Siti Ropiah

Guru MA Al Ishlah Cikarang Utara Kab Bekasi Jawa Barat Alumni Uin Jakarta, nomor hp 087888623714 ...

Selengkapnya
Hoaks, Saber Aja

Hoaks, Saber Aja

Kamis, 4Juli 2019 mengikuti acara Sosialisasi Jabar Saber Hoaks Kab. Bekasi dengan tema "Membangun Kesadaran Digital dalam Keterbukaan Informasi Publik". Acara ini diselenggarakan kerjasama antara Kominfo Jabar dan Relawan TIK (Teknologi Informasi & Komunikasi) Jabar, bertempat di Three Little Angel Lippo Cikarang jl.MH. Thamrin 137A, Lippo Cikarang, Kab Bekasi.

Acara diikuti oleh 61 peserta dari berbagai komunitas pegiat literasi di wilayah sekitar Kabupaten Bekasi. Acara dimulai pukul 13.00 -16.00 WIB. Sebenarnya terdapat acara sebelumnya yaitu terkait dengan Kopdar FTBM (Forum Taman Bacaan Masyarakat). Namun aku hanya dapat mengikuti sesi kedua, karena harus ke sekolah terlebih dahulu untuk mengisi dispena terkait akreditasi. Demikian sahabatku Bu Lina, harus ke sekolah untuk hadiri rapat PPDB karena sebagai panitia.

Sebelum sesi kedua dimulai, peserta dihidangkan suara merdu dari wanita cantik bertubuh langsing dan putih. Ia hibur dengan menyanyikan beberapa lagu pembangkit semangat siang hari. Maklum peserta baru selesai santap siang, tentu dengan perut kenyang membuat mata seringkali meredup. Terlebih yang sudah "jelita" macam aku, hehehe. Peserta diajaknya ikut berdendang bersama. Semangat pun terlihat muncul dari para peserta, terlebih peserta laki-laki, karena ada hiburan yang dibawakan wanita cantik. Jadi seger deh matanya, hehehe.

Pukul 13.30 WIB, acara dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan, diikuti hymne dan mars Kabupaten Bekasi. Selanjutnya sambutan Kepala Dinas Kabupaten Bekasi yang diwakili oleh Kabid Statistik dan Desiminasi Informasi Dinas Kominfo Kab.Bekasi. Beliau meungkapkan bahwa tidak semua hal yang ada di internet itu benar. Seringkali muncul berita yang tak benar karena tak ada sumber yang dikenal dengan hoaks. Maka dibentuklah tim Saber hoaks, untuk menjaga agar tidak menyebar berita hoaks di masyarakat. Saber singkatan dari "Sapu Bersih".

Selanjutnya sambutan dari Ketua Devisi Jabar Hoaks, Alfianto Yustinova SE. Beliau ungkapkan tentang sejarah lahirnya Saber Hoaks. Pada tanggal 7 Desember 2018 dibentuk Saber Hoaks Jabar oleh Ridwan Kamil. Hal itu dilakukan untuk menangkal beredarnya berita hoaks di Jabar. Teknisnya terima aduan berita hoaks dan memantau berita hoaks. Harapan dengan edukasi terkait berita hoaks dapat diketahui dan terhindar dari berita hoaks tersebut.

Selanjutnya paparan disampaikan oleh Dra. Sri Dimita, Kepala bidang Statistik Kab. Bekasi. Beliau ungkapkan bahwa kehidupan di zaman now tak akan lepas dari informasi dengan menggunakan internet.

Langkah hindari berita hoaks, di antaranya:

1. Cek sumber berita

2. Berbagii formasi (tanyakan)

3. Jangan terprovokasi

4 . Bandingkan informasi

5. Perbanyak membaca

Sedangkan jenis hoaks yang perlu diwaspadai, yaitu; hoaxs virus, hoax urban legend (hantu), pencemaran nama baik, kisah menyedihkan, kirim pesan berantai dan dapat hadiah gratis.

Selanjutnya paparan disampaikan oleh Marlina ME, Relawan Malidi , (masyarakat Peduli Literasi Digital). Peduli Literasi digital dapat dilakukan dengan cerdas kenali hoaks melalui ciri ciri berita hoaks sebagai berikut:

1. Menggunakan judul yang spektakuler

2. Menggunakan website yang mirip dengan media besar

3. Tidak cantumkan nama penulis

Sedangkan manfaat Literasi Digital yaitu, hemat waktu, hemat biaya, perluas jaringan, membuat keputusan lebih baik, belajar lebih cepat, efisien, mudah informasi terkini, ramah lingkungan dan perkaya keterampilan.

Sementara ketua relawan Tik Jabar, M. Nur Fajar Muhammad, menyampaikan bahwa internet dapat mengubah manusia. Bahkan hal hal yang bersifat psikis, contoh dapat like sedikit membuat gelisah.

Menurutnya pengguna internet digital terbagi dua, yaitu digital imigran yang kelahiran 80 an dan digital native yang kelahiran 90 an. Pembagian pengguna internet digital ini membuat perpindahan antara periode pertama menuju periode kedua. Namun persoalannya bisa nyambung gak antara dua digital tersebut. Digital imigran, harus bisa mendampingi pengguna digital native. Sekarang tugas besar justru pengguna digital native yang mendampingi digital imigran. (Seperti aku, banyak didampingi jagoanku, karena gaptek, hehehe).

Acara diikuti dengan penuh semangat oleh para peserta. Terbukti banyak yang mengajukan pertanyaan dalam sesi tanya jawab. Acara ditutup pukul 16.30 WIB lewat dari waktu yang diberikan. Tak lupa diabadikan dengan foto bersama narasumber.

Sejatinya Jabar Berbenah Diri Tangkal Hoaks.

Salam Perindu Literasi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Lacak jejak berita! Ok Bun.

06 Jul
Balas

Hehehe, benar Pak Tanto Terima kasih sudah mampir dan barakallahu fiik

06 Jul

Kehati-hatian dalam mencerna informasi sungguh sangat penting agar kita tidak ikut terlibat dalam penyebaran berita bohong ya, Bu? Sukses selalu untuk Bu Ropiah.

06 Jul
Balas

Benar Pak Edi. Hoaks harus ditangkal. Terima kasih sudah mampir dan barakallahu fiik

06 Jul

Perlu dibangun masyarakat yang literat, agar mampu menyaring informasi yang beredar.

06 Jul
Balas

Benar sekali Pak Agus. Terima kasih sudah mampir dan barakallahu fiik

06 Jul

Kalau saya kemarin hadir di Banding, acara launching aplikasi saber pungli. Oh sekarang lagi musim saber ya?

06 Jul
Balas

Benar Pak. Saber sedang merambah kemana mana. Terima kasih sudah mampir dan barakallahu fiik

06 Jul

Terima kasih Bunda Vivi, tulisan yang sangat informatif. Yuk sosialisasikan Saber Hoax. Sukses selalu Bunda. Barakallah

06 Jul
Balas

Sama sama Bunda. Melalui Literasi kita jalankan Saber hoaks. Terima kasih sudah mampir dan barakallahu fiik

06 Jul

Bu Doktor Vivi chantiik , mataap.. Selalu menginfokan apapun yang sedang trend.. Apalagi untuk sang Jabar Juara. Teruslah semangat menggalakkan literasi dan memotivasi kami yang masih banyak belajar.. Nuhun ya sayang.. Bahagia slalu dan Barokallah fiik .

06 Jul
Balas

Berkat doa Bunda Sejukku. Terima kasih sudah mampir dan barakallahu fiik

06 Jul

Keren Bun Mksh infonya Bu Vivi

06 Jul
Balas

Sama sama, senang bisa berbagi. Terima kasih sudah mampir dan barakallahu fiik

06 Jul

Sukses selalu ibu....

06 Jul
Balas

Terima kasih sudah mampir dan doanya , barakallahu fiik

06 Jul

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali