Siti Ropiah

Guru MA Al Ishlah Cikarang Utara Kab Bekasi Jawa Barat Alumni Uin Jakarta, nomor hp 087888623714 ...

Selengkapnya
Adakah Dosa Waris dalam Islam

Adakah Dosa Waris dalam Islam

Membaca artikel Budhe Rini dengan judul "Apakah Dosa Zina Menurun", mengingatkan pada skripsi yang aku tulis di tahun 1992.

Terdapat hadis yang mengungkapkan bahwa setiap anak yang lahir adalah suci

كل مولود يولد على الفطرة

"Tiap anak lahir dalam keadaan suci..." (HR Bukhari).

Berdasarkan hadis di atas, maka dalam Islam tidak dikenal istilah dosa warisan. Artinya seorang anak tidak menanggung dosa orang tuanya. Hal ini sesuai dengan firman Allah QS Fathir:17

ولا تزر وازرة وزرا أخرى

"Dan seseorang tidak menanggung dosa orang lain" .

Selaras dengan QS an Najm:38

الا تزر وازرة وزرا أخرى

" (yaitu) bahwasanya seorang yang berdosa tidak menanggung dosa orang lain".

Diperkuat dengan pesan Allah dalam QS al Baqarah:286

لها ما كسبت وعليها ماكتسبت

"....ia mendapat pahala dari apa yang diusahakan dan mendapat siksa dari apa yang dikerjakan..."

Namun demikian, dampak negatif dari perbuatan zina yang merupakan salah satu dosa besar, amat berpengaruh. Maka terkadang berlakulah slogan "buah tak akan jatuh, jauh dari pohonnya". Karenanya dalam Islam pun dinyatakan bahwa mencari jodoh harus dilihat bibitnya, sebagaimana pesan Rasulullah SAW

تنكح المرأة لاربع لمالهاولحسبها ولجمالها ولدينها فاظفر بذات الدين تربت يداك

Nikahi wanita karena empat hal, karena hartanya, keturunannnya, cantiknya, nasabnya dan agamanya. Maka pilihlah wanita yang taat beragama, niscaya kamu beruntung". (HR Bukhari).

Sejatinya Islam tak Mengenal Dosa Waris

Salam Perindu Literasi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Kasihan ya Bund kalau harus menanggung dosa orang tuanya...pencerahan yang luar biasa. Sehat selalu Bund..barakallah

08 Mar
Balas

Benar Bunda Lupi, terima kasih selalu menyempatkan mampir dan barakallah fiik

08 Mar

Alhamdulillah, sudah ada penjelasan. Tambahan lagi Deq, buat tulisan baru masalah perwalian anak di luar nikah. Mungkin ini yang bisa dikaitkan dengan yang katanya "dosa waris", padahal bukan. Artinya, ayah biologisnya, bukan ayah syariat sehingga tidak bisa menjadi wali nikah anak tersebut. Jika dilakukan juga, maka pernikahannya tidak syah, dan seterusnya. Jazakillah khoir untukpencerahan ini. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, Deqquuu.

08 Mar
Balas

Alhamdulillah, Kakak menyambangiku. Waduh ada tantangan nih. Srmoga aku bisa Kak. Teruntai doa untuk kakakku tercinta smoga Allah limpahkan rahmatNya agar kakak diberikan kesehatan dan barakallah fiik

08 Mar

Wow ..excellent...Mmmmuah.....

08 Mar
Balas

Saudariku selalu mengapresiasi. Terima kasih selalu menyempatkan mampir dan barakallah fiik

08 Mar

Siapa berbuat dia yang menanggung akibat. Salam sehat dan sukses Bund.

08 Mar
Balas

Benar sekali Pak. Terima kasih sudah berkunjung dan barakallah fiik

10 Mar

Penjelasan yang sangat bermanfaat bunda, Allahu Akbar

10 Mar
Balas

Terimakasih bunda atas ilmunya semoga bermanfaat aamiin ya robbal alamiin... Alhamdulillah...

08 Mar
Balas

Alhamdulillah, bila bermanfaat. Terima kasih dan barakallah fiik

08 Mar

Makasih Bunda atas pelajaran nya, mudah2an artikel ini bermanfaat kepada diri saya dan yang lain,Alhamdulillah

08 Mar
Balas

Subhanallah makasih bunda ilmunya wah manfaat banget nih, pasti ada saja pelajaran yang dapat dipetik dari setiap artikel bunda, sukses terus bun. Alhamdulillah

08 Mar
Balas

Barakallah terimakasih atas ilmu nya bunda. Semoga kita semua terhindar dari perbuatan yang tidak baik ya amiin. Alhamdulillah

08 Mar
Balas

Terimakasih bunda sangat bermanfaat... Alhamdulillah

09 Mar
Balas

Masya Allah bunda terima kasih ilmu baru nya sangat bermanfaat mantap bunda. Alhamdulillah

08 Mar
Balas

Sangat senang membaca artikel-artikel bunda, memberi ilmu dan dapat memotivasi. Tetap istiqomah bun. Alhamdulillah

08 Mar
Balas

jadi tau makasih Bun semoga sehat selalu ya Bun . Alhamdulillah

08 Mar
Balas

Terimakasih bu atas ilmunya, semoga kita selalu berada di jalan yang baik. Agar tidak menimbulkan pengaruh buruk kepada turunan. Alhamdulillah

08 Mar
Balas

Senang mampir diartikel Bunda, dapat ilmu terus hehe. Alhamdulillah

08 Mar
Balas

Karena setiap perbuatan ada balasan nya yang tersendiri. Syukron bun atas ilm di pagi hari ini. #alhamdulillah

08 Mar
Balas

Sangat bermanfaat sekali bunn...alhamdulillah

08 Mar
Balas

Barakallah.. terimakasih bunda atas ilmu yang sangat bermanfaat ... Alhamdulillah

08 Mar
Balas

Setuju bund sejatinya tidak ada namanya dosa waris karena seorang anak dilahirkan itu suci tapi bagaimana menjaga kesucian karena kelakuan orang tua. Alhamdulillah.

08 Mar
Balas

Terima kasih bunda atas ilmu nya...sehat terus bunda...alhamdulillah

08 Mar
Balas

Terima kasih bun atas ilmunya semoga bermanfaat, sehat selalu bun... Alhamdulillah

08 Mar
Balas

Masya allah hari ini dapat ilmu yang sangat bermanfaat dari bunda, sukses terus bun dalam berkaryanya. Alhamdulillah

08 Mar
Balas

Alhamdulillah makasih bunda ilmunya. saya jadi lebih tauu lagi dr sebelumnya, moga bermanfaat.. #Alhamdulillah

08 Mar
Balas

erimakasih bunda atas ilmunya semoga bermanfaat aamiin ya robbal alamiin... Alhamdulillah....

08 Mar
Balas

Alhamdulillah dapet ilmu baru lagi dari bunda. #alhamdulillah

08 Mar
Balas

luar biasa, sy pernah belajar faroid bun tp blum dengar pembahasan ini. akhirnya bisa tambah ilmu lg. alhamdulillah

08 Mar
Balas

Mudah-mudahan kita semua terhindar dari dosa zina, dan mendapat jodoh dr keturunan yang baik, aamiin Alhamdulillah

08 Mar
Balas

Terimakasih bunda atas pengetahuannya dengan membaca artikel ini saya jadi lebih paham.Alhamdulillah

08 Mar
Balas

Maa Syaa Allah bunda terimakasih dengan ilmu yg bunda berikan, semoga bermanfaat untuk ku kelak dimasa yg akan datang dan terus lah memberikan ilmu tanpa henti bun. Alhamdulillah

08 Mar
Balas

Terima kasih bunda ilmu nya. Melalui artikel ini kita bisa tahu tentang semua permasalahan yang tidak kita ketahui. Alhamdulillah

08 Mar
Balas

Mendapatkan ilmu baru lagi... Sehat terus ea bunda. Alhamdulillah

08 Mar
Balas

Alhamdulillah tambahan ilmu lg.. Semangat terus bunda.. Alhamdulillah..

10 Mar
Balas

Terimakasih bunda semoga dari artikel ini menambah wawasan khazanah pengetahuan kita semua. #Masya allah

08 Mar
Balas

Mungkin dalam Islam tidak mengenal karma, gak kaya realiti show Antepe, tapi dalam Islam setiap perbuatan yang kita lakukan pasti ada balasannya sesuai kadar perbuatan itu#Masya Allah

13 Mar
Balas

Baca tulisan ini membuat saya jadi pengen cepet nikah dengan wanita yang memiliki sifat di atas hehehe Masyaallah

08 Mar
Balas

Berbuat dosa itu memang dibenji sama allah,, aph lagi berzinah,, masya allah

08 Mar
Balas

Alhamdulillah Bun, ilmu baru lagi. Semangat terus Bun dalam menulis artikel-artikel yang bermanfaat. Masya Allah

08 Mar
Balas

Barakallah bun, terimakasih atas ilmunya. Sukses dan sehat terus bun. MasyaAllah

08 Mar
Balas

Subhanallah sangat luar biasa terima kasih bun atas masukanya Masya allah

08 Mar
Balas

Walaupun dalam Islam tidak mengenal karma, tapi secara alami pasti akan ada karma baik secara langsung maupun tidak.. Allahuakbar..

08 Mar
Balas

Orang tua yang berbuat zina anaknya berpengaruh dalam Dosanya yakni disaat menikah nya dan juga nasibnya tidak jelas # Allahu akbar

08 Mar
Balas

Masya Allah judulnya bikin merinding Bun. Allahuakbar

08 Mar
Balas

Luar biasa bunda saya dapat pelajaran dari bunda lagi,setiap artikel bunda dapat memotivasi semua orang termasuk saya.Alhamdulillah.

08 Mar
Balas

Dapat ilmu baru lagi dari bunda masya allah, terima kasih bunda atas ilmu nya... Allahuakbar.

08 Mar
Balas

Subhanallah bunda ga bosan2 nya ya berbagi ilmu kepada saya, semoga ilmu yang bunda bagi selalu berkah manfaat terus Bun, bahwa segala sesuatu perbuatann yang di lakukan pasti ada balasan nya,# Allahuakbar

08 Mar
Balas

Barakallah bun. Terimakasih telah menjelaskan, dapet pengetahuan baru hehe. Sehat selalu bun. Allahuakbar

12 Mar
Balas

Subhanallah bunda artikel nya makin banyak ilmu ilmu yg dapat di ketahui dan bermanfaat.. Allahuakbar

08 Mar
Balas

MasyaAllah bun sangat bermanfaat sekali, dpt ilmu lgi di artikel ini, mkasih bun.. *AllahuAkbar

08 Mar
Balas

Subhanallah bunda memang benar, siapa yang mau berusaha, pasti dia yang akan menikmati hasil nya

08 Mar
Balas

Setuju bun, tidak ada yang namanya dosa warisan. Allah tidak akan menghukum hamba-Nya atas dosa yang tidak ia perbuat. Maa Syaa Allah

08 Mar
Balas

Alhamdulilah dapet ilmu baru makasih banyak bunda artikel yang sangat bermanfaat masyaallah

08 Mar
Balas

Masya allah,makasih bun atas infonya Islam tidak mengenal dosa waris.dan sesungguhnya anak baru lahir ia lah suci. Masya allah

08 Mar
Balas

Semoga kita terhindar dari perbuatan keji...MaasyaAllah

08 Mar
Balas

Barakallaah bunda, Alhamdu Lillaah dapat pengetahuan lagi. Dan bunda sudah memberi ilmu yang sangat bermanfaat, semoga kita terhindar dri perbuatan2 yang keji. Maa syaa Allaah..

08 Mar
Balas

Barakallaah bunda, Alhamdu Lillaah dapat pengetahuan lagi. Dan bunda sudah memberi ilmu yang sangat bermanfaat, semoga kita terhindar dri perbuatan2 yang keji. Maa syaa Allaah..

08 Mar
Balas

Dosa yg di warisi? Ih ngeri Bun. Terimakasih ilmunya Bun. Ma sya Allah

08 Mar
Balas

terimakasih bunda atas pencerahannya di jumat berkah inii semoga artikelnya selalu membawa manfaat untuk orang lain aamiin allahu akbar

08 Mar
Balas

Kasian dong dosa orang tua di turunkan ke anak

09 Mar
Balas

Subhanallah dapet ilmu baru lagi dengan membaca artikel bunda.masyaallah

08 Mar
Balas

Subhanallah dapet ilmu baru lagi dengan membaca artikel bunda.masyaallah

08 Mar
Balas

Dosa mah di tanggung masing-masing aja yah bun hehehe, Masyaallah

08 Mar
Balas

Apa yg kita tanam di Dunia Akan kita panen di Akhirat...( Massya Allah)

08 Mar
Balas

Alhamdulilah tiap hari dapet ilmu pengetahuan dari guru siana khusunya bunda,semoga kita terhindar dari Perbatan yg keji.Masyaallah

08 Mar
Balas

MasyaAllah artikel yang sangang bermanfaat sekali bunda. Sukses terus, Alhamdulillah

08 Mar
Balas

MasyaAllah artikel yang sangat bermanfaat sekali bunda. Sukses terus, Alhamdulillah

08 Mar
Balas

Alhamdulillah terimakasih bun atas ilmunya Masya allah

08 Mar
Balas

Masya Allah.. terimakasih Bunda atas artikel ny..mudah mudahan bermanfaat bagi kita..dan akhirnya saya tau juga dan dapat belajaran..

08 Mar
Balas

Trimakasih bunda atas ilmunya,, memang banyak sekali orang berkata anak yang lahir dari perbuatan zinah itu anak haram, anak kotor,,, sejatinya orang yang berkata tersebut cara pandangnya kurang nampol, semua anak yang dilahirkan itu suci, bersih,,, Masyaallah

08 Mar
Balas

Tambah ilmu lagi. Barokallah

08 Mar
Balas

Masyaallah terimakasih bunda atas ilmunya.. semoga berkah dan sukses selalu aamiin.. barakallah....

08 Mar
Balas

Terimakasih bunda jadi dapet penjelasan. Kadang saya juga berfikir seperti itu. Kadang apakah watak dri orang tua juga akan menurun kepada anak nya seperti itu. Barakallah

08 Mar
Balas

Makin bertambah ilmu kita bundah. Baarokallah

08 Mar
Balas

Masya allah pagi2 begini dah dapet ilmu yang luar biasa #Baarakallah

08 Mar
Balas

Dosa dan pahala itu karna perbuatan kita masing masing.Terimakasih bun atas pengetahuannya ,semoga kita terhindar dari perbuatan yang keji.Barakallah

08 Mar
Balas

Moga jadi warisan terbaik #barakallah

08 Mar
Balas

Moga jadi warisan terbaik #barakallah

08 Mar
Balas

Alhamdulillah dapat suatu ilmu baru.. yg tadinya masih tanda tanya besar tentang dosa waris?? Skrng jdi tau deh Terimakasih bunda artikel nya. #barakallah

08 Mar
Balas

Alhamdulillah nambah pengetahuan lg lewat tulisan bunda barakallah

08 Mar
Balas

Masya Allah, artikel yang sangat menarik bun. Sukses terus. Barakallah ~

08 Mar
Balas

Agama bernilai 1, Matei bernilai 0, tampang bernilai 0, Ketka memilih pasangan hanya melihat dai materi dan tampang, Maka semuanya NOL besar.. Terimakasih untuk ilmunya bun

31 Mar
Balas

Pencerahan luar biasa bunda, semoga saya bisa membuat artikel seperti bunda.#Barakallah

08 Mar
Balas

Terimakasih bub untk pajaran yg hari ini aku dapat, yg tidak tahu menjadi tau. salam#barakallah

08 Mar
Balas

Terima kasih Bu atas ajaran kali ini terus memotivasi dan ajari kami barakallah

08 Mar
Balas

Masya Allah menambah pengetahuan sudah jelaskan ibu ilmu nya dalam artikel ibu tentang dosa diwarisakan semoga menjadi Amal kebaikan .Barrakallah.

08 Mar
Balas

Uuuh bunda. Terimakasih untuk tulisannya skrang jadi lebih tau lagi tentang dosa dlam waris. Barakallah

08 Mar
Balas

Alhamdulillah penjelasan yang sangat mudah dimengerti , terima kasih bunda. Barakallah

08 Mar
Balas

Sepertinya sudah masuk kriteri

08 Mar
Balas

Sepertinya sudah masuk kriteria

08 Mar
Balas

Barakallah

08 Mar

Makasih ilmunya bun,, semoga manfaat Barakallah

08 Mar
Balas

sepertinya tidak ada yang mau jika diwariskan dosa, hehehe.....berat. barakallah

08 Mar
Balas

Segala perbuatan dosa akan di tanggung sendiri di akhirat, kecuali seseorang belum memasuki masa baligh.. Barakallah

08 Mar
Balas

Ilmu yg sangat bermanfaat untuk motivasi hidup Barakallah

08 Mar
Balas

Alhamdulillah....... Syukron jazakumullohu khoiron atas ilmu yg bermanfaat ini....... BAROKALLOH....

08 Mar
Balas

Segala sesuatu yg kita kerhakan, jika itu baik akan mndpt pahala dan jika itu dilarang oleh Allah maka akan mndpt dosa. Maka dri itu dosa dan pahala seseorang trgntng bagaimana diri masing" yg mengerjakan nya. Terimakasih bun sdh berbagi ilmunya. #Barakallah

08 Mar
Balas

Alhamdulillah mendapatkan ilmu yang bermanfa'at Terima Kasih buu .. Semoga selalu menginspirasi dan Istiqomah dlm membacanya . Barakallah

08 Mar
Balas

Ilmu baru . Smoga manfaat . $ subhanallah

08 Mar
Balas

Kita sebagai manusia harus menghindari perbuatan zina.#subhanallah

09 Mar
Balas

Terima kasih banyak atas ilmunya bunda sangat bermanfaat. Subhanallah

08 Mar
Balas

Karena setiap perbuatan yang kita lakukan pasti akan balasannya tersendiri,semoga kita terhindar dari perbuatan yang tidak baikk.terimakasih bunda atas ilmunya..#subhanallah

08 Mar
Balas

Terima kasih bunda ilmunya. Bunda selalu menyajikan yang luar biasa. _Subhanallah_

09 Mar
Balas

.Alhamdulillah siapa yang berbuat dia yang bertanggung jawab, karena Allah menghukum sesuai apa yang diperbuat. #Subhanallah

09 Mar
Balas

Alhamdulillah ini ilmu yang sangat bermanfaat bagi kami Bun # Subhanallah

08 Mar
Balas

Makasih bunda ilmunya... Tapi.. Jika anak itu perempuan gimana ya bun saat menikah nanti yg jadi walinya siapa ? Tidak jelas. #subhanallah

08 Mar
Balas

jossss mantul pokokna.. #subhanallah

08 Mar
Balas

Semoga ortu kita mewariskan kebaikan. Subhanallah

08 Mar
Balas

Kekhilafan yang dilakukan orangtuanya terkadang menjadi beban hidup buah hati.. Sang anak tidak salah tidak berdosa tapi menanggung aib orangtuanya... Apalagi kalau posisi ada di pihak perempuan.... Moga pasangan muda mudi selalu dalam jalan-Nya... #SubhannAllah...

08 Mar
Balas

Semakin banyak ilmu yang belum aku ketahui. Terimakasih bunda. # Alhamdulillah

08 Mar
Balas

Sperti itu yah bun... Trima kasih bunda pencerahannya di pagi hari... Dpt pbelajaran baru lg... #Barakallah

08 Mar
Balas

Alhamdulillah.. Artikelnya benar2 bermanfaat bu.. Trimakasih utk ilmunya #subhanallah

08 Mar
Balas

Alhamdulillah dpt jawaban itu itung selama ini u masi bingung apakah s anak terlahir dari seorang penzina akan menanggung dosanya ternyata tidak.. terimakasih ibu #subhanallah

09 Mar
Balas

Masya allah, artikel yang bener bener sangat brrti buat sya pribadi #subhanallah

08 Mar
Balas

Ilmu Yang sangat bermanfaat, terimakasih bu, semoga Kita bisa menjadi Muslim Yang paham Akan aturan2 dlm Islam.senantiasa belajar Dan belajar #subhanallah

09 Mar
Balas

Terimakasih bun sudah memberi ilmu yang bermanfaat....masyaallah

08 Mar
Balas

Siapa yg menanam dia yg memetik, barakallah

08 Mar
Balas

Subhanallah bun, semoga menginspirasi banyak orang #Subhanallah

08 Mar
Balas

Masya allah bun, setiap saat selalu memberikan motovasi, selalu semangat bun, dan terima kasih motivasinya #Barakallah

08 Mar
Balas

Alhamdulillah bertambah ilmu pengetahuan,, allahuakbar..

08 Mar
Balas

Tidak ada anak yg haram..kedua org tuanya lah yg tidak bisa melawan nafsu keduniwiannya. Biar hanya kedua orgtuanya yg menanggung dosa.. # subhanallah

08 Mar
Balas

Masya Allah ....terimakasih bunda artikelnya ..semoga kita selalu dalam lindungan-Nya . #Barakallaj

08 Mar
Balas

Masya Allah ....terimakasih bunda artikelnya ..semoga kita selalu dalam lindungan-Nya . #Barakallah

08 Mar
Balas

Luar biasa ,trmksih ilmunya bunda #subhanallah

08 Mar
Balas

Ilmu yang sangat bermanfaat,,terimakasih bunda #Subhanallah

08 Mar
Balas

Subhannallah ilmu kita bertambah dengan membaca artikel bunda #alhamdulillah...

08 Mar
Balas

Buat aku ini suatu ilmu yang luar biasa setelah aku membaca artikel ini yang sebelumnya aku tidak memahami menjadi memahaminya. #subhanallah...

08 Mar
Balas

Dosa dan pahala itu diambil dari perbuatan kita masing-masing,betul karena tidak ada yg namanya waris dosa. Terimakasih bu atas ilmunya semoga selalu diberi kesehatan, aamiin #subhanallah

08 Mar
Balas

Dosa dan pahala itu diambil dari perbuatan kita masing-masing,betul karena tidak ada yg namanya waris dosa. Terimakasih bu atas ilmunya semoga selalu diberi kesehatan, aamiin #subhanallah

08 Mar
Balas

Alhamdulilllah ilmu baru lagi, dosa dan pahala di peroleh dari diri sendiri bukan dari orang lain bukan juga dari orang tua. Makasih bund jadi lebih paham lagi, #subhanallah

08 Mar
Balas

#Subhanallah tambahan ilmu di pagi hari , terimakasih atas ilmunya bu

08 Mar
Balas

Segala sesuatu yang kita lakukan itu sudah ada ganjaran nya masing-masing. Alhamdulillah dapat ilmu baru hari ini, terimakasih bundaa. #subhanallah

08 Mar
Balas

Subhanallah..sebuah ilmu yg sangat bermanfaat bun.. Tetap semangat dan sukses selalu

09 Mar
Balas

Subhanallah di pagi hari ini sudah mendapatkan pelajaran yg berharga. Bahwa setiap segala sesuatu yg di kerjakan itu sudah ada balasan dan ganjaran nya masing-masing

08 Mar
Balas

Alhamdulillah pengetahuan baru lagi. Terimakasih bu atas tulisannya. Selalu tebarkan kebaikan kepada sesama, semoga menjadi ladang pahala untuk kita semua. Aamiin.

08 Mar
Balas

Alhamdulilllah dapat ilmu tambahan lagi, kita melakukan sesuatu itu sudah ada ganjarannya,entah itu dosa atau pahala.masing2 ganjaran diperoleh dari diri kita sendiri,bukan dari orang lain atau pun dari orang tua.Makasih ya bun saya jadi lebih mengerti lagi, bahwa islam itu tidak mengenal dosa waris.. #subhanallah

08 Mar
Balas

alhamdulillah dpt ilmu baru lagi... terima kasih bu.. #allahu Akbar

08 Mar
Balas

Artikelnya sangat bagus... Dan selalu memotivasi#Masyaallah

08 Mar
Balas

Subhanallah Dosa dan pahala itu karna perbuatan kita masing masing.

08 Mar
Balas

Terimakasih banyak bu atas pencerahannya. Ilmu ini sangat bermanfaat dalam kehidupan karena masih banyak yang salah paham dan simpang siur menyikapi permasalahan itu,yang ibu paparkan itu sudah menjadi jawaban yang tepat dan pas. Tambah lagi ilmu yang kudapatkan dari ibu...makasih

09 Mar
Balas

ilmu yg bermanfaat bun #Alhamdulilah

08 Mar
Balas

Subhanallah semoga ibu selalu dilimpahkan keberkahan oleh Allah. Terus semangat buat artikel yang berwawasan

08 Mar
Balas

Subhanallah semoga ibu selalu dilimpahkan keberkahan oleh Allah. Terus semangat buat artikel yang berwawasan

08 Mar
Balas

Terimakasih bu atas ilmunya, semoga kita selalu berada di jalan yang baik. Agar tidak menimbulkan pengaruh buruk kepada turunan. Subhanallah....

08 Mar
Balas

Kasian kalo masih kecil harus menangung dosa dari orang tuanya. Adajuga dosa Tuju turunan karna berjinah bisakan bun. Alhamdulillah

08 Mar
Balas

Masyaallah saya senang sekali bila membaca artikel bunda,bisa memberi kita ilmu dan motivasi yg baik. Alhamdulillah

08 Mar
Balas

Okh gtu ....lalu bagaimana bu dgn dosa anak yg d ranggung org tua katanya#subhanallah

09 Mar
Balas

Pengetahuan baru ilmu baru #subhanallah

08 Mar
Balas

Subhanallah alhamdulillah artikel yang menarik bun Masya allah

08 Mar
Balas

Makasih bunda ilmu ny semoga bermanfaat untuk saya dan semua yg membaca masih Masyaallah

12 Mar
Balas

Berani berbuat berani bertanggung jawab.. Mudah mudahan kit semua terhindar dari perbuatan dosa Dan zina ~subhanallah

08 Mar
Balas

alhamdulillah ada tambahan ilmu#subhanallah

08 Mar
Balas

Alhamdulillah mendapat ilmu baru.. trimakasih bunda..subhanallah

08 Mar
Balas

Semoga selalu menjadi pengingat dalam kebaikan. Salam literasi #masyallah

08 Mar
Balas

Alhamdulillah ilmu lagi Bu untuk saya , teruslah tebarkan kebaikan Bu , jangan pernah bosan ... #barakallah

08 Mar
Balas

Dosa warisan tidak d kenal.dalam Islam yang berdosa adalah kedua orang tua'y #subhanallah

11 Mar
Balas

Seseorang tidak akan menanggung dosa yg di lakukan saudara atau pun orang tuanya sendiri, orang di tindak kejahata karena perbuatannya sendiri bukan karena kejahatan orangtuanya# Subhanallah

08 Mar
Balas

Subhanallah terimakasih ibu atas ilmunya #subhanallah

13 Mar
Balas

Yang bersalah orang lain,ya pasti tak mungkin kita berdosa

08 Mar
Balas

Ilmu yang sangat bermanfaat agar kita bisa lebih faham mengenai dosa atas dosa yang di perbuat oleh orangtua nya tetapi orang lain menganggap dosa akan di warisan kepada anak nya itu tidak mungkin terjadi, bahwa seorang anak yang baru dilahirkan itu sangat suci dan tak sedikit ada dosa di dalam diri diajak yang dilahirkan

08 Mar
Balas

Ilmu baru lagi, #masyaallah

08 Mar
Balas

Terimakasih ilmunya bu #Allahuakbar

08 Mar
Balas

ilmu yang baru di sampaikan oleh bunda ku.. #Alhamdulillah

08 Mar
Balas

Dosa yang diwariskan, ini artikel yang menarik bun. kalo harta warisan ada, hutang yang diwariskan juga ada, kalo dosa yang diwaris siapa juga yg mau ya bun. #masya allah

08 Mar
Balas

Subhallah semoga artikel bunda bisa selalu menjadikan motivasi bun #allahuakbar

08 Mar
Balas

MasyaAllah bunda..bagus ceritanya..tambahan ilmu lagi..sehat selalu bunda barakaallah...#alhamdulillah.

08 Mar
Balas

barakalloh siap yng berbuat dia yang akan menanggung nya #barakalloh

08 Mar
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali