Siti Ropiah

Guru MA Al Ishlah Cikarang Utara Kab Bekasi Jawa Barat Alumni Uin Jakarta, nomor hp 087888623714 ...

Selengkapnya
Jadilah Seperti Semut, Jangan Seperti Ular

Jadilah Seperti Semut, Jangan Seperti Ular

Ada kejutan yang kurasakan pagi ini. Bukan kejutan aliran listrik, karena aku paling takut dengan listrik. Kejutan tersebut tentu terkait dengan tulisan, karena di blog ini adalah blog guru penulis (aku sih penulis recehan, ikut kalimat Kak Raihana sang penulis populer).

Pagi ini, setelah lari pagi, aku coba sambangi gurusiana tercinta. Ups, ternyata sudah banyak artikel yang bertengger. Aku mencari artikel yang kukirim setelah subuh. Wow, ternyata sudah tertumpuk cukup banyak. Yang lebih wow lagi, ternyata kutemukan sekitar 17 artikel dengan penulis yang sama. Pantas saja, tulisanku dengan cepat amblas ke bawah, hehehe. Paling wow, artikel tersebut tidak ada materi, hanya judulnya saja. Aku berprasangka baik saja, mungkin tertinggal isi tulisannya.

Bila Pak Edi, mengibaratkan "laron" untuk penulis yang muncul bersamaan, aku mengibaratkan dengan "ular" yang suka memangsa buruannya yang besar, agar selanjutnya ia tertidur. Sebagai seorang penulis, hendaklah laksana semut, yang bekerja setiap hari untuk menyimpan makanan yang akan diperlukan di masa depan.

Demikian seorang penulis, terlebih lagi menulis di blog besar para guru ini, dengan anggota sekitar 30 ribu orang, tentu memerlukan waktu dan kesempatan berbagi, selain agar tak bosan orang membacanya. Karenanya mengirim artikel di setiap hari, lebih baik dari mengirim sekaligus. Setiap hari minimal satu artikel, atau bila ingin mengirim beberapa artikel di hari yang sama, kirimlah dalam waktu yang berbeda. Hal itu yang telah dilakukan para penulis populer. Simpanlah tulisan yang sudah ada untuk dikirim di lain waktu.

Sejatinya Pandai Mengatur Sesuatu Merupakan Keniscayaan

Salam Perindu Literasi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Betul, agar pembaca tidak jenuh ya, Bu? Salam sehat dan sukses untuk Bu Ropiah.

06 Feb
Balas

Terima kasih Pak sudah sempatkan mampir dan barakallah

06 Feb

Saya mau jadi trenggiling he...he... Pemakan semut. Terus menginspirasi. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah buat bu Pipi.

06 Feb
Balas

Alhamdulillah Barokallah, sudah kehabisan tempat untuk komentar Bu Doktor

06 Feb
Balas

Masih luas Pak Guru. Terima kasih sudah berkunjung dan barakallah

06 Feb

Kakak mau jadi semut ah. Tak mau jadi ular...hiiii takut. Semut...hewan luar biasa hingga Allah abadikan dalam Al Quran. Betul, Deq. Hendaknya kita bekerja setiap saat, gigih dan penuh rasa gotong royong seperti semut. Bukan seperti ular. Jazakillah khoir untuk mutiara hikmah ini. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, Deq.

06 Feb
Balas

Ya Kak, terimakasih selalu menyempatkan mampir. Teruntai doa untuk kakakku tercinta smoga Allah limpahkan rahmatNya agar kakak diberikan kesehatan dan barakallah

06 Feb

mantap bu!!!! saya suka tulisan ibu selalu menginspirasi saya

06 Feb
Balas

Terima kasih apresiasinya dan barakallah

06 Feb

Setuju kuadrat Saudariku...

06 Feb
Balas

Harus, sebagai dujungan untukku saudariku, hehehe. Terima kasih selalu menyempatkan mampir dan barakallah

06 Feb

Saya nulis sedikit demi sedikit dan remukan lagi. Tapi ya bisanya begitu. Sehat dan sukses Bu Pipi...

06 Feb
Balas

Dikit-dikit jadi bukit yah sahabatku. Terima selalu sempatkan menengok dan barakallah

06 Feb

Silaturrahimnya itu lho, pantas untuk kita contoh. Namun belum bisa. Semut serangga yang Allah cantumkan dalam Al Qur'an. An Naml. Barakillah Ibu Siti....

06 Feb
Balas

Benar Abah. Terima kasih selalu menyempatkan mampir. Teruntai doa untuk Abah semoga Allah limpahkan rahmatNya agar Abah diberi kesehatan dan barakallah

06 Feb

Luarr biasa..semut mnjadi contoh yg bijak dan menginspirasi untuk artikel hari ini. Allahuakbar

07 Feb
Balas

Penulisan judul yang Membuatt saya Jadi penasaran akan isinya ... #Allahuakbar

06 Feb
Balas

Penulisan judul yang Membuatt saya Jadi penasaran akan isinya ... #Allahuakbar

06 Feb
Balas

Belajar dari sang semut, yang bekerja dengan penuh semangat dan pantang menyerah, Semoga bunda pun trus semangat dalam merangkai kata² yg indah... Allahu Akbar

06 Feb
Balas

Oke bunda ... semangat.....ide cemerlang...Ting...hehehe Sukses selalu bunda dan barakallah

06 Feb
Balas

Terima kasih selalu menyempatkan mampir dan barakallah

06 Feb

Malu sama semut klo kita kga bergotong royong mah. Alhamdulillah

21 Feb
Balas

Mantap bun lanjutkan tetap semangat literasi Alhamdulillah...

06 Feb
Balas

Mau membaca pasti di lihat dari judul nya, kalau judul nya menarik pasti dalam nya juga menarik, artikel Bunda menarik saya ingin membaca nya, ilmu yang bermanfaat,semangat Bunda.Alhamdulillah

06 Feb
Balas

Luar biasa. Alhamdulillah

11 Feb
Balas

Sehari 17 artikel sekali gus itu WOW banget... sependapat banget nih sama bunda, sedikit demi sedikit itu jauh lebih baik dari pada breekk sekali gus, karena saya pribadi sih bikin satu artikel itu harus berpikir kerasnya masyaallah. Udah jadi dibaca aah kurang bagus bongkar lagi, jadi lagi dibaca kayak masih ada yang kurang, kayak berlebihan dan seterusnya hehehe maklum pemula jadi harus ngobrak ngabrik isi otak dulu untuk melahirkan satu karya artikel. semangat terus bunda. Alhamdulillah

06 Feb
Balas

Luar biasa bunda. Selalu terpesona kalo baca artikel dari bunda. Hehe sukses terus bun. Alhamdulillah.

06 Feb
Balas

Jika mengingat semut selalu ingat kerja keras dan persahabatan. Alhamdulillah

06 Feb
Balas

Semngat terus bundaaa klo sekaligus ngga seru bunda hehehe biar sedikit sedikit ajah kadang tulisan bunda tuh buat penasarankejutan apa lagi yg bakalan bunda tulis hehehe Sehat terus ya bundaaa. Alhamdulillah

06 Feb
Balas

Semut ini menginspirasi saya, kecil namun memiliki silaturahmi yang baik dengan sesamanya, semoga kita bisa bersilaturahmi dan berbaur seperti semut. Alhamdulillah

06 Feb
Balas

Semut itu solidaritasnya sangat kuat dalam hal positif mau negatif. Alhamdulillah

07 Feb
Balas

Wow ternyata semut juga sangat menginspirasi ya bu.Sama kaya ibu yang selalu menginspirasi banyak orang . Alhamdulillah

06 Feb
Balas

Bunda memang selalu bisa bikin orang orang terinspirasi. Kali ini diibaratkan lewat semut, luar biasa. Alhamdulillah

06 Feb
Balas

Subhanallah bun . smoga engkau d berikan kesehatan jasmani dan rohani agar bisa melanjutkan artikel artikel yg memotivasi orng lain. (Alhamdulillah)

06 Feb
Balas

Subhanallah,,,,,,,,,,kata kata bunda sangat menginspirasi sekali....dan teruslah memotivasi yg lainn...ternyata kita bisa mengambil pelajaran dari semut. alhamdulillahh....

06 Feb
Balas

Mantap bun,. Semua tulisan-tulisan ibu selalu menginspirasi banyak orang,. Semoga slalu menjadi pemotivasi terbaik bun.. Alhamdulillah

06 Feb
Balas

Yup setuju bun, semut selalu bekerja keras untuk mendapatkan makanan . sedangkan ular kadang memaksa dan juga menghilngkan nyawa . Semangat bun... Alhamdulillah

06 Feb
Balas

Luar biasa...selalu ada kejutan di setiap artikel bunda...alhamdulillah

06 Feb
Balas

Luar biasa...selalu ada kejutan di setiap artikel bunda...alhamdulillah

07 Feb
Balas

Subhanallaah... Semangat terus bun, jadilah orang yang selalu menginspirasi bagi orang lain, karena Apapun peran kita, sekecil apapun, semoga semua itu bisa bermanfaat bagi orang lain... Alhamdulillah

06 Feb
Balas

Semut bisa menginspirasikan juga,begitu pun bunda sangat menginspirasikan semua orang. Alhamdulillah

06 Feb
Balas

mantep bgt bun, memang kita sebagai manusia harus jg meniru semut yg gotong royong, agar tujan yg kita inginkan cpt slesai #alhamdulillah

06 Feb
Balas

Woww keren,, ternyara Semut juga menginspirasi seperti layaknya bunda yang tak pernah luput untuk mengispirasi Orang-orang diluaran sanah ... Alhamdulillah

06 Feb
Balas

Mantap bunda setiap tulisan yg bunda buat selalu membuat si pembaca menjadi penasaran.#Alhamdulillah

06 Feb
Balas

mantap bun, saya jd teringat ke buku yang memotivasi saya, semut dream. Alhamdulillah

06 Feb
Balas

Subhanallah ibarat menabung tak harus banyak yg penting konsisten,, ibarat pribahasa Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi banyak, hehe Alhamdulillah

07 Feb
Balas

Luar biasa, semut juga bisa menginsfirasi.Alhamdulillah

06 Feb
Balas

Sedikit demi sedikit jadi bukit, luar biasa semut hihi. Alhamdulillah

27 Feb
Balas

Bunda memang oke, menjadi motivasi untuk bisa menulis. Alhamdulillah

06 Feb
Balas

Barakalloh bun semoga lancar terus ya dan di sehatkan badannya. Alhamdulillah

06 Feb
Balas

Subhanallah,,,,,,,,,,kata kata bunda sangat menginspirasi sekali....dan kata katapun sangat memotivasi sekali

06 Feb
Balas

Dari semut qt bisa belajar apa artinya itu kebersamaan, artikelnya sangan menginspirasi. sukses terusya bunda... #Alhamdulillah

10 Feb
Balas

Woow... Kata-kata yang luar biasa.. Kita bisa mengambil pelajaran dari semut yaitu kebersamaan saling menyapa dengan yang lain.. Alhamdulillah

06 Feb
Balas

Bener bun kita harus seperti laksana semut yang setiap hari bergotong royong untuk memenuhi persediaan makanan suatu koloninya. Harusnya kita bisa mengikuti semut dan tidak saling mencaci maki sesama manusia yang saling menjatuhkan rebutan kekuasaan. #Masya Allah

08 Feb
Balas

Semut yg kecil tpi bnyak,, liat lah kesolidaritasan semut yg banyak bergotong-royong untuk membawa makanan dan dikumpulkan unruk makan bareng.. Masyaallah

07 Feb
Balas

Betul Bun, kita harus belajar banyak dari semut sedikit-sedikit menjadi bukit berkat konsisten dan kerja keras. Masya Allah

06 Feb
Balas

Barakallah, artikel ibu selalu menginsfirasi para pembaca. Sukses terus bun. #masyaAllah

06 Feb
Balas

Sangat terinspirasi dari semut yang mengajarkan arti kehidupan dan kekompakan Masya allah

06 Feb
Balas

Semut selalu bersama-sama dalam menjalankan sesuatu . . . ALLAHUAKBAR

17 Feb
Balas

betul bun, hari ini ngepost banyak tulisan eh besoknya fakum itu malah salah.. satu hari satu cukup agar pembaca gak bosan.. kadang malesin juga kalo yang lewat tulisan dia lagi tulisan dia lagi.. hehee.. Allahuakbar..

09 Feb
Balas

Menulis (menuangkan untaian Lisan)

06 Feb
Balas

Mulai dengan step by step ya bunda . Allahuakbar

06 Feb
Balas

Wah setiap kata-kata bunda bagus bikin semua orang penasaran untuk membacanya.....

06 Feb
Balas

Terima kasih apresiasinya dan barakallah

06 Feb

Pengibaratannya pas bun.. Bergotong royong bagai semuuuttt. #allahuakbar.

06 Feb
Balas

Luarbiasa bu. Selama kita bisa mengatur segala hal dengan baik, akan baik pula berjalan nya. Allahuakbar

14 Feb
Balas

Luar biasa bunda artikel nya, sungguh menarik judul dan isinya, semangat terus ... Allahuakbar

07 Feb
Balas

Pelajaran yang aku dapet dari semut itu mereka selalu kompak dalam segala hal,bisa menolong satu sama lain, terkadang semut juga jahat sih hehe sering gigit orang tanpa sebab # Allahuakbar

06 Feb
Balas

Luarbiasa bun, tulisan nya selalu dengan judul yang menarik. Sehat selalu bun... Allahuakbar

06 Feb
Balas

Judul yang sangat menarik bu. Membuat pembaca nya penasaran. Teruslah berkreasi dgn tulisan indahmu bu. Allahuakbar

06 Feb
Balas

Bagus bu terinspirasi dari semut, semngat dan pantang menyerah.. Allahuakbar

12 Feb
Balas

Semut oh semut dirimu kecil tpi aku ingin sprti mu yg selalu bekerja setiap saat, gigih dan penuh rasa gotong royong dan selalu kompak... Tdk sprti ular.. *Allahu Akbar

07 Feb
Balas

Seperti semut yg kerja sama.a baik dan tidk pernah lelah bekerja mencari makanan setiap hari ya bu#allahualbar

06 Feb
Balas

Terima kasih sudah berkunjung dan barakallah

06 Feb

Semuut oooh semuut,, ulaaar oooh ulaar,, dua hewan yg d buat ibarat / perumpamaan d cerita ini. Hmmm sungguh menakjubkan. Mungkin para penulis yg seperti ular itu,, mereka tdk ingin tulisanny tdk brmanfaat bu, atw mngkin krena mreka berfikir tdk ada yg tw kpan waktu mreka bisa brhenti mnulis. Jadi mreka segera mungkin mngirimkan krya tulisanny bu... ! Pokokny buat para penulis the best deh,, Takbir. #Allaahu Akbar.

06 Feb
Balas

Sekecil apapun selama kita mau bekerja sama, sedangkan yang besar tidak mau bekerja sama, maka kebersamaan akan mengalahkan semuanya,,, Masya Allah,,,

06 Feb
Balas

Betul bunda. Karena kalau mengirim artikel sekaligus banyak, otomatis artikel yang sebelumnya akan tertumpuk dan otomatis akan lebih sedikit dibaca. Terima kasih bunda, tulisannya mewakili beberapa gurusianer yang tulisannya pernah tertumpuk oleh gurusianer lain yang mengirim artikel sekaligus banyak. Maa Syaa Allah :)

06 Feb
Balas

top bin markotop dah, klo soal penulisan untuk bundaku.. semoga ilmu nya kecipratan dri bunda. MaasyaAllah

07 Feb
Balas

Bener sekali agar pembaca tidak bosan apa lagi yang pertama kali d liat yaitu judul nya jadi judul nya biar menerima dan.memikat hati pembaca setuju bun masyaallah....

06 Feb
Balas

Dengan seekor semut dapat mengajarkan kepada kita artinya gotong royong dan semut merupakan hewan yang saling tolong menolong Masyaallah

06 Feb
Balas

betul bun, tulisan yang sangat memotivasi untuk penulis pemula. Maa syaa Allaah..

06 Feb
Balas

Ibaratkan segerombolan semut yang tiada hentinya bekerja setiap waktu, pun begitu jua bundaku tersayang tiada hentinya menyempatkan untuk memberikan karya-karyanya di gurusiana... # masya allah

06 Feb
Balas

Luar biasa bun,bunda dan para penulis populer lainnya sangat memotivasi kami para junior. Ma Sya Allah

06 Feb
Balas

Semoga dengan banyaknya tulisan-tulisan yang muncul menambah daya tarik tersendiri waa bilkhusus untuk saya pribadi agar mau menulis di blog gurusiana ini aamiin

06 Feb
Balas

Semoga dengan banyaknya tulisan-tulisan yang muncul menambah daya tarik tersendiri waa bilkhusus untuk saya pribadi agar mau menulis di blog gurusiana ini aamiin allahu akbar

06 Feb
Balas

Mantap bunda luar biasa,,karena tulisan bisa menjadi jendela dunia..karena dari tulisan lah..orang bisa selalu di kenang..semangat bunda..semoga berkah.....#alhamdulillah.

06 Feb
Balas

Mantap bunda luar biasa,,karena tulisan bisa menjadi jendela dunia..karena dari tulisan lah..orang bisa selalu di kenang..semangat bunda..semoga berkah.....#alhamdulillah..

06 Feb
Balas

Semut mengajatkan kita kebersamaa sama hal nya seoerti rayap .masaallah

06 Feb
Balas

Semut mengajatkan kita kebersamaa sama hal nya seoerti rayap .masaallah

06 Feb
Balas

Krna semut selalu setia pada kolomi nya mencari makan bersama bergotong royong. Klo ular bisa memangsa klurga ny sndri masyaallah

06 Feb
Balas

Membutuhkan kebesaran jiwa dan jangan malu untuk meniru sesuatu yg Baik, walaupun harus mencontoh kehidupan semut,,,( Massya Allah)

06 Feb
Balas

Hal nya baru belajar menulis sedikit lama"akan terbiasa,dan bisa buat artikel sebagus yang di tulis bunda.masyaallah

06 Feb
Balas

Iya jadilah semut mengumpulkan makanan setiap hari sedikit sedikit untuk keperluan dimasa yang akan datang. Alhamdulillah

06 Feb
Balas

.kata-kata yang luar bisa semoga menjadi motifasi dan infirasi,sukses dan sehat selalu bunda ,masyaallah. ,s

06 Feb
Balas

Saya setuju bunda,dengan artikel bunda...

06 Feb
Balas

selalu termotivasi dengan tulisan bunda....MaasyaAllah

06 Feb
Balas

Belajar dari semut yang tak pantang menyerah selalu semangat dan tetap berjamaah, walau sering sekali diinjak dia tetap semangat,, semut adalah insfirasi, gerak gerik dia memberi pesan, tapi jarang sekali orang yang mengerti maksud dari pesannya,,, Masyaallah

06 Feb
Balas

Betul apapun itu (bukan hanya menulis) hendaknya dilakukan sedikit demi sedikit dan berkelanjutan, orang sukses biasanya memulai segalanya dari yg sedikit itu, karena keistiqomahannya maka fia menjafi sukses. Barokallah

06 Feb
Balas

Tnp disadari semut mengajarkan kita kompak dlm mengerjakan sesuatu atau ingin sesuatu kita perlu sabar juga dan yakin hasil Takan menghianati prosesnya. Dan ular mengajarkan kita jangan terlalu berambisi untuk satu hal. Karna itu tidak baik. Terimakasih Bu motivasinya, semoga lancar dan sukses slalu, aamiin.. barakallah....

06 Feb
Balas

Terima kasih apresiasinya dan barakallah

06 Feb

Karena semangat yg menggebu mungkin krna hari ini begitu banyak mendapat pengalaman sehingga tidak dapat ditahan untuk menulis.hihi #barakallah

06 Feb
Balas

Setuju hihi .. Cukup jenuh kalau artikel dikirimkan dalam waktu yg berbeda detik saja, mungkin tidak semua nya terbaca . Harus memri jarak antara artikel pertama dan kedua agar tidak terlihat monoton juga #Barakallah

07 Feb
Balas

Betul Bu, supaya tulisan yg lain juga punya kesempatan di baca, barokallahhhhhh bu

06 Feb
Balas

Selalu menyajikan tulisan yang menggugah hati bu. Barakallah

10 Feb
Balas

Tulisan ini memotivasi juga ,agar kita dapat mengatur sesuatu apapun dengan baik apalagi waktu.Barakallah

06 Feb
Balas

Semut adalah salah satu seranga yg paling rajin..maka jang bosan dalam menjalani semua ini semangat ibu #barakallah

06 Feb
Balas

Ajiib bun,, kata" yg penuh makna. Semut dapat bergotong royong untuk mencari makanan lalu disimpan untuk stok berkelangsungan hidupnya. Bgitupun kita harus saling membantu satu sama lain. Dalam hal menulis pun sama . #Barakallah

06 Feb
Balas

Sangat menginspirasi bun masya allah

06 Feb
Balas

Sangat menginspirasi bun masya allah

06 Feb
Balas

Benar bu, semut menyatakan sebuah pepatah "sedia payung sebelum hujan". Makasih bu sudah banyak menginspirasi, sehat terus bu, Barakallah~

06 Feb
Balas

Terima kasih bu jadi termotivasi bu buat menulis. #Barakallah

06 Feb
Balas

Karna semuanya membutuhkan proses dan kerja keras.. Dan yakinlah sesuatu yg indah tidak di dapat dengan mudah. Terimakasih bun.untk motivasinya. Salam#Barakallah.

06 Feb
Balas

Karna semuanya membutuhkan proses dan kerja keras.. Dan yakinlah sesuat u yg indah tidak di dapat dengan mudah. Terimakasih bun.untk motivasinya. Salam#Barakallah.

06 Feb
Balas

Selalu menginsfirasi yah bun bagi para pembacanya .barakallah

06 Feb
Balas

Matul bunda... Dengan belajar dari semut bisa bisa tau arti kebersamaan #Barakallah

07 Feb
Balas

Matul bunda... Dengan belajar dari semut bisa bisa tau arti kebersamaan #Barakallah

07 Feb
Balas

Liuar biasa bunda, tips yang baik untuk seorang penulis dan calon penulis,, semut yang menginspirasi... Barakallah

06 Feb
Balas

Belajar dari semut sifat bergotong royong membangun bersama memucul kan pemikiran yang relefan sedikit demi sedikit lama_lama menjadi bukit.sifat yang tertanam sikap positip di setiap kali tentang kondisi nya. Menjadi kan hal alam tersebut saling menghargai satu sma lain nya. karna sifat nya bergotoroyong sekecil pa pun makna nya saling sufort hal tersebut fositip Saling menghrgai. Barrakallah.

06 Feb
Balas

Setuju.. Agar karyanya selalu di nanti dalam setiap harinya.. Luar biasa semut yang menginsfirasi. Barakallah

06 Feb
Balas

Betul agar yg membacanya juga tdk bosan heeehe, Barakallah bunda..

06 Feb
Balas

Prinsip semut di artikelnya ibarat pepatah yang mengatakan 'berakit-rakit dahulu, berenang-renang kemudian, beraakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian'.. Sehat dan sukses terus ya bunda.. Barakallah

06 Feb
Balas

semut mengajarkan kita untuk saling bekerja sama dan eratnya persahabatan..sedangkan ular memberi nasihat kepada kita agar tidak mementingkan diri sendiri Barakallah

07 Feb
Balas

Semut kecil hewan nya tapi ide dan kebiasaan hidupnya luar biasa seolah olah tiap ketemu sesama semut salam dan berjabat tangan kalau ada makanan bawa bareng bareng ganggu orang bareng pokoknya kompak makan g makan kumpul. Kalau ada semut yg nakal wajar dia g punya akal cuma punya nafsu g bisa bedakan mana baik mana buruk ya kita harus ma'kum itu . BAROKALLOH

06 Feb
Balas

Syukron jazakumullohu khoiron ibu atas motivasi. Nasehat serta memberikan artikel yg bermanfaat buat kami. BAROKALLOH

06 Feb
Balas

Lebih baik sedikit tetapi tetap konsisten dalam melakukan sesuatu. Begitu juga dalam menulis. Barakallah

06 Feb
Balas

Jadilah seperti semut yang selalu bergotong royong demi mengumpulkan makanan. Barakallah

06 Feb
Balas

Aku setuju dgn semua yg ibu tulis. Artikel" ibu sungguh menginspirasi sekali. Terkadang apa yg kita remehkan ternyata itu sngatlah penting bagi kita.. #Barakallah

06 Feb
Balas

Masya Allah Motivasi untuk Semangat menulis lebih giat lagi untuk saya buu yang baru mau mencoba agar seperti semut kepandaiannya. Barakallah

06 Feb
Balas

Bnr bu lebih baik dikerjakan setiap hari walaupun sedikit2 dibandingkan sekaligus banyak yg ada nanti malah tidak beraturan. #subhanallah

06 Feb
Balas

Betul bun karena perjalanan kita masih panjang dan tdk hanya 1 waktu/hari saja jadi harus selalu ada persiapan untuk kedepan nya, trimakasih bun #Subhanallah

06 Feb
Balas

Belajar lah dari semut, semut sekecil itu, bisa bergotong royong, dan tau arti ke bersamaan #subhanallah

15 Feb
Balas

Subhanallah. . Luar biasa termotivasii Untuk yg kesekian kali. Truss berkarya bu. #subhanallah

06 Feb
Balas

Sungguh luar biasa ibu adalah inspirasi kami. #Subhanallah

06 Feb
Balas

Sangat bermanfaat dan memotivasi, semoga bisa menjadi seperti semut. Subhanallah

06 Feb
Balas

Semut adalah binatang yg kecil tapii selalu kompak dan saling bekerja sama...#subhanallah

06 Feb
Balas

smoga kita selalu di istiqomahkan dalam mengerjakan kebaikan .untuk bekal di akhirat.karana setiap kebaikan yg di lakukan walau hanya sebesar biji dzarrah akan di balas .begitu juga beramal kejelekan wlaupun kecil akan di balas . sebagaimna semut yang bekerja setiap waktu untuk bekal untuk kehidupannya di masa mndatang.

06 Feb
Balas

#subhanallah

06 Feb

Terima kasih atas motivasinya bu... -Subhanallah-

07 Feb
Balas

.Alhamduillah y bu dari semut kita bisa belajar sabar dan gotongroyong. #subhanllah

06 Feb
Balas

Kita bisa belajar dari semut apa itu kebersamaan dan gotong royong #Subhanallah

06 Feb
Balas

Makasih bun sudah memotivasi, selalu mengingatkan kami. Sehat selalu bun, agar bisa selalu memberikan motivasi yg luar biasa untuk kamu. #subhanallah

06 Feb
Balas

Mungkin itu terlalu bersemangat...hehe

06 Feb

wow terinspirasi sama semut setelah dipikir iye iye bener juga trima kasih bun. #subhanallah

06 Feb
Balas

Mantaaapp.. terimakasih bu atas tulisannya yg udah menginspirasikan,, walau sedikit tetapi memiliki makna yg banyak... subhanallah

06 Feb
Balas

Sepertinya menulis sudah mendarah daging bagi ibu. Subhanallah

06 Feb
Balas

Terimakasih bunda aku banyak belajar dari semut2 ,bahwa kita hidup membutuh kan saling membantu,saling sapa menyapa dan bergotong royong. Termotivasi dari kata2 nya.. Makasih bunda

06 Feb
Balas

Terimakasih bunda aku banyak belajar dari semut2 ,bahwa kita hidup membutuh kan saling membantu,saling sapa menyapa dan bergotong royong. Termotivasi dari kata2 nya.. Makasih bunda#Barakkalloh

06 Feb
Balas

Terimakasih bunda aku banyak belajar dari semut2 ,bahwa kita hidup membutuh kan saling membantu,saling sapa menyapa dan bergotong royong. Termotivasi dari kata2 nya.. Makasih bunda#Barakkalloh

06 Feb
Balas

Mantep luar biasa... Supaya kita seperti semut... #SubhannAllah...

06 Feb
Balas

Semut binatang yg banyak pembelajaran yang kita ambil ibu karna semut selalu jaga silaturahmi nya dimana pun iya berada pasti iya selalu gotong royong saling menyapa dan selalu hangat pribahasa menyatakan nya seperti itu #subhanallah

06 Feb
Balas

Jika semut dan ular berteman baik? #Alhamdulillah

06 Feb
Balas

Subhanallah... Sesuatu apapun itu bisa kita kaitkan dengan tulisan ini... Ya contohnya sperti semut dan ular... Luar biasa ... #Barakallah

06 Feb
Balas

Subhanallah... Sesuatu apapun itu bisa kita kaitkan dengan tulisan ini... Ya contohnya sperti semut dan ular... Luar biasa ... #Barakallah

06 Feb
Balas

selalu terinspirasi dengan tulisan bunda,,, Subhanallah

06 Feb
Balas

Maa Syaa Allah.. banyak pelajaran yang harus kita petik dari kehidupan semut. walaupun mereka kecil, ternyata semut hewan terkuat di dunia #Subhanallah

06 Feb
Balas

Setuju Bu, tulisan yg penuh makna #subhanallah

06 Feb
Balas

Mantef ibu, selalu trinsfirasi, semangat ibu buat mnegeluarkan artikel artikel lainnya #subhanallah

06 Feb
Balas

Dari artikel2 yang ibu kirim di gurusiana mengenai tips menulis bisa dijadikan bahan untuk Kami belajar, trimakasih bu #subhanallah

06 Feb
Balas

Mantap, kecil kecil cabe rawit Semut memanglah kecil tapi bukan berarti kecil segalanya justru banyak yang kecil tapi mengegerkan dunia karena sebuah kualiatas tidak dilihat dari ukuran , the best example for us #Barakallah

07 Feb
Balas

Aku sering dengar pepatah itu....maknanya luar biasa jika kita igin tahu....masyaallah....hebat

07 Feb
Balas

Semut itu kerjasamanya patut dicontoh...bersatu kita teguh bercerai kita runtun...#masyaallah

08 Feb
Balas

belajarlah dari semut bahwa hidup harus slalu bergotong royong sesama manusia

08 Feb
Balas

belajarlah dari semut bahwa hidup harus slalu bergotong royong sesama manusia

08 Feb
Balas

ketika semut yang menginspirasi seorang penulis hehe dan seorang penulis yang menginspirasi semua pembaca tulisan nya, hebat bu @subhanallah

06 Feb
Balas

Saya sering bangat bosan dalam membaca karna ada aja yang kurang menarik untuk di baca. tetapi alhamdulilah ibu sudah membangunkan rasa malas saya untuk hayu membaca #subhansllah

06 Feb
Balas

Bekerjasama Menginspirasi banget bun #barokallah

09 Feb
Balas

Bekerjasama Menginspirasi banget bun #barokallah

09 Feb
Balas

Semut, sikecil yang imut. Kaya tulisan ibu, sedikit tapi bermanfaat #barakallah

06 Feb
Balas

Subhanallah ternyata aku baru menyadari, bahwa benar yang terpenting adalah istiqomahnya#subhanallah

06 Feb
Balas

Mantap bu setiap artikel yg di keluarkan para penulis kami mendapatkan motivasi dan inspirasi ...... #Barakallah

06 Feb
Balas

Semangat bunda karena kesuksesan itu butuh proses, karena penulis yang populer juga tidak bisa langsung menjadi populer, semoga selalu bisa membuat artikel agar menjadi motivasi kita semua. #Barakallah

06 Feb
Balas

Ibu keren, semua hal bisa jadi inspirasi buat tulisan ibu,, allahuakbar

06 Feb
Balas

Harus menyiapkan materi yang matang agar pembaca lebih mengerti maknanya ya Bun intinya.. ilmu yg bermanfaat..trimakasih bunda.. Barakallah

07 Feb
Balas

Jadilah seperti semut yg bisa menebar kebaikan meskipun semut kadang menjengkelkan. # subhanallah

07 Feb
Balas

Ide sangat bagus,itu pasti salah satu rahasia penulis gurusiana,selalu menyimpan tulisan untuk di kemudian hari agar si pembaca tidak jenuh dengan blog tersebut #barakallah

06 Feb
Balas

Betul sekali ,bisa di ibaratkan sedekah 5 ribu sehari lbih baik drpda 100rb sebulan ,bukan tentang bnyaknya tpi tentang istiqomahnya ..#subhanallah

06 Feb
Balas

Sangat memotivasi bu,agar lebih ulet lagi #Subhanallah

06 Feb
Balas

semut selalu mengajarkan untuk selalu gotong royong,bersama sama untuk menggapai sebuah hasil sedangkan ulat mengajarkan untuk terlalu berambisi, semut setiap berjalan dan bertemu dengen semut lain selalu berjabat tangan silaturahimnya luar biasa. #Allahuakbar

06 Feb
Balas

Sangat menginspirasi untuk kita semua dari hal apapun bisa membuat kita semakin inovatif#alhamdulillah...

06 Feb
Balas

Terkadang d mata kita itu rendah,namun besar dan bermanfaat bagi orang lain..#alhamdulilah

06 Mar
Balas

masyaAllah ya bu dari semut kita bisa banyak belajar arti kebersamaan pula dengan segala keterbatasannya # Subhanallah

06 Feb
Balas

Terimakasih motivasinya bu. Semoga saya bisa menulis kata2 nan indah dan penuh makna seperti ibu #subhanallah

06 Feb
Balas

Terimakasih motivasinya bu. Semoga saya bisa menulis kata2 nan indah dan penuh makna seperti ibu #subhanallah

07 Feb
Balas

Sejatinya Pandai Mengatur Sesuatu Merupakan Keniscayaan, Sungguh kata kata yang bermotivasi tinggi #Subhanallah

06 Feb
Balas

Semut mengajarkan kita arti gotong royong dan arti kebersamaan. Artikel ibu sangat menginspirasi #subhanallah

06 Feb
Balas

Semut mengajarkan kita bagaimana cara bergotong royong demi mencapai suatu kesuksesan/tujuan.tidak seperti ular yg habis makan banyak lalu tidur dan bermalas_malasan. #subhanallah bunda... Tulisan yg penuh dgn makna

06 Feb
Balas

Semut sangat kecil tapi dia tau betapa indah nya jika bergotong royong begitu dengan manusia . Apapun yg di kerjakan dengan bergotong royong akan lebih indah seperti tulisan yg ibu tulis ini . Tulisan ibu selalu menjadikan motivasi untuk saya dan untuk orang lain. # Subhanallah

06 Feb
Balas

Mengutip kembali tulisan ibu yang menjadi motivasi untuk saya, "Sebagai seorang penulis, hendaklah laksana semut, yang bekerja setiap hari untuk menyimpan makanan yang akan diperlukan di masa depan." Teruslah menulis untuk memotivasi kaula muda ya bu.

06 Feb
Balas

Seperti Semut yg selalu kompak dalam bekerja untuk mengumpulkan hasil yg banyak.semut juga tidak pernah cape dalam bekerja mencari makanan setiap waktu dan setiap hari.dikit demi sedikit menjadi bukit dan hasilnya akan nampak setelah ia bekerja keras. #subhanallah

06 Feb
Balas

Dikit demi sedikit menjadi bukit

06 Feb

;Betul Bu...berkaryalah terus sejatinya karya yang terkumpul tentu akan sangat berguna nnti,...bertambahnya karya kita tdk hrus kita keluarkan sekaligus...karya kita juga perlu managemen yang bagus...pandai melihat situasi atau keadaan, dri situlah kita tau kapan harus mengeluarkan karya yang sesuai tema dengan tepat, secepat "Lesatan Anak Panah yang Mengenai Mata Elang"!.....he..he...#Subhanallah....Salam

06 Feb
Balas

Sangat Setuju Bu... Terkadang Hal yg qta anggap kecil bisa menjadi luar biasa dan bisa mengalahkan sesuatu yg besar.. #Allahu Akbar

06 Feb
Balas

betul bun... kita membaca artikel itu mencari manfaat dan faedahnya,jadi kalau kita membaca sebuah artikel yang isinya tidak ada manfaat atau faedahnya membuat si pembacaya menjadi bosen dan jenuh. Masyaallah

06 Feb
Balas

Subhanallah... Luar biasanya semut...

06 Feb
Balas

Banyak pelajaran yang bisa diambil dari semut selain bergotong royong mencari makanan untuk persiapan kedepan tetapi jiwa sosialnyapun tinggi saling kasih-sayang,saling membantu satu sama lain bahkan jika bertemu sesama selalu menyapa. Terkadang makhluk sosial suka lupa pada orang disekelilingnya suka asyik dengan dirinya sendiri lupa bahwa ada yang membutuhkan perhatiannya...terimakasih telah menginsfirasiku...semoga aku bisa menjadi makhluk sosial yg bermasyarakat dan berguna. Tulisan ibu bagus...maaf.

06 Feb
Balas

bijak dalam mengatur sesuatu dan pandai memilah waktu ya bu. alhamdulillah dapet ilmu baru

12 Feb
Balas

Setiap kata kata ibu selalu membuat saya terharu ,, sedih ,, gembira ,, pokoknya is the best dah..hehehehe Subhanalla

06 Feb
Balas

Subahanallah motipasi says banget tulisan ini bisa niru kepandayan semut luar biasa. Alhamdulillah

06 Feb
Balas

Terima kasih sudah berkunjung dan barakallah

06 Feb

Terimakasih bu telah membagi tips dalam penulisan dan terimakasih telah menjadi best motivator# subhanallah

06 Feb
Balas

Kalo begitu penulis harus rajin menulis dan menuangkan ide - ide nya. Semoga tulisan - tulisan ibu bisa menginspirasi agar orang bisa mengambil faedah #subhanallah

06 Feb
Balas

Karena dengan belajar dari semut,kita jadi tahu arti kebersaman,arti kerja sama. Masyaallah

06 Feb
Balas

Karna semut itu saling terikat satu sama lain dan termasuk hewan pekerja keras .allahuakbar

17 Feb
Balas

*jadilah seperti semut jgn menjadi ular* hehe ibu judulnya sangat menginspirasi

07 Feb
Balas

*jadilah seperti semut jgn menjadi ular* hehe ibu judulnya sangat menginspirasi

07 Feb
Balas

*Jadilah seperti semut jgn seperti ular* hehe .. Ibu judul yg sangat menginspirasi.. Meski kecil semut tidak boleh dipandang remeh. Seekor gajah saja bisa mati diserbu tentara semut.Bahkan sebatang pohon bisa roboh digigit pasukan semut.Kebersamaan menjadi kunci keberhasilan.Semut slalu melakukan itu. Semut iti istimewa dlm alquran pun"an naml" Semut .Subhanallah

07 Feb
Balas

Semut itu sesosok binatang yg dapat kita tiru,ketika kita bersatu semua akan menjadi ringan di pikul dan mengurangi beban,selain kompak semut pun binatang yg ramah saling menghargai. #masyaallah

16 Feb
Balas

Bunda mengingatkan kisah zaman dahulu heeee, biarpun kecil luarbiasaa #Subahanallahhh

08 Feb
Balas

Semut sekecil apapun, tapii dia tahu arti kebersamaan dan gotong royong #subhanallah

06 Feb
Balas

Tulisan ibu slalu menginspirasi kami.. #Subhanallah

06 Feb

Teruslah belajar seperti semut pantang menyerah#subhanallah

06 Feb
Balas

Terima kasih bunda...!aku pernah baca,kalu ngga salah bahwa seluruh yang ada di langit dan bumi beserta isinya itu pelajaran bagi manusia,jika menggunakan akal sehatnya dengan baik.And wow...pelajaran yang aku dapat dari semut:diantaranya yang baik 1.saling sapa 2.gotong royong Ada juga yaa sii..yang jeleknya.heee Dia suka nyebelin apalagi semut yang suka masuk ke dalam telinga.aduuuh...asli nyebelin banget. Tambah lagi kalu lagi nyerang gula di toples,gmn cara ngusirnya yaaa....capek dekh....intinya semua ada baik ada buruk,tergantung dari mana kita menyudut pandang nya. Dapat di garis bawahi,siapa yang ngambil sudut pandang jelek hasilnya pun jelek begitu juga sebaliknya.Laa haula walaa kuwata illa billaah...salam silaturrahim yang baik husus buat Bunda.amiiin...!

06 Feb
Balas

Saya setuju dengan isi artikel ibu Ibu menjelaskan metode ibu dalam menulis dan menshare karya ibu di gurusiana Masyallah

06 Feb
Balas

Semut mengajarkan keistiqomahan dalam setiap apa yang di kerjakan #masyaAllah

09 Feb
Balas

Betul sekali dan ada lagi kelebihan semut ia mampu membawa beban yg lebih besar dr dia jadi sebagai penulis kita harus bisa berfikir di situasi apapun baik itu sesibuk apapun

13 Mar
Balas

Semut yang kecil bisa mengalahkan gajah yang besar, semut yang kecil tidak mati saat jatuh dari ketinggian beribu ribu kaki, semangat semut luarbiasa bekerjasama dalam membangun dan menciptakan sesuatu, ukhuwah semut yang sangat menginspirasi selalu bersalaman saat bertemu rekan nya, sungguh menarik artikel ini yang mengambil contoh dari semut ~Subhanallah~^_^

06 Feb
Balas

subhanallah ibu artikelnya sungguh mengesankn #subhanallah

11 Mar
Balas

mantap jiwa,mantap kali,sangat mantap...semoga panjang umur bun...masya allah

18 Feb
Balas

Sekecil kecil nya semut ia juga mempunyai perasaan.. Jd klo ada semut jngan kau injak"yaaaaa... Allahuakbar

14 Feb
Balas

Sejatinya Pandai Mengatur Sesuatu Merupakan Keniscayaan, Waktu kalau bkn sendri yg mengatur pasti akan ripuh dn akan kegiatan seharihari nya #masyaallah

12 Feb
Balas

Kecil sejuta hikmah #Allahuakbar

16 Feb
Balas

Betul sekali Ibu..karena kalo tulisan itu dikirim sekaligus dlm blog, tentu kamipun sebagai pembaca yg setia tentu merasakan titik jenuh yg amat sangat...#Allahu Akbar

16 Feb
Balas

Pengen blajar politik melalui cara semut ranggee... Alhamdulillah

11 Feb
Balas

Selalu ada padanan kebaikan dalam teladan semut. Subhanallah

12 Feb
Balas

Meskipun kecil tetapi mereka bisa mempersatukan satu sama lain.. #allahuakbar

17 Feb
Balas

sangat terkesan, karna keistimewaan semut sama dengan lebah, karna semut saling bergotongroyong untuk membantu satu sama lain.. allahuakbar..

16 Feb
Balas

Gk pernh bosen baca artikel ibu,semngt ya bu..allahu akbar

17 Feb
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali