Siti Ropiah

Guru MA Al Ishlah Cikarang Utara Kab Bekasi Jawa Barat Alumni Uin Jakarta, nomor hp 087888623714 ...

Selengkapnya
Ada Cinta Dibalik Hapalan

Ada Cinta Dibalik Hapalan

Hari ini Bu Nurul mengajar di kelas XI TKJ. Muridnya lebih banyak laki-laki daripada perempuan. Karenanya, diperlukan perhatian lebih pada kelas ini.

Setelah berdoa dan memantau kehadiran muridnya, Bu Nurul unkapkan kalimat pembuka dengan pertanyaan "Bagaimana kabar kalian". Langsung dijawab serentak, "Baik, Bu". "Oke, tahun baru, harus punya semangat baru juga yah", lanjutnya. "Iya, Bu". Sambut para siswanya.

"Oke, materi hari ini tentang taat dan patuh pada orang tua. Dengarkan baik-baik, ibu jelaskan", ungkap Bu Nurul dengan suara khasnya, hingga terdengar ke seluruh ruang kelas (kata orang suara Bu Nurul lantang namun serak-serak gimana gitu, hehehe). Bu Nurul pun menjelaskan tentang keharusan patuh pada orang tua dengan menyebutkan ayat dan hadis terkait tentang itu, karena memang ia mengajar mapel agama.

Setelah 30 menit menjelaskan dan tanya jawab sekitar 15 menit, waktunya para siswa diberi tugas berupa hapalan ayat. Setelah 10 menit, satu persatu siswa menghapal dan Bu Nurul mendengarkan dengan seksama dan memberi nilai. Sampailah tertinggal 5 siswa belum selesai menghapal dari 27 orang.

Bu Nurul mendekati salah satu siswa yang duduk paling belakang sebelah kiri dan ia belum menghadap untuk hapalan. "Belum hapal yah?", tegur Bu Nurul. "Belum, Bu", jawab anak berbadan gemuk itu, sambil malu-malu. Namun terdengar suara dari sebelah kanan depan, "Iya Bu, Sarkiwa maunya hapalannya diajarin sama Ratna". "Benarkah Sarkiwa?", tanya Bu Nurul. "Benar Bu", jawab Sarkiwa penuh harap. Karena memang sudah lama lelaki berbadan tambun itu memiliki hati pada Ratna. Sementara Ratna yang duduk tak jauh dari Sarkiwa, tidak menanggapi permintaan tersebut.

Melihat hal itu, Bu Nurul menghampiri Ratna sambil berucap "Ratna, ayo bantu Sarkiwa agar cepat hapal". Awalnya Ratna tak mau, namun karena Bu Nurul memintanya beberapa kali akhirnya ia menyanggupinya. Memang Bu Nurul, seringkali meminta bantuan beberapa siswa yang sudah menghapal untuk membantunya mendengarkan hapalan temannya. Hal itu dilakukan agar mempermudah siswa menghapal. Maklum bila langsung dengan gurunya, agak grogi, mungkin rasa takut. Di samping itu, agar waktu yang ada cukup untuk menyelesaikan hapalan seluruh siswa dalam kelas tersebut.

Sepuluh menit menjelang waktu berakhir, keempat siswa dapat menyelesaikan hapalannya, hanya satu yang tertinggal yaitu Sarkiwa. Namun sekitar 3 menit sebelum pergantian jam beralih, sarkiwa pun dapat menyelesaikan hapalannya, Alhamdulillah.

Sejatinya Melakukan Sesuatu Terasa Mudah ketika Hati Senang

Salam Perindu Literasi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Belajar lewat teman sejawat ya Keren Bu

10 Jan
Balas

Benar Bunda, biar lebih leluasa dan tidak takut. Terima kasih sudah berkunjung dan barakallah

10 Jan

Sarkiwa modus yaaa.....ga hafal-hafal biar diajarin Ratna ...btw tepat sekali Bund..bila hati senang menakhlukkan gunung es sekali pun pasti bisa..sehat n sukses Bund...barakallah

10 Jan
Balas

Sepertinya begitu Bund, modus Sarkiwa berhasil, bisa terus pandangi wajah sang idaman hati, hehehe. Terima kasih selalu menyempatkan membaca tulisan ini dan barakallah

10 Jan

Sarkiwa terinfeksi virus merah jambuuuuu. Hehehe..., indahnyaaa. Hati...oh...hati, keadaanmu mampu kondisikan seluruh tubuh. Jika senang, tubuhpun penuh semangat. Jika badmood, tubuh pun lunglai tak semangat. Makanya, yuk kita jaga jangan sampe "sakit hati" hehehe. Modus Sarkiwa berhasil. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, deq.

10 Jan
Balas

Benar Kak, semangat Sarkiwa untuk mendapatkan cintanya begitu besar, cara apapun dilakukan, termasuk dengan cara ini. Terima kasih selalu menyempatkan mampir. Teruntai doa untuk kakakku tercinta smoga Allah limpahkan rahmatNya agar kakak diberikan kesehatan dan barakallah

10 Jan

Ooo... Ada cinta dibalik hafalan...Btw semuanya akan terasa lebih mudah jika hati senang..Sippp..Bunda Pipi.. Semoga selalu sehat dan menginspirasi..Barakallah..

10 Jan
Balas

Hehehe, kalau Budhe Rini tak khan menemukan hal ini yah pada anak didiknya. Terima kasih selalu menyempatkan mampir dan barakallah

10 Jan

Hehee...Sarkiwa pasti senang bu dikasih kesempatan dekat dengar Ratna, hati senang, pikiran tenang , hafalan jadi mudah dilakukan.....barakallah.

10 Jan
Balas

Benar Bunda, makanya dia bisa hapal, biasanya gak tuh, hehehe. Terima kasih sudah berkunjung dan barakallah

10 Jan

Semangat Sarkiwa, pasti bisa. Ibu guru penuh semangat akan menurun pada siswa juga semangatnya. Sehat dan semangat, Bu

10 Jan
Balas

Terimakasih apresiasinya sahabatku, perlu semangat agar terpacu. Terima kasih selalu menyempatkan mampir dan barakallah

10 Jan

Banyak keberhasilan guru dibantu olah tutor sebaya.sukses ibu Nurul dan sukses juga untuk Ratna .Barakilah ibu Guru

10 Jan
Balas

Benar sekali Abah, anak-ansk lebih nyaman dan leluasa bila dengan temannya. Terima kasih selalu menyempatkan mampir. Teruntai doa untuk Abah semoga Allah limpahkan rahmatNya agar Abah diberi kesehatan dan barakallah

10 Jan

Tutor teman sebaya memang banyak membantu proses pembelajaran, apalagi tutor sesuai dengan hati nurani... Semoga sukses.

11 Jan
Balas

Benar sekali Pak, ketika hati senang, lakukan apapun jadi enjoy, terima kasih atas kunjungan dan barakallah

11 Jan

Mantap Bunda. Jadi hati siswa harus dibuat senang yaa Bunda. Sehat sukses selalu ya Bunda

10 Jan
Balas

Benar Bund, bila hati mereka senang, mereka akan iluti perintah. Terima kasih sudah berkunjung dan barakallah

10 Jan

Eleh-eleh Sarkiwa...ana -ana wae...modus pisan deket-deket Ama Ratna... hehehe ... Alhamdulillah ada positif nya jadi hafal ... sukses selalu bunda

10 Jan
Balas

Benar Bund, memang Sarkiwa banyak akalnya, agar dapat dekat dekat sang pujaan hati. Terima kasih sudah berkunjung dan barakallah

10 Jan

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali