manusia smua kehidupan tercantum di dalamnya,#subhanallah

07 Feb
Balas

Astagfirullah..penasaran juga heran tapi keyakinan yg teguh membuat sy tetap pada posisi.Bahwa Al,quran pedoman hidup menuju kenyataan jalan yang lurus.Barakallah

07 Feb
Balas

Saya sependapat dengan ibu, yang dimaksud pakar yang ibu sebutkan adalah orang yang dikuasai pemikiran daripada keimanan, disinilah kita perlu mempelajari agama atau minimal dasar ketuhanan, apabila tidak maka akal yang digunakan akan dengan pedenya berkuasa atas apa yang kita yakini #masyaAllah

09 Feb
Balas

Al-Quran adalah firman Allah SWT yg realita, dan fakta bukan fiksi dan fiktif karena kita liat satu persatu ayat" Al Qur'an sebagai contoh surah al Maidah ayat 3 Allah mengharamkan segala sesuatu yg mendatangkan keburukan dan kemudharatan seperti daging khinzir (babi) itu karena di dalam daging babi terdapat sebuah caci yg bernama cacing pita yg tidak akan mati sebelum di masak dgn api yg panasnya diatas 100°C mangkanya Allah mengharamkan daging babi karena ia dapat mendatangkan keburukan bagi Hambanya

13 Mar
Balas

Saat Rasulullah meninggal, beliau berpesan bahwa jika ingin selamat maka berpegang teguhlah dengal Alqur'an dan hadist, kitab suci Alqur'an adalah penyempurna dari kitab2 sebelumnya dan Allah sendiri yang akan menjaga kesucian Alqur'an, di bandingkan injil zaman sekarang sudah bnyak di aransemen ulang oleh pendeta mereka. Bahkan tidak sedikit pendeta nasrani yang masuk islam setelah membuktikan kebenaran Alqur'an, hanya orang yang tidak kenal Alqur'an yang mengatakan Alqur'an adalah fiksi. #Subhanallah#

07 Feb
Balas

terima kasih banyak bu selalu memberi lmu penetahuan yang bermanfaan #subhanallah

11 Mar
Balas

makasih bun atas ilmunya,semoga panjang umur amin...masya allah

18 Feb
Balas

Dimanapun kau berada, inspirasi mu berkobar kobar dimna mana... Allahuakbar

14 Feb
Balas

Mantapp..

15 Feb
Balas

Trimakasih bun untuk artikel ny, sangat membantu dan menambah ilmu tentang alqur'an. #allahuakbar

09 Feb
Balas

Pedoman umat islam ya Alquran #Allahuakbar

16 Feb
Balas

..tanks bu dosen atas pnjelasan nya bu dosen #Alhamdulillah

11 Feb
Balas

Terimakasih, Bu penjelasannya snagat bermanfaat. Subhanallah

12 Feb
Balas

Karna al_qur'an kitab suci yang paling indah dan paling berharga di kaum umat islam.. #allahuakbar

17 Feb
Balas

kitab suci belum tentu alquran, tapi alquran sudah pasti kitab suci... ayat/tafsir di salam alquran sudah tidak lagi di ragukan keistimewaan nya, karna alquran adalah wahyu dari allah yang di turunkan malaikat jibril untuk di berikan kepada rosulullah agar di imankan dan di pelajari oleh umat nya... allahuakbar...

16 Feb
Balas

Trimaksih bu,sllu ada yng bisa di petik dri tulisan ibu..allahu akbr

17 Feb
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali