Siti Ropiah

Guru MA Al Ishlah Cikarang Utara Kab Bekasi Jawa Barat Alumni Uin Jakarta, nomor hp 087888623714 ...

Selengkapnya
Ayo, Sambut dan Isi Tahun Baru

Ayo, Sambut dan Isi Tahun Baru

Sesuatu yang baru selalu ditunggu?. Demikian pula tahun baru. Karena sesuatu yang baru, selalu menarik. Coba lihat, hampir semua orang, bahkan di belahan bumi manapun selalu menunggu dan merayakan tahun baru dengan berbagai acara yang meriah dan spektakuler.

Sesuatu yang baru itu selalu menarik, maka buatlah rencana yang menarik, agar tahun baru yang akan dijelang memiliki arti. Untuk dapat membuat rencana menarik, maka mengevaluasi yang telah terjadi di tahun sebelumnya merupakan keniscayaan, agar dapat mengetahui rencana apa yang sudah dilakukan dan rencana apa yang belum tercapai.

Oleh karenanya mengisi tahun baru mendasarkan pada pesan Ali bin Abi Thalib merupakan keharusan, yaitu: "Barang siapa yang harinya sama saja maka ia telah lalai, barangsiapa yang hari ini lebih buruk dari hari kemarin, maka ia terlaknat, barangsiapa yang tidak mendapatkan tambahan maka ia dalam kerugian..."(Lihat at Tadzkirah fil ahadis Musytahirah, hlm.138)

Diperkuat oleh QS al Hasyr:18, " Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah disiapkan untuk hari esok..."

Untuk dapat mencapai hari ini lebih baik dari hari esok, maka diperlukan manajemen yang handal, sesuai sabda Rasulullah SAW, "Manfaatkanlah lima hal sebelum lima hal, yaitu :

(1) Waktu mudamu sebelum datang waktu tuamu,

(2) Waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu,

(3) Masa kayamu sebelum datang masa kefakiranmu,

(4) Masa luangmu sebelum datang masa sibukmu,

(5) Hidupmu sebelum datang matimu.” (HR. Ibnu Abi Syaibah, lihat Maktabah Syamilah, Juz. 7, hlm. 77, No. 34319).

Mendasarkan pemikiran terhadap dalil di atas, akan membawa pada pencapaian terbaik yang dapat dicapai dari tahun ke tahun. Oleh karenanya mengisi tahun baru dengan hal-hal positif patut dilakukan. Untuk para penulis khususnya gurusianer, karya apa lagi yang harus dihasilkan. Bila tahun kemarin, sudah tercipta satu atau dua buku, maka untuk tahun depan harus hasilkan karya baru di tahun baru.

Sejatinya Seorang Penulis Merayakan Tahun Baru dengan Keinginan Hasilkan Karya Baru

Salam Perindu Literasi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Ditunggu karyanya Bun....Ulasan yang lengkap di dalam memanfaatkan waktu..Salam sehat dan sukses selalu..Barakallah..

01 Jan
Balas

Berusaha untuk bisa melalukan dan hasilkan hal baru di tahun baru, saudariku. Terima selalu sempatkan mampir dan barakallah

01 Jan

Semoga hari ini lebih baik, esok lebih baik demikian seterusnya. Menjaga dan memanfaatkan lima hal tersebut. Mksh ulasan manfaatnya, Bu. Sehat dan berkah ibu, keluarga dan sahabat.

02 Jan
Balas

Amin, semoga hari-hari ke depan selalu lebih baik, dengan pemanfaatan lima hal dalam hidup. Terima kasih selalu menyempatkan mampir dan barakallah

02 Jan

mengisi tahun baru dengan target, salah satunya target tahunan juga target bulanan juga target mingguan juga target harian atau juga target perjam... mengapa bisa? agar kita tidak membuang watu dengan kesia siaan... allahuakbar

17 Feb
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali