Siti Ropiah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
AKREDITASI : YAUMUL HISAB

AKREDITASI : YAUMUL HISAB

AKREDITASI : YAUMUl HISAB

By Siti Ropiah

Akreditasi di suatu lembaga khususnya lembaga pendidikan merupakan keniscayaan. Akreditasi merupakan suatu yang harus dilalui oleh setiap lembaga pendidikan baik lembaga pendidikan dasar, menengah maupun perguruan tinggi. Akreditasi dilakukan dengan tujuan agar yang dilaksanakan terkait pendidikan di suatu lembaga berjalan sesuai aturan yang berlaku.

Akreditasi seringkali membuat civitas akademika suatu lembaga pendidikan morat marit dibuatnya. Mempersiapkan segala sesuatu yang diminta sesuai panduan akreditasi, hingga tak jarang membuat para pemegang kekuasaan di lembaga pendidikan harus ekstra kuat meluangkan segenap pikiran, tenaga dan waktu. Bahkan ada yang sampai harus bermalam di sekolah. Lebih ironisnya lagi kadang kadang sampai terjadi masuk rumah sakit setelah selesai akreditasi.

Beban yang dipikul dalam melaksanakan akreditasi tak dapat dipungkiri menjadi beban yang selalu menghantui bagi tim pelaksana akreditasi di suatu lembaga pendidikan. Oleh karena nya tak asing lagi bila akreditasi menjadi suatu yang menakutkan. Sebenarnya bila kegiatan yang dilakukan oleh setiap civitas akademika suatu lembaga pendidikan telah berjalan sesuai aturan, sejatinya akreditasi bukanlah suatu yg menakutkan. Namun demikianlah, karena akreditasi merupakan suatu penilaian , di mana setiap orang menginginkan nilai yg bagus, maka meraihnya merupakan keniscayaan, walau kadang kadang tuk meraihnya melakukan suatu yg tidak sesuai aturan. Hal inilah yang menjadikan akreditasi sebagai suatu momok yg menakutkan.

Aku jadi teringat dengan yaumul hisab. Yaumul hisab merupakan hari ketika setiap orang akan dihitung segala amal perbuatannya. Tak khan ada yang terlewat dari hisab tersebut. Bila persoalan akreditasi sampai mengerahkan tenaga, pikiran dan waktu, bahkan sampai kurang tidur yang kadang membuat seseorang sampai masuk rumah sakit, karena beban dari akreditasi yang luar biasa, bagaimana dengan yaumul hisab.

Adakah terpikir, untuk mempersiapkan yaumul hisab dg mengerahkan tenaga, pikiran dan waktu. Karena yaumul hisab akan menjangkau semua yang telah dilakukan di dunia tanpa ada yang dapat disembunyikan sedikitpun. . Apakah yaumul hisab tidak lebih dahsyat dari akreditasi? . Ketika menyadari bahwa yaumul hisab lebih dahsyat dari akreditasi, maka sudah sepantasnya bila dipersiapkan sedemikian rupa agar yaumul hisab bukan sesuatu yang harus ditakuti, namun harus dipersiapkan.

Sejatinya Akreditasi terlebih yaumul hisab bukan merupakan suatu yang harus ditakuti, namun dihadapi dengan melaksanakan sesuai aturan.

Salam Perindu Literasi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Sebuah tulisan yang luar biasa menyentuh kridibilitas sebuah lembaga pendidikan dan sekaligus mengingatkan kinerja kehidupan kita. Adalah sesuatu yang benar bahwa akreditasi yang sesungguhnya hanyalah memotret kinerja di sebuah lembaga pendidikan yang kemudian disimpulkan oleh asesor. Hasil simpulan tersebut sebenarnya bisa dipakai sebagai pijakan perbaikan diri di tahun berikutnya. Sayang, yang terjadi seringkali membuat persiapan kebut seminggu hanya demi nilai. Sehingga setelah pelaksanaan akreditasi, pelaku di lembaga itu mengalami kelelahan dan celakanya berdiam hingga 4 tahun, kemudian sadar setelah terjadwal akreditasi berikutnya. Mohon maaf, tidak bisa memformat dengan baik . Salam

15 Sep
Balas

Terimakasih apresiasi nya pak

15 Sep

Senang bisa membaca tulisan ini. Harusnya akreditasi bisa meningkatkan kualitas sekolah. Tapi kalau rekayasa, ah rasanya tidak sesuai harapan...

15 Sep
Balas

Iya pak, tidak sepantasnya lakukan rekayasa oleh lembaga pendidikan

15 Sep

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali