Siti Ropiah

Guru MA Al Ishlah Cikarang Utara Kab Bekasi Jawa Barat Alumni Uin Jakarta, nomor hp 087888623714 ...

Selengkapnya

Idul Fitri Ajang Pembuktian Diri

Hari raya atau idul fitri merupakan hari yang ditunggu oleh segenap umat Islam di seluruh dunia. Tak terkecuali umat Islam Indonesia. Persiapan menyambut kedatangan hari paling dinanti, begitu semarak. Dari mempersiapkan pakaian, membuat makanan khas daerah masing-masing sampai bersih-bersih rumah dilakukan.

Bagi perantau, mereka rela berdesak-desakan bahkan bermacet ria di jalan. Lapar dan dahaga pasti dirasakan. Bahkan lelah tak dapat dihindari. Namun semua itu dilakukan demi dapat berkumpul dengan keluarga tercinta di kampung halaman pada saat hari raya tiba.

Sebenarnya apa makna sesungguhnya dari idul fitri?

Kalimat idul fitri terangkai dari dua kata yaitu ied dan alfitri. Ied artinya kembali sedang fitri artinya suci. Jadi idul fitri bermakna kembali suci.

قَالَ عِيسَى ابْنُ مَرْيَمَ اللَّهُمَّ رَبَّنَا أَنْزِلْ عَلَيْنَا مَائِدَةً مِنَ السَّمَاءِ تَكُونُ لَنَا عِيدًالِأَوَّلِنَا وَآخِرِنَا وَآيَةً مِنْكَ ۖ وَارْزُقْنَا وَأَنْتَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ (المائدة:114)

"Isa putera Maryam berdoa: "Ya Tuhan kami turunkanlah kiranya kepada kami suatu hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami yaitu orang-orang yang bersama kami dan yang datang sesudah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau; beri rezekilah kami, dan Engkaulah pemberi rezeki Yang Paling Utama" (Al-Maidah:114).

Kembali suci maksudnya saat ramadan dengan iman dan harapan menjalankan puasa, terampunkan dosa. Hal ini yang kemudian menjadikan seseorang suci tanpa dosa laksana bayi yang baru lahir. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW

كل مولود يولد على الفطرة

"Setiap anak lahir dalam keadaan suci...".(HR Bukhari. Lihat Maktabah Syamilah, Sahih Al Bukhari, Juz. 2, hlm.100, No. 1385).

Ramadan merupakan bulan latihan segala amal baik, seperti puasa, zakat, sedekah, shalat malam baik Tarawih, Tahajud maupun Witir, membaca al qur'an, menjaga hati, sabar dan menahan hawa nafsu.

Saatnya idul fitri merupakan waktu pembuktian dari pelatihan yang dilakukan selama satu bulan. Hingga perbuatan baik yang dilakukakan pada saat Ramadan dapat dilakukan pula di bulan selanjutnya, hingga tujuan dari puasa dapat melekat dalam diri yaitu takwa.

Mempersiapkan segala sesuatu terkait idul fitri merupakan suatu hal yang boleh, namun memgimplementasikan hasil latihan selama Ramadan merupakan bukti tercapainya takwa sebagaimana yang diungkapkan dalam QS al Baqarah: 183. Selain itu ada pula kalimat bijak yang mengungkapkan

ليس العيد بلبس الجديد ولكن العيد بطاعة تزيد

"Bukanlah dikatakan id dengan gunakan pakaian baru, namun id adalah ketika taat seseorang bertambah".

Sejatinya Melanjutkan Kebaikan yang Dilakukan Saat Ramadan Merupakan Keniscayaan.

Salam Perindu Literasi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Justru disini beratnya Bun. Nih mau qiymullail aja berat. Tapi inilah tantangan buat kita semua. Barakallah Bun.

08 Jun
Balas

Benar Pak Agus, terima kasih sudah mampir dan barakallahu fiik

08 Jun

Semoga kenikmatan Ramadan tetap bisa kita rasakan. Barokallahu Fiik

08 Jun
Balas

Amin ya rabb. Terima kasih sudah mampir dan barakallahu fiik

08 Jun

Semoga kita senantiasa dalam Ridho Allah untuk Dapat melaksanakan dan melanjutkan Kebaikan yang sudah dijalankan pada. Bulan Ramadhan..barakallahu fiik.. Salam Sasyuik bu Vivi chantiik sholehah

08 Jun
Balas

Amin, semoga demikian. Terima kasih sudah mampir dan barakallahu fiik

08 Jun

Karena setiap kebaikan tidak seharusnya menemukan titik henti. Alhamdulillah

08 Jun
Balas

Terima kasih sudah mampir dan barakallahu fiik

08 Jun

Betul sekali bunda, momen idulfitri menjadikan eratnya tali silaturrahim

08 Jun
Balas

Benar, terima kasih sudah mampir dan barakallahu fiik

08 Jun

Bulan Ramadhan adalah bulan paling istimewa setiap pertahun,semoga dengan adanya bulan ini ,umat muslim mampu menebus kesalahannya kepada sang ilahi,amin ya rabb. #subhanallah

08 Jun
Balas

Amin, semoga demikian. Terima kasih sudah mampir dan barakallahu fiik

08 Jun

Terima kasih Bun, pesa nasehatnya Bismillah belajar mengaplikasikan merayakanmakna bada idul fitri#subhanallah

08 Jun
Balas

Alhamdulillah, bila dapat diaplikasikan. Terima kasih sudah mampir dan barakallahu fiik

08 Jun

Ramadhan penuh kebaikan dan berkah, mudah2an keberkahan selalu menyertai kita. Aamiin barakallah

08 Jun
Balas

Amin ya rabb. Terima kasih sudah mampir dan barakallahu fiik

08 Jun

Amin...semoga apa yg sudah di jalankan dlm hal kebaikan, keikhlasan, kesabaran, ketakwaan, dan keridhoan di bulan Ramadhan senantiasa dapat dijalankan di hari-hari setelah semuanya idul fitri, subhanallah...

08 Jun
Balas

Amin, semoga demikian. Terima kasih sudah mampir dan barakallahu fiik

08 Jun

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali