Siti Ropiah

Guru MA Al Ishlah Cikarang Utara Kab Bekasi Jawa Barat Alumni Uin Jakarta, nomor hp 087888623714 ...

Selengkapnya
COPAS MEMATIKAN KREATIFITAS

COPAS MEMATIKAN KREATIFITAS

Awalnya senang sekali bila melihat kata kata mutiara, apalagi yang memang sesuai dengan rasa di hati. Serta merta dishare ke teman agar ia juga membaca kata mutiara tersebut. Tapi pernah suatu ketika, aku share kata mutiara dengan harapan ia mengapresiasi, namun ternyata kecewa yang didapat, karena ia mengatakan bahwa kalimat tersebut sudah didapatkan sebelumnya. Jleb.. Sakitnya tuh di sini...

Sejak mengenal literasi, tidak lagi menggunakan kata mutiara untuk mengirim dan memberi informasi, demikian pula copas . Mengapa demikian. Bukan karena tidak suka dengan kata mutiara atau info dari orang lain atau tidak menghargai tulisan orang, namun justru karena tulisanku tak layak bila disanding dengan kata mutiara tersebut. Kata mutiara memiliki untaian kata dengan diksi yang melangit. Terlalu tinggi tuk digapai. Bila disandingkan dengan tulisanku, maka akan terlihat sekali perbedaan yang mencolok. Namun aku berprinsip, sejelek apapun tulisan yang aku buat, itulah tulisan terbaik yang dapat aku persembahkan. Berdasarkan hal itu, membuat aku senang membaca tulisan orang tentu yang bukan copas, yang kemudian mengapresiasinya.

Menurutku Copas mematikan kreatifitas menulis, di antaranya:

PERTAMA , copas apalagi tentang kata mutiara. Hal ini membuat tidak PD, yang membuat kita malu tuk menulis karena terasa sekali tulisan jelek.

KEDUA , kadangkala kalimat dalam copas tersebut belum atau bahkan tidak kita lakukan, hingga memunculkan Omdong yang dalam bahasa islam disebut munafik.

KETIGA , copas kadang kala menjerumuskan ke dalam pelanggaran UU ITE No. 19 tahun 2016 dengan ancaman 6 tahun penjara, karena seringkali tidak melakukan cek sumber.

SEJATINYA COPAS DAPAT MENIMBULKAN KEMADHARATAN.

Salam Perindu Literasi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Saya nggak bisa membuat kata-kata mutiara ibu, tolong ajari saya membuat kata-kata mutiara yang bagus lagi orisinil

11 Oct
Balas

Kata mutiara yg mana pak guru. Sypun sdg belajar pak guru. Barakallah

11 Oct

Setuju bunda, walaupun belum bagus tapi hasil karya sendiri

11 Oct
Balas

Terimakasih bun, semangat. Barakallah

11 Oct

Be what you are. Jazakumullah khoiron katsiro sudah mengingatkan, deqquuu. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah...deqquuu.

11 Oct
Balas

Terimakasih sdh menyempatkan mampir, jazakillah khairan kak. Barakallah

11 Oct

Okelah kalau begitu Bunda...

11 Oct
Balas

Oke juga bu Rini. Barakallah

11 Oct

Inspiratif

11 Oct
Balas

Terimakasih sdh sudi berkunjung pak. Barakallah

11 Oct

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali