Siti Ropiah

Guru MA Al Ishlah Cikarang Utara Kab Bekasi Jawa Barat Alumni Uin Jakarta, nomor hp 087888623714 ...

Selengkapnya
Apapun Alasannya, Putuskan Silaturahmi Tak Boleh Terjadi

Apapun Alasannya, Putuskan Silaturahmi Tak Boleh Terjadi

Terdapat tiga slogan terkait manusia, yaitu zoon politicon, hayawanun natiq dan al insan mahallalul khata wannisyan.

Menurut Aristoteles, manusia adalah zoon politicon, yaitu makhluk sosial. Makhluk yang tak dapat hidup sendiri, selalu membutuhkan orang lain. Menurut ahli filsafat Islam, manusia dinyatakan sebagai hayawanun natiq, artinya hewan yang mampu berbicara. Manusia dalam bahasa Arab adalah al insan. Kata insan berasal dari kata nasiya yang berarti lupa. Karenanya seringkali terdapat slogan yang terungkap dengan kalimat, " al insan mahallul khata wannisyan" manusia tempatnya salah dan lupa.

Terkait tiga hal di atas, manusia sebagai makhluk yang selalu membutuhkan orang lain, maka akan selalu melakukan interaksi satu sama lain dalam kehidupannya. Dalam Interaksi tersebut terkadang terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Karenanya kesalahan dan perselisihan tak pernah dapat dihindari.

Slogan al insan mahallul khata wannisyan ini, hampir semua orang (Islam) mengetahuinya, namun seringkali terlupakan pada praktiknya. Terlebih seringkali terdapat alasan pembenar yang menguatkan seakan akan memutuskan jalinan silaturahmi halal dilakukan.

Tak ada manusia yang terlahir sempurna. Konon lagi tiap orang memiliki rasa dan pikiran yang berbeda. Terkadang hal ini munculkan rasa "mau memang sendiri". Di sinilah peran setan amat besar pengaruhnya, hingga terjadi perselisihan sampai jalinan silaturahmi pun tergoyahkan, bahkan dapat terputus.

Mengapa terjadi demikian?. Karena setan sangat pandai membujuk dan merayu manusia untuk melanggar aturan Allah. Setan menutup mata hati, hingga yang terlihat hanyalah kesalahan seseorang. Padahal setiap orang tentu memiliki kebaikan dalam hidupnya.

Setan mampu menutup telinga, hingga tak mau mendengar ajakan untuk perkuat silaturahmi. Setan pandai menutup mata, hingga tak terlihat kebaikan. Setan mampu menutup hati, hingga kesalahan tak termaafkan. Ketika hal ini terjadi, setan dengan suka cita tertawa, karena sudah mampu tanamkan penyakit di hati. Nauudzu billahi min dzalik.

Bukankah setiap manusia tidak ada yang sempurna. Bukankah setiap manusia teriring salah dan lupa. Karenanya, satu kuncinya" Ingatlah Kebaikan Orang Lain dan Lupakan Kesalahannya", niscaya terbuka akal pikiran, mata, telinga dan hati untuk pertahankan jalinan silaturahmi hingga mampu mengusir setan yang siap mengajak pada panasnya api neraka.

Sejatinya Silaturahmi terus Dipertahankan, agar tidak Terbawa Bujuk Rayu Setan

Salam Perindu Literasi

#TerinspirasidaritulisanBundaRaihanaRasyid#

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Setuju banget bu Vivi. Sehat, bahagia, dan sukses selalu, Barakallah

18 Jun
Balas

Terima kasih doa dan kunjungannya Pak Mulya. Barakallahu fiik

18 Jun

Ulasan yang sangat indah tentang silaturahmi...Semoga kita senantiasa dapat menjaga tali silaturahmi....Salam sehat dan bahagia Bunda Pipi....Barakallah...

18 Jun
Balas

Hehehe, terima kasih aoresianya dan selalu menyempatkan mampir dan barakallahu fiik

18 Jun

Setuju dengan ungkapan di atas. yang tidak boleh manusia selalu mengulangi kesalahannya. Barakallah Ibu Siti sehat selalu

18 Jun
Balas

Terima kasih apresiasi dan kunjungan Abah. Teruntai doa untuk Abah semoga rahmat Allah terlimpah untuk kesehatan Abah dan barakallahu fiik

18 Jun

Tak ada rugi yang didapatkan saat silaturahmi selain kebaikan yang tak ada hentinya. Alhamdulillah

18 Jun
Balas

Benar sekali. Terima kasih sudah mampir dan barakallahu fiik

18 Jun

Alhamdulillah selalu dapat ilmu baru semoga berkah ilmunya Bun. #subhanallah

18 Jun
Balas

Alhamdulillah bila bermanfaat. Terima kasih sudah mampir dan barakallahu fiik

18 Jun

Betul bgd mbu, semoga kita dijauhkan dari rasa ingin menang sendiri yg menyebabkan perpecahan. Naudzubillah. Barakallah

18 Jun
Balas

Amin, semoga demikian. Barakallahu fiik

18 Jun

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali