Siti Ropiah

Guru MA Al Ishlah Cikarang Utara Kab Bekasi Jawa Barat Alumni Uin Jakarta, nomor hp 087888623714 ...

Selengkapnya
KGPBR : Pelatihan Menulis Cerita Fiksi Bersama Gol A Gong

KGPBR : Pelatihan Menulis Cerita Fiksi Bersama Gol A Gong

Hari minggu tanggal 10 Februari 2019, diselenggarakan pelatihan menulis cerita fiksi. Pelatihan ini merupakan "gawenya" KGPBR (Komunitas Guru Penulis Bekasi Raya) yang bertujuan agar para penulis Bekasi memiliki kompetensi mumpuni di bidang penulisan cerita fiksi. KGPBR berkolaborasi dengan lembaga Al Muhadjirin melaksanakan kegiatan ini dengan menarik narasumber Gol A Gong dan tamu special Ramaditya

Pelatihan diikuti para penulis Bekasi dengan jumlah peserta 47 orang. Dilaksanakan di SMK Al Muhadjirin berlokasi di Jl Pulau Jawa Raya RT 01 RW 22 Perum III, Kel. Aren Jaya Kec. Bekasi Timur Kota Bekasi Jawa Barat.

Tepat pukul 09.00 WIB acara dimulai. Dimulai dengan doa, dilanjut dengan sambutan disampaikan Pak R. Rijan Sania ST. Dalam sambutannya, beliau mengapresiasi kegiatan ini terus berlanjut, agar penulis Bekasi dapat meningkatkan kompetensi dalam penulisan.

Sambutan dilanjut oleh ketua panitia, Bunda Rosalina. Beliau memaparkan tentang para penulis dan motivator di KGPBR, karena banyak di antara peserta yang baru bertemu hari ini. Karenanya dianggap perlu untuk dikenalkan.

Pada kesempatan ini diperkenalkan pula buku "Mata Kedua" karya Ramaditya, sang penulis handal (tunanetra) yang telah mencipta 6 buku.

Lagu kebangsaan Indonesia Raya bergema di ruangan pelatihan, memunculkan semangat membara dalam dada.

Pukul 09.24 WIB, nara sumber memulai dengan memaparkan tentang kehidupannya sejak kecil. Tentang peran orang tuanya, baik ibu maupun ayahnya. Ibunya memberi semangat padanya, bahwa walau ia hanya memiliki satu tangan, namun ia akan memiliki tangan orang lain. Sementara ayahnya, memberikan modal agar ia menjaga kesehatan tubuh dengan olah raga dan membaca. Tanpa membaca manusia seperti robot dan tanpa olah raga, tak sehat.

Prestasi dalam bidang olah raga dan menulis menjadi kekayaannya.

Bonus dari membaca adalah keliling Indonesia 1985-1987 dengan 20 negara disambanginya. Selain itu, 125 buku diciptakannya. Isterinya pun penulis. Anaknya empat orang, juga mengikuti jejaknya, yaitu penulis dan olah raga badminton.

Gol A Gong, membangun "Rumah Dunia". Di dalamnya diberikan pelayanan gratis untuk menulis, membaca, menggambar. "Rumah Dunia" ini, memang sudah menjadi cita-citanya, ketika ia menjadi penulis handal, ia ingin berbagi pada orang lain.

Narasumber memaparkan hal tersebut di atas, sebagai motivasi bagi para peserta agar memahami bahwa menulis dan menjadi penulis harus penuh semangat dengan membaca dan badan harus sehat. Tak lupa gantungkan pada Allah dan ridha orang tua.

18 hal yang terdapat dalam sebuah cerita fiksi (Novel)

1. Ide

2. Tema

3. Target pembaca

4. Amanat

5. Judul

6. Sinopsis

7. Tokoh

8. Alur

9. Plot

10. Plot point

11. Latar tempat

12. Latar waktu

13. Konflik

14. Dialog

15. Pont of view

16. Narasi

17. Deskripsi

18. Ending

Lelaki humoris menjelaskan dengan gaya khasnya, sambil sesekali memasukan buah kesukaannya, anggur ke mulutnya. Menurutnya tip membuat novel

1. Judul maksimal 4 kata

2. Idea gila

3. Tema populer (Cinta terlarang, Konflik keluarga, Cyndrella syndrome atau Odipus complex).

4. Menulis sesuai aturan penulisan. Gunakan bahasa baik dan benar. Untuk bahasa gaul, dapat digunakan pada tokoh.

Agar tulisan difilmkan (ekranisasi):

1. Harus best seller,

2. Memiliki komunitas,

4. Memiliki Follower

5. Memiliki medsos

Paparan disampaikan dengan santai dan penuh tawa, serta mengajak peserta turut serta dalam paparan. Seperti bagaimana peserta larut untuk membuat judul secara langsung. Lima orang maju dan memberikan tema yang tak boleh lebih dari 4 kata. Sebagai daya tarik, tema terbaik diberikan buku karyanya.

Antusius peserta terlihat dari pertanyaan yang disampaikan beberapa peserta. Di antaranya Bu Deviyah, Mas Rama, Bu Mugi. Pertanyaan yang disampsikan umumnya tentang tip menulis dan ide.

Tak terasa materi yang disampaikan berakhir sekitar pukul 12. 00 WIB.

Sejatinya Penulis Populer Harus Memiliki Ide Gila

Salam Perindu Literasi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Mantabs Bu Doktor, Barokallah

11 Feb
Balas

Terima kasih apresiasinya dan barakallah

11 Feb

Terima kasih telah berbagi ilmu yang luar biasa. Barakallah Bunda

11 Feb
Balas

Terima kasih selalu menyempatkan mampir dan barakallah

11 Feb

Menarik sekali ini acaranyaa.. kalau dekat saya langsung merapat pastinya. Gol A gong tulisannya kereen tapi tanpa lupa menyisipkan nilai moral yang baik. Saya suka yang novelnya Padamu Aku bersimpuh, dan beberapa terbitan KKPK

11 Feb
Balas

Benar Bund. Nantti juga kami undang lagi beliau. Terima kasih sudah berkunjung dan barakallah

11 Feb

Alhamdulillah banget bisa belajar sama penulis cetarrr membahana GOL A GONG. Aku suka...aku suka...tulisannya. Waah..., bagi-bagi terus ilmunya ya Deq. Jazakillah khoir. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, Deq.

11 Feb
Balas

Benar Kak, Gol A Gong sangat menginspirasi. Tapi Kakak sehat dulu yah. Terima selalu sempatkan mampir. Teruntai doa untuk kakakku tercinta smoga Allah limpahkan rahmatNya agar kakak diberikan kesehatan dan barakallah

11 Feb

Mantap bunda, tetap sehat dan sukses selalu. barakallah

10 Feb
Balas

Terima kasih apresiasinya dan barakallah

11 Feb

Sepertinya saya belum cukup.gila.Bunda Pipi.. BTW makasih tipnya.yaaa...Barakallah...

11 Feb
Balas

Harus dibuat gila Budhe, hehehe. Terima kasih selalu menyempatkan mampir dan barakallah

11 Feb

Senang dapat ilmu baru.Terimakasih bu Siti.

11 Feb
Balas

Sama-sama Pak. Terima kasih sudah berkunjung dan barakallah

11 Feb

Hasil yang hebat berawal dari ide yang gila....Suksess Bund.

11 Feb
Balas

Begitulah kata beliau Pak. Terima kasih sudah berkunjung dan barakallah

11 Feb

Selain ide gila, penulis harus tetap semangat dan brani memulai kisah kegilaannya, Allahu Akbar

11 Feb
Balas

keren bun....mantul n 4 jempol (pinjam jempol misua saya) heheheee....

11 Feb
Balas

Bisa aja Bunda ini. Terima kasih sudah berkunjung dan barakallah

11 Feb

Heheheeee....amiinn

11 Feb

keren bun....mantul n 4 jempol (pinjam jempol misua saya) heheheee....

11 Feb
Balas

keren bun....mantul n 4 jempol (pinjam jempol misua saya) heheheee....

11 Feb
Balas

keren bun....mantul n 4 jempol (pinjam jempol misua saya) heheheee....

11 Feb
Balas

keren bun....mantul n 4 jempol (pinjam jempol misua saya) untuk bunda pipi heheheee....

11 Feb
Balas

keren bun....mantul n 4 jempol (pinjam jempol misua saya) untuk bunda pipi heheheee....

11 Feb
Balas

keren bun....mantul n 4 jempol (pinjam jempol misua saya) untuk bunda pipi heheheee....

11 Feb
Balas

keren bun....mantul n 4 jempol (pinjam jempol misua saya) untuk bunda pipi heheheee....

11 Feb
Balas

keren bun....mantul n 4 jempol (pinjam jempol misua saya) untuk bunda pipi heheheee....

11 Feb
Balas

keren bun....mantul n 4 jempol (pinjam jempol misua saya) untuk bunda pipi heheheee....

11 Feb
Balas

keren bun....mantul n 4 jempol (pinjam jempol misua saya) untuk bunda pipi heheheee....

11 Feb
Balas

keren bun....mantul n 4 jempol (pinjam jempol misua saya) untuk bunda pipi heheheee....

11 Feb
Balas

keren bun....mantul n 4 jempol (pinjam jempol misua saya) untuk bunda pipi heheheee....

11 Feb
Balas

Alhamdulillah bunda, jangan bosen menulis. Alhamdulillah

21 Feb
Balas

Semoga dari bekasi lahir penulis-penulis yang populer aamiin ya robbal alamiin... Alhamdulillah...

11 Feb
Balas

Semangat Bun sehat terus dan istiqomah dal berkarya, makasih atas pembelajaran nya, Alhamdulillah

11 Feb
Balas

Terima kasih apresiasinya dan barakallah

11 Feb

Sukses terus Bun, terimakasih ilmunya . Alhamdulillah.

11 Feb
Balas

Terima kasih apresiasinya dan barakallah

11 Feb

Ya benar sekali karena sebab kegilaan idenya lah si penulis dapat terkenal dan sukses tentunya, mampu membawa si pembanya menyelami tulisannya secara mendalam dan mendapat intisari dari bacaan tersebut. Alhamdulillah

11 Feb
Balas

Terima kasih sudah berkunjung dan barakallah

11 Feb

maksih bunda sudah berbagi pengalaman dalam artikel bunda,, semoga bunda sukses dan bisa me jadi motivator untuk penulis selanjutnya bun, alhamdulillah

11 Feb
Balas

Terima kasih apresiasinya dan doanya. Barakallah

11 Feb

Masyaallah salut sekali bunda sama beliau. Memang semakin kita gila membaca dan menulis semakin kita dapat inspirasi dari mana saja. Maka dari itu jangan mudah patah semangat untuk terus belajar. Sukses terus untuk kalian para gurusianer. Alhamdulillah.

11 Feb
Balas

Terima kasih supportnya dan barakallah

11 Feb

Ternyata banyak yg harus di susun sebelum menulis, top dah buat para penulis. Alhamdulillah

11 Feb
Balas

Luar biasa bundd ,,, terima kasih atas tips dan ilmu nya Bun, semngat terus bundaa. Alhamdulillah

11 Feb
Balas

Biasa di luar. Terima kasih sudah berkunjung dan barakallah

11 Feb

Luar biasa.. terimakasih ilmunya Bun, sehat selalu.. Barakallah.. semangat dalam berkarya nya. Alhamdulillah

11 Feb
Balas

Beruntungnya punya bunda yang keren ini. Alhamdulillah

11 Feb
Balas

Pengen tahun makin bertambah deh makasih Bun. Alhamdulillah

27 Feb
Balas

Sangat bermanfaat bu, terimakasih ilmunya . Alhamdulillah

11 Feb
Balas

Dapet ilmu baru dari Bunda, terimakasih Bun. Alhamdulillah

11 Feb
Balas

Masya allah bun. Terima kasih atas ilmu yang engkau berikan. (Alhamdulillah)

11 Feb
Balas

terima kasih bunn.. atas tips dan ilmu nya Bun,alhamdulillahh...

11 Feb
Balas

MasyaAllah trimkasih binda atas ilmunya trimakasih juga sampai saat ini masih memotivasi ... Alhamdulillah

11 Feb
Balas

Terima kasih sudah berkunjung dan barakallah

11 Feb

Mantab bun , terkadang kita menulis belum faham cara penulisan yang baik dan benar . hanya sekedar menulis dan mengarang saja. Alhamdulillah.

11 Feb
Balas

Terima kasih bunda sudah berbagi ilmu nya...alhamdulillah

11 Feb
Balas

Terima kasih bunda sudah berbagi ilmu nya...alhamdulillah

11 Feb
Balas

Terima kasih bun atas ilmunya semoga bermanfaat, sukses terus bun... Alhamdulillah

11 Feb
Balas

Terima kasih bunda semangat dan terus berkarya. Alhamdulillah

11 Feb
Balas

Subhanllah, makasih bun sudah berbagi ilmu tentang fiksi, semoga ilmu yg bunda sampaikan ini bermanfaat khususnya bagi penulis pemula.. sukses terus bun . #alhamdulillah

11 Feb
Balas

Terima kasih apresiasinya dan barakallah

11 Feb

Mantap bun,, Terimakasi atas ilmunya . Alhamdulillah

11 Feb
Balas

masyaAllah terimakasih bunda ilmu dan tips nya hehe. #Alhamdulillah

11 Feb
Balas

Terima kasih tips nya bun, alhamdulillah

11 Feb
Balas

Sama sama. Terima kasih dan barakallah

11 Feb

Mantap aku br tahu, sangat menginspirasi Alhamdulillah

11 Feb
Balas

Mantap aku br tahu, sangat menginspirasi Alhamdulillah

11 Feb
Balas

Ya benar sekali karena sebab kegilaan idenya lah si penulis dapat terkenal dan sukses tentunya, mampu membawa si pembanya menyelami tulisannya secara mendalam dan mendapat intisari dari bacaan tersebut. Alhamdulillah

13 Feb
Balas

Mantap bun, terimakasih atas ilmu dan tips nya semoga bermanfaat bagi kita semua.Alhamdulillah

11 Feb
Balas

Setiap artikel yang bunda buat bermanfaat sekali.. Makasih bun terus semangat dalam berkarya. Alhamdulillah

19 Feb
Balas

Terimakasih bunda, telah membagi ilmunya, semoga bermanfaat. Alhamdulillah

11 Feb
Balas

Semoga ilmunya bermanfaat ya bun aamiin semangat terus. Alhamdulillah

11 Feb
Balas

Amin. Terima kasih sudah berkunjung dan barakallah

11 Feb

Kita sebagai penulis harus bisa menghargai hasil dari karya penulis tersebut,,,,tapi kita wajib menghargai pendapat dari s penulis tersebut.

11 Feb
Balas

Subhanallah.... sukses terus ya bu... yar ketularan jadi penulis handal. dan menciptakan banyak buku. #Alhamdulillah

10 Feb
Balas

Terima kasih sudah berkunjung dan barakallah

11 Feb

Sukses selalu buat semua penulis di gurusiana terus semangat dalam berkarya.. Alhamdulillah..

11 Feb
Balas

Ide gila terkadang di butuhkan juga, hehehe..#Masya Allah

14 Feb
Balas

#Maasyaallah kekuranganya tak menjadi alasan untuk tidak berkarya dengan ideide gilanya, bahkan menjadi suatu kelebihan yg bisa dinikmati banyak orang.

11 Feb
Balas

Barakallah bu, semoga saya juga bisa menjadi penulis seperti ibu sekarang, aamiin. MasyaAllah

10 Feb
Balas

Amin, semoga. Terima kasih sudah berkunjung dan barakallah

11 Feb

Sangat luar biasa dalam semangatnya Masya allah

10 Feb
Balas

Terima kasih apresiasinya dan barakallah

11 Feb

Bagus sekali ibuuuukuuuuuuuu. Allahuakbar

17 Feb
Balas

sungguh memotivasi diri ini untuk terus bersyukur dan lebih semangat, sangat menambah ilmu mengenai dunia menulis, terimakasih telah berbagi ibu ropi.. Allahuakbar..

12 Feb
Balas

Acara yg sangat menyenangkan bunnn. Allahuakbar

11 Feb
Balas

Setiap artikel bunda selalu memberi ilmu yang baru untuk kami semua....jadi yang kita tidak tau jadi tau

11 Feb
Balas

Syukron pemaparan ilmunya bundaaaa.. Jadi tau tips membuat novel dan gimana caranya supaya tulisan (novel) diangkat menjadi film.. Sangat bermanfaat.. #Allahuakbar.

15 Feb
Balas

Luarbiasa, niat baik beriringan dengan proses yang baik akan menghasilkan hasil yang baik pula. Sekeluarga penulis mantap. Allahuakbar

14 Feb
Balas

Barakallah bunda, semoga bermanfaat ilmunya, semangat terus dalam berliterasi... Allahuakbar.

14 Feb
Balas

Mantaappp bangeddd bundaaa, semoga saya bisa mengikuti jejak bunda, sedikit2 belajar menulis merangkai kata# Allahuakbar

11 Feb
Balas

Barakallah, motivasi yang luarbiasa. Semoga sehat selalu penulis terbaik negeri. Allahuakbar

11 Feb
Balas

Menarik bun jadi makin terinspirasi semoga bermanfaat, semangat terus bun dalam menulis karya nya.. Allahuakbar

12 Feb
Balas

Mantap jiwa bun.. *Allahu Akbar*

12 Feb
Balas

Sukses trus bu dlm karya tulis.a #allahuakbar

12 Feb
Balas

Woowww... Hmmm hmmm memang sejatiny menulis itu tidak harus sempurna. Krena yg menyempurnakan sebuah tulisan adalah motivasi - motivasi yg terkandung d dalam tulisan tersebut. Takbir.#Allaahu Akbar.

13 Feb
Balas

Alhamdulillah bun semoga nanti kita semua bisa menjadi penulis yang handal seperti bunda, Masya Allah,,

11 Feb
Balas

Waduh bunda, kapan yaa saya bisa menulis!, mohon bimbingannya dari bunda #maasyaalloh

12 Feb
Balas

Berkarya tanpa batas Bun, semangat Bun dan sehat selalu #MasyaAllah

10 Feb
Balas

Terima kasih sudah berkunjung dan barakallah

11 Feb

semoga ide gila nya selalu membuahkan karya yg akan selalu di rindukan orang lain.. allahu akbar

11 Feb
Balas

MasyaAllah luar biasa para guru dan penulis di Bekasi ini.. hebat-hebat makasih bunda atas berbagi ilmunya..semoga berkah sehat selalu.. Aamiin...........#alhamdulillah.

11 Feb
Balas

MasyaAllah luar biasa para guru dan penulis di Bekasi ini.. hebat-hebat makasih bunda atas berbagi ilmunya..semoga berkah sehat selalu.. Aamiin...........#alhamdulillah..

11 Feb
Balas

Sebuah kegiatan yg sangat bagus sekali, dengan ada nya seminar yg di selenggarakan oleh GPBR dan AL MUHADJIRIN. Sehingga menimbulkan kembali Apresiasi dari para penulis Gurusiana. Dan selamat untuk Bunda yg apresiasinya sangat mulya...( Massya Allah)

11 Feb
Balas

Makasih bunda sudah berbagi pengalamannya kepada kita.Masya allah

11 Feb
Balas

Wow, luar biasa bunda. Artikel yang sangat bermanfaat untuk saya sebagai penulis baru. Alhamdulillah

12 Feb
Balas

Terimakasih bunda sudah memberikan kami ilmu yang bermanfaat....mudah mudahan berkah..

11 Feb
Balas

Penulis yang sangat handal,,, selain mementingkan karya dia tidak lupa mementingkan kesehatanya,, karna sehat itu mahal, karna sehat kita bisa berkarya,, sukses untuk KGPBR. Masyaallah

10 Feb
Balas

Betul sekali. Terima kasih sudah berkunjung dan barakallah

11 Feb

Menlis bukanlah hal yang mudah bahkan untuk memunnculkan sebuah ide saja kadang sangat sulit bagi saya yg masih pemula... mungkin langkah2 diatas bisa dipraktekkan ya bu.. barokallah

11 Feb
Balas

Sangat bermanfaat Bun terimakasih semoga aku bisa mempunyai ide gila seperti penulis handal Gol a gong. Sukses bunda barakallah..

11 Feb
Balas

Luar biasa sekali Bun. hasil yang sangat membanggakan bagi seorang penulis bisa keliling dunia dan bisa menurunkan ke anak"nya. Sungguh kebanggaan yang luar biasa..#barakallah

11 Feb
Balas

Sangat menarik dan menantang, pasti banyak yg ikut juga dengan ide ide gila nya #Barakallah

12 Feb
Balas

Sangat menarik dan menantang, pasti banyak yg ikut juga dengan ide ide gila nya #Barakallah

12 Feb
Balas

Terus berkarya Bekasi!!!! Kita bisa! Trimakasih bunda slalu memotivasi kami. Baarokallah

11 Feb
Balas

Merasa iri, kita yang di beri indra lengkap tetapi tidak bisa menciptakan 1 buku pun. Barakallah

11 Feb
Balas

Mantaaaaaaaaaaaaaaaaaap banyak ilmu di sini.terima kasih bun BAAROKALLAH

11 Feb
Balas

Terimakasih untuk motivasi nya bu.Semangat terus bu untuk berliterasinya dan tetap jaga kesehatanya ya bu.Barakallah

11 Feb
Balas

Salah satu cara ..untuk melakukan sesuat yg luar biasa kita harus melakukah sesuatu yg gila #barakallah

11 Feb
Balas

Terimakasih bun atas pelajarannya di pagi hari. Tips buat menulis nya sangat bermanfaat sekali bun. Dan semoga saya bisa seperti bunda. #Barakallah

11 Feb
Balas

Terimakasih atas ilmunya bu, selalu memotivasi kami, terus berkarya bu.. Barakallah~

11 Feb
Balas

Terima kasih bunda sudah berbagi ilmu, semoga sehat selalu dengan kegiatan yg padat.#Barakallah

11 Feb
Balas

Luar biasa.. Karna setaip seorang penulis yg populer harus mempunyai ide" dan kaya" yg terbaiknya agar lebih terus memberikan motivasi. #Barakallah

11 Feb
Balas

Terima kasih bunda atas ilmu nya berkah trus yah bun barakallah

11 Feb
Balas

Trimakasih bunda atas ilmu yang telah bunda berikan #Brakallah

11 Feb
Balas

Trimakasih bunda atas ilmu yang telah bunda berikan #Brakallah

11 Feb
Balas

Luar biasa bun,, kehebatan yang luar biasa saat seorang penulis mampu memberikan virus menulisnya kepada orang lain. Terimakasih bunda sudah berbagi ilmu literasi.. Barakallah

11 Feb
Balas

Semoga sukses selalu dalam literasi sangat terinsfirasi dengan tulusan ibu yang bermakna bernas. Barrakkaallah

11 Feb
Balas

Luar biasaa.. Ide Ide nya yaang Gila mampu mendobrak duniaa literasii. Selalu jadi motivasi. Barakallah

11 Feb
Balas

Masyaallah terharu bacanya dg kehidupan beliau, terima kasih selalu memotivasi bunda.. #BARAKALLAH

11 Feb
Balas

Menjadi seorang penulis harus mencintai karya tulis_BARAKALLAH

11 Feb
Balas

mantap sangat bermanfaat dan termotivasi bagi kami para calon penerus......barakallah

11 Feb
Balas

mantap sangat bermanfaat dan termotivasi bagi kami para calon penerus......barakallah

11 Feb
Balas

Segala sesuatu harus di ambil dengan perhitungan yang mantap, dan siap menerima resikonya.. Barakallah

11 Feb
Balas

Pelajaran yg sangat berharga..terimakasih bun ilmunya Barakallah

11 Feb
Balas

KGPBR : Pelatihan Menulis Cerita Fiksi Bersama Gol A Gong.... InsyaAllah apa yg dilakukan oleh motivator motivator ini akan melahirkan penulis penulis yg ulung dan memberikan ilmu ilmu yg bermanfaat bagi para penerusnya. BAROKALLOH

11 Feb
Balas

Semangat terus dalam berliterasi serta memberi informasi. Semoga Bekasi melahirkan penulis-penulis populer. Aamiinn. Barakallah

11 Feb
Balas

Semangat terus penulis di indonesia semoga makin banyak penulis handal yang mampu membuka dunia. Barakallah

11 Feb
Balas

Subhanallah.. Sya Sangat termotivasi utk menjadi seorg penulis, akan tetapi rasa malas sungguh sulit utk dilawan.. Semoga kelak bisa sprti bunda.. sukses sllu bun.. #Barakallah

11 Feb
Balas

Alhamdulillah semoga bekasi menjadi contoh yang lebih baik ke depannya Aamiin Barakallah

16 Feb
Balas

Terimakasih bu udh berbagi ilmunya kepada kami semua. #subhanallah

11 Feb
Balas

Terimakasih bun atas ilmu nya, semoga menjadi motivator dan penulis yang handal dan bisa mengikuti jejak" penulis lainnya. #Subhanallah

11 Feb
Balas

Luar biasa bu. Memang sangat beda sekali, zaman sekarang dan zaman dulu.. #subhanallah

15 Feb
Balas

Jangan jadikan kekurangan sebAgai aLasan untuk maju $subhanallah

11 Feb
Balas

Karena sebagai seorang penulis harus membuat judul yg lebih menarik agar orang orang tertarik untuk membacanya.#subhanallah

11 Feb
Balas

Penulis yang hebat mampu menjadikan hal apapun di sekitar nya menjadi coretan yang bermakna. Subhanallah

11 Feb
Balas

Mantap bunda semoga suatu saat nanti saya bisa menjadi penulis seperti bunda... Aamiin#subhanallah

11 Feb
Balas

alhamdulillah pengtahuan baru terimakasih bu #subhanallah

11 Feb
Balas

Terima kasih atas ilmunya bun...;-) _Subhanallah_

11 Feb
Balas

.Alhamdulillah semoga sukses untuk ibu dan semua penulis-penulis bekasi #Subhanallah

11 Feb
Balas

Bener bener luar biasa Bun #Subhanallah

11 Feb
Balas

Alhamdulillah selalu di beri motivasi setiap harinya, semangat terus dan sukses terus bun untuk menciptakan ide ide yg gila. Subhanallah

11 Feb
Balas

josss #subhanallah

11 Feb
Balas

Jurus tandur (maju terus pantang mundur). Subhanallah

11 Feb
Balas

Subhanallah bunda ,trimakasih sudah membagi ilmu nya .mudah2 an tambah bermanfaat ya bun.dan makin sukses kedepan nya #Barakalloh

11 Feb
Balas

Kekurangan tak menjadikan melemahkan seseorang...tapi lebih membuat motivasi agar lebih maju lagi... Luar biasa KGPBR... #SubhannAllah

11 Feb
Balas

Senang nya mendapatkan ilmu yg baru dan harus terus mencari ilmu kembali terimakasih ibu ropiah #subhanallah

11 Feb
Balas

Terus menulis dan sukses selalu bun. #alhamdulillah

11 Feb
Balas

Menulis itu bukan suatu hal yg mudah, dr awal sampai akhir kita harus mempunyai pemikiran pemikiran yang sungguh luar biasa... Shat slalu bun dan trima kasih atas motivasinya #Barakallah

11 Feb
Balas

Alhamdulillah dapat ilmu baru ,terimakasih bunda .. Subhanallah

11 Feb
Balas

Terimakasih ilmu dan tips nya bun.. Smoga kami perlahan2 jg bisa sperti penulis yang mengeluarkan ide2 gila nya#Subhanallah

11 Feb
Balas

Terimakasih Bun atas motivasinya, semoga kita semua semangat untuk belajar merangkai kata(menulis ) #subhanallah

11 Feb
Balas

Terimakasih Bun atas motivasinya, semoga kita semua semangat untuk belajar merangkai kata(menulis ) #subhanallah

11 Feb
Balas

Subhanallah, memang allah slalu tepat memilih orng orng hebat sepertinya, bisa berada di Gol a gong, smoga slalu di beri kberkahan #subhanallah

11 Feb
Balas

MaasyaAllah saya jg ingin belajar menulis bu. Tapi kesulitan untuk memulainya #subhanallah

10 Feb
Balas

Mencobs dan mencoba. Terima kasih sudah berkunjung dan barakallah

11 Feb

Memang mantap , dalam setiap struktur kalimat yang telah terbuat semoga , kita bisa menjadi penulis yang hebat #Barakallah

11 Feb
Balas

terimakasih bu atas ilmu baru nya sangat bermanfaat, jadi terinspirasi juga sama kisah Gol A gong @subhanallah

11 Feb
Balas

Luapkan dengan tulisan Berpikirlah dengan mu membaca Mohon di koreksi #barokallah

10 Feb
Balas

Terima kasih dan barakallah

11 Feb

Terimakasih ilmunya bun, sangat bermanfaat. #barakallah

11 Feb
Balas

Subhanallah, Betapa mengagumkan ya paguyuban para penulis ini, Semangaaat dan sukses selalu

10 Feb
Balas

#subhanallah

10 Feb

Terima kasih apresiasinya dan barakallah

11 Feb

Terima kasih bun telah menginspirasi bagi kami .... Semangat terus dalam berkarya......#Barakallah

11 Feb
Balas

Bener bun apa yang dikatakan oleh narasumber seorang penulis tanpa membaca seperti robot karena bagi seorang penulis buku-buku adalah dunia yang sesungguhnya, Mudah-mudahan narasumber menjadi inspirasi untuk kita semua bahwa membaca sebagai gudang ilmu. #Barakallah

11 Feb
Balas

Acaranya seru dan menarik memotivasi untuk menulis bgt ini mah bu.. Allahuakbar

14 Feb
Balas

Trimakasih bunda atas ilmunya tentang tulisan fiksi, karna sy juga penggemar bacaan fiksi.. hehe.. Barakallah

11 Feb
Balas

Di balik kekurangan setiap makhluk pasti ada kelebihan asal tetap optimis dalam menjalani hidup #barrakallah

11 Feb
Balas

Subhanallah..mantulll bgt bunda sy juga harus gila (giat latihan) ini. #subhanallah

11 Feb
Balas

Dimana ada kekurangan pasti ada kelebihan

11 Feb
Balas

Dimana ada kekurangan pasti ada kelebihan . sungguh luar biasa . Semangat terus buat para penulis dan buat bunda semoga tetep Istiqomah . #Barakallah

11 Feb
Balas

Mantaap bun ,terimksih atas ilmu"nya ,sngat brmnfaat bgi kami . #Subhanallah

11 Feb
Balas

Terimakasih bun atas ilmu dan motivasinya,Success Fully bunda,Semoga slalu dalam lindungan Allah SWT #Subhanallah

11 Feb
Balas

mantap sekali bunda, terimakasih atas ilmu dan motivasi yang selalu bunda berikan walaupun hanya dalam tulisan tapi membuat kita semangat #Allahuakbar

11 Feb
Balas

mantap sekali bunda, terimakasih atas ilmu dan motivasi yang selalu bunda berikan walaupun hanya dalam tulisan tapi membuat kita semangat #Allahuakbar

11 Feb
Balas

Mantap ,,trus memotivasi anak bangsa bu Alhamdullillah

11 Feb
Balas

Sangat bagus sekali bun dan menambah wawasan kita untuk berkarya di negri ini # alhamdulillah...

11 Feb
Balas

Alhamdulillah dapet pengetahuan baru makasih bunda..#alhamdulilah

05 Mar
Balas

Alhamdulillah dapet pengetahuan baru makasih bunda..#alhamdulilah

05 Mar
Balas

Bersyukur bgt barakallah bun atas inspirasinya jadi bertambah wawasan dengan artikel di atas Semoga kami semua bisa mengikuti jejak bunda dengan tips di atas #Subhanallah

11 Feb
Balas

Mantap bertambah lagi ilmu saya, jadi pingin mencoba menulis hehehe. semangat terus bu #Subhanallah

11 Feb
Balas

#Subhanallah, terimakasih atas ilmunya bu

11 Feb
Balas

Masya Allah.. terimakasih Bun atas ilmunya yang sangat bermanfaat. semangat terus dan sukses selalu #subhanallah

11 Feb
Balas

Tetap semangat untuk ibu dan tetep selalu menjadi motivasi dan inspirasi semangat terus Bu untuk memberikan ilmu kepada kita semua

12 Feb
Balas

Sebuah inspirasi yg luar biasa. Walaupun memiliki kekurangan, jangan jadikan kekurangan itu menjadi hambatan untuk berkarya. #subhanallah

11 Feb
Balas

Sebuah inspirasi yg luar biasa. Walaupun memiliki kekurangan, jangan jadikan kekurangan itu menjadi hambatan untuk berkarya. #subhanallah

11 Feb
Balas

#Subhanallah,ibu sangat memotivasi sekali dalam hal menulis. Sehat selalu bu. Semoga saya juga seperti ibu. Aminnn...

11 Feb
Balas

ilmu yang bermanfaat,...mudahan kita bisa mengikuti jejak para penulis handal ini, "ide yang gila"...sudah keharusan, terima kasih Bu.#Subhanallah

11 Feb
Balas

tambah ilmu lagi bu... mantappp... semoga bs bermanfaat ilmunya.. #Allahu Akabar

11 Feb
Balas

terimakasi bun atas ilmunya...Masyaallah

11 Feb
Balas

Subhanallah Kita sebagai penulis harus bisa menghargai hasil dari karya penulis tersebut

21 Feb
Balas

Sungguh luar biasa acara yang sangat bermanfaat. Terima kasih bu atas ilmu nya menjadi penulis sangat termotifasi. Sungguh hebat penulis populer dan terkenal seperti Gol A Gong walaupun mempunyai kekurangan difisik tak menjadikannya mengeluh dan berputus asa malah dia bangkit dan berprestasi yg luar biasa hebat...semoga menjadi motifasi buat saya khususnya.

04 Mar
Balas

subahanalllh motivasi sekali bun luar biasa terus lah berkarya bun sukksess terus #Alhamdulilah

11 Feb
Balas

bukan hanya menambah wawasan tetapi diri ini sangat termotivasi setah banyak membaca tulisan author jebolan bekasi bersinar ini. semangat untuk setiap karyanya

10 Feb
Balas

Terima kasih apresiasinya dan barakallah

11 Feb

Sungguh luar biasa...... Terimakasih bu sudah memberikan motivasi untuk saya.. Subhanallah...

11 Feb
Balas

Menuliskan suatu infirasi bunda ,menjadi banyak orang yang termotipasi dari tulisan bunda lancar terus dan semakin Sukses.Alhamdulilallah

11 Feb
Balas

Terima kasih apresiasinya dan barakallah

11 Feb

Terima kasih bun atas motivasi dan ilmunya.#alhamdulillah

12 Feb
Balas

Soliala sayyidina muhammad...bermanfaat bgt bu# subhanallah

11 Feb
Balas

Hore dpet ilmu baru tentang cerita fiksi

11 Feb
Balas

Mantap jiwa, semoga saya juga bisa mengikuti jejak ibu, dan mungkin belajar dari sekarang.. @#subhanallah

10 Feb
Balas

Benar belajsr dan terus belajar. Terima kasih dan barakallah

11 Feb

Semoga kita bisa lebih terpacu lebih semangat dan termotivasi #subhanallah

11 Feb
Balas

Alhamdulillah dapat ilmu baru ,terimakasih bunda .. #masyaallah

16 Feb
Balas

Terimakasih bunda atas ilmu2 yang sudah di berikan kepada kita semua, semangat bunnn #Subahanallah

11 Feb
Balas

Sangat liar biasa bu... Terima kasih atas ilmu nya bu *subhanallah

11 Feb
Balas

Luar biasa trimaksh ilmunya #subhanallah

11 Feb
Balas

Luar biasa mantaff mdh2an sy bisa ketularan jd seorang penulis yg hebat#subhanallah

11 Feb
Balas

Trimakasih atas ilmunya.. semoga berkah ~subhanallah~

11 Feb
Balas

Trimakasih atas ilmunya.. semoga berkah ~subhanallah~

11 Feb
Balas

Trimakasih atas ilmunya.. semoga berkah ~subhanallah~

11 Feb
Balas

Kekurangan bukan menjadi alasan unt berkarya ~subhanallah~

12 Feb
Balas

Kekurangan bukan menjadi alasan unt berkarya ~subhanallah~

12 Feb
Balas

Kekurangan bukan menjadi alasan unt berkarya ~subhanallah~.

12 Feb
Balas

Kekurangan bukan menjadi alasan unt berkarya. ~subhanallah~.

12 Feb
Balas

Kekurangan bukan menjadi alasan unt berkarya.. ~subhanallah~.

12 Feb
Balas

Kekurangan bukan menjadi alasan unt berkarya... ~subhanallah~.

12 Feb
Balas

Kekurangan bukan menjadi alasan untuk berkarya ~subhanallah~

12 Feb
Balas

Kekurangan bukan menjadi alasan untuk berkarya. ~subhanallah~

12 Feb
Balas

Laahaula walaa kuwata illaa billaah.semoga kita semua termasuk di dalam-nya amiin..! Tidak kuasa lidah ini berkata begitu membuat kagum dan terharu Untaian kata penuh arti dalam sebuah kisah nyata Semoga angin sejuk membawaku bersamanya mengajarkan aku kiat tekat dengan semangat jiwa seakan tak kenal lelaaaah..!Subhanallah

10 Feb
Balas

Terima kasih apresiasinya dan barakallah

11 Feb

Terima kasih bun. Udh kasih ilmunya

14 Mar
Balas

" Ramaditya, sang penulis handal (tunanetra) yang telah mencipta 6 buku " Di artikel ini saya salut dengan pa Ramaditya , dengan kekurangan nya beliau mampu menunjukan kelebihan nya di bidang tulis menulis ... Tetap semangat dan sukses selalu juga untuk bunda , terus berkarya di KGPBR ... #barakallah

11 Feb
Balas

Terima kasih bunda ilmunya saya lebih semangat lagi #subhanallah

11 Feb
Balas

Jadi pengen ke Rumah Dunia

11 Feb
Balas

Terimakasih nu atas ilmunya #subhanallah

11 Feb
Balas

makasih bun atas motivasi dan semangatnya,,semoga bunda selalu di berikan kesehatan sehingga dapat membuat karya karya yang luar biasa...masya allah

21 Feb
Balas

Mantap bun, keren sekali....cemunguuuuttttt terus bun... Allahuakbar

11 Feb
Balas

Ajib bu semoga saya bisa jadi penulis seperti mereka semua #Subhanallah

11 Feb
Balas

Bener bener mantap bu semoga nanti nya juga biar jadi penulis aminn.. #barokallah

10 Feb
Balas

Amin. Terima kasih sudah berkunjung dan barakallah

11 Feb

Mata kedua, walaupun si penulis itu tidak sempurna tetapi slalu optimis, dn menjadi motivasi kita semua yg memiliki kesempurnaan dari Allah SWT, #masyaallah

11 Feb
Balas

Sungguh menjadi motivasi,, #Allahuakbar

16 Feb
Balas

Syukron #Al hmadulillah

11 Feb
Balas

Alhamdulillah

11 Feb
Balas

Luar biasa. Islam sangat menjunjung tinggi metode penulisan fiksi yang di dalam Al-Qur'an disebut dengan kata "Amtsaal." Subahanallah

12 Feb
Balas

Sungguh sangat indah sebuah tulisanmu dan karyamu... #allahuakabar

17 Feb
Balas

karya tulis bukan hanya cerita akan tetapi juga ilmu untuk si pembaca... allahuakbar

22 Feb
Balas

Alhamdulilah dapet pengetahuan baru lgi ,,makasih bu,,jangn bosen ya bu,buat motivasi kita..allahuakbar

20 Feb
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali